Manfaat Daun Bawang


Manfaat Daun Bawang
Kamu tentu pernah menggunakan daun bawang bukan? Daun bawang memang dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai bumbu untuk masakan agar memberikan rasa dan juga aroma yang sedap dan juga segar. Daun bawang itu sendiri memiliki aroma yang sangat khas.

Nah tahukah kamu bahwa daun bawang yang selama ini kita pakai ternyata memiliki begitu banyak manfaat terutama bagi kesehatan kita. Apa saja manfaatnya? Artikel kali ini akan membahas tentang manfaat dari daun bawang untuk kesehatan kita. Yuk simak berikut ini!

Kandungan daun bawang

  1. Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K
  2. Protein
  3. Zat besi
  4. Karbohidrat
  5. Kalori
  6. Potassium
  7. Kalsium
  8. Asam folat
  9. Lemak
  10. Dan masih banyak lagi
Yang paling mengesankan dari daun bawang adalah sangat minim akan efek sampingnya ketika dikonsumsi. Dan juga sangat mudah mengolahnya untuk menjadikanya sebagai obat. Mulai dari memakannya langsung atau dengan memotong kecil-kecil dan dicampur dalam sayur, atau dengan cara merebusnya atau membuatnya jus.

Baca juga artikel : Bahaya Kanker Paru-Paru

Jenis Daun Bawang

Seperti yang diketahui, bentuk daun bawang bukan seperti daun pada umumnya karena bentuknya seperti batang namun teksturnya lunak. Ternayata ada 2 jenis daun bawang yang bisa ditemui yaitu daun bawang bakung atau bawang semprong (sibol) yang dalam bahasa latin disebut allium fistulosum dan daun bawang prei atau leek, dalam bahasa latin disebut allium porrum. Kedua daun bawang tersebut memiliki ciri fisik yang berbeda.

Daun bawang bakung/semprong/sibol mempunyai umbi kecil, berdaun bulat, panjang, serta memiliki lubang seperti pipa. Sedangkan daun bawang prei/leek tidak mempunyai umbi, berdaun panjang, pipih, serta memiliki pelepah yang panjang dan liat. Secara fisik mungkin kedua jenis daun bawang ini berbeda namun kegunaannya sama-sama bisa menjadi bumbu pelezat dan mempercantik masakan.

Manfaat Daun Bawang

  • Mencegah Konstipasi
Manfaat yang pertama adalah dapat mencegah konstipasi. Daun bawang ternyata kaya akan serat, sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan, sehingga mencegah terjadinya konstipasi. Daun bawang juga dapat membuang sisa-sisa makanan dalam perut, sehingga juga berperan sebagai detoksifikasi tubuh.

  • Menjaga kesehatan mata
Mata adalah salah satu anggota tubuh yang menjadi panca indera yang sangat penting. Maka kita harus menjaga kesehatannya. Bukan hanya wortel, apel dan tomat yang bagus untuk kesehatan mata, bawang daun juga. Dalam satu batang bwang daun terdapat kandungan pro-vitamin A sebanyak 24 µg. Jumlah tersebut sudah mencukupi 2,6 % dari asupan harian yang dibutuhkan pria dan 3,4 % yang dibutuhkan wanita.

  • Memiliki sifat anti diabetes
Daun bawang mengandung phyto-kimia yaitu allium dan alil disulfida yang memiliki sifat anti diabetes. Zat ini membantu mencegah degradasi insulin dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme glukosa.

  • Menyehatkan jantung
Fungsi dari kandungan yang ada di dalam daun bawang akan membantu melancarkan peredaran dari yang ada di dalam tubuh. Dengan demikian akan mencegah terjadi sakit jantungan dan bahkan serangan jantung. Dan kandungan di dalamnya yang bernama polisulfida akan melindungi jantung agar tetap sehat.

  • Menjaga Kekuatan Tulang
Daun bawang merupakan sumber yang sangat kaya akan vitamin K. Vitamin K merupakan vitamin yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang jangka panjang. Vitamin K dapat membantu regulasi sel yang artinya dapat membantu mencegah demineralisasi tulang. Hal ini juga dibantu dengan produksi protein tulang yang disebut osteocalcin, yang sangat penting untuk menjaga kepadatan mineral tulang agar tidak terjadi berbagai penyakit pada tulang.

  • Membantu dalam mengurangi peradangan
Kondisi peradangan dalam tubuh dapat diatasi dengan adanya bantuan daun bawang. Hal ini karena sayuran mencegah enzim yang menyebabkan peradangan di dalam tubuh. Oleh karena itu, daun bawang sebaiknya dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat anti-inflamasi dan anti-histamin.

  • Membantu Kerja Kardiovaskuler
Mengandung Flavanoid kaempferol, daun bawang membantu melindungi mencegah kerusakan pada lapisan pembuluh darah, termasuk yang diakibatkan oleh reaksi molekul oksigen yang berlebihan. Malah, mekanisme perlindungan ini meningkatkan produksi Nitric oxide atau nitrogen monoksida yang membantu pelebaran dan relaksasi pada pembulu darah dan penurunan asymmetric dimethylarginine yang bisa menghambat pembentukan gas nitrogen monoksida.

  • Kaya mineral, rendah kalori
Bumbu masakan yang satu ini kaya akan kandungan mineral, terutama zat besi dan kalium. Zat besi sangat diperlukan dalam pembentukan sel darah merah. Sangat bagus dikonsumsi oleh penderita anemia. Sedangkan kalium bermanfaat untuk mengatur kadar cairan tubuh, menjaga fungsi jantung, dan mencegah kram pada otot. Seperti jenis sayuran lainnya, daun bawang ini juga rendah kalori.

  • Anti bakteri
Tahukah kamu bahwa kandungan dari warna hijau yang berada di daun bawang? Ternyata warna hijau ini mempunyai kandungan anti bakteri serta anti peradangan, dan untuk bagian putih di daun bawang, ia mempunyai sifat untuk melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi yang sering menyerang tubuh.

  • Mencegah insomnia
Kandungan yang ada di dalam daun bawang ini memberikan aroma yang sangat khas. Dan terkadang akan memberikan efek menenangkan. Jadi ketika kamu mengkonsumsi daun tersebut ketika malam hari maka akan mencegah insomnia atau susah tidur pada malam hari.

  • Daun Bawang Bisa Menghilangkan Jerawat
Khasiat daun bawang selanjutnya adalah untuk merawat kecantikan kamu. Saya yakin kalau wajah kamu berjerawat maka akan menganggu rasa percaya diri. Kamu akan minder bergaul dengan orang lain. Tahukah kamu kalau kandungan daun bawang ini terdapat zat allicin? Kandungan ini sifatnya adalah anti bakteri atau dapat membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat. Maka dari itu daun bawang mempunyai fungsi untuk menghilangkan jerawat di wajah.

Bagaimana cara menggunakannya? Nah cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya tinggal mengambil daun bawang kemudian Anda potong-potong dan tumbuk sampai halus. Kemudian kamu oleskan pada wajah yang ada jerawatnya. Diamkan selama kurang lebih 10 menit dan cuci dengan air bersih. Lakukan 2 kali sehari agar mencapai hasil yang maksimal atau kamu bisa melakukannya sebelum tidur.

  • Cegah Penuaan Dini
Daun bawang nggak hanya kaya kandung vitamin C tetapi juga mengandung vitamin A, E dan K serta antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak keremajaan kulit.

  • Masker Rambut
Untuk kamu yang punya masalah rambut rusak, kering dan bercabang, yuk coba bikin sendiri masker alami dari daun bawang yang bisa bikin rambut kamu indah dan lembut. Caranya, ambil daun bawang secukupnya lalu potong kecil-kecil. Ambil daun bawang sebanyak satu genggam kemudian rebus dalam satu gelas air selama 30 menit. Angkat daun bawang dan celupkan ke dalam air es selama dua menit.

Lalu masukkan dalam blender dan tambahkan setengah cangkir minyak zaitun lalu blender hingga halus. Nah, saatnya kamu aplikasikan masker alami dari daun bawang ke kulit kepala dan rambut secara merata. Diamkan selama 30 menit lalu bungkus dengan shower cup atau handuk hangat. Setelah itu bersihkan rambut dan kulit kepala dengan keramas. Untuk mendapatkan hasil maksimal sebaiknya kamu melakukan perawatan rambut ini rutin, dua kali seminggu.

  • Mencerahkan dan memutihkan kulit
Dengan cara menumbuk daun bawang hingga menjadi lembut, baik hanya menggunakan daun bawang saja atau mencampurnya dengan bahan alami lainnya, maka akan menyehatkan kulit kamu. Dan jika kam menggunakannya setidaknya 3 kali dalam seminggu maka akan membuat kulit tubuh dan kulit wajah kamu menjadi lebih cerah dan putih berseri.

  • Daun bawang untuk kecantikan
Selain untuk mengobati beragai macam penyakit seperti di atas, daun bawang juga sangat berkhasiat untuk perawatan kecantikan, mulai dari rambut hingga kulit kamu. Untuk cara mengolahnya kamu juga bisa minum air rebusan atau membuatnya menjadi jus yang harus kamu konsumsi setiap harinya. Atau dengan cara membuatnya mejadi lulur mandi atau menjadi masker untuk kulit wajah.

Efek samping


  1. Konsumsi daun bawang berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti perut kembung dan diare karena mengandung senyawa sulfur.
  2. Pengunaan eksternal dari daun bawang dapat menyebabkan reaksi alergi pada seseorang yang sensitif.
  3. Mengkonsumsi sejumlah besar bawang setiap hari dapat menyebabkan menurunnya tekanan darah.



Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar