Kamis, 03 Mei 2018

Cara Alami Mengatasi Panas Dalam

cara alami mengatasi panas dalam
Seperti yang telah anda ketahui semua bahwa Indonesia merupakan salah satu negara tropis dan mendapatkan penyinaran matahari yang sangat maksimal. Kondisi semacam inilah yang dapat menimbulkan berbagai macam masalah mengenai kesehatan anda, termasuk juga panas dalam.

Hampir setiap orang yang pernah mengalami gangguan kesehatan panas dalam, sehingga pada artikel ini akan membantu anda untuk mengetahui bagaiamana cara alami untuk mengatasi ketika anda sedang menglami panas dalam. Panas dalam sebenarnya bukan tergolong ke dalam suatu penyakit, namun melainkan suatu kondisi atau keseimbangan dari suhu di dalam tubuh anda. Sebaliknya pula apabila anda tidak dengan segera mengatasi masalah tersebut yang terjadi justru panas dalam anda akan semakin parah. Dalam beberapa kasus, keadaan panas dalam dapat menjadi suatu pertanda datangnya suatu penyakit pada tubuh anda terutama adalah yang berkaitan dengan penyakit apda saluran pencernaan dan saluran pernafasan anda. Oleh sebab itu, anda sebaiknya harus waspada apabila panas dalam yang ada pada tubuh anda tidak kunjung sembuh atau bahkan bertambah parah.

Panas dalam juga dapat menyerang siapa saja, baik itu mulai usia bayi atau orang lanjut usia sekalipun. Banyak faktor pula yang dapat menjadi penyebab dari terjadinya panas dalam. Faktor tersebut diantaranya adalah karena tubuh anda yang kekurangan cairan, penurunan daya tahan tubuh, mengkonsumsi makanan yang pedas dan juga banyak mengandung lemak, kurangnya mengkonsumsi makanan berserat, ketidak stabilan hormon dalam tubuh, faktir cuaca yang memang panas, stress atau karena terjadinya proses peradangan. Gejala yang dialami oleh orang yang sedang mengalami panas dalam diantaranya adalah sariawan, bibir yang pecah – pecah, bau mulut kurang sedap, tenggorokan terasa kering atau terasa sakit, rasa tidak nyaman pada bagian perut, susah untuk buang air besar dan akan terjadi peningkatan suhu tubuh.

Cara Alami Mengatasi Panas Dalam

Untuk mengatasi dan mengobati panas dalam, anda dapat memanfaatkan bahan – bahan alami yang tentunya sangat mudah anda temukan di sekitar anda. Ketika panas dalam anda muncul sangat disarankan bagi anda agar tidak langsung mengkonsumsi obat – obatan kimia, karena hal ini belum tentu akibat dari suatu penyakit. Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan cara berikut ini dengan tujuan agar mampu menyeimbangkan nutrisi, cairan, elektrolit dan juga mampu memperbaiki kekebalan dari tubuh anda. Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi panas dalam secara alami yaitu sebagai berikut :

  • Air Kelapa Muda

Air kelapa muda memang dikenal memiliki kandungan elektrolit yang sangat tinggi dan efektif untuk anda gunakan menyembuhkan panad dalam tubuh anda. Selain itu juga ternyata dengan anda minum air kelapa muda mampu mengatasi terjadinya dehidrasi. Sehingga dengan anda mengkonsumsi air kelapa muda maka tubuh anda akan lebih segar dan mampu menetralkan suhu tubuh anda, serta mampu menyeimbangkan cairan elektrolit. Cara yang dapat anda lakukan untuk mengobati panas dalam menggunakan air kelapa muda yaitu cukup dengan anda ambil air yang terdapat di dalam kelapa muda dengan atau tanpa menggunakan dagingnya. Agar lebih maksimal lagi manfaat dari air kelapa muda anda dapat menambahkan madu di dalamnya.

  • Lemon dan Madu

Lemon merupakan salah satu buah yang di dalamnya terkandung vitamin C yang cukup tinggi. Sebagaimana anda ketahui bahwa vitamin C sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh anda dalam meningkatkan daya tahan tubuh serta mampu mengatasi panas dalam. Bukan hanya itu saja mengkonsumsi lemon juga mampu memberikan rasa segar di dalam tubuh anda. Ditambah lagi dengan khasiat  dari madu sendiri yang memiliki manfaat untuk mencegah dari serangan penyakit. sedangkan cara yang dapat anda lakukan untuk mengobati panas dalam dengan menggunakan lemon dan madu yaitu cukup dengan menyiapkan satu buah lemon, kemudian dapat anda peras untuk diambil airnya dan masukkan ke dalam satu gelas air matang. Tambahkan pula sebanyak 6 sendok makan madu murni dan anda dapat mengaduknya hingga rata. Sebaiknya untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan mengkonsumsi secara teratur sebanyak 2 kali dalam satu hari maka kemungkinan besar panas dalam yang sedang anda alami akan segera sembuh.

  • Kacang Hijau

Kacang hijau adalah jenis dari kacang – kacangan yang memang dikenal dengan kandungan serat yang cukup tinggi. Dengan andanya kandungan serat inilah maka kacang hijau dapat bermanfaat untuk meredakan panas dalam yang sedang anda derita sekaligus juga mampu memperlancar pencernaan. Bukan hanya itu saja dengan anda mengkonsumsi kacang hijau juga bermanfaat untuk memperbaiki sistem imunitas dalam tubuh anda. Sedangkan cara yang dapat anda lakukan untuk mengobati panas dalam anda dengan menggunakan panas dalam yaitu cukup menyiapkan 2 genggam kacang hijau dan masukkan ke dalam 3 gelas air putih. Kemudian rebus kacang hijau tersebut hingga airnya tersisa 1 gelas saja. Setelah langkah tersebut selesai anda dapat menyaringnya untuk diambil air nya dan minum secara teratur dan rutin aor rebusan dari kacang hijau untuk mengatasi masalah panas dalam yang sedang anda alami.

  • Cincau

Bahan alami lainnya yang dapat anda manfaatkan untuk mengatasi panas dalam yaitu dengan mengkonsumsi cincau. Cincau merupakan salah satu bahan makanan yang terbuat dari tumbuhan dan diolah secara alami. Biasanya cincau digunakan sebagai campuran minuman untuk menciptakan efek yang tentunya menyegarkan tenggorokan anda. Selain mampu menyegarkan dan menghilangkan dahaga, ternyata dengan mengkonsumsi cincau juga mampu meredakan panas dalam. Cara yang dapat anda lakukan juga sangat mudah cukup anda mencampurkan cincau ke dalam minuman anda seperti biasa, namun jangan anda tambahkan dengan es. Sebab apabila anda mengkonsumsi cincau dengan menambahkan es justru akan memicu radang sehingga panas dalam yang anda alami akan semakin parah dan tidak sembuh – sembuh.

  • Kencur

Kencur merupakan salah satu dari jenis bumbu – bumbu dapur namun juga tergolong ke dalam tanaman herbal yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan termasuk pula mampu mengobati panas dalam. Adanya kandungan mineral alaminya mampu berkhasiat untuk menurunkan panas di dalam tubuh anda. Cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi panas dalam dengan menggunakan kencur yaitu tinggal anda siapkan sebanyak 2 ruas kencur seukuran ibu jari, kemudian cuci hingga bersih, kupas dan anda parut kencur tersebut. Setelah kencur tersebut diparut lalu diperas untuk anda ambil air sarinya saja. Campurkan dengan perasan air kencur tersebut ke dalam setengah gelas air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal anda sebaiknya mengkonsumsi ramuan tersebut secara teratur sebanyak 2 kali dalam satu harinya.

  • Yogurt

Yogurt adalah susu yang telah melalui ferentasi dengan bantuan bakteri baik. Mengkonsumsi yogurt sangat bermanfaat bagi kesehatan anda khususnya untuk menjaga saluran pencernaan dengan menambahkan bakteri – bakteri baik atau sering disebut dengan probiotik sehingga mampu melawan bakteri jahat dalam tubuh anda. Dengan anda minum yogurt maka dapat berkhasiat untuk mengobati panas dalam anda.


EmoticonEmoticon