Jumat, 11 Mei 2018

Bahan Alami Untuk Mengobati Penyakit Diabetes

bahan alami untuk mengobati penyakit diabetes
Apakah anda menderita penyakit diabeter atau kencing manis yang tak kunjung terobati? Berikut ini merupakan artike yang berisi mengenai cara mengobati penyakit diabetes dapat anda lakukan dan terbukti ampuh serta tidak menimbulkan efek samping karena mamang memanfaatkan bahan alami.

Diabetes atau biasa disebut kencing manis adalah penyakit yang disebabkan oleh tubuh yang tidak mampu memanfaatkan insulin sehingga mengakibatkan tubuh kekurangan insulin. Penyakit ini dapat disebabkan oleh faktor keturunan, tetapi penyakit diabetes juga dapat disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Contohnya seperti sering mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula dan kolestrol tinggi dan jarang berolahraga. Penyakit diabetes memiliki beberapa gejala, diantaranya adalah sering berkemih, sering haus, mudah lelah, sering kesemutan pada tangan dan kaki.

Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadi penyakit diabetes atau kencing manis yaitu dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas untuk setiap harinya dan juga jangan terlalu banyak anda dalam mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung karbohidrat serta cepat saji yang cara membuatnya secara instan. Sedangkan ciri – ciri yang timbul dari seseorang yang mengalami diabetes yaitu mulai terjadinya mati rasa atau kesemutan, selain itu juga luka yang terdapat pada kulit tubuh anda semakin lama bukan malah sembuh dan kering tetapi malah semakin lama sembuhnya, serta ketika anda melihat pandangan apapun akan tampak buram dan tidak jelas dari biasanya. Ada beberapa tipe pula dari penyakit gula ini yaitu tipe I dan tipe II. Sebenarnya penyakit ini bukanlah penyakit yang sembarangan atau juga bukan penyakit yang ringan, melainkan penyakit diabetes atau penyakit gula merupakan salah satu dari penyakit yang harus segera ditangani dengan secepat mungkin agar kondisinya semakin tidak parah.

Bahan Alami Untuk Mengobati Diabetes

Penyakit diabetes sangatlah menyiksa karena dapat membatasi kegiatan sehari-hari penderita, hingga dalam urusan makanan yang dikonsumsi. Apabila penyakit ini tidak segera di obati maka akan menimbulkan gejala seperti menurunnya berat nadan, pngelihatan semakin kabur, luka sulit sembuh, sakit kepala, dan gatal. Jika diabaikan, penyakit ini dapat menimbulkan resiko komplikasi penyakit yang cukup lama. Oleh karena itu artikel ini akan memberikan informasi mengenai beberapa obat diabetes alami dari bahan tradisional alami. Berikut adalah bahan-bahan yang dapat dimanfaatkan.

  • Mengkudu

Buah mengkudu mengandung banyak Proxeroni, yaitu zat yang dapat membuat alkaloid yang berfungsi untuk membuka pori-pori sel, sehingga nutrisi akan mudah menyerap ke dalam tubuh. Kemampuan zat inilah yang mampu membuat mengkudu dapat dijadikan obat diabetes. Cara mengolahnya adalah:

  1. Ambil 1 buah mengkudu
  2. Blender mengkudu, kemudian peras untuk mendapatkan airnya (ekstrak)
  3. Masukan air atau ekstrak mengkudu ke dalam gelas
  4. Jika tidak tahan dengan bau dan rasanya, ekstrak mengkudu ini dapat ditambahkan sedikit madu.


  • Kunyit

Kunyit merupakan rempah-rempah yang mudah sekali ditemukan. Kunyit dapat dijadikan solusi alternatif untuk mengobati penyakit diabetes atau gula darah dan juga merupakan obat diabetes alami yang paling mudah digunakan. Cara mengolahnya adalah:

  1. Ambil 1 rimpang kunyit
  2. Tambahkan dengan 1 sendok garam
  3. Rebus kunyit dan garam dalam 1 liter air hingga mendidih
  4. Saring hasil rebusan kunyit dan garam, lalu biarkan agar dingin
  5. Setelah dingin, minum air rebut kunyit tersebut sebanyak setengah gelas
  6. Minum secara teratur sebanyak dua kali dalam satu minggu


  • Tanaman mahkota dewa

Tanaman herbal lain yang mampu mengatasi penyakit dibates adalah tanaman mahkota dewa. Tanaman ini memiliki manfaat yang penting dalam berbagai penyakit. Pengolahan tanaman mahkota dewa untuk dijadikan obat penyakit diabetes tidak sulit. Cara mengolahnya adalah:

  1. Siapkan 3 - 5 potong tangkai tanaman mahkota dewa
  2. Tambahkan 3 lembar daun salam dan cuci hingga bersih
  3. Rebus tangkai tanaman mahkota dewa dan daun salam menggunakan 3 gelas air hingga mendidih sampai air hanya tersisa setengah gelas
  4. Minum air rebusan tersebut setiap hari agar penyakit diabetes dapat diatasi


  • Tanaman brotowali

Tanaman brotowali merupakan tanaman obat yang sudah dikenal sejak lama.Tanaman ini memiliki rasa yang pahit sehingga seringkali dibuat untuk campuran jamu sehingga sangat khas. Tanaman brotowali semakin populer dikalangan masyarakat karena memiliki khasiat yang ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit salah satunya yaitu penyakit gula darah atau diabetes. Cara pengolahan tanaman brotowali untuk dijadikan obat diabetes sangat mudah, yaitu:

  1. Ambil batang tanaman brotowali kira-kira sebesar jari atau 10 cm
  2. Tambahkan satu genggam akar pepaya 
  3. Rebus tanaman brotowali dan akar pepaya hingga mendidih, lalu setelah mendidih biarkan agar dingin
  4. Minum air rebusan tersebut untuk mengobati penyakit diabetes
  • Daun kemangi

Daun kemangi merupakan tanaman yang sangat mudah ditemui. Daun ini biasa digunakan sebagai lalapan dan dimakan dengan menggunakan sambal. Dibalik itu, kemangi juga mempunyai manfaat sebagai obat penyakit gula darah atau diabetes. Daun kemangi memiliki kandungan yang dapat membantu proses sekresi insulin pada tubuh, sehingga kadar gula darah akan tetap stabil. Cara mengkonsumsinya sangata mudah, yaitu cukup digunakan sebagai lalapan. Kemangi biasa dikonsumsi dalam keadaan mentah, jadi pastikan saat dikonsumsi dalam keadaan bersih.

  • Buncis

Buncis memiliki kandungan B-sitoserol yang dapat mempercepat produksi insulin di dalam tubuh, namun tetap menjaga insulin tetap normal di dalam tubuh. Karena kandungan ini, buncis menjadi salah satu obat diabetes kering yang cukup efektif. Buncis mampu mengurangi gula darah jika dapat mengolahnnya dengan benar. Berikut adalah cara membuat obat diabetes alami dari buncis:

  1. Siapkan 1/2 kg buncis dan cuci bersih
  2. Rebus buncis menggunakan 2 gelas air hingga mendidih
  3. Setelah mendidih, angkat buncis dan masukan ke dalam gelas
  4. Minuman air rebus buncis tersebut pagi dan malam sebelum tidur


  • Daun Salam

Daun ini paling sering anda gunakan sebagai tambahan bahan masakan anda. Apabila anda tidak memakai daun salam ketika memasak dapat diibaratkan kalau masakan anda akan terasa kurang sedap. Karena daun salah ternyata juga menyimpan kegunaan yang luar biasa untuk kesehatan anda terutama yaitu untuk mengatasi masalah diabetes atau penyakit gula, mungkin bagi sebagian orang ada yang sudah mengetahuinya namun tidak sedikit pula yang belum mengetahui mengenai manfaat daun salam. Cara yang dapat anda lakukan juga mudah tinggal anda cuci daun salam hingga bersih kemudian rebus atau masak dengan meggunakan air hingga mendidih. Setelah ramuan tersebut mendidih, diamkan hingga dingin dan minum air daun salam tersebut secara rutin dan teratur agar para penderita diabetes segera sembuh. Anda juga tidak perlu khawatir karena apabila anda mengkonsumsi daun salam untuk mengobati penyakit diabetes anda juga tidak akan menimbulkan efek samping untuk kesehatan tubuh anda.

Itulah informasi mengenai beebrapa bahan alami yang mempunyai khasiat dapat digunakan untuk obat diabetes atau gula darah. Cara pengolahannya sangat mudah dan dapat dicoba dirumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


EmoticonEmoticon