Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan


Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan
Kamu tentu pernah mengonsumsi buah duku bukan? Buah yang satu ini memang memiliki cita rasa yang begitu lezat dan enak. Lalu apa manfaatnya? Artikel ini akan menjelaskan manfaat buah duku bagi kesehatan kamu.

Duku merupakan buah asli yang berasal dari Asia Tenggara. Termasuk Indonesia, Thailand, Malaysia dan Filipina. Tanaman buah ini memiliki banyak varian, namun secara garis besar dibedakan menjadi tiga golongan, yaitu duku, langsat dan kokosan. Diantara ketiga jenis tersebut yang paling terkenal adalah varian duku. Selain itu buah duku juga memiliki rasa yang paling manis dan paling tahan lama.

Duku merupakan jenis buah tanaman Hortikultura musiman,berasal dari dari family Meliaceae dengan penamaan ilmiah Lansium domesticum Cor yang dapat mencapai ketinggian 15 meter, jenis buah musiman yang berasal dari Asia Tenggara bagian Barat, Semenanjung Thailand di sebelah Barat sampai Kalimantan di sebelah Timur,mampu tumbuh dengan baik diketinggian 200-600 meter dpl,juga mengingikan Curah hujan rata-rata 1500-2500 mm/tahun dengan derajat keasamaan tanah (pH) 6,0-6,5 dan suhu udara optimal 25-35°Celcius.

Baca juga artikel : Bahaya Tidur di Pagi Hari

Kandungan Nutrisi Yang Ada Dalam Buah Duku

Apa saja sih kandungan gizi yang terdapat pada buah duku? Buah duku memang memiliki banyak kandungan yang bergizi bagi tubuh kita, hal ini terbukti sebab kandungan buah duku mampu mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Sebelum kita mengetahui lebih jauh tentang manfaat dibalik buah duku, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kandungan apa saja yang ada didalamnya. Berdasarkan uji laboratorium, 100 gram buah duku terdapat kandungan:

  1. Kalori sebesar 7 kkal
  2. Zat besi 0.9 mg
  3. Protein 1.0 gram
  4. Karbohidrat 13 gram
  5. Lemak 0.2 gram
  6. Mineral 0.7 gram
  7. dan Masih banyak kandungan lainnya.


Manfaat Buah Duku


  • Sebagai antioksidan

Buah duku mengandung vitamin C, yang Sebagaimana kita tau bahwa vitamin C berperan sebagai antioksidan. Nah antioksidan adalah nutrisi yang mempunyai fungsi untuk menghalangi beberapa kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dihasilkan tubuh ketika melakukan proses merubah makanan menjadi energi. Selain itu, antioksidan juga mengurangi kerusakan tubuh yang disebabkan oleh zat beracun dan polusi.

  • Mampu menguatkan gigi

Manfaat buah duku bagi gigi cukup besar, dipercaya kandungan fosfor dalam buah duku akan mampu menguatkan gigi dan mencegah keropos ataupun gigi berlubang. Bahkan beberapa ahli juga mengungkapkan konsumsi buah duku secara rutin, akan membuat pertumbuhan gigi baru lebih cepat.
Akan tetapi khasiat buah duku bagi gigi ini tidak akan bekerja secara maksimal, jika kamu tidak mendukungnya dengan perawatan gigi secara rutin. Terutama perawatan mengenai kebersihan gigi tersebut.

  • Mencegah Penuaan Dini

Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat efektif untuk melawan radikal bebas. Bahkan dalam jumlah kecil, vitamin C dapat melindungi molekul penting, seperti protein, lipid, karbohidrat, dan asam nukleat dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas, racun, ataupun polusi. Sebetulnya radikal bebas adalah salah satu faktor penyebab penuaan dini.

  • Menurunkan Berat Badan

Buah duku tidak disangka ternyata juga bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Buah duku akan membantu tubuh untuk mendapatkan carnitine. Carnitine akan mengarahkan molekul lemak ke sebuah jaringan pembakaran lemak. Molekul lemak ini harus diperhatikan bagi siapapun yang sedang menurunkan berat badan karena jika terjadi kekurangan molekul lemak, tubuh akan terasa lelah dan kurang energi.

Jadi, jika carnitine dalam tubuh berkurang akan terjadi penimbunan lemak. Buah duku ini juga bisa dikonsumsi bersamaan dengan manfaat apel bagi yang tengah menjalani program diet.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit dapat dijaga dengan sering mengkonsumsi makanan yang mengandung manfaat vitamin E. Buah duku juga memiliki kandungan vitamin E sehingga efektif untuk menjaga kesehatan kulit seperti :

  1. Mencegah penuaan dini
  2. Menghaluskan serta melembutkan kulit
  3. Menjaga kelembaban kulit
  4. Menjaga kulit dari sinar UV
  5. Membantu penyembuhan luka


  • Mempercepat pemulihan

Sebagaimana yang kita tau bahwa vitamin C sangat dibutuhkan oleh semua orang, baik orang yang ingin fit dalam melakukan rutinitas sehari-hari, maupun seorang atlet professional. Pasalnya, vitamin C dapat membantu untuk menjaga kekebalan tubuh dan membantu olahragawan dalam proses pemulihan tubuhnya setelah melakukan latihan yang berat.

  • Sebagai Obat Cacingan

Manfaat buah duku yang kedua adalah untuk mengatasi cacingan. Cacingan sangat sering menyerang anak-anak, karena saat masih kecil biasanya mereka tidak paham dengan makanan higenis atau bersih, bahkan makanan yang sudah jatuh masih saja tetap dimakan. Nah, untuk mengatasinya anda bisa menggunakan biji duku untuk membasmi cacing jahat. Bagaimana caranya?

Caranya sangatlah mudah, yaitu : ambil biji buah duku, kemudian tumbuk sampai halus kemudian dicampur dengan sedikit air. Minum secukupnya sesuai kebutuhan. setelah itu kita minum, satu kali sehari, sekali minun seperempat gelas.

  • Meningkatkan Sistem Imun

Vitamin C sangat dibutuhkan bagi semua orang untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Kandungan vitamin C dalam buah duku berkhasiat untuk menjaga kekebalan tubuh serta berkhasiat juga untuk orang yang sedang berada dalam masa pemulihan.

  • Kaya Serat

Serat merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan tubuh karena fungsinya yang sangat baik untuk pencernaan. Dalam 100 gram buah duku terkandung kurang lebih 2 gram serat. Jumlah tersebut sudah memenuhi kebutuhan harian tubuh wanita dewasa akan serat sebanyak 8-11 persen. Sedangkan untuk kategori pria dewasa, kebutuhan serat yang terpenuhi adalah 6-8 persen. Makanan tinggi serat dapat membantu menjaga tubuh dari serangan jantung dan juga mengatasi sembelit.

  • Baik untuk program diet sehat

Siapa sangka dibalik rasanya yang cukup manis, buah duku mengandung kalori cukup rendah dan protein lumayan tinggi. Sehingga manfaat buah duku bagi diat sangatlah besar.

Selain itu, para ahli juga menyimpulkan kandungan senyawa mineral pada buah duku akan mampu meningkatkan produksi carnitine. Senyawa carnitine inilah yang mampu mengarahkan lemak jahat kedalam sistem metabolisme pembakaran energi di dalam tubuh kamu.

Dengan demikian, mengonsumsi buah duku secara rutin akan membuat berat badan kamu semakin turun, sebab carnitine mampu membakar lemak dalam tubuh secara optimal.

  • Mengendalikan Kolesterol dalam Darah

Jika kamu memiliki kadar kolsterol yang tinggi, maka buah duku bermanfaat untuk mengendalikannya. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C di dalamnya yang berguna untuk mengendalikan kolesterol dalam darah. Vitamin C tersebut membantu metabolime kolesterol menjadi asam empedu. Bagi penderita kolesterol, hal ini dapat dibantu dengan sering mengkonsumsi buah duku.

  • Melancarkan Pencernaan

Layaknya buah-buahan yang lain, buah duku juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Terdapat  2 gram kandungan serat per 100 gram buah duku sehingga saat cocok untuk dikonsumsi orang-orang yang memiliki masalah dengan pencernaannya. Kandungan kalori, mineral dan zat besi yang terdapat pada buah duku adalah lebih banyak dibandingkan dengan apel dan jeruk. Bahkan jika kamu mengkonsumsinya secara rutin, buah duku bisa mencegah penyakit kanker saluran pencernaan.

  • Mengusir Nyamuk

Selain buahnya yang kaya manfaat, ternyata kulit buah duku juga mempunyai manfaat sebagai pengusir nyamuk atau serangga seperti manfaat daun salam. Caranya mudah, yaitu dengan membakar kulit buah duku ketika akan digunakan sebagai pengusir nyamuk atau serangga.

  • Sebagai Obat Anti kanker Yang Ampuh

Sebagian orang Indonesia percaya, Bahwa benalu Yang ada Di pohon duku itu Bisa Dijadikan Sebagai Sarana Untuk mengobati dan membasmi Aneka sel-sel kanker Didalam Tubuh Manusia.

Tips Memilih Buah Duku yang Segar

Terutama untuk ibu hamil, maka pemilihan buah duku harus dilakukan dengan jeli. Hal ini dianjurkan supaya buah yang akan dikonsumsi tidak menimbulkan gangguan kehamilan, akibat pemilihan buah yang buruk.

  1. Cek kematangan buah duku dengan cara memperhatikan tekstur buah dari warna kulitnya
  2. Cari buah yang masih dalam keadaan segar
  3. Duku yang baik umumnya memiliki tekstur kulit yang lembut dengan kulit yang tipis



Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar