Minggu, 07 Mei 2017

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

cara menghitung berat badan ideal
Cara menghitung berat badan ideal baik itu laki – laki atau perempuan sebenanya merupakan hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Tetapi ternyata banyak orang yang belum memahami mengenai apa arti dari berat badan yang ideal itu sendiri. Berat badan yang ideal harus didapatkan dari dihitung terlebih dahulu, bukan dapat dilihat hanya dengan melihat bentuk tubuh seseorang.

Ada suatu rumus tertentu yang digunakan untuk membuat tinggi badan dan juga berat badan anda akan menjadi ideal dan juga seimbang. Namun di masa saat ini sudah mulai bermunculan aplikasi yang mampu menghitung berat badan tubuh yang ideal secara otomatis. Tetapi tidak ada salahnya pula apabila anda juga perlu untuk mengetahui bagaimana cara menghitung berat badan yang ideal dengan menggunakan metode manual. Baik itu laki – laki atau perempuan mereka tentunya menginginkan berat badannya ideal, karena memang selain karena sangat mampu mendukung penampilan anda, ternyata juga dapat membuat kondisi tubuh anda akan jauh lebih sehat asalkan cara anda untuk mendapatkan berat badan ideal anda tersebut didapatkan dengan cara yang benar. Tubuh anda akan lebih nyaman untuk melakukan aktivitas dan mampu terhindar dari berbagai jenis – jenis penyakit.

Dalam ilmu kesehatan ada dua rumus secara umum yang digunakan untuk menghitung berat badan anda yang ideal, yaitu dengan menggunakan rumus Broca dan juga menggunakan sistem Body Mass Index (BMI). Dimana yang perlu anda ketahui mengenai berat badan yang ideal yaitu relatif, karena memang bentuk tubuh antara satu orang dengan orang lainnya memang berbeda – beda, ada orang yang memiliki bentuk buah pear, lurus, segitiga terbalik, hourglass atau jam gelas, oval dan juga masih banyak jenis – jenis bentu tubuh lainnya, oleh karena itu tidak ada satu titik yang mampu menunjukkan berat badan yang ideal. Kerena memang tidak ada berat badan ideal yang absolut, namun lebih pada rentang berat badan yang tertentu, oleh itu BMI dirasa menjadi rumus yang lebih baik untuk anda gunakan sebagai rumus menghitung berat badan ideal bila dibandingkan dengan rumus Broca.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Secara Manual

Bagi anda yang merasa wanita, tentunya anda menginginkan memiliki berat badan dan juga bentu tubuh yang ideal. Salah satunya yaitu dengan menentukan terlebih dahulu berapa sebenarnya berat badan ideal anda. setelah anda melakukan dan mengetahui hal tersebut, baru anda dapat berusaha dengan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan berat badan yang ideal tersebut. Dimana yang harus anda persiapkan sebelum anda mulai untuk menghitung berat badan ideal anda secara manual yaitu data tinggi dari badan anda. Rumus untuk menghitung berat badan anda yang ideal juga dapat anda gunakan yaitu dengan rumus BMI atau juga dapat dengan rumus Brocha.

  • Rumus BMI (Body Mess Index)

Rumus untuk mengetahui berat badan ideal yang anda miliki dengan cara manual yaitu dengan menggunakan rumus BMI. Dimana anda sudah tidak perlu lagi untuk menentukan seberapa ramping mengenai tubuh anda yang tepat untuk dapat dikatakan sebagai ideal. Data yang perlu anda butuhkan adalah berupa berat badan anda saat ini dan juga tinggi badan yang anda miliki sekarang. Rumus dalam penghitungan berat badan yang ideal dengan menggunakan rumus BMI adalah “BMI =  Berat Badan (kg) : (Tinggi Badan x Tinggi Badan)”. Misalnya saja 45 kg: 1,68 m x 1,68 m = 45 : 2,82 = 17,0 kg.

Untuk acuan BMI baik itu antara laki – laki atau perempuan memang memiliki sedikit perbedaan, berikut adalah perbedaanya.

Wanita
BMI < 18 tergolong Kurus
BMI 18 – 25 tergolong Normal
BMI 25 – 27 tergolong Kegemukan
BMI > 27 tergolong Obesitas

Laki – Laki
BMI < 17 tergolong Kurus
BMI 17 – 23 tergolong Normal
BMI 23 – 27 tergolong Kegemukan
BMI > 27 tergolong Obesitas

Penjelasan di atas merupakan cara menghitung berat badan yang ideal antara perempuan dan laki – laki dengan menggunakan rumus BMI (Body Mass Index). Jadi, apdabila anda ingin tergolong ke dalam ketegori kurus, maka anda harus menambah makanan berkalori anda demi menambah berat badan anda. Namun apabila anda tergolong kategori yang sudah normal, maka anda sebaiknya merasa beruntung dan anda harus tetap mempertahankan pola hidup sehat yang sudah anda lakukan. Saat tubuh anda sudah mulai kegemukan, maka sebaiknya anda waspada dan mulai untuk memperbaiki pola makan anda. Sedangkan anda sudah termasuk dalam kategori obesitas, artinya anda sudah harus mulai untuk melakukan program diet atau penurunan berat badan. Cukup mudahbukan cara menghitung berat badan ideal anda sesuai dengan tinggi badan anda. selanjutnya adalah ada penjelasan mengenai cara menghitung berat badan yang ideal dengan menggunakan rumus Brocha.

  • Rumus Brocha

Cara menghitung berat badan yang ideal pada perempuan atau laki – laki dengan menggunakan rumus Brocha mungkin terkesan lebih mudah bila dibandingkan dengan menggunakan rumus BMI. Dimana pada rumus ini anda akan langsung mendapatkan berat badan yang ideal secara pasti dan dapat menjadi target anda. Bagi anda yang ingin mencoba dengan menggunakan rumus ini, acuannya adalah dengan menggunakan tinggi badan. Oleh karena itu, maka anda harus membutuhkan data tinggi badan anda dalam satuan cm. Rumus dari Brocha sendiri adalah “Berat badan ideal = (Tinggi badan - 100) – (15% x (Tinggi badan - 100))”. Misalnya saja anda memiliki tinggi badan 167 cm, kemudian cara menghitung berat badan ideal anda yaitu (167 - 100) – (15% x (167 - 100) = 67 – 10,5 = 56,5 kg.

Untuk cara menghitung berat badan yang ideal dengan menggunakan rumus brocha, sebenarnya yang digunakan untuk menghitung berat badan ideal pada perempuan. Sedangkan untuk mengukr berat badan ideal pada laki –laki , maka angka 15 % diganti dengan menggunakan 10 %. Namun syaratnya adalah anda harus dalam keadaan tubuh yang benar – benar sehat dan juga bugar.

Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal

Lantas bagaimana tips untuk mendapatkan berat badan anda yang ideal, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan.

  • Dengan meningkatkan porsi makan anda dari porsi biasanya. Jadi misalnya saja dalam satu hari anda hanya makan sebanyak 3 kali saja. Maka untuk mendapatkan berat badan yang ideal, maka anda harus meningkatkan makan anda menjadi dua kali lipat atau 6 kali dalam satu hari. dimana cara ini dirasa cukup efektif, asal saja menu makanan yang anda konsumsi setiap harinya juga tetap di atur. Bukan berarti anda boleh mengkonsumsi makanan yang sembarangan. 
  • Dengan melakukan olahraga secara rutin. Jadi anda harus tetap mengusahakan untuk melakukan olahraga secara rutin, karena porsi makan yang banyak harus tetap diimbangi dengan berolahraga supaya metabolisme di dalam tubuh anda tetap berjalan lancar. Jangan lupa juga untuk tetap mengatur jadwal istirahat anda, jangan sampai anda kurang tidur atau bahkan terlalu banyak tidur.


EmoticonEmoticon