Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Cepat dan Alami


Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Cepat dan Alami
Apakah kamu pernah mengalami sakit gigi? Nah artikel kali ini akan memberitahu kamu bagaimana mengobati sakit gigi dengan mudah. Yuk simak berikut ini.

Sakit gigi bisa menimpa berbagai usia, dari mulai anak-anak, dewasa hingga lanjut usia. Sakit gigi tentu saja akan mengganggu aktivitas rutin sehari-hari.

Jika sakit gigi menimpa seseorang, hal akan sangat menyiksa seperti tidak bisa tidur, tidak enak minum. Mengkonsumsi makanan juga menjadi tidak enak. Namun tentu saja makan harus tetap menjadi aktivitas wajib yang tak boleh terlewatkan meskipun sedang sakit gigi dikarenakan tubuh membutuhkan asupan nutrisi. Jika dibiarkan dalam kondisi tertentu sakit gigi bisa menyebabkan gusi bengkak.

Mereka yang menderita sakit gigi berlubang biasanya akan mengalami gejala seperti nyeri di sekitar gigi dan rahang, pembengkakan, sakit kepala, bahkan sampai demam. Tingkat keparahan nyeri sendiri cukup bervariasi, mulai dari ringan sampai berat. Dan menurut kemunculannya, nyeri bisa timbul dan hilang secara terus-menerus (konstan) atau berulang-ulang.

Baca juga artikel : Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan

Apa Penyebab Gigi Berlubang?

Berikut ini merupakan beberapa penyebab sakit gigi yang perlu untuk kamu ketahui, yaitu :

  1. Kerusakan pada gigi (Gigi Berlubang, tinggal sisa akar). Kerusakan gigi ini merupakan penyebab sakit gigi yang paling utama, baik pada anak-anak maupun orang dewasa.
  2. Abrasi Gigi akibat menyikat terlalu kuat
  3. Fraktur Gigi (patah)
  4. Gusi bengkak
  5. Gusi terinfeksi
  6. Gerakan berulang, seperti mengunyah permen karet secara berlebihan.

Bagaimana Cara Mengobati Rasa Sakit Gigi?



  • Berkumur dengan Air Garam

Cara pertama mengatasi sakit gigi dengan mudah adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan makanan yang menempel di gigi yang sakit.

Bagaimana cara mengobati sakit gigi dengan air garam? Caranya sangat mudah, cukup dengan mencampurkan satu gelas air dengan setengah sendok teh garam, kemudian kumur-kumur selama beberapa detik, lalu buang.

  • Menggunakan Teh Celup

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan teh celup. Zat tanin alami yang terkandung dalam teh, ternyata dapat membantu mematikan rasa sakit. Hal ini sangat baik untuk meredakan pembengkakan atau iritasi gusi kamu. Pastikan teh celup tidak terlalu panas, karena kalau tidak, kamu hanya akan melukai area lainnya.

Catatan : Penggunaaan teh secara terus-menerus dapat menodai gigi, jadi gunakan seminimal mungkin.

  • Bawang Putih

Cara yang ketiga adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih merupakan salah satu bahan alami yang mudah didapatkan dan salahsatu khasiatnya yaitu dapat menyembuhkan sakit gigi berlubang. Bawang putih telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati beberapa penyakit.

Nah jika bawang putih ini kamu gunakan untuk mengobati sakit gigi, caranya sangat mudah, yaitu :

  1. Haluskan satu siung bawang putih
  2. Kemudian campurkan sedikit garam pada bawang putih yang telah dihaluskan terbut
  3. Lalu campuran antara bawang putih dan garam ini dikunyah tepat pada bagian gigi berlubang hingga sakit gigi menghilang
  4. Setelah melakukan cara ini, kamu bisa menggunakan campuran air hangat dan garam untuk berkumur. 

Penggunaan bawang putih sebagai obat ini karena bawang putih memiliki sifat anti-bakteri dan dapat membunuh kuman yang ada pada gigi, selain itu bawang putih sangat mudah didapatkan.

  • Daun Sirih

Daun sirih sudah di percaya sejak zaman dahulu dan menjadi obat tradisonal yang sampai saat ini masih banyak di gunakan. Kandungan antiseptic yang ada di dalam akan membunuh bakteri penyebab sakit gigi. selain itu daun ini juga mengandung antiinflamasi yang akan mengurangi peradangan di dalam lubang gigi.

Cara menggunakan daun sirih untuk sakit gigi pun sangat mudah, yaitu :

  1. Rebus dahulu beberapa lembar daun sirih
  2. Setelah itu biarkan airnya sedikit menguap hingga air berubah warna
  3. Dinginkan air rebusan daun sirih dan gunakan untuk berkumur setiap hari.


  • Gunakan obat kumur peroksida

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan obat kumur peroksida. Nah seperti air garam, obat kumur peroksida juga membantu menghilangkan kontaminan dan membatasi pertumbuhan bakteri. Cara sangat bermanfaat untuk kasus impaksi gigi atau infeksi dalam mulut, dan kamu pun dapat menggunakannya secara berkala sepanjang hari sampai bisa mengunjungi dokter gigi.

Catatan : Langkah ini bukan penggati menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan benang seperti biasa.

  • Belimbing wuluh

Tahukah kamu dengan belimbing wuluh? Ini adalah salah satu jenis buah belimbing yang memiliki rasa cukup masam. Memang belimbing wuluh rasanya sangat tak enak, tetapi justru ia mengandung antibakterial yang bisa membantu mengusir bakteri penyebab sakit gigi.

Cara mengobati sakit gigi dengan belimbing wuluh:

  1. Siapkan belimbing wuluh 1-2 biji, pilih yang belum matang.
  2. Haluskan dengan cara menumbuknya. Kemudian tempelkan ke area gigi yang sakit.
  3. Diamkan selama 10 menitan, lalu bilas dengan kumur menggunakan air hangat.
  4. Bila tak sakit, kamu pun bisa langsung mengunyah belimbing wuluh tadi.


  • Tempelkan salah satu jenis sayuran

Ada beberapa jenis sayuran yang dapat dipotong dan ditempatkan pada bagian yang sakit atau terluka. Cara ini dapat membantu meredakan rasa sakit dan meminimalkan kemungkinan infeksi, tetapi tidak bisa menggantikan kewajiban kamu mengunjungi dokter gigi jika sakit kamu terus berlanjut.

  1. Tempatkan sepotong mentimun yang dingin pada daerah yang sakit.
  2. Potong satu irisan kentang mentah segar dan tempelkan di tempat yang sakit. Pastikan kamu sudah mengupas kentang terlebih dahulu.
  3. Tempelkan sepotong irisan bawang bombai yang baru dipotong pada daerah yang sakit. Bawang harus baru dipotong sehingga memiliki sedikit caran.


  • Cengkeh

Cengkeh juga bisa mengurangi rasa sakit pada gigi karena Cengkeh ini memiliki anti - inflamasi, antioksidan, anti bakteri dan sifat anestesi. Caranya semprotkan sedikit minyak cengkeh ke kapas lalu tempelin pada gigi yang sakit. kalian juga bisa campurin beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam gelas berisi air untuk berkumur.

  • Merica

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan merica. Merica bisa digunakan ketika gigi menjadi lebih sensitif. Kamu bisa menggunakan merica dan garam dengan jumlah yang sama kemudian kamu campurkan dengan beberapa tetes air sehingga menjadi bentuk pasta. Kemudian kamu bisa menggunakan pasta ini sebagai obat pereda gigi yang sakit dengan cara mengoleskan pada bagian gigi yang sakit dan didamkan selama beberapa menit. Penggunaan cara seperti ini bisa kamu gunakan secara rutin dalam beberapa hari untuk mengatasi sakit gigi berlubang.

Bagaimana Cara Mencegah Sakit Gigi?


  • Bersihkan gigi secara teratur

Langkah ini benar-benar langkah yang paling penting untuk menjaga gigi kamu sehat dan bebas dari rasa sakit. Jika kamu tidak membersihkan gigi kamu setiap hari dan membersihkannya dengan benang, plak dan bakteri akan menumpuk dan menyebabkan masalah seperti gigi berlubang dan infeksi.

Pepatah mengatakan "hanya bersihkan gigi yang ingin kamu jaga dengan benang gigi". Membersihkan gigi dengan benang benar-benar mampu menjaga gigi kamu sehat dan bebas dari faktor penyebab sakit gigi yang berhubungan dengan bakteri. Pastikan kamu membersihkan gigi dengan benang setidaknya sekali sehari.

Sikat gigi setidaknya dua kali sehari, 30 menit sebelum atau sesudah makan. Terlalu cepat interval waktu menyikat gigi sebelum atau setelah makan dapat merusak enamel pada gigi kamu.

  • Cegah kerusakan gigi dengan fluoride

Kamu dapat menemukan fluoride dalam banyak bahan alami, seperti air atau sayuran tertentu. Periksa dan lihat apakah air keran kamu diberi fluoride. Jika tidak, mintalah dokter gigi kamu untuk meresepkan pil atau suplemen fluoride (ini khususnya akan efektif untuk anak-anak di bawah sepuluh).

Nah kebanyakan pasta gigi telah mengandung fluoride sebagai bahan aktif, tetapi periksa lagi pasta gigi kamu untuk memastikan bahwa kamu menggunakan pasta gigi yang tepat.

  • Makan makanan yang sehat

Apa yang kamu makan membuat perbedaan besar dalam seberapa sehat gigi kamu. Tidak hanya itu, beberapa makanan juga lebih sulit lepas atau keluar dari daerah sela antara gigi kamu. Perhatikan apa yang kamu makan sehingga gigi kamu akan lebih baik.

Hindari gula dan pati sebanyak mungkin. Kedua zat ini, terutama gula, memberi makan bakteri.
Jika kamu akan makan makanan yang mudah terjebak di antara gigi kamu, pastikan bahwa kamu memiliki persediaan benang atau tusuk gigi.

Akhiri makan kamu dengan salad atau apel karena bermanfaat sebagai sikat gigi alami.

  • Periksakan gigi Anda dua kali setahun ke dokter gigi

Ini sebenarnya sangat penting, namun banyak orang tidak melakukannya, dan hanya pergi ke dokter gigi begitu masalah gigi mereka sudah parah. Dokter gigi akan bisa melihat rongga dan masalah gigi kamu sejak awal sehingga bisa ditangani sebelum bertampah besar atau makin parah.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar