Manfaat Luar Biasa Totok Wajah


Manfaat Luar Biasa Totok Wajah
Salah satu perawatan wajah yang cukup digemari para kaum wanita adalah totok wajah. Dengan melakukan totok wajah, hal ini dipercaya bisa mencerahkan wajah sehingga kamu tampak lebih bersinar. Totok wajah ini harus dilakukan oleh ahli seperti dokter kulit. Sebab, penekanan yang salah pada titik-titik wajah tertentu bisa berdampak negatif pada kesehatan.

Banyak cara dilakukan perempuan untuk mempercantik diri Tak ada salah apabila itu baik untuk kesehatan sekaligus menunjang estetika. Kini sebagai pilihan lain, masyarakat kita mulai mengenal totok wajah.

Pengertian totok adalah Totok wajah merupakan bagian dari totok darah yang merupakan ilmu warisan Tiongkok Kuno yang telah terkenal hingga di luar negeri asalnya sendiri. Totok darah dilakukan dengan pijatan tertentu di sekujur tubuh, dan dapat mengaktifkan anggota tubuh, serta aliran peredaran darah. Totok wajah dilakukan dengan cara memberikan pijatan teknik khusus di sekujur wajah, menjadikan titik aura wajah diaktifkan, sehingga wajah terlihat lehih segar dan halus. Totok wajah sendiri dilakukan dengan cara memberikan pijatan dengan teknik khusus di sekujur wajah dengan mengaktifkan titik-titik aura wajah. Tekanan itu membuat aliran darah di wajah menjadi lebih lancar sehingga wajah terlihat segar dan halus.

Totok wajah adalah perawatan wajah dengan melakukan pemijatan di sekitar area wajah dengan teknik-teknik khusus yang bertujuan untuk mengaktifkan titik-titik aura wajah mulai dari dahi, alis, bagian atas dan bawah mata, pipi dan sampai ke dagu.

Totok wajah pada awalnya adalah ilmu totok darah yang merupakan ilmu warisan dari sistem pengobatan Tiongkok kuno yang terkenal untuk tujuan kesehatan, namun seiring berkembangnya zaman, ilmu totok ini mulai dikembangkan untuk dunia kecantikan.

Baca juga artikel : Manfaat Daun Bawang

Bagaimana Tahapan Totok wajah?


  1. Dimulai dari dahi dengan menggunakan tekanan dari kedua jari jempol sebanyak 6 kali.
  2. Pindah kepangkal alis lalu ditekan dengan jari tengah, lalu ketengah alis dan ditekan juga, lalu ke ujung alis.
  3. Pindah kepelipis dengan gerakan memutar lalu sedikit ditekan.
  4. Tekan ujung mata lalu kebawah mata pada bagian tengahnya dan menuju ke sudut mata.
  5. Tekan atas cuping hidung lalu turun ketulanng pipi, lalu ketengah rahang.
  6. Tekan cuping hidung lalu ketengah hidung diatas mulut, lalu kesudut mulut, terus turun kebawah mulut atau ke dahu, lalu kerahang dan sampai dibawah telinga lalu diputar, dan kembali lagi ke hairland.

Apa Saja Manfaat Totok Wajah?



  • Mencegah keriput

Manfaat yang pertama adalah dapat mencegah adanya kriput di wajah. Stres yang dialami sehari-hari sering kali dapat mengakibatkan ketegangan pada otot. Hal itu bisa menimbulkan garis-garis keriput pada dahi dan garis antara alis dan sepanjang garis bibir yang merupakan tanda-tanda terjadinya penuaan dini. Dengan pijatan lembut pada daerah wajah secara rutin dapat membantu mengendurkan otot-otot yang ketat serta mengurangi garis-garis yang terbentuk. Terapi tersebut dapat juga dikombinasikan dengan penerapan pelembab hydrating yang juga dapat membantu mengurangi garis-garis keriput, kulit kering, serta tampilan flek-flek hitam pada wajah.

  • Menghilangkan kantong mata

Setelah melakukan totok wajah kamu akan merasa lebih relaks. Sehingga stres yang dialami pun bisa berkurang. Pijatan di area hidung dan sekitar mata juga dapat membantu terangkatnya kotoran sel kulit. Hal ini memungkinkan bisa menghilangkan lingkaran hitam dan melancarkan sirkulasi darah serta penyebaran oksigen pada wajah.

  • Menghilangkan racun pada kulit

Membersihkan wajah setiap hari merupakan hal yang wajib. Meskipun demikian, terkadang kotoran masih saja terperangkap di dalam pori-pori wajah. Kotoran ini bisa berasal dari debu, minyak, polusi udara, sisa make up atau sel-sel kulit yang telah mati dan mengendap di dalam pori-pori wajah. Bila dibiarkan, kotoran ini bisa menyebabkan racun yang bisa menyebabkan berbagai permasalahan di kulit wajah. Dengan pemijatan di area wajah, maka kotoran dan racun bisa terdorng ke luar dari pori-pori wajah.

  • Dapat membantu penyerapan make up

Totok wajah merupakan salah satu cara untuk meningkatkan efektivitas perawatan wajah. Terapi ini dapat membantu meningkatkan penampilan keseluruhan kulit. Teknik pemijatan pada wajah dapat merangsang sirkulasi darah, yang pada gilirannya akan dapat memelihara kulit dan membantu membersihkan kulit dari kotoran dan racun. Terapi ini juga membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Hal ini membantu membuat kulit lebih cerah dan tampak lebih muda.

Dengan peningkatan sirkulasi, terapi totok wajah juga dapat membantu mengurangi bengkak dan mengecilkan pori-pori sehingga kulit tampak lebih halus dan lembab. Hal ini akan dapat membantu produk kosmetik yang anda gunakan dapat terserap lebih mudah ke dalam kulit yang pada akhirnya akan membuat riasan kamu dapat bertahan lebih lama.

  • Melancarkan sirkulasi darah

Saat sirkulasi darah di area wajah tidak lancar, maka wajah kamu bisa terlihat kusam dan kering. Hal ini disebabkan oleh metabolisme, asupan nutrisi dan oksigen di wajah tidak tersebar sempurna. Melalui pijatan atau totok pada wajah, sirkulasi darah pun menjadi lebih lancar.

  • Mengobati migrain

Migrain adalah salah satu bentuk penyakit yang menyerang bagian kepala. Hal ini bisa disebabkan oleh gangguan pembuluh darah. Saat seseorang mengalami migrain, itu menandakan bahwa terjadi pelebaran pada arteri temporal (arteri yang berjalan disekitar pelipis) yang dapat menyebabkan saraf disekitar arteri mengalami peregangan sehingga hal itu dapat merangsang saraf untuk melepaskan zat kimia yang akan menyebabkan terjadinya peradangan serta rasa sakit kepala sebelah (migren).

Dengan melakukan penotokan pada simpul-simpul syaraf seperti pada daerah sekitar bahu, tulang belakang, leher dan kepala, dapat membantu mensuplai energi ke dalam pembuluh darah di kepala sehingga dapat melancarkan peredaran darah pada daerah tersebut, dan nantinya dapat mengobati migrain.

Tips Sebelum Melakukan Totok Wajah

Tidak ada salahnya kamu mulai mencoba menerapkan terapi ini mulai dari sekarang. Namun ada beberapa hal yang perlu untuk kamu perhatikan sebelum melakukan perawatan wajah ini, diantaranya adalah :

  1. Pastikan wajah dalam kondisi bersih dari make up sebelum melakukan totok wajah.
  2. Totok wajah tidak cocok bagi seseorang yang memiliki kulit berjerawat. Totok dan pemijatan pada wajah yang mengalami gangguan jerawat dapat menimbulkan efek yang berbahaya, yaitu bisa menimbulkan peradangan yang cukup parah pada daerah yang terkena jerawat.
  3. Sebaiknya totok wajah dilakukan pada mereka yang telah berusia di atas 17 tahun.
  4. Setelah melakukan terapi totok wajah, sebaiknya menunggu minimal 7 hari jika ingin melakukan terapi ini lagi.
  5. Setelah melakukan terapi ini, sebaiknya dilanjutkan dengan penerapan masker pada wajah.


Tips Melakukan Totok Wajah Di Rumah

Berikut ini merupakan tips melakukan totok wajah di rumah :

  1. Totok wajah dengan menggunakan jari manis atau jari tengah, atau bisa juga dilakukan pemijatan dengan jari yang dianggap nyaman.
  2. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan pemijatan secara perlahan yaitu dengan menekan otot-otot di beberapa bagian wajah, tapi jangan sampai memijat bagian tulang wajah, karena hal itu akan menimbulkan memar pada wajah.
  3. Lakukan pemijatan dengan gerakan menarik kulit wajah ke atas dengan perlahan. Hal ini akan membuat tekstur wajah kamu terlihat lebih kencang.
  4. Lakukan pemijatan atau totok wajah pada daerah-daerah seperti dahi bagian atas dan tengah, mata bagian atas dan bawah, pipi, lalu daerah dagu.

Manfaat totok wajah cukup baik untuk membantu mencegah penuaan dini dan peremajaan kulit, melakukan secara rutin sangat dianjurkan.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar