Manfaat Buah Sirsak


Manfaat Buah Sirsak
Kamu tentu pernah mencicipi buah sirsak bukan? Nah buah yang satu ini tidak hanya memiliki rasa yang manis, tetapi juga memiliki berbagai manfaat bagi tubuh kita.

Buah sirsak (Annona muricata) merupakan tanaman yang lahir di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Indonesia menjadi salah satu negara yang banyak melestarikan buah dengan banyak julukan seperti nangka sebrang, nangka landa, nangka walanda, nangka buris, dan srikaya jawa ini.

Sirsak merupakan buah berwarna hijau dengan rasa manis bercampur sedikit asam. Kadang buah ini sering digunakan untuk membuat es jus segar. Sirsak terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 biji buah, dan 4 persen inti buah yang terdiri dari karbohidrat tinggi.

Baca juga artikel : Bahaya Makanan Siap Saji Bagi Kesehatan

Apa Saja Manfaat Buah Sirsak?

  • Baik untuk tulang
Buah yang satu ini memang memiliki kandungan yang sangat banyak dan baik sekali untuk tubuh. Selain vitamin C, buah ini juga mengandung kalsium dan fosfor yang baik sekali untuk menjaga kesehatan tulang kamu. Di setiap 100 gram buah sirsak ternyata mengandung 14 miligram kalsium serta 27 miligram fosfor. Tidak hanya nutrisi itu saja yang menyebabkan sirsak bisa menjaga tulang kamu.

Sirsak juga ternyata mengandung zat tembaga. Zat tembaga ini memiliki fungsi penting karena bisa membantu penyerapan kalsium pada tulang. Jika kalsium terserap baik oleh tulang, pastilah tulang anda menjadi lebih kuat dan tak mudah terserang penyakit osteoporosis.

  • Menangkal radikal bebas
Khasiat jus sirsak yang pertama ini bisa menangkal radikal bebas. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah ini sangatlah baik sekali bagi kesehatan, salah satunya untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan tubuh yang kebal nantinya bisa membantu kamu dalam mencegah berbagai macam penyakit yang sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh.

  • Melawan tanda penuaan
Buah sirsak mengandung asam askorbat dan vitamin C yang tinggi. Kedua kandungan itu berfungsi antioksidan dalam tubuh kita yang dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis-garis halus dan pigmentasi pada kulit.

  • Mengurangi Risiko Serangan Jantung
Dari hasil penelitian terungkap sebuah keistimewaan dari buah sirsak yaitu menghilangkan aterosklerosis di dalam jantung. Penyakit tersebut merupakan sebuah kondisi arteri jantung mengalami penebalan sehingga membuat darah menjadi tidak lancar dan serangan jantung mudah terjadi. Hal yang menakjubkan ini dikatakan para ahli sebagai reaksi dari vitamin C dalam buah sirsak.

  • Mencegah kanker
Seperti yang telah disebutkan diatas tadi, manfaat sirsak salah satunya adalah mampu mencegah kanker. Ternyata dalam buah sirsak terkandung senyawa fitokimia bernama Annonaceous acetogenins.

Senyawa ini berfungsi menghambat pertumbuhan virus dalam tubuh yang mengkibatkan mutasi genetik (kanker). Menariknya lagi, berbagai jenis kanker bisa dicegah dengan konsumsi buah sirsak rutin.

  • Manfaat buah sirsak untuk hipertensi
Tidak hanya daun sirsak saja yang bisa mengobati darah tinggi atau hipertensi. Ternyata, buah sirsak yang rasanya lezat pun memiliki khasiat yang sama untuk mengobati hipertensi. Beberapa penelitian, telah membuktikan khasiat buah sirsak ini yang mampu mengobati penyakit hipertensi. Hal ini dikarenakan, buah sirsak mengandung zat-zat yang mampu menangkal terjadinya hipertensi. Jadi, jika kamu ingin sehat maka konsumsi buah sirsak setiap hari.

  • Mengusir kolesterol jahat
Sirsak tak hanya mengandung vitamin C tetapi juga mengandung serat yang baik sekali untuk tubuh. Serat pada buah sirsak ternyata bisa menyerap kolesterol jahat yang terdapat pada tubuh. Sehingga yang tersisa di dalam tubuh adalah kolesterol yang baik saja. Jadi, untuk kamu yang ingin sehat tanpa kolesterol jahat minumlah segelas jus sirsak dengan teratur.

  • Mengatasi Migrain
Bagi kamu yang sering mengalami migrain atau sakit kepala sebelah, konsumsilah buah sirsak secara rutin. Kandungan yang dimiliki buah sirsak ternyata efektif membantu mengatasi migrain yang kamu derita. Manfaat buah sirsak yang satu ini sudah dibuktikan, kamu hanya perlu mengkonsumsinya secara rutin.

  • Mencegah kram otot
Minuman ini juga bisa kamu konsumsi untuk mencegah terjadinya kram pada otot. Kandungan kalium yang ada di dalam sirsak ini sangatlah bermanfaat sekali bagi kamu. Kalium tersebut bisa berfungsi bagi kamu untuk melakukan kontraksi otot dan bisa mencegah kram otot.

  • Membasmi Diabetes
Batas kadar gula normal dalam darah kita berkisar antara 70 mg sampai 120 mg. Nutrisi dalam daun sirsak diyakini menstabilkan kadar gula darah dalam kisaran normal. Selain itu, ekstrak daun sirsak dapat digunakan sebagai salah satu solusi obat herbal diabetes alami.

Cara Penggunaan :

  1. Ambil 2-5 helai daun sirsak
  2. Bersihkan dengan air bersih mengalir (untuk menghilangkan kuman dan bakteri)
  3. Rebus daun sirsak dalam air hangat 3 gelas
  4. Biarkan kering hingga tinggal 1 gelas.
  5. Minum secara rutin pagi hari dan malam hari untuk penderita diabetes.
  6. Lakukan secara rutin 3-4 hari, lalu cek kadar gula darah kamu.


  • Mengatasi kutu
Siapa sangka kalau daun sirsak juga bisa berfungsi sebagai obat anti-kutu rambut? Untuk mengatasi kutu yang bersarang di rambut, gunakan daun sirsak yang sudah dilumatkan untuk creambath. Usapkan hingga merata di seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Setelah itu bungkus kepala dengan handuk hangat dan diamkan selama 30 menit.

  • Mencegah rambut rontok
Sirsak, dengan kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya dapat membantu mencegah dan mengatasi rambut rontok. Rajin mengonsunsi buah sirsak akan menjadikan rambut lebih sehat dan kuat.

  • Menghilangkan komedo
Salah satu masalah wajah adalah adanya komedo. Komedo ini merupakan benda- benda kecil yang terdapat di dalam wajah yang menyebabkan wajah menjadi kasar dan tidak halus apabila diraba, menyebabkan wajah terlihat kusam dan berbintik. Komedo ini sifatnya tertanam di wajah, apabila kita memencetnya maka komedo ini akan keluar dengan sendirinya. Terkadang komedo juga terlihat di permukaan kulit sebagai tutul- tutul putih sehingga akan menghalangi pandangan wajah yang halus. Komedo banyak tersebar di area sekitar hidung dan pinggir bibir.

Apabila kita garuk maka akan menyebar dan terlihat seperti sekumpulan noda putih. Komedo ini juga membuat penderitanya menjadi kurang percaya diri, terlebih kaum wanita. Ada cara alami untuk meghilangkan komedo ini, yakni dengan menggunakan perawatan dari daun sirsak. Untuk memperoleh khasiat ini, kita bisa menggunakan perawatan dari daun sirsak. Perawatan dari daun sirsak dapat dilakukan dengan cara menggunakan daun sirsak sebagai masker wajah.

Bagaimana cara penggunaannya?

  1. Petik sekitar 6 lembar daun sirsak, kemudian tumbuk hingga halus.
  2. Kemudian campurkan air mawar pada daun yang telah ditumbuk tersebut dan gunakan sebagai masker.
  3. Gunakan secara teratur sebelum tidur untuk mendapatkan hasil terbaik.


  • Mengatasi ketombe
Ketombe dapat membuat kamu menjadi tidak nyaman terutama karena menimbulkan rasa gatal di kulit kepala, buah sirsak dapat membantu menghilangkan ketombe pada kulit kepala kamu karena memiliki kandungan anti parasit yang dapat melawan ketombe beserta gejala yang timbulkannya.

  • Mencegah anemia
Zat besi yang terkandung di dalam jus buah sirsak, sangat berkhasiat untuk mencegah anemia. Hal ini dikarenakan, kandungan zat besinya sangat bermanfaat dalam membantu pembentukan sel darah merah yang sehat.

Tips Memanfaatkan Daun Sirsak

Jika kamu menggunakan daun sirsak untuk berbagai keperluan kesehatan ada baiknya mengikuti beberapa tips berikut ini.

  • Bersihkan daun

Jangan lupa bersihkan daun dengan air mengalir karena akan banyak terdapat kuman, dan bakteri di daun sirsak, termasuk juga buahnya.

  • Jangan konsumsi terlalu berlebihan

Pastikan kamu mengikuti anjuran yang diberikan agar tidak menggurangi khasiat dari daun tersebut.

  • Konsultasikan ke ahli herbal terkait

Pastikan kamu melakukan konsultasi dengan ahli herbal terkait untuk mendapatkan informasi real mengenai manfaat daun tanaman sirsak, cara penggunaan, dan kandungan gizinya.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar