Manfaat Buah Blueberry


Manfaat Buah Blueberry
Blueberry adalah buah mungil berwarna ungu ini masih satu kelompok dengan buah strawberry. Biasanya buah ini dijadikan varian rasa pada isi roti, kue ataupun donat. Akan tetapi buah yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia.

Buah blueberry ini termasuk buah yang populer untuk di jadikan sebagai hidangan pencuci mulut. Sifatnya yang lunak sangat cocok untuk di gunakan sebagai bahan pembuatan selai dan jeli. blueberry juga sering di gunakan sebagai bahan campuran olahan apel dan untuk pembuatan kue.

Pada tahun 2006, para ilmuwan Chili menerbitkan sebuah studi di Amerika Latin Archives of Nutrition. Studi ini membandingkan kekuatan antioksidan dari berbagai makanan sehat, termasuk 28 jenis buah-buahan berbeda. Hasilnya blackberry masuk dalam daftar teratas buah dengan tinggi antioksidan. Keluarga berry memang diketahui sejak lama memiliki kandungan antioksidan penting termasuk strawberry, raspberry, dan blueberry.

Buah Blueberry mengandung berbagai zat gizi, contohnya beberapa mineral (mangan, kalsium, fosfor, besi, kalium, dan seng), vitamin B1, B2, B3, dan B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K, serta karbohidrat dan lemak.

Kandungan mangan dan vitamin K buah Blueberry cukup tinggi, unsur kimia mangan adalah zat anti peradangan. Fungsinya secara tidak langsung melancarkan aliran darah dan meningkatkan daya ingat.
Buah Blueberry juga mengandung antioksidan yang sangat baik bagi tubuh. Penelitian membuktikan bahwa buah blueberry mengandung antosianin, proantosianidin, resveratrol, flavonol, dan tanin. Kandungan dalam buah Blueberry tersebut bagus untuk mencegah tumbuh dan berkembangnya sel kanker dan peradangan.

Baca juga artikel : Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Apa Saja Manfaat Buah Blueberry?

  • Memperkuat ketahanan
Manfaat yang pertama adalah dapat memperkuat ketahanan. Blueberry merupakan makanan kaya vitamin C dua kali lebih banyak dibandingkan buah blueberry. Menurut Ursula Arens, ahli nutrisi senior dari Inggris, vitamin C memiliki peran sangat penting dalam tubuh.

  • Memperlancar BAB
Buah blueberry mengandung serat yang tinggi yang bermanfaat untuk membantu memperlancar proses BAB setiap harinya. Bagi kamu yang sedang mengalami masalah kesehatan yang mengganggu di pencernaanmu seperti susah BAB, sebaiknya jangan langung minum obat. Tapi konsumsilah makanan yang kaya akan kandungan serat salah satunya yaitu buah blueberry.

  • Kesehatan kulit
Buah blueberry tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, tapi juga dapat menjaga kesehatan kulit. Sehingga buah ini sering dijadikan bahan untuk pembuatan produk kecantikan kulit. Selain itu, buah ini dapat membuat kulit lebih sehat dan segar. Buah blueberry bisa dijadikan sebagai masker wajah. Cara membuatnya sangat mudah yaitu :

  1. Sediakan segenggam buah blueberry, satu sendok makan madu dan yoghurt
  2. Blender semua bahan tersebut, setelah benar-benar halus
  3. Oleskan pada kulit wajah sampai leher dan diamkan selama 15 menit
  4. Bilas saampai bersih


  • Antipenuaan (Anti-Aging)
Selain faktor genetik, penuaan sebenarnya tidak ada solusi yang jelas, namun karena pertimbangan efek radikal bebas sebagai penyebab utama berbagai gejala penuaan, maka blueberry  akan membawa harapan untuk tetap muda. Hal ini karena buah bluberry adalah buah yang mengandung antioksidan nomor 1 di dunia. Blueberry mengandung zat antosianin, adalah pigmen yang membuat warna biru pada blueberry. Tingginya kandungan vitamin C juga merupakan faktor yang besar untuk klaim ini. Kamu dapat mencegah tanda-tanda penuaan seperti keriput , bintik-bintik hitam, katarak, osteoporosis, rambut rontok, demensia, dan penyakit Alzheimer dengan makan blueberry.


  • Meningkatkan kadar glukosan dan insulin

Blueberry terbukti mampu mengurangi timbunan lemak dalam perut. Dalam beberapa penelitian, blueberry diberikan pada tikus. Hasilnya, tikus-tikus tersebut mengalami penurunan berat badan dan massa liver. Mengapa ukuran liver penting? Sebab banyak penyakit dihubungkan dengan ukuran liver yang besar, seperti resistensi insulin, obesitas, dan juga diabetes. Selain itu, blueberry juga berkhasiat meningkatkan kadar glukosa dan insulin dalam tubuh.

  • Mencegah gangguan otak
Buah blueberry mengandung berbagai vitamin (A, C, E dan B), antosianin, natrium, kalium, seng, fosfor, magnesium, mangan, dll. Elemen di atas membantu melindungi otak dari gangguan neurotik dengan mencegah degenerasi sel-sel otak dan neuron. Pasien penyakit Alzheimer akan merasakan manfaat besar dari blueberry dengan membantu mempertahankan kesehatan sistem saraf pusat.

  • Menjaga kondisi Penglihatan
Blueberry juga vitamin A dengan kadar yang cukup baik, dengan demikian bisa mencegah kebutaan karena usia tua. Menurut litertur, pada PD 2, Angkatan Udara Inggris disuruh untuk makan buah ini, yang dimaksudkan untuk meningkatkan penglihatan pada malam hari sehingga bisa cepat menyesuaikan mata dengan kegelapan.

  • Mencegah gangguan otak
Buah blueberry mengandung berbagai vitamin (A, C, E dan B), antosianin, natrium, kalium, seng, fosfor, magnesium, mangan, dll. Elemen di atas membantu melindungi otak dari gangguan neurotik dengan mencegah degenerasi sel-sel otak dan neuron. Pasien penyakit Alzheimer akan merasakan manfaat besar dari blueberry dengan membantu mempertahankan kesehatan sistem saraf pusat.

  • Infeksi Saluran Kemih
Pembentukan koloni bakteri tertentu seperti b-coli pada lapisan dinding bagian dalam saluran kemih merupakan penyebab infeksi ini. Ini menyebabkan radang, rasa panas saat mengeluarkan urin dan komplikasi lain. Untuk membantu kondisi ini, blueberry bisa sangat bermanfaat. Blueberry mengandung senyawa yang sebagian besar polimer, yaitu seperti molekul yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri tersebut. Juga memiliki sifat antibiotik tertentu yang akan menambah efek ini. Molekul dalam bluberri ini akan menggesek bakteri dari dinding di saluran kemih, sehingga dapat mencegah infeksi. Sejauh ini, senyawa ini hanya ditemukan dalam buah cranberry dan blueberry.
Menyembuhkan luka

Blueberry memiliki kandungan senyawa tanin yang sangat banyak sehingga membantu proses penyembuhan luka lebih cepat. Sarah wilson, ahli gizi dari rumah sakit Princess Grace, London, mengungkapkan bahwa dengan mengoleskan buah berry termasuk blueberry pada jaringan kulit yang terluka akan membuat jaringan luka menyempitkan pembuluh darah, serta membantu menurunkan pendarahan yang terjadi.

  • Mengurangi resiko anemia
Kandungan Vitamin C dalam buah blueberry akan membuat menurunkan resiko terkena Anemia. Vitamin C seperti kita tahu mampu meningkatkan penyerapan manfaat zat besi yang terdapat dalam makanan yang masuk ke dalam lambung. Kandungan zat besi yang terpenuhi dalam darah akan menurunkan resiko terkena penyakit anemia.

  • Vitamin K
Blueberry mengandung konten 36% vitamin K yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin K membantu dalam pembekuan darah dan memperkuat tulang. Mendapatkan asupan vitamin K dalam jumlah yang cukup untuk membantu ibu hamil dari mual dan muntah.

  • Membantu Proses Perkembangan Otak Bayi
Manfaat pertama yang dimiliki oleh buah blueberry bagi Ibu hamil ialah membantu proses perkembangan otak bayi. Blueberry termasuk makanan yang baik untuk otak janin dalam kandungan. Hal ini dikarenakan kandungan asam folat yang dimiliki oleh buah blueberry itu sendiri. Kandungan asam folat tersebut akan membantu dalam proses pembentukan sel-sel otak bayi yang memang masih di tahap pembentukan selama berada dalam kandungan sang Ibu. Sedemikian sehingga dengan asam folat yang tercukupi dapat mengurangi penyebab janin cacat sejak dalam kandungan, khususnya cacat otak.

  • Meningkatkan Memori (Daya Ingat)
Manfaat yang terakhir yang dimiliki oleh buah blueberry adalah untuk bagi Ibu hamil yaitu meningkatkan memori atau daya ingat. Hal ini dikarenakan kandungan fitokimia yang dimiliki oleh buah blueberry itu sendiri. Fitokimia dalam blueberry dapat meningkatkan transfer sinyal ke bagian-bagian dari otak yang memang berhubungan erat dengan memori, serta membantu otak sendiri dalam menyingkirkan glukosa. Semua ini tentunya akan sangat baik bagi otak bayi yang memang masih dalam proses penyempurnaan selama dalam kandungan sang Ibu. Di samping itu, bagi sang Ibu juga dapat membantu dalam memperlambat proses penurunan memorinya karena faktor usianya yang terus bertambah dari hari ke hari. Dengan demikian blueberry juga bisa dikatakan sebagai salah satu cara membuat anak cerdas sejak dalam kandungan.



Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar