Manfaat Pengunaan Sunblock Untuk Kulit


Manfaat Pengunaan Sunblock Untuk Kulit
Sunblock adalah kandungan anorganik yang berfungsi sebagai dinding antara kulit dengan paparan sinar matahari secara langsung. Dengan kata lain sunblock merupakan upaya untuk melindungi kulit manusia dari bahaya radiasi yang dihasilkan yaitu paparan sinar matahari.

Permukaan kulit yang dilapisi dengan sunblock akan terlindungi karena paparan sinar matahari akan terpantul sebelum mengenai kulit dan sinar UV akan terblokir sehingga tidak meresap ke kulit. Sinar UVA yang menyebabkan penuaan dini dan sinar UVB yang menyebabkan terbakarnya lapisan kulit luar tidak akan mengenai kulit.

Sering beraktivitas di bawah sinar matahari tanpa pelindung kulit ternyata akan menyebabkan kulit lebih cepat mengalami penuaan. Kulit jadi cepat berkerut dan timbul bercak-bercak hitam yang kita kenal sebagai flek hitam. Sinar UV juga bisa membuat kulit tidak mulus karena menebal atau menipis. Bisa juga muncul benjolan-benjolan kecil yang ukurannya bervariasi. Benjolan-benjolan atau flek pada kulit bisa berkembang menjadi tumor jinak bahkan kanker kulit. Khususnya pada orang yang banyak bekerja di bawah terik matahari atau sering berjemur di pantai.

Tidak heran jika bintik awal kanker kulit timbul di bagian tubuh yang terbuka seperti wajah, kepala, tangan dan bagian yang banyak terpapar sinar matahari.Sinar Matahari tidak sepanjang hari merusak kulit, sebelum pukul 09.00 pagi justru penting untuk tulang. Kita justru harus waspada pada pancaran sinar yang berlansung sejak pukul 09.00 hingga 15.00, sebab disaat waktu tersebut sinar matahari mengandung sinar UV yang dapat merusak kulit.

Baca juga artikel : Bahaya Minuman Bersoda Bagi Tubuh

Fungsi Kadar SPF pada Produk Sunblock

SPF adalah kependekan dari Sun Protector Factor yang berperan sebagai penentu seberapa tinggi kadar perlindungan pada kulit dari paparan sinar matahari. Jadi bisa disimpulkan bahwa SPF ini merupakan penentu kekuatan perlindungan pada kulit dimana cara penentuannya dapat dilihat dari seberapa tinggi kadar SPF yang terdapat didalamnya.

Bagaimana cara menghitung waktu efektifitas sunblock berdasarkan kadar SPF ini?

Kita hanya perlu mengetahui jumlah kadar SPF sunblock lalu dikalikan 10. Setelah itu, hasil dari perkalian dibagi 60. Dimana 60 ini berasal dari ukuran waktu dalam 1 jam atau 60 menit. Jika kamu menggunakan sunblock dengan kadar SPF 30, maka kalikan dengan 10 hingga hasil yang didapat adalah 300. Setelah itu bagi hasil tersebut dengan nilai 60 maka hasil akhirnya adalah 5.

Dari sini kita bisa menentukan jika kita menggunakan produk sunblock dengan jumlah SPF 30 maka tingkat perlindungan atau masa efektivitas sunblock mencapai 5 jam. Aplikasikan kembali sunblock pada kulit setelah melewati masa efektifitas supaya kulit tetap terlindungi dari bahaya paparan sinar matahari.

Apa Saja Permasalahan Kulit Jika Tidak Memakai Sunblock?

Walaupun di dalam ruangan, hal ini bukan berarti kulit tidak bisa terkena matahari, karena sinar UV dapat menembus kaca jendela. Meskipun matahari merupakan salah satu sumber vitamin D yang besar, namun tetap memiliki dampak negatif jika kulit tidak terlindungi dengan tepat. Untuk itu, penggunaan sunblock sangat penting digunakan agar terhindar dari masalah-masalah kulit seperti di bawah ini.

  • Kulit Kasar

Masalah yang pertama adalah kulit kasar. Seperti yang kita ketahui bahwa sinar matahari memiliki dampak negatif bagi kulit kita. Salah satu dampak negatifnya adalah kulit menjadi kasr dan kering. Hal ini disebabkan karena sinar matahari menembus dan merusak sel-sel kolagen yang terdapat pada kulit. Sinar matahari juga menyerap kelembapan kulit dan mengakibatkan kulit kehilangan kelembutannya. Ketika kolagen rusak, butuh waktu berbulan-bulan hingga bertahun dapat mengembalikan seperti semula.

  • Kerutan

Masalah yang kedua adalah kerutan. Nah kerutan ini merupakan salah satu efek negatif dari paparan sinar matahari yang sering terjadi pada kulit kita. Ketika kolagen rusak, kulit kehilangan kelembapan dan kelembutannya, sehingga timbul kerutan pada kulit. Dan yang lebih parahnya lagi adalah 75 hingga 80 persen penuaan dini pada kulit disebabkan karena efek dari sinar matahari.

  • Flek Hitam

Masalah yang ketiga adalah flek hitam. Flek hitam muncul ketika kulit terkena paparan sinar matahari, sel-sel melanosit memproduksi melanin, yaitu pigmen yang menghasilkan flek pada kulit, dan jika tidak diatasi dengan cepat dapat menyebabkan kulit menjadi terbakar dan menimbulkan flek hitam.

  • Kulit Terbakar

Masalah selanjutnya adalah kulit terbakar. Hal ini bisa jadi disebabkan karena berada terlalu lama dibawah sinar matahari sehingga dapat menyebabkan kulit kamu menjadi merah atau terbakar. Ini terjadi karena sinar UV membakar sel-sel kulit baru yang berada pada lapisan terluar kulit.

  • Komedo

Masalah kulit yang terakhir adalah komedo. Selain karena pengaruh produk makeup yang tidak sesuai di wajah, paparan sinar matahari yang berlebih juga dapat menimbulkan komedo. Hidung dan dahi adalah area yang rentan dengan munculnya komedo. Selain itu untuk memaksimalkan perlindungan kulit dengan menggunakan sunblock, ada baiknya kamu melindungi area kepala dengan menggunakan topi.

Apa Saja Kegunaan Sublock?


  • Melindungi Kulit dari Sengatan Sinar Matahari

Sunblock berasal dari kata “Sun” yang berarti Matahari dan “Block” yang artinya menghalangi. Dengan menggunakan sunblock pada wajah dan tubuh, maka wajah dan tubuh akan terhindari dari sengatan sinar UV yang dapat meneyebabkan kulit kita menjadi gelap. ada beberapa jenis bentuk sunblock diantaranya krim, spray, dan gel. Kamu bisa memilih jenisnya sesuai dengan kebutuhan kamu.

  • Menyembuhkan Jerawat Kecil-kecil

Kegunaan yang kedua adalah menyembuhkan jerawat kecil-kecil. Kamu bingung mengapa seluruh jerawat kamu bisa sembuh? Dari jerawat yang bernanah hingga yang bengkak meradang, namun ada jerawat kecil-kecil yang tidak dapat disingkirkan?

Selain terlindungnya kulit dari sinar matahari dan debu atau kotoran, kamu juga akan mendapatkan bonus. Yaitu jerawat kecil-kecil anda juga ikut hilang siring waktu pemakaian sublock.

  • Mencegah Kulit Wajah Menjadi Kusam

Manfaat yang terakhir adalah dapat mencegah kulit kamu menjadi kusam. Sunblock tidak hanya dapat melindungi kulit dari sinar matahari, namun sunblock yang diaplikasikan pada wajah ternyata dapat membantu melindungi wajah dari kotoran dan debu. Mengapa? Karena saat memakai sanblock maka debu dan kotoran tidak akan bersentuhan langsung dengan kulit. Sehingga debu dan kotoran yang menjadi penyebab jerawat dan kulit kusam tidak akan menempel pada kuli wajah kamu.

Langkah – Langkah Pemakaian Sunblock yang Benar

Sunblock atau tabir surya memang memiliki tata cara untuk pemakaian yang benar, agar intensitas perlindungannya bisa bereaksi secara maksimal. Berikut ini adalah langkah – langkah penggunaannya :

  1. Bila sunblock diaplikasikan di area wajah, maka bersihkan terlebih dahulu kulit wajah menggunakan pembersih sesuai jenis kulit
  2. Keringkan wajah secara perlahan setelah itu oleskan sunblock secara merata secukupnya
  3. Biarkan sunblock mengering dan meresap pada kulit terlebih dahulu sekitar 15 -30 menit sebelum melakukan aktivitas diluar ruangan.
  4. Aplikasikan make up seperti foundation (alas bedak) dan bedak sesuai jenis kulit
  5. Aplikasikan sunblock pada area atau bagian tubuh yang terbuka lainnya seperti leher,tangan, dan kaki.
  6. Dalam jeda waktu tertentu, gunakan sunblock dalam hitungan jam jika terpapar sinar matahari ketika berada dipantai atau berenang.
  7. Konsumsi vitamin C dan air mineral secara cukup guna menunjang kesehatan kulit dari dalam.


Tips Memilih Produk Sunblock yang Aman


  1. Hindari sunblock yang mengandung Oxybenzone karena memicu kanker
  2. Pilih sunblock dengan SPF tinggi karena perlindungan yang diberikan akan lebih besar dibandingkan sunblock dengan SPF rendah.
  3. Sesuaikan ukuran atau no SPF berdasarkan cuaca atau terik matahari
  4. Pilh varian sunblock sesuai jenis kulit dan kebutuhan yang diperlukan
  5. Sunblock hanya bertahan dalam jangka waktu 12 bulan atau satu tahun. Jika melewati batas waktu, sunblock tidak boleh digunakan karena lapisan pelindungnya sudah tidak
  6. Semakin tinggi kadar SPF maka radiasi pembakaran dari paparan sinar matahari akan semakin rendah.



Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar