Sabtu, 01 April 2017

Cara Ampuh Membasmi Rayap Di Rumah

cara ampuh membasmi rayap di rumah
Salah satu binatang berukuran kecil yang sering mengganggu di rumah adalah rayap. Selain mengganggu hewan kecil ini juga berbahaya karena sering memakan kayu di rumah mulai dari lemari, pintu kayu, ranjang atau tempat tidur hingga tiang kayu yang menopang rumah anda.

Rayap merupakan binatang yang paling rakus di dunia, coba anda bayangkan saja rumah anda yang baru saja di bangun tiba – tiba ketika anda memeriksa ternyata hampir separuh rumah anda telah habis digerogoti dengan makhluk kecil yang rakus yaitu rayap. Rayap tersebut akan memakan kayu dengan menggunakan bantuan enzim yang ada dimulutnya yang dapat menyebabkan kayu rumah anda menjadi lapuk sehingga akan lebih mudah dicerna oleh rayap.

Tentu saja dengan datangnya rayap di rumah anda akan menimbulkan banyak kerugian ekonomi karena tentunya barang – barang atau perabotan yang ada di rumah anda akan rusak karena dimakan oleh rayap. Meskipun habitat rayap aslinya sangat berguna untuk kelangsungan suatu ekosistem yaitu mampu menghancurkan dan melapukkan kayu kayu sehingga menjadi tanah. Memang pada beberapa rayap dapat berubah menjadi serangga yang bersayap dan pada umumnya akan keluar ketika kondisi luar sedang musim hujan. Serangga – serangga tersebut lebih kita kenal dengan sebutan laron atau juga anai – anai. Munculnya laron dapat dijadikan sebagai indikator atau seringkali menjadi suatu pertanda adanya perubahan musim mulai dari musim kemarau ke musim penghujan.

Sebagaimana dengan munculnya kebanyakan jenis serangga, rayap juga merupakan salah satu hewan yang hidup secara sosial atau hidup secara berkelompok. Rayap akan bersarang dan memakan perabotan kayu atau bahkan kerangka rumah sehingga akan menimbulnkan banyak kerugian secara ekonomi. Sehingga mulai banyak cara yang dilakukan untuk membasmi atau mengusir rayap yang ada di rumah anda.

Tanda – Tanda Kayu Terserang Rayap

Adanya rayap atau jenis serangga lain tentunya akan membuat bagi para penghuni rumah dapat terseran penyakit misalnya adalah ruam kulit apabila tergigit oleh rayap. Bukan hanya itu adanya serangga seperti tungau juga dapat menimbulkan masalah pada pernafasan. Selain itu pula adanya serangga atau juga rayap dapat berbahaya pada makanan misalnya saja karena kotoran, urine dan juga zat – zat yang berbahaya lainnya yang dapat mencemari makanan anda. Berikut ini adalah tanda – tanda apabila kayu anda sedang terserang rayap, diantaranya adalah :

  • Ada serbuk – serbuk kecil yang berada di bawah kayu atau juga di sekitar perabotan kayu anda
  • Kusen kayu dan juga jendela akan mudah menggelembung dan rapuh
  • Sering terdengar bunyi suara kretek – kretek yang berasal dari perabotan kayu anda
  • Pada bagian bawah kusen pintu dan jendela akan semakin terlihat lembab 


Cara Ampuh Membasmi Rayap Di Rumah


  • Air Sabun atau Detergen

Hampir untuk semua serangga tidak menyukai adanya air sabun atau detergen. Sehingga dengan hal demikian anda dapat menggunakan air sabun atau detergen untuk anda gunakan mengusir rayap yang bersarang di rumah anda. cara yang dapat anda lakukan juga mudah yaitu dengan mengaduk sabun atau detergen ke dalam sedikit air kemudian semprotkan cairan tersebut ke dalam sarang rayap atau tempat lain yang dilalui oleh rayap. Sehingga dengan adanya cara tersebut rayap akan mati atau pindah ke tempat lain untuk mencari makanan.

  • Garam Dapur

Cara lain yang dapat anda lakukan untuk mengilangkan dan membasmi rayap yang ada di rumah anda yaitu dengan menggunakan garam dapur. Biasanya garam dapur anda gunakan sebagai pelengkap bumbu masak ternyata juga dapat anda lakukan untuk mengusir rayap yang terdapat di rumah anda. caranya yaitu dengan mengaduk garam kemudian anda tambahkan dengan campuran air anda gunakan cairan garam tersebut untuk menyemprotkan sarang – sarang rayap atau tempat – tempat yang memang sering dilalui oleh para rayap.

  • Minyak Tanah atau Korosen

Selain itu minyak tanah atau korosen ternyata juga terbukti ampuh untuk mengusir rayap yang bersarang di rumah anda, caranya juga mudah cukup anda oleskan atau menggunakan semprotan ke tempat – tempat yang ada rayap atau sarangnya sehingga tak lama kemudian rayap akan menjaduh dari rumah anda.

  • Air Tembakau

Karena air tembakau mengandung toksin atau racun yang berupa nikotin. Sehingga adanya racun tersebut pada air tembakau cukup ampuh anda gunakan untuk membunuh rayap atau termite. Cara yang dapat anda lakukan juga mudah yaitu dengan menyiapkan satu genggam tembakau kemudian aduk di dalam air dan diamkan terlebih dahulu hingga satu malam sehingga racun yang berada di dalam tembakau tersebut akan tercampur dengan air. Hal ini dapat anda lihat dari warna air yang akan berubah menjadi kecoklat – coklatan. Kemudian gunakan air tersebut untuk menyemprotkan ke sarang rayap atau dapat langsung anda gunakan untuk menyemprotkan ke bagian tubuh dari rayap yang anda temui di rumah. Sehingga tidak perlu membutuhkan waktu yang lama, rayap tersebut akan mati karena adanya kandungan toksin yang berada di dalam cairan tembakau tersebut.

  • Air Beras

Ketika anda sedang mencuci beras untuk anda gunakan memasak pasti ada cairan putih bekas dari cucian beras. Nah, adanya cairan tersebut jangan anda buang karena cairan beras tersebut dapat anda gunakan untuk mengusir rayap yang sedang bersarang di rumah anda. caranya yaitu dengan menyemprotkan saja cairan beras tersebut ke dalam sarang rayap atau tempat – tempat yang dilalui oleh rayap sehingga rayap – rayap yang mengganggu rumah anda akan segera menjauh dan tidak kembali lagi.

  • Air Jeruk

Karena adanya kandungan d – limonene yang terdapat di dalam air jeruk, sehingga senyawa tersebut akan sangat manjur untuk membunuh rayap yang ada di rumah anda. oleh karena itu adanya air jeruk merupakan obat yang dirasa sangat efektif untuk menghilangkan koloni rayap yang bersarang di rumah anda.

  • Cabe Rawit

Ternyata cabe rawit juga dapat anda gunakan untuk membasmi rayap yang bersarang di rumah anda. cara yang dapat anda lakukan juga mudah, yaitu dengan menaburkan bubuk cabe rawit ke daerah atau tempat – tempat yang menjadi sarang rayap. Lakukan selama beberapa hari setiap hari hingga anda menemukan rayap – rayap yang bersarang di rumah anda telah mati. Anda juga dapat menggunakan pasta dari cabe rawit dan dengan tambahan minyak sayur kemudian anda oleskan ke tempat – tempat yang terkena rayap.

  • Air Kapur Sirih

Selain dari bahan – bahan yang telah dijelaskan di atas, ternyata air kapur sirih juga dapat dijadikan pilihan untuk membasmi rayap yang bersarang di rumah anda. dimana kapur sirih yang memiliki sifat panas sehingga akan sangat cepat untuk mengusir rayap – rayap yang berada di rumah anda. Hal ini dapat terjadi karena kulit rayap yang lembut dan juga tipis akan terkena panas dari adanya kapur. Cara nya juga mudah yaitu dengan menyemprotkan atau menyiramkan air kapur sirih ke bagian kayu yang diserang oleh rayap atau anda juga langsung menyemprotkan ke sarang rayap tersebut.


EmoticonEmoticon