Bahaya Tidur di Pagi Hari


Bahaya Tidur di Pagi Hari
Tidur adalah salah satu aktivitas yang paling di butuhkan oleh kita sebagai manusia. Tapi kadang-kadang, banyak orang yang mengalami insomnia atau susah tidur. Nah insomnia yang dialami seseorang ini terkadang membuat kita seringkali tidur di pagi hari. Padahal hal ini jusru berbahaya bagi kesehatan manusia.

Tidur digunakan oleh tubuh untuk meregenerasi sel tubuh yang rusak. Bagi ibu-ibu yang sangat memperhatikan kesehatan dan juga kecantikan, ia akan membatasi pada tidur yang cukup. Sebab tidur juga mampu  membantu perawatan kulit dan kecantikan wajahnya. Banyak kebiasaan baik sebelum tidur dan bermanfaat untuk tubuh.

Untuk orang dewasa rata-rata memerlukan waktu tidur sekitar 7 hingga 9 jam dalam sehari. Adapun ciri-ciri seseorang yang mendapatkan tidur dengan baik adalah mereka bisa tidur dalam waktu 15 hingga 20 menit setelah orang itu berbaring dan ketika bangun mereka terlihat segar.

Lalu apa bahaya tidur pagi sebelum jam 11? Bahaya tidur pagi sebelum jam 11.00 atau di pagi hari sangat penting untuk kita ketahui karena ada beberapa yang sangat mematikan bagi kesehatan. Beberapa dari orang tua kita kadang melarang kita untuk tidur di pagi hari. Kadang mereka akan cenderung marah-marah ketika mengetahui kita susah untuk bangun pagi, dan masih berbaring di kasur. Sikap mereka bukannya tidak beralasan. Ada alasan tepat mengapa kita memang sebaiknya tidak tidur di pagi hari.

Banyak alasan mengapa seseorang sering tidur dipagi hari, salah satu penyebab yang paling umum adalah karena begadang. Orang yang begadang atau tidak tidur semalaman tentunya akan merasa sangat mengantuk di pagi hari sehingga hal ini membuat mereka enggan untuk bangun dipagi hari dan lebih memilih untuk tidur dipagi hari. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa godaan untuk melanjutkan tidur dipagi hari memang sangat berat, apalagi bagi mereka yang baru saja begadang semalaman suntuk maka tidur dipagi hari adalah suatu keharusan bagi mereka.

Baca juga artikel : Bahaya Mengonsumsi Sate Secara Berlebihan

Bahaya Tidur di Pagi Hari

  • Lesu
Tidur secara berlebihan akan membuat kamu merasa lesu karena metabolisme kamu masih bekerja dalam ‘set’ malam hari. Tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk memulai sistem dan tidak dapat berfungsi normal. Jika kamu benar-benar ingin tidur sedikit lebih lama, usahakan jangan lebih dari tiga puluh menit.

  • Fungsi Otak Tidak Seimbang
Tidur di pagi hari bisa membuat keseimbangan fungsi otak ibu hamil terganggu. Alasannya adalah ketika aliran oksigen dan juga aliran darah ke otak menjadi terganggu, secara tidak langsung bisa berpengaruh terhadap fungsi otak itu sendiri.

  • Kepala terasa sakit
Sebagian orang yang seringkali mengalami sakit kepala biasanya disebabkan karena kebiasaan tidur di pagi hari dan juga kelebihan waktu tidur. Di atas tadi sudah sedikit disinggung tentang kebiasaan tidur di pagi hari akan membuat waktu tidur seseorang menjadi kacau yang akhirnya membuat pola hidup mereka menjadi tidak sehat. Dan ketika mereka bangun dari tidur biasanya akan merasakan sakit kepala berlebihan.

Mengapa? Nah serebrospina merupakan cairan otak, cairan ini akan terus mengalir ke otak pada saat tidur. Namun bila tidur pagi secara berkelanjutan maka akan menyebabkan cairan ini terus menerus mengalir ke otak dan akan menyebabkan kepala terasa pusing.

  • Penyakit Diabetes
Resiko diabetes akan mudah dialami oleh mereka yang kekurangan waktu tidur ketika malam hari dan membuat mereka jadi ngantuk di pagi hari. Perlu diketahui bahwa ketika seseorang tidur di pagi hari, mereka biasanya akan tetap merasa kurang istirahat atau kurang tidur yang berakibat pada kelebihan waktu tidur yang mana itu akan memicu timbulnya penyakit diabetes.

  • Insomnia Akut
Ibu hamil yang terlalu banyak tidur pagi bisa terkena insomnia akut, jika ibu hamil terkena insomnia akut akibatnya adalah ibu hamil tidak akan mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Padahal tidur yang berkualitas sangat penting bagi kesehatan ibu hamil dan juga perkembangan janin yang ada di dalam kandungan.

Banyak ibu hamil yang mengeluhkan jika di malam hari mereka menjadi susah tidur sehingga terpaksa tidur larut malam. Akibatnya jam tidur malam tidak tercukupi dan di pagi hari ibu hamil akan merasakan mengantuk sekali. Ibu hamil memerlukan cara mendapatkan pola tidur dan bisa mendapatkan pada istirahat di malam hari.

  • Sulit Konsentrasi
Tidur terlalu lama membuat kita sulit berkonsentrasi dalam waktu lama. Kecuali, setelah bangun tidur langsung berolahraga. Karena metabolisme tidak bisa berhenti, otak akan membuat kita merasa lapar.

  • Rawan Penyakit Kanker Darah
Ketika kita tidur, apalagi di pagi hari ini akan mengakibatkan dalam tubuh kita terjadi kenaikan kadar darah putih yang ada. Ketika hal ini terjadi, akan menyebabkan kondisi tubuh kita rawan terkena penyakit kanker darah. Apalagi ketika kita tidur di jam 10 pagi – 12 siang, hal ini akan sangat fatal bagi kerja metabolisme tubuh kita.

  • Terkena gangguan pencernaan pada lambung 
Bahaya selanjutnya adalah dapat terkena gangguan pencernaan pada lambung. Jam tidur yang baik adalah di malam hari bukan di pagi hari. Mengapa? Sebab pada pagi hari, tubuh akan memulai proses penyerapan makanan di dalam tubuh kamu, dan itu hanya bisa di lakukan jika posisi tubuh kamu dalam keadaan normal, sadar, dan bangun. Untuk itu, gunakanlah waktu pagi mu dengan sarapan dan melakukan aktivitas pagi. Sebab banyak bahaya melewatkan sarapan pagi kamu. sarapan sangat baik untuk kesehatan kamu.

  • Bangun tidak dalam kondisi fresh
Harapan orang saat bangun tidur adalah keadaan tubuh yang fit dan kondisi badan yang fresh. Hanya saja ke dua hal ini akan mustahil untuk didapatkan jika kamu tidak bangun pada waktu yang tepat. Kebanyakan orang suka begadang untuk belajar atau bekerja, seperti pelajar dan karyawan. Padahal hal ini ada pengaruhnya antara tidur malam dengan prestasi belajar. Mengapa? Sebab mereka yang tidur terlalu larut malam, cenderung akan bangun siang atau tidur di pagi hari. Padahal bangun siang atau tidur di pagi hari hanya akan membuat badan kamu menjadi lelah dan lesu.

  • Mengganggu Sistem Metobolisme
Kemudian bahaya akibat tidur pagi selanjutnya adalah dapat menyebabkan sistem metabolisme tubuh menjadi tergganggu dan kacau. Tubuh kamu diciptakan tidak hanya untuk tidur saja tetapi melainkan juga untuk beraktivitas sehingga jika kamu terlalu banyak menggunakan waktu untuk tidur maka sistem metabolisme didalam tubuh akan menjadi terganggu. Idealnya, pagi hari adalah waktunya untuk sarapan pagi agar energi tubuh kamu tercukupi sehingga bersemangat didalam menjalani aktivitas harian dan bukannya malah digunakan untuk tidur.

  • Memicu Depresi
Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa Kesulitan tidur di malam hari sangat erat sekali hubungannya dengan depresi, bahkan seseorang yang sudah menderita depresi dan mempunyai kebiasaan tidur di pagi hari atau tidur terlalu lama akan memperburuk gangguan depresi tersebut.
Selain bisa membuat kesehatan seseorang menjadi lebih buruk, tidur di pagi hari pasti akan membuat suasana hati atau mood menjadi tidak stabil, emosi seseorang menjadi tidak mudah untuk dikontrol, terlebih lagi itu akan membuat kinerja seseorang menjadi lebih buruk.

  • Jantung
Bahaya selanjutnya adalah jantung. Para penelitian yang dilakukan, telah menunjukkan fakta bahwa orang yang tertidur lama sekitar 9 jam di pagi harinya dapat meningkatkan resiko orang tersebut untuk terkena penyakit jantung 38 persen lebih tinggi.

  • Resiko Kematian
Bahaya tidur pagi yang terakhir adalah dapat menyebabkan kematian. Sering tidur hingga pagi hari, dimana ini termasuk kebiasaan tidur terlalu lama hingga 9 jam. Hal ini akan mendekatkan kita pada resiko kematian yang lebih tinggi. Walaupun secara penelitiannya ini masih belum dapat dipastikan, akan tetapi secara jelas diketahui bahwa tidur terlalu lama hingga pagi hari, hal ini termasuk buruk bagi kesehatan tubuh.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar