Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat


Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat
Kamu tentu pernah mengalami sariawan bukan? Nah sebenarnya apa sih penyebab sariawan itu dan bagaimana cara mengobatinya dengan cepat? Nah artikel kali ini akan membahas bagaimana cara mencegah dan mengobati sariawan. Yuk simak berikut ini!

Stomatitis Aftosa atau sering disebut dengan sariawan, merupakan gangguan kelainan yang muncul pada bagian selaput mulut berupa sebuah luka berwarna putih kekuning-kuningan. Sariawan ini dapat diderita oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Sariawan di lidah, bibir, atau sekitar mulut bagian dalam bisa muncul jika kamu sedang stres, terkena infeksi virus, alergi terhadap makanan, atau kekurangan vitamin atau mineral. Tidak hanya itu saja, sistem kekebalan tubuh bermasalah, hormon naik-turun, siklus menstruasi, lidah atau dinding mulut tergigit, dan luka di mulut juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya sariawan.

Baca juga artikel : Ciri-Ciri Orang Kreatif

Apa Penyebab Sariawan?

Sariawan atau dalam bahasa kedokteran dimaksud dengan Stomatitis, yaitu satu pembengkakan atau peradangan yang berlangsung di daerah seputar mulut serta lidah.

Berikut ini merupakan penyebab sariawan :
  1. Mulut tergigit yang umumnya berlangsung lantaran makan terlampau cepat atau pada waktu mengobrol.
  2. Kekurangan konsumsi nutrisi seperti zat besi, Vitamin B 12 serta Vitamin C
  3. Produk pembersih mulut yang tidak pas seperti pasta gigi, mouthwash atau bulu sikat gigi
  4. Biasanya konsumsi makanan atau minuman yang terlampau pedas atau asam
  5. Efek virus. Sariawan ini diakibatkan oleh berapa wujud virus yang ada didalam badan, terhitung kasus-kasus seperti yang sebabkan demam pada kelenjar, herpes serta penyakit mulut yang lain.
  6. Efek bakteri. Sariawan model ini kebanyakan gemar berjalan andaikan seorang menanggung derita sakit tenggorokan atau penyakit lain yg diakibatkan oleh bakteri.
  7. Efek jamur. Sariawan ini timbul kala seorang miliki sistim kekebalan badan yang amat rendah atau problem kesehatan yang lain yang kemungkinan butuh pemanfaatan antibiotik dosis tinggi.
  8. Non-infeksi. Yang menimbulkan paling kebanyakan merupakan terjadinya luka di mulut yang berulang, walaupun tidak didapati dikarenakan tetapi kebanyakan dapat hilang dalam tempo 2 minggu.
  9. Sariawan ini bisa juga diakibatkan terdapatnya problem dalam sistim pencernaan, kekurangan vitamin, riboflavin, miacin serta B12.
Sariawan biasanya dapat pulih dengan sendirinya, saat penyakit ini sudah berjalan sepanjang 10 hingga 14 hari. Tetapi sariawan ini bakal menyebabkan rasa yg tidak nyaman lantaran bakal jadi nyeri waktu bersentuhan dengan makanan.

Bagaimana Cara Menyembuhkan Sariawan?

  • Makanan yang mengandung Vitamin B, C, dan zat besi
Salah satu penyebab sariawan adalah karena kurangnya vitamin B, C, dan zat besi. Untuk itu, konsumsilah makanan, sayuran, dan buah-buahan yang mengandung ketiga nutrisi tersebut. Misalnya mangga, jeruk, tomat, bayam, atau makanan lain yang kaya akan vitamin B, C, dan zat besi.

  • Belimbing wuluh
Cara manjur yg dapat kita andalkan buat mengatasi penyakit sariawan ialah dengan memakai bahan alami, dan salah satu obat alami buat penyakit sariawan yg manjur adalah buah belimbing wuluh. Obat pertama yg efektif untuk meredakan penyakit sariawan adalah obat yg dibuat dari kembang buah belimbing wuluh, air putih & gula jawa secukupnya.

Campurkan ketiga bahan alami tersebut & rebuslah sampai air rebusannya mengental. Sesudah itu, saring air rebusan kental tersebut & pakailah hasil rebusannya buat membersihkan penyakit sariawan di mulut. Selain itu, kamu juga bisa merebeus 2/3 bunga belimbing wuluh yang sudah dibersihkan kedalam 3 gelas air, sisakan dua perempatnya saja buat diminum sekitar tiga perempat gelas setiap hari sebanyak 3ks.

  • Pasta baking soda dan garam
Baking soda memiliki senyawa aktif yang mampu membunuh kuman dan bakteri pada bagian luka sariawan kamu. Sedangkan garam memiliki sifat antiinflamasi yang berguna untuk mengurangi sakit peradangan. Perpaduan kedua bahan alami ini sangat pas sekali untuk menyembuhkan sariawan mulut.

Cara menghilangkan sariawan dengan garam dan baking soda :
  1. Pertama-tama campurkan halusan garam dan baking soda. Pastikan kedua bahan tersebut sudah dihaluskan agar nantinya nyaman dipakai.
  2. Setelah itu tuang air panas ke campuran tersebut, aduk-aduk hingga menjadi adonan berbentuk pasta.
  3. Oleskan pasta baking soda dan garam tersebut keseluruh area luka sariawan selama 10 menit setelah sikat gigi.
  4. Meskipun rasanya cenderung perih, tetapi dengan melakukan rutin minimal 1x sehari maka hasilnya akan kamu dapat secara optimal.

  • Yogurt
Untuk mengobati sariawan, anda bisa mengkonsumsi yogurt yang mengandung acidhoplius hidup. Yogurt yang mengandung acidhopilus hidup akan mempercepat penyembuhan sariawan karena mampu menstabilkan bakteri dalam mulut. Mengkonsumsi yogurt juga bisa mencegah datangnya sariawan.
Obat alami sariawan ini bisa kamu konsumsi secara rutin minimal 2 kali sehari. Tidak hanya cocok untuk dewasa saja, tetapi yoghurt juga cocok sebagai obat sariawan anak-anak. Nah tetapi untuk anak cukup beri dia 1 kali konsumsi yoghurt dalam sehari saja.

  • Bawang putih
Bawang putih mungkin lebih familiar digunakan sebagai bumbu dapur. Akan tetapi ternyata bawang satu ini cukup efektif untuk mengobati sariawan secara alami. Kandungan senyawa abrasif yang ada pada bawang putih mampu mengusir semua bakteri pada bagian ulkus (luka sariawan).

Cara mengobati sariawan dengan bawang putih:
  1. Haluskan sebanyak 1-2 butir bawang putih yang masih segar.
  2. Sikat gigi kamu terlebih dahulu supaya bersih dari sisa makanan.
  3. Tempelkan halusan tadi ke bagian luka sariawan selama 10 menit.
  4. Bilas halusan bawang dengan cara berkumur air hangat sampai bersih.
Nb: selain bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan, bawang putih juga terbukti mampu mengobati sakit gigi berlubang.

  • Kulit buah manggis
Gunakan kulit buah manggis sebagai obat penyakit sariawan alami termanjur buat mengatasi penyakit sariawan. Kulit buah manggis mengandung senyawa gizi yang dapat menangkal radikal bebas dan mengatasi iritasi penyebab sariawan.

Untuk mengolahnya :
  1. Sediakan saja 2 buah kulit buah manggis yg sudah dicuci hingga bersih & dipotong-potong
  2. sesudah itu rebus kulit buah manggis dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya saja
  3. saring air rebusan kulit buah manggis baru
  4. lalu khasiatkan air rebusan tersebut sebagai obat kumur-kumur.

  • Kunyit
Obat herbal penyakit sariawan mulut yg dibuat dari kunyit telah dibuktikan epektip buat mengobati penyakit sariawan & mengobati luka dampak penyakit sariawan dengan lebih cepat. kita hanya perlu mengoleskan tumbuhkan kunyit halus yg telah dicampurkan dengan gliserin di luka penyakit sariawan yg terdapat di mulut. Lakukan secara rutin hingga penyakit sariawan sembuh

  • Pepaya mentah
Obat sariawan alami selanjutnya adalah pepaya mentah. Tahukah kamu sebenarnya pepaya mentah mengandung senyawa antiseptik cukup tinggi? nah kandungan inilah yang bisa membunuh kuman pada bagian sariawan. Akan tetapi usahakan jangan menggunakan pepaya mentah berlebihan, sebab getahnya bisa mengakibatkan munculnya karang gigi.

Cara menghilangkan sariawan dengan pepaya mentah :
  1. Siapkan pepaya mentah yang masih berwarna hijau.
  2. Kupas pepaya tersebut dan iris sedikit membentuk lingkaran kecil.
  3. Tempelkan irisan tadi langsung pada bagian sariawan.
  4. Diamkan selama 10 menitan, kemudian bilas dengan berkumur air hangat.



Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar