Kamis, 03 Mei 2018

Cara Alami dan Mudah Menghilangkan Plak pada Gigi

plak gigi
Plak pada gigi tentunya akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Lalu bagaimana cara menghilangkan plak pada gigi? Simak ulasannya berikut ini.

Meskipun kita sudah intens dalam menjaga kebersihan dan merawat gigi dengan baik, bakteri tetap saja bisa bersarang dalam rongga mulut. Bakteri tersebut kemudian mencampurkan protein dan sisa makanan untuk membentuk lapisan bertekstur lengket yang dinamakan plak. Plak inilah yang biasanya menutupi permukaan gigi. Karena mengandung bakteri, maka plak juga dapat menimbulkan kerusakan sehingga memicu timbulnya lubang.

Jika Anda rutin menghapus plak, maka Anda bisa mencegah kerusakan gigi permanen dan penyakit gusi. Akan tetapi ketika plak itu tidak segera dibersihkan, maka biasanya akan mengeras dan membentuk karang gigi. Dan agar karang tidak sampai membuat gusi kendur dan bengkak, maka sebaiknya segera dibersihkan. Jangan menunda untuk membersihkan karang gigi secara rutin agar tidak timbul gangguan gusi seperti gingivitis maupun periodontitis.

Ada beberapa cara membersihkan karang gigi secara alami. Pencegahan mungkin sudah dilakukan dengan maksimal. Namun, jika karang gigi tetap terbentuk, maka cobalah beberapa bahan alami berikut ini.

Cara Menghilangkan Plak Gigi Secara Alami


1. Tomat dan Strawberry

Baik tomat maupun strawberry keduanya merupakan sumber vitamin C, yang mana antioksidan ini baik untuk kesehatan rongga mulut. Anda tinggal menggosokkan buah ini langsung ke gigi, dan diamkan selama sekitar 5 menit. Biarkan kandungan vitamin C memperlunak timbunan karang gigi. Setelah itu berkumurlah dengan air hangat yang dicampur baking soda untuk menghapus plak, sehingga gigi bisa tampil lebih putih.

Jika tak ada strawberry atau tomat, Anda juga bisa menggantinya dengan berry, paprika, lemon, pepaya, jambu biji, atau jeruk. Anda juga dapat menggosok-gosokkan kulit jeruk ke gigi sebelum tidur, dan tidak perlu dibilas. Seperti diketahui kulit jeruk dapat membantu melawan bakteri.

2. Menggunakan Keju

Bagi Anda para penggemar keju, ini baik untuk Anda dimana sebelum dimakan, ternyata keju bisa membantu menetralkan asam yang memicu timbulnya plak. Semakin tua usia kejunya, maka semakin baik adanya. Jika keju dirasa terlalu mahal, maka Anda dapat menggantinya dengan kacang mentah untuk mendapat efek penetral asam yang sama.

3. Hidrogen Peroksida

Silakan campurkan 1 sdm antiseptic mouthwash dengan 3 sdm hidrogen peroksida (3%). Gunakan 10 ml dari larutan untuk berkumur selama sekitar 1 menit atau lebih. Biarkan larutan memperlunak dan menghapus karang gigi. Anda boleh berkumur dengan larutan ini setiap kali selesai makan atau paling tidak sekali dalam sehari.

4. Cuka Putih

Diketahui bahwa cuka putih mengandung asam asetat yang dapat membantu mencegah demineralisasi email sekaligus pembentukan plak. Selain itu, cuka putih juga membuat agen antibakteri. Kombinasi dari zat-zat tersebut memudahkan Anda dalam membersihkan karang gigi. Anda hanya perlu mencampurkan 2 sdt cuka putih dengan 1 sdt garam ke dalam ½ cangkir air hangat. Bilas mulut dengan cairan tersebut 1-2 kali sehari.

5. Aloe Vera 

Sebuah studi mendapati bahwa lidah buaya mampu memberikan efek serupa seperti yang diberikan oleh mouthwash berbahan chlorhexidine. Anda cukup menggosokkan potongan lidah buaya ke gigi dan batas gusi, diamkan selama sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan ini 2 kali dalam sehari.

Nah, itulah kelima cara alami untuk memberishkan plak pada gigi Anda. Anda bisa mempraktikkanya, dan semoga hasilnya memuaskan. Selamat mencoba!


EmoticonEmoticon