Minggu, 13 Mei 2018

Cara Mencegah dan Mengatasi Serangan Jantung

cara mencegah dan mengatasi serangan jantung
Di negara Indonesia penyakit jantung termasuk ke dalam kategori penyakit yang mematikan dan selalu meningkatkan angka kematian di Indonesia. Dimana jantung terdiri dari otot – otot jantung yang dialiri dari pembuluh darah yang sering disebut dan dikenal dengan pembuluh koroner.

Jantung adalah salah satu organ yang sangat penting sekali untuk manusia, karena peran dari jantung sendiri memang dibutuhkan untuk memompa darah ke seluruh tubuh anda sehingga tubuh anda akan mendapatkan oksigen dan juga sari makanan yang diperlukan untuk metabolisme tubuh. Oleh karena itu, jantung harus tetap dijaga agar dapat menjalankan sebagaimana fungsinya dengan normal dan baik. Namun anda salah satu yang perlu dihindari adalah terjadinya penyakit jantung koroner dan menjadi salah satu penyakit yang berbahaya dan mampu mengakibatkan terjadinya serangan jantung secara mendadak. Untuk mengatasi hal tersebut perlu sekali anda untuk mengetahui bagaimana langkah – langkah atau cara agar organ jantung anda tetap dalam keadaan yang sehat.

Serangan jantung merupakan berhentinya aliran darah, yang hanya sesaat, untuk menuju ke jantung, dan akan terjadi sebagian sel jantung menjadi mati. Penyebab paling banyak serangan jantung adalah pada tersumbatnya pembuluh darah. Setiap tahunnya, ada jutaan orang yang ada di dunia mengalami serangan jantung. Memang tidak semuanya dari serangan jantung dapat mengakibatkan kematian. Namun pada umumnya setiap pasien yang pernah mengalami serangan jantung sebelumnya, mereka akan menderita beberapa dari  dampak lanjutan. Dan sisanya mereka yang mengalami serangan jantung tidak dapat ditolong lagi.

Serangan jantung terutama diakibatkan oleh penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner ini, sama seperti lilin yang terdapat pada bagian dalam arteri jantung. Plak yang seperti lilin terbuat dari kolesterol dan sel lainnya. Pada jumlah plak yang akan meningkat sedikit demi sedikit dan akan membuat bagian dalam pada pembuluh darah akan menyempit. Hanya sedikit darah yang dapat mengalir melalui pembulih darah tersebut, dan pada kepingan darah akan menumpuk di depan plak dan akan menggumpal. Jika penggumpalan tersebut pecah maka pembuluh darah yang menyempit, dan serangan jantung akan terjadi. Banyaknya penyakit jantung koroner, akan menyebabkan terjadi serangan jantung yang dikarenakan gaya hidup dan perilaku penderita.

Faktor Resiko Penyakit Jantung


  • Anda telah masuk usia 45 tahun bagi pria. Bagi pria sangat penting untuk mereka menyadari bahwa rawan terkena penyakit jantung dan harus mengambil tindakan yang baik untuk mencegah penyakit jantung.
  • Sedangkan wanita yang memasuki usia 55 tahun atau yang telah mengalami menopause dini. Wanita mulai mengalami resiko penyakit jantung setelah mengalami menopause.
  • Penyakit jantung karena keturunan. Serangan jantung yang menjadi riwayat di dalam keluarga akibat dari penyakit kolesterol yang tidak normal.
  • Penyakit diabetes, terutama bagi penderita diabetes kebanyakan meninggal bukan karena level gula darah yang tinggi, namun dikarenakan kondisi komplikasi jantungnya.
  • Kebiasaan merokok juga menjadi resiko terkena penyakit jantung.
  • Tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut hipertensi juga dapat menyebabkan terkena penyakit jantung.
  • Faktor kegemukan salah satunya adalah obesitas tengah atau perut buncit. Meskipun orang yang gemuk cenderung terkena risiko penyakit jantung, namun orang yang menderita obesitas tengah akan lebih terkena lagi.
  • Situasi yang tegang atau stress menunjukan bahwa akan terjadi arithmias jantung yang berbahaya bagi jiwa.


Cara Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung

Penyakit jantung tidak terjadi pada usia tua saja, namun orang dewasa juga dapat terkena penyakit jantung. Memang banyak yang mengatakan bahwa penyakit jantung tersebut berasal dari faktor genetik, namun anda masih tetap bisa memutus mata rantai turunan. Cara mencegah terjadinya penyakit jantung ada berbagai macam cara dua diantaranya adalah

  • Pola Makan Sehat

Bagi anda yang menginginkan terhindar dari berbagai penyakit terutama adalah penyakit jantung hal utama yang harus anda perhatikan adalah mengenai pola makan anda. Hindari makanan yang banyak terdapat kandungan lemak di dalamnya atau mengandung kolesterol yang tinggi. Misalnya adalah seafood yang memiliki kandungan kolesterol yang tinggi dan akan membahayakan dari kesehatan jantunga anda. selain itu, anda juga harus mengurangi makanan yang mengalami proses penggorengan dan banyak mengandung lemak. Sebaliknya makanan yang sangat dianjurkan bagi anda agar terhindar dari penyakit serangan jantung adalah dengan cara direbus, dipanggang atau dikukus.

Mengkonsumsi makanan rebusan, pada makanan yang direbus banyak sekali manfaat yang diperoleh diantaranya dengan mengkonsumsi makanan rebusan kita dapat mengurangi lemak yang akan masuk kedalam tubuh kita. Termasuk lemak jenuh yang berbahaya bagi kesehatan kita. Karena lemak jenuh dapat memacu peningkatan tekanan darah dan penyumbatan pembuluh darah. Sehingga untuk meminimalisir resiko serangan jantung kita disarankan untuk banyak konsumsi makanan yang direbus serta mengurangi konsumsi garam.

  • Olahraga Secara Teratur

Anda dapat melakukan kegiatan olahraga misalnya seperti berjalan kaki, jalan secara cepat atau sekedar jogging. Kegiatan dari olahraga yang anda lakukan cukup yang ringan – ringan saja, bukan jenis olahraga yang kompleks dan kompetisi atau berlebihan. Sehingga dengan anda melakukan olahraga secara rutin akan mampu menguatkan kerja dari jantung dan juga mampu melancarkan peredaran darah ke bagian seluruh tubuh anda. Melakukan olahraga seperti lari pagi karena serangan jantung biasanya terjadi pada orang yang tidak banyak bergerak.

Gaya hidup yang seperti itu mengakibatkan tubuh menjadi kaku dan akhirnya asupan darah menjadi terganggu. Orang yang terkena penyakit jantung tidak disarankan untuk olahraga berat, namun disarankan untuk tetap aktif bergerak, bahkan sangat di sarankan untuk berolahraga, meskipun dalam porsi yang sedikit tapi rutin. Hal ini akan membantu tubuh kita berfungsi optimal. Selain itu, pada metabolisme, aliran darah dan sistem syaraf dapat bekerja dengan maksimal.

  • Komsumsi Antioksidan

Berbagai jenis polusi udara, asap kendaraan bermotor atau berupa asap rokok ternyata juga mampu menciptakan timbulnya radikal bebas dalam tubuh anda. Dimana radikal bebas yang dapat mengakibatkan timbulnya bisul atau berupa endapan pada tubuh anda terutama pada bagian pembuluh darah dan akan mengakibatkan dan menyebabkan terjadinya penyumbatan. Untuk mengeluarkan radikal bebas yang berada dalam tubuh anda, perlu adanya antioksidan yang akan menangkap dan mampu membuangnya. Dimana jenis antioksidan dapat anda peroleh dalam beragam macam – macam jenis buah dan juga sayur – sayuran.

Cara Mengatasi Penyakit Jantung

Apabila anda merasakan gejala awal dari penyakit jantung atau anda juga pernah mengalami serangan jantung yang ringan, jangan pernah anda untuk menyepelekan hal atau kejadian tersebut. Dengan kejadian tersebut anda sebenarnya membutuhkan penanganan dini oleh dokter atau medis lainnya yang sudah terlatih. Hal demikian akan menyelamatkan jantung dari kerusakan yang lebih parah lagi bahkan mampu menghindari akibat yang lebih fatal lagi ketika anda mengalami penyakit jantung yaitu berupa kematian.

Apabila anda sudah mengalami penyumbatan pada bagian peredaran darah anda, tindakan yang akan dilakukan oleh para medis pada umumnya yang dilakukan adalah dengan pemasangan katerisasi dan juga cincin yang mampu menjaga agar pembuluh darah koroner anda tetap tidak bisa tersumbat.


EmoticonEmoticon