Rabu, 17 Januari 2018

Pengertian Kodominan dan Contoh Kodominan

Terdapat beragam faktor yang berperan dalam menentukan bagaimana suatu organisme akan terlihat dan bertindak. Dalam artikel ini Anda akan belajar tentang situasi genetik yang dikenal sebagai kodominan. Apa itu kodominan dan contoh dari kodominan? Simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Kodominan


Manusia melihat dan bertindak seperti yang kita lakukan karena gen kita. Gen adalah unit informasi turun-temurun yang terletak pada segmen kromosom. Gen-gen untuk suatu sifat tertentu mungkin ada dalam bentuk yang berbeda yang dikenal sebagai alel. Sebuah contoh dari sebuah alel atau gen adalah warna bunga.

Sebuah bunga mungkin memiliki alel yang membuatnya merah atau pink dan sebagainya. Alel yang selalu muncul ketika mereka hadir dikenal sebagai alel dominan. Alel yang ditutupi atau disembunyikan oleh alel dominan dikenal sebagai alel resesif. Dalam beberapa situasi kedua alel disajikan sama. Skenario genetik di mana alel tidak dominan atau resesif dan keduanya bisa dinyatakan dikenal sebagai kodominan.

Contoh Kodominan


Apakah Anda tahu golongan darah Anda? Jenis darah adalah contoh yang sangat baik dari kodominan. Golongan darah seseorang dapat A, B, AB, atau O. Huruf-huruf mengacu pada jenis protein hadir dalam darah. Jika seseorang memiliki tipe A protein mereka memiliki tipe darah A. Jika seseorang memiliki protein tipe B mereka memiliki golongan darah B. Jika seseorang memiliki tipe darah O maka protein tidak hadir. Jika seseorang jenis AB maka mereka memiliki kedua protein A dan B dalam darah mereka. Jika seseorang adalah tipe A atau tipe B ini berarti bahwa mereka memiliki A dominan atau B dominan alel hadir dalam darah mereka. Semua alel lain adalah ditutupi. Jika seseorang adalah tipe O itu berarti bahwa baik tipe A atau tipe B alel dominan. Namun, jika seseorang adalah tipe AB ini berarti bahwa baik alel A dan alel B sama-sama diekspresikan dan karena itu kodominan.

Baca: Pengertian Lumut, Ciri-ciri, Klasifikasi, Siklus dan Manfaat Lumut

Contoh lain dari kodominan adalah dauk bulu pada sapi. Banyak keturunan ternak yang dominan untuk rambut merah atau rambut putih. Ahli genetika kita huruf RR untuk mewakili rambut merah dominan dan huruf WW untuk mewakili rambut putih yang dominan. Ketika dua individu dengan alel ini disilangkan keturunannya adalah RW. Ini berarti warna putih dan merah sama-sama dinyatakan dalam keturunannya dan kodominan, menghasilkan suatu dauk sapi.

Ringkasan Kodominan


Organisme bertindak dan terlihat seperti yang mereka lakukan karena gen mereka. Alel adalah bentuk-bentuk gen. Ketika dua alel untuk suatu sifat adalah sama diungkapkan dengan tidak menjadi resesif atau dominan, menciptakan kodominan.

Kodominan

Demikianlah ulasan mengenai kodominan beserta contoh kodominan. Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi Anda.


EmoticonEmoticon