Penyebab dan Cara Menghaluskan Telapak Tangan


Penyebab dan Cara Menghaluskan Telapak Tangan
Apakah kamu memiliki telapak tangan yang kasar? Bagaimana sih cara untuk mengatasinya? Artikel kali ini akan membahas mengenai penyebab dan cara mengatasi kulit telapak tangan kamu yang kasar. Yuk simak berikut ini.

Telapak tangan yang kasar adalah salah satu permasalahan kulit yang sangat sering ditemui. Bagi kaum lelaki hal tersebut bisa jadi tidak menjadi permasalahan yang serius, namun bagi wanita, hal tersebut bisa dianggap sebagai salah satu masalah dan membuat wanita seringkali merasa tidak percaya diri. Apalagi ketika wanita harus berjabat tangan dengan orang lain. Mereka akan merasa tidak percaya diri karena telapak tangan mereka kasar.

Perawatan telapak tangan memang seringkali terlewatkan karena kebanyakan orang menganggap bahwa telapak tangan adalah area yang tidak terlalu vital dalam segi penampilan. Namun, ketika telapak tangan kasar barulah orang-orang akan menyadari bahwa melakukan perawatan telapak tangan sangatlah penting.

Baca juga artikel : Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Cepat dan Alami

Apa Saja Penyebab Telapak Tangan Kasar?

Sebelumnya kamu tentu ingin mengetahui apa sebenarnya penyebab telapak tangan kasar? Telapak tangan kasar secara umum disebabkan oleh beberapa hal berikut, yaitu:

  • Alergi deterjen
Yang pertama adalah alergi terhadap detergen. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa deterjen mengandung zat-zat kimia yang bisa menimbulkan alergi pada kulit. Memang alergi tidak terjadi pada semua orang. Karena, tingkat sensitifitas kulit setiap orang berbeda-beda. Nah, untuk kamu yang memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya menghindari kontak langsung dengan deterjen untuk menghindari dampak negatif dari alergi deterjen ini, yang salah satunya adalah dapat menyebabkan telapak tangan menjadi kasar.

  • Tubuh kekurangan nutrisi
Yang kedua adalah tubuh kamu yang kekurangan nutrisi. Kamu mungkin pernah mengalami kondisi di mana kulit terasa kering dan kusam. Nah, hal ini bisa jadi, karena kamu kekurangan asupan nutrisi dan juga vitamin yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga kulit. Beberapa jenis makanan yang kaya akan vitamin E dan juga vitamin C sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Kedua jenis vitamin tersebut berperan sebagai antioksidan alami yang berguna untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel tubuh termasuk kerusakan pada sel kulit. Jika kulit kamu terasa kering dan kasar, termasuk kulit pada bagian telapak tangan, hal bisa jadi karena kamu kekurangan beberapa jenis nutrisi dan juga vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

  • Sabun mandi
Sabun batangan cenderung membuat kulit kering, begitu juga sabun yang menghasilkan banyak busa.
Banyak pembersih dan sabun tangan juga mengganggu fungsi normal kulit yang memperlambat proses alami perbaikan kulit sehingga membuat kulit menjadi kering dan pecah-pecah.

  • Jarang minum air
Tahukah kamu bahwa jarang minum daoat menyebabkan kulit menjadi kasar dan kusam? Ya, jika kamu kurang minum, tubuh akan mengalami dehidrasi yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering, termasuk kulit tangan. Kulit kering rentan dengan kondisi keriput dan kasar. Perbanyak minum air putih, sekitar 8 gelas per hari.

  • Memakai scrub tangan
Menggunakan scrub tangan memang dapat menghilangkan sel kulit mati yang kering, tetapi bila melakukannya terlalu sering dapat menghilangkan lapisan kulit luar tangan kamu. Padahal, lapisan tersebut berguna untuk melindungi tangan saat cuaca dingin. Sebaiknya, jika ingin memakai scrub lakukan hanya 1-2 minggu sekali. Selain itu, pastikan scrub digunakan adalah jenis yang lembut.

  • Mandi dengan air hangat
Mandi dengan air hangat dipercaya dapat merilekskan tubuh. Tapi, mandi dengan air hangat malah akan menghilangkan pelembab alami yang terdapat pada kulit kamu.

  • Kondisi gen
Meskipun sangat jarang, kasus kulit telapak tangan yang kasar bisa jadi dipengaruhi oleh faktor genetik. Faktor gen bisa jadi adalah faktor yang paling mempengaruhi bagaimana setiap detail yang ada pada tubuh kita, tidak terkecuali pada tangan kita. Bisa jadi seseorang memiliki telapak tangan yang kasar karena adanya pengaruh gen, dengan kata lain, orang tersebut telah terlahir dengan jenis kulit tangan yang tebal akibat adanya faktor keturunan.

  • Hand sanitizer
Keunggulan hand sanitizer memang dapat membersihkan tangan dalam waktu singkat tetapi bila dilakukan secara rutin, tangan bisa menjadi kering karena terdapat kandungan alkohol di dalamnya. Jadi sebaiknya cuci tangan dengan sabun biasa dan air daripada mengunakan hand sanitizer.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Berikut ini merupakan cara yang tepat untuk mengatasi kulit telapak tangan kamu yang kasar. Yuk simak berikut ini.
  • Hand Lotion dan Bedak Tabur
Yang pertama, kamu bisa menggunakan hand lotion dan bedak tabur untuk melembutkan telapak tangan kamu. Caranya mudah, taburkan bedak ke permukaan telapak tangan dan ratakan. Selanjutnya, tuangkan hand lotion di atasnya dan usapkan pada seluruh permukaan tangan yang sudah ditaburi dengan bedak tabur. Diamkan sepanjang malam kemudian bersihkan.

  • Scrub Bubuk Kopi
Ampas kopi ternyata cukup efektif sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati, termasuk pada telapak tangan yang mengeras. Caranya dengan menggosokkan bubuk kopi yang telah dicampur dengan sedikit air, pada telapak tangan terutama pada bagian yang kasar. Biarkan selama 5 menit supaya bahan ini meresap dalam kulit, kemudian bilas dengan air yang mengalir.

  • Susu Cair
Bahan yang bisa digunakan untuk menghaluskan telapak tangan selanjutnya adalah susu cair. Susu cair mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk meningkatkan kesehatan kulit. Karena itulah, banyak produk-produk kecantikan dan juga perawatan kulit yang memanfaatkan ekstrak susu cair. Selain mencerahkan kulit, susu cair berguna untuk cara melembutkan telapak tangan yang kasar. Untuk menghaluskan telapak tangan yang kasar, Kamu bisa merendam tangan kamu di dalam susu cair hangat selama kurang lebih 15 menit.

  • Menggunakan Kentang
Untuk mengatasi telapak tangan yang kasar, cobalah perawatan dengan kentang. Pertama kupas kentang, kemudian parut. Gosokkan parutan kentang secara merata pada telapak tangan kamu. Tunggu selama 20 menit, kemudian bilas dengan jus lemon. Lakukan perawatan ini selama 2 minggu, untuk membuat telapak tangan halus dan lembut.

  • Garam
Garam ternyata tidak hanya bermanfaat sebagai bahan tambahan makanan saja. Garam ternyata juga berguna untuk menghaluskan telapak tangan yang kasar. Caranya dengan mencampurkan garam dengan air hangat. Rendamlah tangan kamu pada air hangat yang sudah dicampur degan garam. Kandungan garam pada air hangat tersebut bermanfaat mengangkat sel-sel kulit mati pada telapak tangan yang kasar akibat kapalan.

Setelah merendam tangan di air hangat, kamu bisa mengeringkan tangan menggunakan handuk. Karena air garam berpotensi menimbulkan kulit kering, maka ada baiknya kamu menggunakan lotion tangan setelah merendam tangan di dalam air garam.

  • Daun pepaya
Beberapa manfaat daun pepaya untuk kecantikan kulit termasuk; menutrisi, melembutkan, dan membuat kulit lebih kenyal. Remas-remas daunnya dan gosok-gosokkan pada telapak tangan, untuk membuat kulit lebih lembut. Setelah itu tunggu selama 5 menit, supaya nutrisi di dalamnya dapat diserap oleh sel kulit. Sesudah itu, cucilah tangan kamu.

  • Gula pasir
Untuk mengelupas sel kulit mati, gula pasir campur madu dapat digunakan sebagai scrub yang baik. Campurkan dengan sedikit air, gosokkan pada telapak tangan dengan sesekali disertai pijatan lembut. Lakukan dengan teratur, untuk mengatasi kapalan.

  • Jeruk nipis
Sel-sel kulit yang mati pada telapak tangan dapat diangkat oleh air jeruk nipis, sehingga permukaan kulit menjadi baru dan halus. Belah jeruk nipis menjadi beberapa bagian, gosok-gosokkan pada telapak tangan yang kasar. Biarkan airnya meresap ke dalan kulit selama beberapa menit, kemudian cuci tangan sampai bersih.

Catatan : Jika terdapat luka pada tangan kamu, sebaiknya hindari cara ini.

  • Gunakan Minyak Kelapa
Minyak kelapa mampu untuk menghaluskan permukaan kulit yang kasar atau kapalan. Pilih minyak kelapa yang tidak berbau menyengat. Gosokkan minyak kelapa pada telapak tangan kamu sambil memijatnya dengan lembut, biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin, tanpa menggunakan sabun. Biarkan sisa minyak melekat pada telapak tangan, karena nutrisi di dalamnya dapat menghaluskan telapak tangan. Lakukan perawatan alami ini setiap hari, sebelum tidur malam.

  • Baking soda
Baking soda berguna untuk mencerahkan kulit kamu, juga pada telapak tangan. Campur baking soda dengan madu dan air lemon. Aplikasikan pada telapak tangan, sambil memijatnya dengan lembut. Biarkan selama 10 menit supaya nutrisi meresap ke dalam sel kulit. Cuci dengan air hangat, tanpa sabun. Ulangi perawatan setiap dua hari untuk hasil terbaik.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar