Ciri-Ciri Orang Kreatif


Ciri-Ciri Orang Kreatif
Seperti apakah orang yang kreatif itu ? Sifat-sifat apa yang dimiliki oleh orang kreatif ? Apakah menjadi kreatif itu sulit ? Apakah kreatif itu merupakan sifat keturunan ? Apakah sifat kreatif bisa ditumbuhkan ? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini sering didengar. Karena itu kita coba mencari jawabannya.

Pernahkah kamu bertanya apa ciri-ciri orang kreatif, dan bagaimana mereka berpikir tentang sesuatu dengan cara yang berbeda? Penemu dan pemikir terbesar sepanjang sejarah tentu saja ada banyak dan memiliki larat belakang beragam. Namun mereka semua memiliki beberapa kesamaan, terutama dalam cara mereka melihat dunia ini.

Para pakar psikologi mengatakan bahwa orang kreatif dapat diketahui dari kebiasaan yang sering mereka lakukan. Jadi, orang kreatif dapat kita ketahui dari kegiatan mereka sehari-hari, dari cara mereka menanggapi sesuatu, dan persepsi mereka terhadap sesuatu hal.

Baca juga artikel : Manfaat dan Kandungan Buah Mengkudu

Apa Saja Ciri Orang Kreatif?


  • Orang kreatif tidak malas, melainkan hanya sibuk

Biasanya orang yang memiliki kreativitas di atas rata-rata cenderung tidak peduli dengan kondisi sekitar dan pekerjaan lainnya. Nah sebenarnya ini bukan karena sifat malas, tetapi jika sudah sibuk dengan hal yang dicintai, orang-orang kreatif bisa lupa waktu dan tempat. Jadi sebelum mengecap orang malas, ada baiknya kita tanyakan apa yang sedang mereka lakukan lebih dulu.

  • Ketika mendengar informasi baru, kamu tak langsung percaya. Selalu deh cek di berbagai sumber yang menurutmu kredibel

Saat mendengar berita terbaru, kamu bukan tipe orang yang akan percaya begitu saja. Rasa ingin tahumu yang besar membuat kamu aktif mencari sumber yang benar-benar bisa dipercaya. Ketika misalnya ada yang membicarakan fitur smartphone terbaru yang super canggih, kamu langsung mengeceknya di berbagai website review ponsel terpercaya. Tidak hanya mendengar dari kata orang, kamu lebih senang mencari tahu sendiri.

  • Orang-orang kreatif adalah orang yang playful

Tidak seperti dewasa lain yang melihat dunia dengan kacamata seorang-serius, orang-orang kreatif memandang peminat mereka seperti rakan untuk gembira. Mereka melakukan pekerjaannya dengan begitu dedikasi sehingga terkesan seperti sedang bermain-main, padahal sebenarnya mereka juga bekerja keras mewujudkan dunianya.

  • Orang kreatif sangat berambisi

Salah satu ciri orang yang kreatif adalah berambisi. Karakter yang penuh ambisi diartikan sebagai kemampuan mempengaruhi orang lain, menarik perhatian, dan keinginan untuk diakui.

  • Mereka memandang kegagalan sebagai satu langkah maju untuk mendekati kesuksesan

Orang kreatif melihat kegagalan sebagai kesempatan untuk belajar dan tumbuh serta berkembang. Ketika Anda gagal, ide kreatifmu akan mulai muncul untuk mencari celah baru agar bisa berhasil. Sama halnya seperti pada saat kita terjepit, kita sering kali menemukan ide-ide baru yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan.

Mereka yang berpikir kreatif, tidak pernah berhenti untuk mencoba dan mencoba. Sekalipun mereka menemui kegagalan. Mereka selalu melihat ada jalan lain yang bisa untuk dicoba demi kesuksesan.
Penulis terkenal seperti Stephen King, bahkan pernah mengalami 30 kali penolakan untuk buku pertamanya sebelum akhirnya diterbitkan. Semua kesuksesan yang ia dapatkan bisa terjadi karena dia tidak pernah menyerah. Dia terus berusaha sampai dia berhasil dan dia juga melihat setiap kegagalan sebagai langkah maju.

  • Membiarkan Ruangan Mereka Acak-Acakan

Umumnya orang-orang kreatif tidak begitu mempedulikan keadaan di ruangan mereka. Mulai dari ruangan kamar hingga ruangan kerja mereka. Walaupun dengan kondisi ruangan yang acak-acakan, mereka tetap merasa nyaman dengan kondisi itu. Dan malah, di sanalah mereka menemukan ide-ide baru untuk terus maju.

Salah satunya adalah Steve Jobs (pendiri Apple), ruangan kerjanya begitu acak-acakan. Tetapi dari sana, kita tahu hasil karyanya begitu melegenda sampai sekarang. iPhone, iPad, iPod merupakan hasil kreatifitasnya.

Sama juga seperti Albert Einstein. Laboratorium percobaannya sama seperti Hiroshima yang baru dibom atom oleh Sekutu, dalam arti kiasan. Kondisinya sangat berantakan sekali. Tetapi dari sana, dia berhasil menciptakan teori-teori yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, juga bom atom ciptaannya sendiri.

  • Orang kreatif menilai segala hal dari berbagai sudut pandang

Orang kreatif tidak akan menilai suatu hal berdasarkan pengaruh orang lain, bahkan sedikitnya ada 2 sudut pandang yang dimiliki saat mereka menilai suatu hal. Oleh karena itu, mereka jarang memihak ke satu hal dengan fanatik.

  • Kalau kasih komentar suka di luar dugaan

Apakah ketika kamu berkomentar teman-temanmu suka heran? Jika ya, bisa jadi kamu masuk golongan orang kreatif. Karena orang kreatif punya cara pandang yang berbeda, maka gak heran kalau saat mengomentari sesuatu suka bikin orang lain geleng-geleng kepala. Seringkali komentar orang-orang kreatif terdengar nyentrik dan tidak masuk akal.

  • Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Orang yang selalu ingin tahu biasanya akan selalu berusaha untuk menjadi tahu, rasa ingin tahu yang besar bisa menjadi sumber motivasi untuk melakukan sesuatu. Orang yang kreatif selalu terlihat sibuk mengerjakan atau mencari sesuatu, mereka terlihat sangat antusias dengan apa yang dikerjakannya. Itu karena adanya dorongan rasa ingin tahu yang kuat.


  • Mereka memiliki tingkat energi yang tinggi, tapi mereka juga membutuhkan waktu lama untuk beristirahat

Mereka tahan berkonsentrasi dalam waktu yang lama tanpa merasa jenuh, lapar, atau gatal-gatal karena belum mandi. Tapi begitu sudah selesai, mereka juga bisa menghabiskan waktu berhari-hari untuk mengisi ulang tenaga mereka; Di mata orang luar, mereka jadi terlihat seperti orang termalas di dunia.

  • Mereka memiliki pertanyaan-pertanyaan besar

Ciri-ciri orang kreatif lainnya adalah, mereka selalu mendapatkan jawaban-jawaban besar dan hebat karena mereka mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang juga besar dan hebat.

Mereka tidak takut untuk memimpikan sesuatu yang besar dan mereka juga tidak membatasi diri mereka dengan batasan apapun. Dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan besar mereka yang berpikir kreatif akan lebih dalam dan lebih jauh sumber permasalahan.

  • Mereka benar-benar mengikuti impian terbesar mereka

Mungkin hal yang paling penting dari semua yang telah disebutkan sebelumnya bagi seorang pemikir yang kreatif adalah mengikuti apa yang benar-benar menjadi passion-nya.

Mereka benar-benar tahu bahwa mengikuti suara hati dan apa yang paling diinginkan merupakan salah satu kekuatan terbesar untuk terus berusaha dan bekerja.

Bahkan, ketika mereka menemukan hambatan-hambatan dan kesulitan, orang yang berpikiran kreatif selalu berpegang pada apa yang mereka percayai dan apa yang mereka sukai untuk mendorong mereka terus belajar dan berusaha tanpa ada kata menyerah.

  • Orang Kreatif Adalah Orang Yang Cerdas

Kebanyakan orang cerdas itu kreatif, mengapa? Karena orang cerdas dan kreatif itu mirip sekali, hampir 99% kemiripannya. Mereka para orang cerdas selalu menemukan jalan baru untuk menyelesaikan masalah, mirip dengan orang kreatif. Itulah mengapa cerdas dapat dikaitkan dengan kreatif. Seperti halnya Steve Jobs, Albert Einstein, dan orang kreatif lainnya.

Mereka sering mencari solusi untuk pemecahan masalah, bahkan berpikir out of the box, sama seperti orang kreatif. Tetapi memang tidak semua orang kreatif itu cerdas, dan tidak semua orang cerdas itu kreatif.

  • Bisa menemukan hal yang menarik bahkan di situasi membosankan sekali pun

Mereka yang punya tingkat kreativitas tinggi mampu menemukan hal-hal menarik bahkan di situasi membosankan sekalipun. Misalnya ketika sedang menunggu pesawat delay ia bisa asyik menyusuri bandara dan menemukan berbagai tempat unik. Tidak hanya itu ketika orang lain kesal saat harus menunggu orang, si kreatif bisa menemukan hal seru seperti berselancar di internet lewat smartphone untuk mengetahui berita terbaru. Pokoknya mereka jago deh memanfaatkan berbagai momen agar terasa menyenangkan.

  • Orang-orang kreatif cenderung bersifat introvert dan ekstrovert

Pada kebanyakan orang lain, biasanya ada satu sifat yang cenderung lebih mendominasi perilakunya sehari-hari, tapi kedua sifat itu tampaknya muncul dalam posisi yang setara pada orang-orang kreatif. Mereka sangat menikmati baik pergaulan dengan orang lain (terutama dengan orang-orang kreatif lain yang satu hobi) mahupun bersendiri ketika mengerjakan sesuatu.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar