Rabu, 09 Mei 2018

Cara Cepat Mengatasi Diare

cara cepat mengatasi diare
Hampir setiap orang tentunya pernah mengalami diare, dan tentunya ingin segera untuk mengatasi dan menyembuhkan cara untuk mengatasi diare yang sedang dialaminya. Hal ini memang menjadi hal yang sangat penting, karena mengingat diare adalah salah satu dari penyakit yang tidak dapat anda remehkan.

Meskipun diare merupakan bukan penyakit yang membahayakan bagi tubuh anda misalnya seperti penyakit jantung atau kanker, tetapi penyakit diare juga dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi dan tentunya akan mengakibatkan tubuh anda akan merasa lemas dan tidak kuat untuk melakukan aktivitas seperti biasanya. Selain juga akan mampu mengganggu kesehatan anda, diare juga mampu membuat anda untuk tidak nyaman dan merasa kurang senang dalam segala kegiatan. Karena memang anda akan harus keluar masuk kamar mandi hanya untuk buang air besar.

Diare merupakan salah satu penyakit yang menyerang pada bagian saluran pencernaan yang kerap mengakibatkan terjadinya sakit perut seperti mulas serta anda juga akan buang air besar yang sangat sering dengan komposisi tinja atau feses lebih banyak mengandung cairan di dalamnya, kadang pula juga disertai dengan munculnya darah atau lendir. Banyak pengaruh dan faktor yang mengakibatkan terjadinya penyakit diare, diantaranya adalah karena faktor makanan, cuaca, infeksi rota virus, infeksi bakteri, jamur, parasit, pemakaian antibiotik, alergi, keracunan makanan dan juga masih banyak lagi faktor – faktor yang mampu menyebabkan terjadinya penyakit diare juga dapat terjadi dan disebabkan karena faktor psikologis yaitu karena anda sedang stress atau karena sakit maag. Sedangkan untuk media penularannya yang paling umum dapat melalui 3F yaitu Finger (jari), Food (makanan) dan juga Fly (lalat).

Secara ilmu medis penyakit diare dapat dibagi menjadi dua yaitu diare akut dan kronik, apabila anda mengalami diare kurang dari 2 minggu dengan demikian keadaan tersebut sering disebut dengan diare akut, sedangkan untuk diare kronik apabila anda mengalami diare dengan waktu lebih dari 2 minggu.
Dalam proses dari diare sebenarnya ada mekanisme keadaan tubuh yang mengeluarkan racun,  virus, bakteri dan juga kontaminasi lainnya terhadap suatu makanan yang anda makan dari dalam usus. Sehingga biasanya diare tersebut tidak boleh dihentikan, karena kalau ibarat kata apabila anda ingin mencoba untuk menghentikan diare dengan menggunakan obat, maka sama saja anda juga akan menyumbat saluran pipa, sehingga yang terjadi unsur yang hendak keluar dapat berbalik dan justru akan memperburuk saluran tersebut. Oleh karena itu hal yang perlu anda lakukan adalah dengan melakukan penanganan yang tepat, sehingga diare akan mampu berhenti dengan sendirinya dalam hitungan beberapa waktu saja.

Cara Cepat Mengatasi Diare

Berikut ini merupakan beberapa cara cepat yang dapat anda lakukan untuk mengatasi penyakit diare :

  • Banyak Minum Air Putih

Hal utama yang harus anda lakukan ketika anda mengalami diare yaitu dengan banyak – banyak minum air putih, karena hal ini mampu menghindari anda dari terjadinya dehidrasi yang disebabkan oleh habisnya cairan tubuh karena keluar bersamaan dengan buang air besar anda sehingga tubuh anda lama kelamaan akan merasakan lemas. Selain dengan meminum air putih anda juga dapat minum dengan menggunakan teh hitam yang tawar atau berupa larutan oralit untuk menghentikan diare, namun anda jangan coba untuk mengkonsumsi susu terlebih dahulu. Lebih baik apabila anda tidak mengkonsumsi susu atau berupa produk olahan susu lainnya. Dengan anda meminum susu justru akan mampu memperburuk keadaan dari diare anda. Namun hal ini tidak berlaku untuk olahan susu seperti yogurt, karena di dalam yogurt mengandung bakteri sehat dan mampu menyehatkan pencernaan anda.

  • Konsumsi Buah dan Daun Jambu Biji

Tanaman jambu biji memang dikenal sangat ampuh dan manjur dalam mengobati penyakit diare secara alami dan cepat. Dimana anda dapat memakan secara langsung dari buah jambu biji yang masih dalam keadaan masih muda atau mengkonsumsi bagian pucuk daun jambu biji tersebut bersamaan dengan menggunakan garam dapur. Oleh karena itu obat tradisional diare ini akan mampu bekerja secara langsung untuk menghentikan rasa sakit yang mengganggu perut anda.

  • Konsumsi Makanan yang Mudah Dicerna

Banyak dari para pakar yang telah menyarankan untuk mengkonsumsi makanan yang padat dan rendah akan serat ketika anda sedang mengalami diare. Namun apabila anda mengalami dehidrasi maka sebaiknya yang perlu anda lakukan jangan memberi makanan yang bertekstur padat terlebih dahulu. Berikan cairan dengan sebanyak mungkin hingga tanda – tanda dehidrasi menghilang serta nafsu makan anda kembali normal.

Selain itu sebaiknya juga porsi makan anda yang tidak terlalu besar, dan coba untuk menghindari makanan yang berat – berat untuk dicerna misalnya seperti makanan yang pedas, berlemak, terlalu manis atau berminyak. Namun anda beberapa jenis makanan yang menjadi rekomendari ketika anda sedang mengalami diare diantaranya adalah dengan mengkonsumsi roti, biskuit, ayam, telur atau juga nasi putih.

  • Hindari Makanan Tertentu

Sebenarnya makanan yang mampu menyebabkan terjadinya penyakit diare berasal dari diri kita sendiri yang mengetahuinya. Setiap orang tentunya akan berbeda – beda, ada yang makan dengan makanan yang pedas namun tidak mengalami diare, sebaliknya pula ada yang sedikit saja makan pedas justru akan merasakan diare yang berkepanjangan. Oleh sebab itu, anda harus menyelidiki dan mengetahui makanan apa yang akhir – akhir ini sering anda konsumsi.

Apabila anda sudah mengetahui makanan tersebut penyebabnya, sebaiknya anda harus memulai menghindari dari sekarang. Secara umum ada beberapa jenis makanan yang dapat diduga mampu menyebabkan banyak orang mengalami diare misalnya saja produk susu, makanan pedas, makanan berminyak, makanan yang berbumbu tajam dan juga makanan yang tinggi serat.

  • Probiotik

Apakah anda pernah mendengar pertemburan antara bakteri baik dengan bakteri jahat yang berada dalam usus anda? nah, dengan ini probiotik merupakan salah satu bakteri yang baik. Dimana prebiotik mengandung strain bakteri hidup yang mirip dengan bakteri sehat dan anda temukan dalam pencernaan tubuh anda. Selain itu prebiotik juga mampu meningkatkan jumlah bakteri yang sehat dalam usus anda dalam rangka melawan kateri jahat dalam saluran pencernaan anda. Dengan adanya bakteri yang menguntungkan ini dapat anda peroleh dengan cara mengkonsumsi yogurt serta keju.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi penyakit diare yang mengganggu anda dan juga dapat anda lakukan sendiri di rumah anda. Namun apabila keadaan diare anda tidak kunjung sembuh atau bahkan mengalami penurunan imunitas anda maka  sebaiknya anda segera untuk berobat dan berkonsultasi ke dokter untuk segera mendapatkan penanganan. Dalam mengatasi penyakit diare, maka doker akan berusahan dan biasanya akan memberikan atau menggunakan obat diare atau jenis perawatan lainnya. Karena diare memang tidak boleh dianggap remeh lagi, dimana ketika anda mengalami diare akut maka yang terjadi anda akan mengalami dehidrasi dan akan membahayakan kesehatan tubuh anda.


EmoticonEmoticon