Manfaat Melakukan Chemical Peeling Untuk Kulit Wajah


Manfaat Melakukan Chemical Peeling Untuk Kulit Wajah
Pernahkah kamu melakukan perawatan chemical peeling? Perawatan yang satu ini memang merupakan perawatan yang biasa dilakukan oleh wanita. Akan tetapi, jangan pernah melakukan metode ini tanpa pengawasan dokter, karena resikonya.

Chemical Peeling adalah sebuah metode perawatan tubuh, yang dilakukan dengan teknik pengupasan kulit secara kimia, untuk memperbaiki dan menghaluskan tekstur kulit. Prosedur ini bisa menyebabkan pengelupasan kulit mati serta terjadinya regenerasi kulit dari penuaan dini. Banyak sekali produk-produk chemical peeling kini telah beredar di pasaran tanpa adanya lisensi medis.

Baca juga artikel : Manfaat Penggunaan Sunblock Untuk Kulit

Jenis-Jenis Peeling

Peeling wajah terbagi menjadi tiga berdasarkan kedalaman lapisan kulit yang dikelupas, yaitu superficial, medium, dan deep.
  • Superficial
Peeling wajah superficial berfungsi mengangkat lapisan luar kulit (epidermis) guna mengobati kerutan halus, jerawat, warna kulit yang tidak merata, dan kulit kering. Hasil peeling jenis ini mungkin tidak akan terlihat pada awalnya, untuk itu diperlukan perawatan rutin guna mempertahankan khasiat yang bersifat sementara. Setelah melakukan peeling superficial, disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari sampai kulit baru benar-benar menutupi daerah wajah yang dikelupas. Peeling wajah ini dapat dilakukan oleh terapis kecantikan berkualitas dan staf medis.

  • Medium
Peeling wajah medium menghilangkan sel-sel kulit dari epidermis dan dermis (lapisan kulit di bawah epidermis). Peeling ini dapat mengatasi keriput, bekas jerawat, dan warna kulit yang tidak merata. Untuk mempertahankan hasil yang maksimal, peeling medium dapat diulang setelah 6 atau 12 bulan kemudian dan hindari terkena paparan sinar matahari selama beberapa bulan. Peeling jenis ini harus dilakukan oleh tenaga ahli kesehatan profesional yang berkualitas.

  • Deep
Peeling wajah jenis deep menghilangkan sel kulit dari epidermis hingga lapisan bawah dermis. Mereka yang memiliki keriput yang lebih dalam, bekas luka, atau pertumbuhan prakanker kemungkinan direkomendasikan untuk melakukan peeling tipe ini. Perawatan ini tidak perlu diulang kembali. Prosedur ini harus dilakukan oleh tenaga kesehatan profesional dengan keterampilan dan pengalaman yang relevan. Selain itu, lindungi kulit dari sinar matahari secara permanen guna mencegah perubahan warna kulit
.

Kandungan Chemical Peeling


  • Alpha Hydrixy Acid

Salah satu kandungan ini termasuk asam glycolic dan lactic acid yang berasal dari buah-buahan maupun tanaman lainnya. Kedua jenis fruid acid ini sangat efektif menembus lapisan kulit bagian atas. Gunanya adalah untuk membantu merangsang kolagen baru, pertumbuhan kulit baru, serta menghilangkan sel-sel kulit mati.


  • Salicylic Acid

Kemudian, Salicylic Acid yaitu kandungan yang merupakan senyawa yang terdapat pada buah-buahan yang berfungsi untuk menghilangkan bekas jerawat, membantu mengurangi kadar minyak pada wajah, serta mempercepat proses regenerasi kulit. Zat ini dapat menembus ke pori-pori yang berisi sebum (lemak kulit alami), menyebabkan pengelupasan sel yang melapisi pori-pori. Zat ini baik digunakan pada kulit berminyak dan berkomedo.


  • Asam Mandelic

Selain itu asam mandelic yang biasanya terdapat pada buah almond yang berfungsi untuk mengurangi masalah pigmentasi pada kulit.


  • Larutan Jessner

Larutan Jessner adalah campuran dari salicylic acid, lactic acid, dan resorsinol. Zat ini dapat menembus lapisan kulit lebih dalam.


  • Retinuic Acid

Senyawa yang merupakan turunan vitamin A ini dapat digunakan untuk mengurangi kerutan, pigmentasi, dan kerusakan kulit ringan.


  • Trichloroacetic Acid (TCA)

Zat ini Digunakan untuk pengelupasan kulit bagian tengah dan dalam.


  • Preparat Fenol

Zat ini tidak banyak digunakan lagi dalam chemical peeling. Karena penetrasinya sangat dalam dan tidak cocok untuk tipe kulit Asia.

Apakah peeling berbahaya untuk kulit

Peeling tidaklah berbahaya untuk kulit asalkan dilakukan dengan cara yang benar, melakukan peeling tidak perlu sering-sering cukup lakukan perawatan 3 sampai 6 kali saja dalam sebulan, melakukan peeling secara berlebihan justru dapat berbahaya untuk kulit karena dapat menyebabkan gejala iritasi. Bagi anda yang punya jenis kulit sensitif sebaiknya jangan melakukan perawatan peeling sendiri di rumah namun harus dengan alhinya atau berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Perawatan peeling wajah sebenarnya sangat di anjurkan terutama bagi kamu yang memiliki wajah kering, dan kusam, dengan melakukan peeling kamu bisa mendapatkan banyak manfaatnya pada kulit wajah.

Manfaat Peeling

  • Dapat Mengecilkan Pori-Pori
Tidak semua orang dapat menyadari manfaat dari peeling wajah selain kulit yang lebih cerah. Pori-pori yang besar menyebabkan lapisan minyak dan kotoran berkumpul di dalamnya. Semakin kamu bertambah tua, semakin melebar pori-pori kamu. Nah, ketika kamu melakukan peeling, hal ini akan membuat pori-pori kamu mengecil.

  • Menghilangkan bekas jerawat
Timbulnya jerawat dapat menimbulkan efek yang berkepanjangan bagi penampilan, karena saat jerawat telah sembuh, masih tertinggal bekas jerawat yang tak kalah mengganggunya. Manfaat chemical peeling merupakan salah satu metode pengobatan bekas jerawat dengan menggunakan bahan anti acne untuk membantu mengatasi jerawat yang masih aktif, menyamarkan bekas jerawat, mengontrol kadar minyak pada kulit wajah, serta membantu mengatasi pori pori besar. Biasanya penggunaan peeling ini dilakukan dalam dua minggu sampai satu bulan selama 4 hingga 6 kali.

  • Mencerahkan kulit
Jika warna kulit anda menjadi gelap akibat sengatan sinar matahari atau jarang melakukan perawatan maka dengan melakukan perawatan peeling akan membuat kulit wajah anda menjadi lebih cerah, proses peeling dapat mengangkat sel kulit mati dan memunculkan lapisan kulit baru yang lebih cerah dan halus.

Tips Menjalani perawatan Chemical Peeling

Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin mencoba menjalani metode perawatan kulit wajah dengan chemical peel:

  • Pilihlah Tempat yang Terpercaya
Sebaiknya, pilihlah spa atau klinik kecantikan yang memang sudah berpengalaman dengan metode chemical peeling. Setelah itu, konsultasikanlah kepada tenaga ahli atau dermatologist tentang tingkat pencerahan kulit yang kamu inginkan. Dermatologist juga akan menentukan apakah kamu dapat melakukan perawatan berupa chemical peeling untuk mencerahkan kulit.

  • Persiapan Sebelum Chemical Peel
Sebelum melakukan chemical peel, biasanya pasien disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari. Jangan terlalu lama berada di bawah sinar matahari dan selalu aplikasikan tabir surya dengan SPF yang cukup. Hindari penggunaan self-tanning lotion beberapa minggu sebelum perawatan, bleaching atau waxing di area yang akan diberikan perawatan chemical peel. Disarankan juga untuk menghindari facial scrub seminggu sebelum dilakukan treatment.

  • Tentukan Jenis Chemical Peel
Diskusikan berbagai jenis peeling dengan tenaga ahli atau dermatologist. Light Peel biasanya sesuai untuk semua jenis kulit, dan bekerja pada lapisan kulit bagian atas. Dokter mungkin akan merekomendasikan beberapa Light Peel. Medium Peel untuk menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam, dan hal ini dapat menyebabkan second-degree burn (luka bakar tingkat dua).

Jenis perawatan dengan penetrasi terdalam adalah Deep Peel, yang bekerja pada beberapa lapisan kulit dan juga menyebabkan second-degree burn. Masa penyembuhan untuk Deep Peel biasanya berlangsung hingga dua minggu. Ahli kulit atau dermatologist dapat menentukan jenis peeling apa yang paling sesuai dengan keinginan kamu untuk memutihkan kulit.

Membuat Peeling Wajah Sendiri

Nah bagi kamu yang ingin membuat peeling dengan racikan tangan sendiri dapat mencoba dengan cara berikut ini.

  1. Campurkan serta haluskan 1/2 butir lemon, 1/2 butir jeruk, 1/2 cangkir nanas, 1/2 cangkir papaya, dan 1-2 sdm madu atau yogurt tanpa rasa dengan blender sampai menjadi “bubur”.
  2. Gosokkan “bubur” tersebut pada wajah dan diamkan selama 25 menit. Asam glikolat pada jeruk membantu mengurangi keriput, hiperpigmentasi (kulit gelap), dan pori-pori besar.
Nah hasil yang akan kamu dapatkan tidak akan sebagus jika kamu melakukan peeling dengan resep dokter kecantikan. Selain itu, sebelum kamu melakukan peeling dengan cara ini, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Sebab melakukan peeling memiliki resiko bagi wajah kamu meskipun secara alami.


Efek Samping Setelah Perawatan

Selama melakukan perawatan, kamu mungkin akan merasakan sensasi terbakar di area wajah kamu. Dokter mungkin akan menyediakan kipas angin untuk mendinginkan sensasi terbakar tersebut. Beberapa hari setelah menjalani treatment, kulit kamu mungkin akan mengalami kemerahan dan akan mengalami pembengkakan atau pengelupasan.

Perawatan Selama Masa Penyembuhan

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan setelah menjalani chemical peel. Dokter biasanya menyarankan untuk menghindari penggunaan masker atau scrub selama beberapa minggu. Beberapa dermatologist juga menyarankan untuk melakukan kunjungan kembali untuk memantau kondisi kulit. Selain itu, juga menghindari paparan sinar matahari secara langsung dan jangan lupa untu selalu menggunakan perlindungan untuk kulit wajah dengan penggunaan tabir surya dengan SPF yang cukup.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar