Sabtu, 05 Mei 2018

Cara Alami Mengobati Batuk pada Anak

cara alami mengobati batuk pada anak
Mengatasi batuk yang terjadi pada anak atau bayi memang tidak boleh dilakukan dengan cara yang sembarangan. Meskipun kelihatannya terkesan sepele, namun yang perlu diingat bahwa daya tahan tubuh dari bayi tentunya masih sangat lemah.

Mengalami penyakit batuk dan juga pilek mungkin sudah menjadi hal yang biasa dan suatu penyakit yang lazim melanda bagi setiap orang, terutama pada musim penghujan seperti saat inia. Padahal apabila seseorang terserang penyakit yang satu ini, aktivitas – aktivitas yang biasanya mereka lakukan akan dapat terganggu karena banyak bermunculannya rasa dan juga keluhan yang membuat tubuh anda akan merasa tidak nyaman. Terutama pada seorang bayi atau anak – anak memang lebih rentan terkena penyakit batuk atau pilek. Sehingga dengan kondisi demikian, sebagai orang tua tantunya anda akan mengambil jalan yang tepat untuk mengatasi permasalahan buah  hati anda tersebut. Jangan biarkan buah hati anda akan merasakan kesakitan atau bahkan menderita karena mengalami penyakit satu ini. Tentu saja anda juga akan merasa sedih apabila buah hati anda harus merasa tersiksa dengan penyakit batuk.

Memang cara untuk mengobati sakit pada seorang bayi atau anak – anak tidak dapat disamakan dengan orang – orang dewasa, tidak dianjurkan pula untuk coba – coba dengan menggunakan obat ornag dewasa kepada bayi meskipun dosis yang diberikan kecil. Banyak sebenarnya jenis obat batuk yang tersedia dan memang sudah diformulasikan untuk para bayi dan juga anak – anak. Namun hal yang perlu anda perhatikan juga bahwa untuk mengatasi anak bayi yang masih berusia 1 bulan jelas berbeda dengan anda mengatasi batuk yang terjadi pada anak balita yang usianya sudah lebih dari usia satu tahun. Dengan demikian, anda tidak disarankan untuk memberikan kepada bayi atau anak balita anda dengan sembarangan obat batuk, sebaiknya anda harus selalu membaca petunjuk penggunaan terlebih dahulu dan akan lebih baik lagi apabila anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter anak.

Daya tahan dari seorang bayi dan anak – anak tentunya masih lemah dibandingkan dengan orang dewasa, sehingga dengan demikian akan menyebabkan bayi anda akan dapat dengan mudah terserang berbagai jenis penyakit. Mencegah memang lebih baik dari pada mengobati, meskipun batuk dianggap menjadi jenis sakit yang ringan, sering pula apabila terjadi pada buah hati anda dikaitkan dengan pertanda atau gejala penyakit lain yang mungkin terdapat di dalam tubuh buah hati anda. selalu waspadai batuk yang dialami oleh buah hati anda, terutama ketika anda masih memiliki anak bayi atau balita.

Cara Alami Mengobati Batuk pada Anak

Ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi penyakit batuk pada bayi atau anak yang masih usia balita. Mulai dari obat yang diberikan oleh dokter, obat herbal atau juga jenis obat tradisional. Dimana di Indonesia sendiri sejak jaman dahulu hingga saat ini obat batuk tradisional lebih sering dibandingkan dengan obat kimia untuk mengatasi batuk pada bayi atau anak yang masih balita. Meskipun memang sama – sama obat, namun obat tradisional telah dipercaya lebih kecil resikonya bila dikonsumsi oleh buah hati anda bila dibandingkan dengan jenis obat – obat kimia. Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengatasi batuk pada buah hati anda tentunya dengan menggunakan bahan yang alami.

  • Jeruk Nipis dan Madu

Bagi seorang bayi yang berusia di atas satu tahun, anda dapat mencoba mengatasi keluhan batuk pada buah hati anda dengan meminumkan minuman hangat dengan campuran jeruk nipis dan juga madu. Cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan mencampurkan madu dan juga jeruk nipis tersebut dan akan meredakan rasa gatal pada tenggorokan serta mampu merangsang keluarnya air liur yang mampu meredakan batuk pada bayi anda. Untuk buah hati anda yang berusia satu tahun hingga lima tahun, anda dapat menggunakan resep dengan setengah sendok teh madu dengan sedikit saja jeruk nipis dan mencampurkannya ke dalam air hangat. Usahakan pula untuk meminumkan obat tradisional ini pada bayi anda ketika sebelum tidur. Anda dapat memberikannya satu hari sekali atau sesuai dengan kebutuhan dan keluhan.

  • Kunyit

Cara untuk mengatasi batuk pada buah hati anda selanjutnya yaitu dengan cara menggunakan ramuan dari kunyit. Selain kunyit dapat digunakan oleh orang yang sudah dewasa, ternyata kunyit juga dapat anda gunakan untuk menyembuhkan batu pada bayi atau anak balita anda. caranya juga mudah, bagi anda yang memilki bayi atau juga anak balita yang masih menyesui, coba anda oleskan bubuk kunyit ke bagian payudara anda sebelum buah hati anda menyusui. Bukan hanya itu saja, cara lain yang juga dapat anda lakukan dengan mencampurkan bubuk kunyit ke dalam susu yang hendak diminum buah hati anda. Berikan ramuan kunyit tersebut kepada anak anda yang sedang batuk sebanyak dua kali dalam satu hari. Hal ini karena kunyit mampu mengurangi terjadinya inflamasi dan juga mampu memperkuat daya tahan dari buah hati anda.

  • Minyak Tradisional

Ramuan tradisional yang lainnya untuk mengatasi batuk pada bayi dan anak balit anda yaitu dengan menggunakan minyak tradisional. Dimana minyak yang banyak sekali variannya di Indonesia misalnya minyak kayu putih, minyak peppermint, atau juga dapat menggunakan minyak rosemary karena hal ini dinilai mampu membantu untuk mempercepat dalam proses penyembuhan rasa sakit batuk pada bayi dan juga balita anda. Meskipun bukan dengan cara dikonsumsi seperti halnya obat tradisional yang sudah dijelaskan di atas, namun dengan menggunakan cara yang ini juga dapat dinilai cukup efektif untuk membantu mengatasi batuk pada buah hati anda yang berusia 5 bulan, 1 tahun atau juga usia balita bahkan tidak ada batasan umurnya. Namun, jangan anda oleskan minyak tradisional di dekat bagian wajah buah hati anda, cukup pada bagian dada terlebih dahulu oleskan dalam jumlah yang sedikit.

  • Bawang Putih

Berikutnya cara yang dapat anda lakukan dan mencobanya dengan menggunakan bawang putih. Caranya juga mudah yaitu dengan mengeringkan bawang putih, bisa juga anda lakukan dengan cara di panggang. Setelah bawang putih tersebut kering dan dingin, masukkan ke dalam kantong kain kemudian taruh di dalam tempat tidur buah hati anda, namun jangan terlalu dekat atau berada di dalam jangkauan buah hati anda. Untuk buah hati anda yang berusia 6 bulan, anda dapat juga dengan mengusapkan kantong kain tersebut ke bagian dada buah hati anda. Namun yang perlu anda perhatikan jangan dilakukan secara langsung, sebaiknya anda cek terlebih dahulu temperatur dengan cara memegangnya terlebih dahulu menggunakan tangan.

Meskipun ramuan obat tradisional memiliki efek yang relatif lebih lama bila dibandingkan dengan mengkonsumsi obat – obatan jenis kimia atau obat dari dokter, namun resiko atau efek sampingnya lebih kecil dan relatif lebih aman untuk buah hati anda.


EmoticonEmoticon