Cara Mengobati Luka Bakar Dengan Cepat dan Alami


Cara Mengobati Luka Bakar Dengan Cepat dan Alami
Pernahkah kamu mengalami luka bakar karena sesuatu hal? Luka bakar biasa terjadi akibat knalpot atau strika. Nah lalu bagaimana cara mengobatinya? Artikel kali ini akan membahas tentang cara yang tepat mengatasi luka bakar.

Luka bakar jangan dipahami sebagai bagian tubuh yang terkena api atau terbakar saja. Luka bakar juga bisa berarti luka bagian tubuh karena terkena benda panas, air panas atau minyak mendidih. Luka bakar bisa menimpa siapa saja.

Luka bakar adalah jenis luka yang biasanya disebabkan oleh radiasi, knalpot panas, uap panas, bahan kimia atau terlebih lagi si jago merah. Banyak orang yang mengira bahwa luka bakar akan begitu sulit disembuhkan karena pada akhirnya bakal membekas dan menurunkan kepercayaan diri. Rupanya, tingkat keparahan luka bakar ditentukan oleh luas dan kedalaman dari luka itu sendiri.

Baca juga artikel : Penyebab dan Cara Menghaluskan Telapak Tangan

Penyebab Luka Bakar


  • Suhu panas

Penyebab yang pertama adalah karena suhu yang panas. Biasanya hal ini disebabkan oleh api, uap, cairan, atau benda yang panas.

  • Listrik

Penyebab yang kedua adalah listrik. Hal ini bisa disebabkan karena terkena arus listrik ataupun petir.

  • Suhu dingin

Penyebab yang ketiga adalah suhu yang dingin. Umumnya hal ini muncul karena kulit terkena air, angin atau kondisi dingin.

  • Sinar matahari

Kondisi ini disebabkan karena pajangan terhadap sinar matahari. Beberapa alat untuk menggelapkan warna kulit juga bisa mengakibatkan luka bakar.

  • Gesekan

Yang kelima disebabkan oleh adanya gesekan. Gesekan ini terjadi disebabkan oleh gesekan kulit dengan permukaan keras dan kasar seperti jalan raya, atau karpet.

  • Kimia

Selanjutnya disebabkan oleh bahan kimia. Biasanya hal ini disebabkan karena bersentuhan dengan bahan kimia rumah tangga maupun industri.

  • Radiasi

Yang terakhir adalah radiasi. Peralatan seperti X-ray dan terapi radiasi untuk penderita kanker juga bisa mengakibatkan luka bakar pada kulit.

Macam - Macam Luka Bakar 


  1. Luka bakar superfisial adalah luka yang dapat menyebabkan nyeri selama dua atau tiga hari, yang kemudian dilanjutkan dengan pengelupasan kulit selama beberapa hari berikutnya. Luka bakar superfisial biasanya berwarna merah.
  2. Luka bakar berat, penderita tidak menunjukkan perasaan yang tidak nyaman atau mengeluhkan adanya tekanan dibandingkan nyeri. Luka bakar yang mengenai seluruh lapisan kulit mungkin sepenuhnya tidak sensitif terhadap sentuhan ringan atau tusukan. Luka bakar berat bisa berwarna merah muda, putih atau hitam.
  3. Luka bakar yang terdapat di sekitar mulut atau rambut yang terbakar di dalam hidung pun bisa mengindikasikan terjadinya luka bakar di saluran napas, tetapi temuan ini sifatnya tidak pasti.
  4. Gejala – gejala yang lebih mengkhawatirkan jika kita menderita luka bakar meliputi: sesak napas, serak, dan stridor
  5. Rasa gatal juga biasa dialami oleh penderita selama proses penyembuhan, serta terjadi pada 90% orang dewasa dan hampir semua anak.
  6. Mati rasa atau kesemutan masih dapat dirasakan dalam waktu yang lama setelah cedera listrik.
  7. Luka bakar juga bisa menyebabkan gangguan emosional dan psikologis.


Jenis-Jenis Luka Bakar


  • Luka Bakar Tingkat I

Jenis luka bakar ini biasanya terjadi pada lapisan epidermis yang merupakan lapisan kulit teratas. Ada rasa nyeri yang menyertai luka tersebut sehingga benar-benar membuat penderitanya tak nyaman. Kulit pun akan tampak kemerahan dan wajar pula bila terjadi pembengkakan. Luka bakar juga pada umumnya bakal terlihat melepuh di mana di dalamnya ada cairan.

  • Luka Bakar Tingkat II

Jenis luka bakar pada tahap ini tentunya lebih serius karena tingkat kedalamannya juga lebih tinggi. Kulit pun juga melepuh dan di dalamnya mengandung cairan di mana sekelilingnya tampak begitu merah. Bedanya dari tahap I, luka bakar ini akan menimbulkan rasa nyeri yang lebih hebat.

  • Luka Bakar Tingkat III

Jenis luka bakar pada tahap ini sudah sangat dalam dan telah sampai pada lapisan dermis bahkan hingga bagian bawahnya lagi. Luka bakar ini akan menyerang hingga area tendon atau otot. Justru di tahap ini tak ada lagi rasa nyeri yang dirasakan dikarenakan saraf di kulit mengalami kerusakan. Risiko infeksi pada tahap ini jauh lebih besar dan bahkan tubuh dapat kekurangan cairan dikarenakan keluarnya cairan yang terlalu banyak.

Cara Mengobati Luka Bakar Secara Alami


  • Susu/Yoghurt

Susu adalah penyempurna makanan sehat, dan susu ini banyak sekali jenisnya ada susu kaleng,susu kedelai, susu kuda liar dan banyak lagi, ternyata teman-teman susu ini selain penyempurna makanan sehat ternyata susu bisa mengobati luka bakar, dan susu yang kita gunakan untuk mengobati luka bakar ini adalah susu yang bebas dari lemak seperti susu skim, dengan cara bersihkan dulu luka bakar tersebut sama alkohol lalu siram susu tersebut ke tangan atau kaki yang terbakar, diamkan beberapa saat, supaya nutrisinya menyerap kedalam.

  • Madu

Manfaat madu yang sangat banyak menjadikan juga sebagai obat luka bakar. Madu yang mengandung zat antiseptik dapat menyembuhkan luka bakar ringan seperti terkena knalpot, minyak/air panas. Madu akan meminimalisir rasa terbakar dan bekas luka dalam beberapa hari. Cara penggunaannya mudah yaitu cukup mengoleskan madu pada bagian yang terkena luka bakar. Diamkan beberapa saat agar zat dari madu meresap ke kulit.

  • Gunakan kentang mentah

Kentang mentah terbukti sangat efektif dapat mengobati luka bakar, ini dikarenakan kentang mentah memiliki kandungan anti inflamasi dan dapat memberikan efek dingin pada luka bakar. Maka tak heran jika kentang juga sangat baik untuk dijadikan sebagai bahan untuk membuat masker wajah alami yang dapat menyegarkan kulit wajah kamu.

Untuk mengobati luka bakar pada kulit kamu, kamu dapat memarut kentang secukupnya, lalu tempelkan pada kulit yang terkena luka bakar dan bungkus dengan kain agar kentang tidak jatuh. Setelah parutan kentang tersebut kering, kamu dapat membuatnya lagi dengan yang baru.

  • Kulit pisang

Seringkali kita menyepelekan kulit pisang karena merasa tidak ada gunanya. Tapi kulit pisang itu memiliki manfaat untuk mengobati luka bakar. Kulit pisang bagian dalam di oleskan lembut ke bagian luka bakar. Disarankan kulit pisang dioleskan ke luka sampai kulit pisang berwarna hitam agar pemaksimalan zat yang terkandung bekerja sempurna.

  • Lavender

Sejatinya lavender adalah tumbuhan liar yang tumbuh di semak semak. Selain terkenal dengan manfaatnya mengusir nyamuk, lavender juga bisa mengobati luka bakar. Untuk penyembuhan luka bakar, gunakan lavender yang sudah di olah menjadi minyak lavender. Campurkan minyak lavender dengan lidah buaya lalu oleskan ke luka bakar. Jika kamu tidak mempunyai minyak lavender, kamu bisa menggantinya dengan minyak zaitun.

Tips Pencegahan Luka Bakar di Rumah


  1. Terkadang luka bakar terjadi karena keteledoran diri sendiri, apalagi ketika luka bakar didapat sewaktu berada di dalam rumah. Ada beberapa kecelakaan atau kejadian di dalam rumah yang kiranya mampu memicu luka bakar, jadi sebaiknya terapkanlah sejumlah langkah berikut supaya terhindar dari luka bakar.
  2. Jangan sekali-kali meninggalkan masakan dengan api kompor masih menyala di rumah tanpa ada yang mengawasi sama sekali. Bila hendak pergi mendadak, kamu bisa mematikan kompor lebih dulu agar hal yang tidak diinginkan dapat dihindari.
  3. Ketika proses memasak, kamu bisa menggunakan sarung tangan, khususnya bila berhadapan dengan oven. Kamu bisa memberikan perlindungan maksimal pada area tangan berikut juga menutup area pergelangan tangan saat memasak.
  4. Ada baiknya kamu tidak mengenakan jenis pakaian dengan model looselifting karena ini dapat memperbesar potensi pakaian terkena api yang menyulut dari kompor.
  5. Segala cairan panas, terutama minyak goreng yang sedang ada dalam penggorengan panas dijauhkan dari anak-anak.
  6. Hindarkan anak-anak juga dari segala jenis bahan atau zat kimia, termasuk juga korek api yang bisa menjadi masalah besar.
  7. Jangan pernah merokok di kamar apalagi di tempat tidur, sebaiknya merokok di luar rumah saja supaya tidak berbahaya.
  8. Bila memiliki pemanas ruangan, jauhkan benda tersebut dari barang atau bahan lainnya yang kiranya bisa dengan gampang ikut terbakar.



Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar