Manfaat Bawang Merah


Manfaat Bawang Merah
Manfaat bawang merah yang membuatnya fenomenal di dunia medis adalah kemampuannya dalam memerangi kanker dan berbagai penyakit berbahaya. Ia juga dapat dijadikan sumber antioksidan yang sangat ampuh untuk memerangi radikal bebas di dalam tubuh.

Bawang merah merupakan salah satu tanaman herbal tertua yang sering dibudidayakan. Tanaman yang terasa pedas di mata saat diiris ini memiliki tempat khusus dalam dunia kuliner karena mampu dipadukan dengan hampir semua jenis bumbu lainnya.

Bawang merah yang kita kenal adalah tanaman yang sering kita olah untuk bumbu berbagai macam masakan. Memang benar hampir setiap jenis masakan bawang merah ini tidak akan tertinggal didalamnya. Bahkan bukan jenis masakan Asia Tenggara saja yang suka mencampurkan bawang merah dalam masakannya. Beragam jenis masakan di dunia sangat suka mengolah masakannya dengan menambahkan bawang merah.

Baca juga artikel : Bahaya Memakai Headset Terlalu Lama

Kandungan Nutrisi Bawang Merah

Satu cangkir bawang merah cincang mengandung sekitar :
  1. 64 kalori
  2. 15 gram karbohidrat
  3. 0 gram lemak
  4. 0 gram kolesterol
  5. 3 gram serat
  6. 7 gram gula
  7. 2 gram protein dan 10%
  8. Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan
  9. Memiliki sejumlah kandungan kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor dan kalium antioksidan quercetin dan sulfur.
Nah, dari segitu banyak kandungan nutrisi bawang merah di atas makanya ada banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan kita. Bahkan dapat mengobati berbagai penyakit. Jika kita kekurangan asupan vitamin C dan serat, bisa langsung dipenuhi oleh bawang merah karena di dalamnya tertanam vitamin C, serat, kalium, dan asam folat yang siap sedia menunjang kesehatan organ tubuh.

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

  • Mencegah Terjadinya Kanker
Kanker diketahuai sebagai salah satu penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian. Untuk itu banyak peneliti mencari obat alternatif untuk mengobati kanker. Beberapa ahli menyebutkan bahwa kandungan senyawa belerang  yang ada di dalam bawang merah dapat mencegah terjadinya kanker. Senyawa aktif yang ada pada bawang merah mentah berguna untuk menghambat perkembangan sel kanker yang ada dalam tubuh. Sehingga untuk pencegahan penyakit kanker, perlu dikonsumsi bawang merah mentah, agar sel kanker yang ada tidak berkembang dan menyebabkan penyakit yang lebih parah lagi. Selain senyawa belerang, bawang merah mentah juga memiliki kandungan sulfur yang dapat melindungi tubub dari beberapa penyakit kanker seperti kanker lambung, usus, payudara paru-paru dan juga prostat.

  • Untuk Mengobati Gangguan Urin
Mengkonsumsi bawang merah mentah khasiatnya dapat mengobati bagi penderita rasa terbakar pada saat kamu membuang air kecil. Dengan bawang merah maka gangguan urin kamu akan terbantu dan akan terasa efeknya. Konsumsi bawang merah dengan cara meminum air rebusan bawang merah.

  • Mengatur kadar gula darah
Bawang merah sangat baik bagi penderita diabetes. Senyawa sulfur yang disebut allyl propyl disulfide dalam bawang merah membantu meningkatkan produksi insulin dan kadar glukosa darah untuk penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Selain itu, bawang merah mengandung jumlah kromium yang meningkatkan toleransi glukosa tubuh. Oleh sebab itu, penderita diabetes sangat disarankan untuk mengonsumsi bawang merah mentah secara rutin.

  • Menyehatkan Jantung
Siapa yang tak ingin memiliki jantung sehat. Bisa dipastikan semua orang menginginkan organ manusia paling penting ini selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Agar jantung kamu selalu sehat, cara mudah yang bisa dilakukan adalah memperbanyak makan bawang merah. Nutrisi dan vitamin yang terkandung pada bawang merah mampu melindungi jantung, paru-paru bahkan liver dari berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit.

  • Bau Mulut
Setelah dikonsumsi, memang rasanya cukup nikmat, seperti halnya ketika kita mengonsumsi sate ayam dengan bumbu kacang yang disertai irisan bawang merah sedap. Namun jangan heran kalau setelah memakannya, napas kita menjadi tak sedap. Bau mulut terjadi karena ada aroma yang cukup kuat keluar dari mulut kita dan ini juga disebabkan oleh adanya kadar tinggi akan sulfur di dalam bawang merah sehingga mengurangi rasa percaya diri kita setelah menikmatinya.

  • Mengatur Tidur dan Suasana hati
Folat ditemukan dalam bawang, dapat membantu depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh, yang dapat mencegah darah dan nutrisi lain untuk mencapai otak. Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang mengatur tidak hanya suasana hati, tetapi juga tidur dan nafsu makan dengan baik.

  • Mengatasi Radang Tenggorokan
Selain dapat digunakan untuk mengatasi bau mulut, dan juga infeksi pada mulut dan gusi, bawang merah mentah juga dapat mengatasi radang tenggorokan yang sering dialai oleh sebagian besar masyarakat. Radang tenggorokan dapat disebabkan oleh beberapa hal, yakni dari pergantian musim, konsumsi es dan minyak yang berlebihan. Untuk itu bagi yang memiliki tenggorokan yang sensitif, mungkin dapat mengkonsumsi bawang merah mentah agar tidak terjadi radang tenggorokan seperti yang biasa dialami.

  • Bawang Merah Mengobati Sembelit
Khasiat bawang merah untuk kesehatan yang lainnya adalah untuk mengobati sembelit. Sembelit terjadi karena banyak komponen makanan yang menginap pada usus, sehingga sulit dikeluarkan. Jika kamu menderita konstipasi atau sembelit, jangan sungkan untuk konsumsi bawang merah mentah. Di dalamnya terdapat serat yang berkhasiat untuk membuang racun dan partikel makanan keras dalam usus.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Karena mengandung polifenol, bawang merah berkhasiat meningkatkan kekebalan tubuh serta melindungi tubuh dari radikal bebas. Tak cuma itu, bawang merah mengandung mineral selenium yang membantu meningkatkan kekebalan dengan meningkatkan respons imun.

Fungsi kekebalan tubuh akan menurun selama pengobatan radiasi untuk penderita kanker. Akan tetapi dengan asupan makanan yang kaya quercetin, sistem imunitas penderita kanker dapat kembali meningkat dan tidak rentan sakit.

  • Sakit Kepala
Mungkin ada sebagian dari kita yang suka mengonsumsi bawang merah sebagai cemilan atau suka memakannya secara berlebihan. Hal ini tak akan baik bagi kesehatan tubuh kita karena pada dasarnya kelembaban pada bawang merah cukup tinggi dan berlebih dan inilah yang diketahui dapat membuat kepala kita menjadi gampang pusing.

  • Mual dan Muntah
Mual-mual dapat terjadi ketika kita terlalu banyak makan bawang merah, ini bisa jadi karena efek lambung yang teriritasi tadi. Biasanya kalau perut sudah terasa mual, maka akan disusul dengan muntah. Apabila hal ini terjadi lebih dari sekali atau bahkan berkali-kali setiap sehabis makan bawang merah, sebaiknya memang periksakan segera supaya tidak makin parah.

  • Esofagus dan kanker perut
Asupan allium dalam sayuran yang berbanding terbalik dengan risiko terserang kanker perut. Beberapa penelitian pada manusia berbasis survei telah menunjukkan potensi dampak protektif konsumsi alliums, serta laporan dari penghambatan tumor setelah pemberian senyawa allium pada hewan percobaan.

Resiko Kesehatan Bawang Merah

Bawang merah ternyata memiliki resiko bagi kesehatan, walaupun tidaklah begitu sangat serius. Makan bawang dapat menyebabkan masalah bagi sebagian orang. Karbohidrat dalam bawang dapat menyebabkan gas dan kembung, menurut National Digestive Diseases Information Clearinghouse. Bawang, terutama jika dikonsumsi mentah, dapat memperburuk mulas pada orang yang menderita sakit maag kronis atau penyakit refluks lambung, menurut salah satu studi 1990 di American Journal of Gastroenterology.

Mengkonsumsi sejumlah bawang atau meningkatkan konsumsi bawang dapat mengganggu dengan obat pengencer darah, menurut University of Georgia. Bawang hijau mengandung jumlah vitamin K yang tinggi, yang dapat menurunkan fungsi darah.

Bawang merah juga memungkinkan untuk intoleransi makanan atau alergi terhadap bawang, tetapi kasus-kasus yang jarang terjadi, menurut sebuah artikel di Journal of Allergy and Clinical Immunology. Orang yang mengalami alergi bawang merah mungkin mengalami kemerahan, mata gatal dan ruam jika bawang merah bersentuhan dengan kulit. Orang dengan intoleransi terhadap bawang merah mungkin mengalami mual, muntah dan ketidaknyamanan lambung lainnya.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar