Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Mata


Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Mata
Pernahkah kamu mengalami sakit mata? Ya, sebagian orang pasti pernah mengalami sakit mata yang salah satunya ditandai dengan mata yang memerah. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Artikel kali ini akan membahas cara mengatasi sakit mata agara cepat pulih kembali.

Sakit mata merupakan penyakit yang sering sekali di alami masyarakat indonesia, biasanya penyakit ini dapat dengan mudah menular. Orang terkena sakit mata pada umumnya ciri ciri matanya akan bengkak, memerah, belekan dan berair yang muncul setelah bangun tidur. Lalu apa sih penyebab sakit mata? Berikut penjelasannya.

Baca juga artikel : Jenis Imunisasi dan Manfaatnya

Penyebab mata merah dan sakit

  • Infeksi bakteri
Selain virus, beberapa jenis bakteri juga dapat menyebabkan masalah pada mata. Jenis bakteri tersebut antara lain bakteri staphylococcus dan bakteri pneumoccocus . Gejala yang terjadi hampir mirip dengan gejala mata merah akibat virus. Mata juga akan terasa perih dan akan keluar kotoran atau belek yang berwarna kuning pekat layaknya nanah. Biasanya ketika bangun tidur pada pagi hari, mata akan susah dibuka karena lengket akibat banyak kotoran yang keluar. Mata terasa panas seperti ada benda asing yang masuk.

  • Viral Conjunctivitis
Yang kedua adalah viral conjuctivitas. Nah viral conjunctivitas adalah gangguan mata yang disebabkan oleh virus dan termasuk jenis sakit mata yang menular. Akan tetapi, sakit mata jenis ini tidak memerlukan perawatan khusus. Mengapa? Sebab dalam beberapa hari saja, mata akan sembuh dengan sendirinya. Ciri dari viral conjunctivitis ini adanya cairan bening dan encer dari mata.

  • Konjungtivitis Bakteri
Sesuai dengan namanya yakni sakit mata konjunctivitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri, jenis konjungtivitis ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada mata jika tidak diobati dengan baik. Berbeda dengan virus, konjunctivitis bakteri akan menghasilkan sekret tebal berwarna kuning kehijauan (belekan). Namun sama-sama mudah menular.

  • Sakit mata karena iritasi
Sakit mata jenis ini disebabkan oleh iritasi seperti halnya kelilipan atau karena terkena percikan. Tanda dari gangguan mata ini diantaranya mata berair sedikit kental, biasanya akan sembuh dalam waktu satu hari, namun bisa juga lebih.

  • Mata kelelahan
Mata lelah biasanya disebabkan mata bekerja secara berlebihan. Maksudnya seperti saat seharian bekerja depan komputer, terlalu banyak membaca buku, terlalu lama main game dan nonton TV.
Dengan melakukan pekerjaan di atas, tetapan mata akan difokuskan ke layar. Akibatnya lebih jarang kedip dari biasanya. Lalu kelembaban mata menurun, terasa lelah dan kemudian menjadi merah.

  • Mata terluka
Penyebab mata merah selanjutnya bisa juga diakibatkan oleh cedera seperti kelilipan lalu dikucek dengan keras, kemasukan benda asing, ditonjok, terbentur tembok, dan lain sebagainya.

Tips Mengatasi Sakit Mata

  • Mengobati Sakit Mata dengan Madu
Khasiat madu yang sangat beragam salah satunya dapat digunakan untuk menyembuhkan mata merah atau belekan dengan mudah dan tanpa obat. Gunakan madu murni untuk area mata yang belekan sehari tiga kali hingga mata sehat kembali.

Cara mengobati sakit mata dan belekan ini sangat mudah karena kamu tidak perlu membuat ramuan apapun, cukup dengan madu saja. Sebelum madu digunakan, area mata yang akan diobati harus dibersihkan terlebih dahulu dengan mengusapnya menggunakan kapas yang sudah dicelupkan dengan air hangat.

Dengan cara ini, kotoran bisa dihilangkan dan pengobatan mata bisa lebih maksimal. Saat menggunakan kapas, jangan berulang-ulang mengusapnya pada mata yang sakit, melainkan satu kali usapan saja setiap satu kapas.

Nah jika memang masih diperlukan untuk dibersihkan, gunakan kapas lainnya dan celup kembali dengan air hangat. Kapas yang digunakan berkali-kali dapat membuat kotoran menyebar ke area lain pada mata kamu.

  • Jangan Menggaruk Mata
Menyentuh dan menggaruk mata yang sedang belekan sangatlah tidak disarankan. Mengapa? Penyebab nomor satu mata belekan adalah karena adanya infeksi pada mata kamu. Jika kamu menyentuh mata kamu, maka sangat mungkin sekali kuman dari satu mata akan berpindah ke mata lainnya. Menyentuh dan menggosok mata yang sedang belekan pun dapat memperparah proses infeksi pada mata yang sedang tersebut.

Nah jika kamu ingin membersihkan mata dari belek, lakukan dengan menggunakan kain yang dicelupkan ke air panas. Kemudian tempelkan pada mata, sambil digosok dengan lembut, lalu cuci kain tersebut.

  • Mentimun
Mentimun yang diiris dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada mata. Iris mentimun tipis dan letakkan irisannya pada mata kamu. Tahukah kamu, bahwa mentimun yang biasa digunakan sebagai lalapan makanan ini mengandung anti bakteri yang dapat membantu mengurangi gejala sakit mata.

Bahkan bukan hanya sekedar mengobati mata saja, mentimun juga dapat mengurangi kantung mata. Jadi sekali menggunakannya ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan. Dengan kesegarannya mentimun mampu membuat area sekitar mata menjadi lebih tenang dan nyaman.

  • Daun sirih
Dalam dunia medis, daun sirih sangat banyak manfaatnya. Zat yang terkandungnya bisa berfungsi sebagai antibakteri. Maka untuk penyakit-penyakit yang disebabkan bakteri, banyak orang yang menyarankan untuk mengobatinya dengan daun ini.

Begitu juga dengan penyakit mata ringan yang disebabkan oleh bakteri seperti misalnya belek dan bintitan. Daun sirih ini bisa kita gunakan untuk menyembuhkannya.

Caranya adalah sediakan beberapa lembar daun sirih. Cuci sampai bersih. Lalu rebus dengan air bersih dengan panci kecil. Setelah mendidih, angkat dan diamkan sampai dingin. Sebelum digunakan untuk tetes mata, rebusan daun sirih harus disaring sampai bersih dari ampas dahulu.

Selain direbus, kita bisa juga memanfaatkannya cukup ditempel saja. Sediakan dua lembar daun sirih. Cuci bersih sampai kuman hilang. Dengan bantuan plester tempelkan lembaran daun sirih sebelum anda tidur. Paginya, cuci muka dan mandi seperti biasa.

  • Bawang putih
Hampir sama dengan daun sirih, bawang putih juga sering digunakan untuk sakit mata seperti belek, timbil, blepharis, dan sejenisnya. Kandungan yang terdapat pada bawang putih dipercaya bisa membunuh bakteri penyebab sakit mata tersebut.

Untuk memanfaatkan bawang putih untuk obat sakit mata alami yang ampuh dan mujarab, pertama siapkan dulu bawang putih yang bersih cukup satu siung saja. Pada salah satu ujungnya, irislah penggunakan pisau. Nah getah dipinggir irisan tersebutlah yang dioleskan dikelopak mata yang sakit.

  • Irisan timun, kentang, stroberi, dan bangkoang
Beberapa masalah mata ringan seperti mata panda yang menghitam, kantung mata, lelah, dan sebagainya bisa coba kita atasi dengan memanfaatkan irisan timun, kentang mentah, stroberi, dan bengkoang. Bahan-bahan tersebut dipercaya bisa menyegarkan dan memulihkan kesehatan mata.
Jika mata kamu lelah, ada lingkaran yang menghitam seperti mata panda, bagian bawah menggelembung atau yang biasa disebut kantung mata, cobalah atasi hal tersebut dengan irisan timun, kentang mentah, stroberi, dan bengkoang.

Seandainya ingin mencoba, caranya adalah sebagai berikut. Pertama siapkan salah satu dari buah di atas. Jika sebelumnya didinginkan dahulu di dalam kulkas itu akan lebih bagus. Setelah diyakini sudah bersih, lalu potong tipis dengan ketebalan 1-2 cm. Untuk luas/lebar, setidaknya cukup menutupi mata saja. Dan kalau stroberi belah jadi dua bagian. Jika sudah terpotong tinggal tempelkan saja ke atas mata sambil terbaring dan tentu pula dalam keadaan kelopak mata tertutup.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar