Sabtu, 12 Mei 2018

Cara Efektif Menghemat Bahan Bakar Minyak (BBM) Mobil

cara efektif menghemat bahan bakar minyak (BBM) mobil
Sebagai orang yang pemilik mobil atau pengguna mobil, tentunya anda akan mencari berbagai cara untuk menghemat penggunaan bahan bakar minyak (BBM) mobil anda. Bukan hanya sekedar harga dari BBM yang semakin hari semakin mahal, juga mengenai ketersediaan bahan bakar pun yang cepat sekali habis apabila penggunaanya tidak diperhatikan dan juga dihemat.

Harga dari bahan bakar minyak, terutama untuk bahan yang berbahan fosil semakin hari semakin naik harganya. Dimana hal ini karena memang bahan bakar tersebut merupakan jenis bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui lagi sehingga apabila tidak digunakan secara bijak atau digunakan secara terus menerus yang terjadi akan habis. Dengan permasalahan tersebut tentunya akan membuat anda sebagai pengguna bahan bakar tersebut harus menghemat bahan bakar minyak agar tetap lestari dan dapat digunakan hingga anak cucu kelak. Bukan hanya penghematan dalam konsumsi BBM yang berusaha untuk dilakukan oleh para pengguna mobil dan juga para pengguna kendaraan bermotor lainnya, bagi kalangan produsen kendaraan juga telah mulai menerapkan kebijakan dalam memproduksi kendaraan bermotor yang hemat akan bahan bakar dan juga ramah lingkungan.

Cara yang paling efektif untuk menghemat Bahan Bakar Minyak atau BBM sebenarnya yaitu dengan mengurangi penggunaan dari jumalh bahan bakar yang anda pakai atau mengurangi dalam pemakaian kendaraan anda. Namun karena semakin hari semakin padatnya aktivitas yang anda lakukan bersama dengan keluarga anda, maka pengurangan pemakaian terkadang memang sulit untuk dilakukan, sehingga cara lain yang dapat anda lakukan yaitu dengan berusaha sekuat tenaga untuk menghemat dalam konsumsi bahan bakar oleh kandaraan anda. Oleh sebab itu, ada baiknya anda mengetahui dan mengukuti beberapa cara sederhana dan efektif untuk mengehemat bahan bakar mobil anda.

Cara Efektif Menghemat BBM Mobil 


  • Jangan Agresif Saat Berkendara

Kegiatan atau perilaku agresif ketika berkendara merupakan suatu hal yang banyak mengandung kerugian  bagi setiap pengemudinya. Bukan hanya itu saja, dengan anda agresif ketika berkendara maka resiko kecelakaan juga semakin tinggi akibat anda sering mengeabaikan rambu – rambu yang ada di jalan dan juga mengenai keselamatan orang lain. Hal lain yang merugikan anda ketika agresif berkendara di jalan raya yaitu akan meningkatkan penggunaan bahan bakar anda. Dengan gaya berkendara yang seperti demikian akan cenderung memaninkan pedal gas kendaraan anda. Adanya tarikan cepat pedal gas akan berakibat dan membuat penggunaan bahan bakar akan lebih banyak meskipun energi yang anda gunakan sebernya tidak sebanyak dari yang anda gunakan ketika mobil atau kendaraan anda melaju dalam jarak yang sama.

  • Hemat Bahan Bakar dengan Mengecilkan AC Mobil

Kipas angin atau AC yang terdapat di dalam mobil atau kendaraan anda tentunya memerlukan putaran mesin untuk dapat bergerak. Dengan adanya hal demikian maka juga dapat mempengaruhi dalam konsumsi bahan bakar kendaraan anda. Semakin kencang putaran dari kipas angin atau AC dalam kendaraan anda, maka semakin besar pula beban yang akan ditopang oleh mesin kendaraan. Dengan adanya hal demikian, maka sangat disarankan bagi anda yang terdapat kipas AC di dalam kendaraanya untuk mengecilkan putaran dari kipas AC sehingga beban mesin kendaraan anda tidak berlebih dan anda dapat menghemat bahan bakar tersebut. Atau hal yang paling efektif adalah dengan mematikan AC yang terdapat di dalam kendaraan anda ketika dirasa tidak perlu, sehingga akan sangat membantu dalam mengurangi konsumsi bahan bakar kendaraan anda.

  • Hindari Membuka Jendela Terlalu Lebar

Ketika anda memutuskan untuk mematika AC yang berada di dalam kendaraan anda, biasanya hal yang anda lakukan selanjutnya yaitu dengan membuka jendela kendaraan anda agar udara dapat mengalir dan mencegah terjadinya panas di dalam kendaraan. Hal ini memang diperbolehkan, namun yang perlu anda ketahui adalah agar anda tidak membuka jendela kendaraan anda terlalu lebar. Hal ini bukan karena alasan lain, karena aliran udara yang menabrak mobil atau kendaraan anda ketika kendaraan sedang melaju. Namun ketika kendaraan anda sedang bergerak atau berjalan, aliran udara akan menghambat dari laju mobil atau kendaraan anda sehingga yang terjadi mesin dari kendaraan akan bekerja lebih keras untuk dapat berjalan atau melaju. Bukan hanya itu saja, mobil atau kendaraan anda juga dapat kehilangan daya cengkeram pada suatu jalan ketika adanya aliran udara mengangkat mobil sedikit demi sedikit. Dengan demikian, sebaiknya anda harus benar – benar bijak dalam membuka jendela kendaraan anda untuk menghemat penggunaan bahan bakar.

Ada hal lain yang harus anda perhatika pula yaitu mengenai timing, dimana ketika timing mengganti persneling anda juga wajib untuk memperhatikannya. Pastikan pula anda berada di RPM yang sudah sesuai. Apabila anda ingin mengganti persneling ketika RPM masih dalam keadaan terlalu kecil, maka bahan bakar yang terpakai akan lebih banyak lagi terbuang menjadi asap dan energi yang tercipta hanya sedikit saja. Namun sebaliknya, apabila RPM terlalu besar hanya dapat membuat mesin dapat bekerja lebih keras lagi. Dimana putaran RPM yang idealnya adalah antara 3000 hingga 4000 RPM. Pastikan pula perputaran RPM anda ketika mengganti persneling berada di antara putaran yang normal tersebut.

  • Matikan Mesin Apabila Berhenti Lebih dari 5 Menit

Banyak dari orang yang suka sekali meninggalkan mobil dalam keadaan yang masih aktif, tujuannya hanya karena mereka ingin untuk mempertahankan suhu dingin AC yang berada di dalam kendaraan. Memang benar dengan anda melakukan hal tersebut akan membuat mobil atau kendaraan anda tetap dalam kondisi yang dingin, namun dengan perlakukan demikian justru bahan bakar yang anda gunakan akan cepat terbuang dengan percuma. Setidaknya apabila anda berhenti atau memberhentikan kendaraan anda lebih dari 5 menit, agar lebih efektif dan hemat yaitu matikasn saja mesin kendaraan anda. Bila anda tetap ingin udara yang berada di dalam kabin mobil atau kendaraan anda tidak terlalu panas, maka anda dapat membuka sedikit dari jendela kendaraan anda agar sirkulasi udara tetap ada.

  • Parkir Mobil di Garasi

Apa sebenarnya hubungan parkir di garasi dengan menggunakan atau menghemat bahan bakar kendaraan? Mungkin anda bingung, tapi sebaiknya anda melanjutkan untuk membaca hingga akhir. Bagi para pemilik mobil yang memakirkan kendaraannya di bawah sinar matahari kerap anda untuk menyalakan AC sekencang  anda mau agar udara yang berada di dalam kabin cepat terasa dingin. Justru denga hal tersebut akan mengakibatkan mesin kendaraan anda akan bekerja lebih keras lagi di awal bekerja sehingga yang terjadi bahan bakar kendaraan anda akan terbuang dan terus terbuang dengan percuma.

  • Biasakan Berjalan Kaki

Jangan anda menggunakan mobil anda bila tujuan yang anda tuju bepergian hanya sekitar 3 hingga 5 menit kendaraan tersebut berjalan. Jangan anda terbiasa memanjakan diri anda dengan kendaraan yang anda miliki. Apabila jaraknya dekat maka sebaiknya anda berjalan saja. Bukan hanya lebih sehat pada tubuh anda, anda juga mampu menghemat bahan bakar kendaraan anda.


EmoticonEmoticon