Manfaat dan Kandungan Buah Mengkudu


Manfaat dan Kandungan Buah Mengkudu
Pernahkah kamu mencicipi buah mengkudu? Buah mengkudu merupakan salah satu buah asli yang berasal dari Asia tenggara. Bentuk buahnya yang agak lonjong dan agak berbintik pada permukaan, namun banyak orang yang kurang menyukai aroma buah ini.

Pada umumnya buah mengkudu dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk bahan makanan seperti sayur, rujak dan juga jus. Bagi sebagian orang yang tidak menyukai buah mengkudu ini, ada baiknya untuk mengenal lebih dekat buah mengkudu ini, berikut sejumlah manfaat buah mengkudu yang selama ini belum diketahui.

Buah mengkudu saat ini ada sekitar 80 jenis. Dimana 20 jenis diantaranya bisa kita konsumsi, sedangkan 60 jenis mengkudu lainnya beracun, atau dengan kata lain berbahaya apabila kita konsumsi. Maka dari itu, sebelum mengonsumsi buah mengkudu lebih baik kamu tanyakan terlebih dahulu kepada ahlinya ya.

Baca juga artikel : Bahaya Memakai Make Up Terlalu Sering

Kandungan Buah Mengkudu


  • Zat nutrisi

Secara keseluruhan mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat. Berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam mengkudu : xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll.

  • Terpenoid

Zat ini membantu dalam proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh. Zat anti bakteri.Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Zat anti bakteri itu juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan) seperti Salmonella montivideo, S . scotmuelleri, S . typhi, dan Shigella dusenteriae, S . flexnerii, S . pradysenteriae, serta Staphylococcus aureus.

  • Scolopetin

Senyawa scolopetin sangat efektif sebagi unsur anti peradangan dan anti-alergi.

  • Zat anti kanker 

Zat-zat anti kanker yang terdapat pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal.
Xeronine dan Proxeronine : Salah satu alkaloid penting yang terdapt di dalam buah mengkudu adalah xeronine. Buah mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, tapi banyak mengandung bahan pembentuk (precursor) xeronine alias proxeronine dalam jumlah besar. Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya. Xeronine diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.

Manfaat Buah Mengkudu

  • Menghilangkan sakit kepala
Sakit kepala dapat muncul karena adanya penegangan pada bagian otot dan saraf pusat. Meski hanya sebatas sakit kepala ringan, tetapi jika dibiarkan itu akan sangat berbahaya sekali.

Menurut penelitian, manfaat buah mengkudu untuk mengobati sakit kepala terbilang cukup besar. sebab dalam buah berjuluk “pace” ini mengandung senyawa analgesik sebesar 75 %.

Tidak hanya bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit kepala saja, tetapi kandungan analgesik tersebut juga terbukti mampu mengurangi rasa nyeri. Bahkan keampuhannya melebihi morfin sulfat.

  • Meredakan nyeri haid atau gejala PMS
Kandungan yang terdapat dalam buah mengkudu, ternyata sangat efektif untuk meredakan sakit saat PMS atau ketika menstruasi. Selain itu, buah mengkudu dipercaya dapat meminimalisir perubahan hormon ketika masa PMS dan menstruasi sehingga sindrom menstruasi bisa diatasi, seperti mengurangi rasa sensitif, dan mood yang berubah-ubah saat menstruasi.

  • Mengatasi Hipertensi
Tekanan darah tinggi bisa diatasi dengan ramuan buah mengkudu. Caranya, sediakan 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 sendok makan madu. Buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu. Ramuan ini diminum dua hari sekali.

  • Kanker
Penelitian tahap awal merekomendasikan untuk mengonsumsi 6-8 gram mengkudu tiap hari. Hal itu mungkin bisa membantu tingkat energi dan penanganan rasa sakit pada penderita kanker stadium lanjut. Meski begitu, mengkudu belum terbukti berdampak positif pada ukuran tumor.

  • Mampu meningkatkan sistem imun tubuh
Inilah manfaat buah mengkudu bagi kesehatan yang sebenarnya. Mengonsumsi mengkudu secara rutin menurut para ahli akan sangat baik untuk meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh.
Buah mengkudu mengandung berbagai macam mineral alami, peptida, vitamin C, E, dan koenzim Q10. Kandungan-kandungan tersebutlah yang menjadi alasan khasiat buah mengkudu bagi sistem imun sangatlah besar sekali.

Dengan meningkatkatnya sistem imun tubuh, maka tubuh kamu tidak akan mudah terserang penyakit. Terutama penyakit-penyakit ringan seperti flu, batuk, pilek, pusing, masuk angin, dan sejenisnya.

  • Mengobati Asam Urat
Asam urat tidak boleh diremehkan. Asam urat bisa menimbulkan berbagai macam penyakit kronis misalnya saja jantung, stroke dan masih banyak lagi penyakit lainnya. Asam urat ditandai dengan kram saat malam hari, kaki terasa dingin dan masih banyak lagi lainnya. Zat iridoid dalam buah pace atau mengkudu bisa berguna untuk mengobati asam urat.

  • Buah Mengkudu Untuk Menyembuhkan Batuk
Manfaat buah mengkudu yang lainnya adalah mengobati batuk. berikut resepnya satu buah mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut). campurkan bahan tersebut dan direbus dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Saring kemudian, diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.

  • Melancarkan sistem pencernaan
Tidak hanya buah pepaya saja yang kaya akan serat, tetapi buah mengkudu pun juga termasuk buah yang kaya akan kandungan tersebut. bahkan kandungan serat pada mengkudu bisa dikatakan lebih berkhasiat dari pada buah pepaya.

Ada banyak sekali manfaat buah mengkudu bagi pencernaan, mulai dari melancarkan BAB sampai dengan mengatasi adanya diare atau disentri.

Untuk mendapatkan khasiat buah pace tersebut, Kamu dapat mengonsumsinya secara langsung dan juga membuatnya menjadi jus segar. Namun usahakan sebelum mengonsumsi makanan dalam porsi besar setiap harinya.

Efek Samping Dari Buah Mengkudu


  • Menyebabkan darah tinggi

Salah satu efek samping mengkudu adalah dapat menyebabkan darah tinggi, jika kamu terlalu banyak mengkonsumsi buah mengkudu ini maka dapat menyebabkan tekanan darah kamu naik, jika hal ini tidak bisa di tangani secara serius maka di khawatirkan akan mengancam kesehatan kamu, oleh karena itu sebaiknya kamu tetap waspada meskipun mengkudu adalah buah alami yang berasal dari tumbuhan.

  • Menyebabkan penyakit ginjal

Jika kamu sering menggunakan buah mengkudu ini sebagai jus maka mulai sekarang belajarlah untuk menguranginya, mengapa demikian ? karena jika kamu selalu mengkonsumsi jus mengkudu maka di khawatirkan bisa menyebabkan penyakit ginjal, dan jika ginjal kamu sudah tidak berfungsi atau bermasalah maka secara otomatis sistem pencernaan pun tidak akan berfungsi dengan baik, oleh karena itu kurangi konsumsi buah yang satu ini.

  • Penyakit jantung

Efek samping mengkudu yang lainnya adalah menyebabkan penyakit jantung, jantung merupakan salah satu orang yang fungsinya hanya memompa darah, namun jika jantung ini sudah bermasalah maka darah pun tidak bisa di alirkan dengan maksimal seperti biasanyam oleh karena itu hindari untuk mengkonsumsi buah mengkudu ini secara berlebihan.

  • Menyebabkan keguguran

Keguguran juga bisa terjadi jika anda banyak mengkonsumsi buah mengkudu, itulah sebabnya sebagian dokter melarang untuk mengkonsumsi mengkudu selama sang ibu sedang hamil karena di khawatirkan bisa menggugurkan kandungan.

  • Bau yang menyengat

Bau yang menyengat ini terkadang sering membuat orang merasa pusing bahkan mual, oleh karena itu untuk mengurangi rasa mual maka kamu bisa menggunakan alat tutup mulut atau masker agar bau nya berkurang, biasanya bau ini terjadi pada buah mengkudu yang sudah masak.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar