Bahaya Memakai Make Up Terlalu Sering


Bahaya Memakai Make Up Terlalu Sering
Makeup memang memiliki peranan penting untuk mendukung penampilan kamu setiap hari. Makeup dapat menutupi ketidaksempurnaan pada wajah dan membuat para wanita semakin percaya diri. Namun, tidak selamanya makeup memberikan kebaikan, jika kamu tidak berhati-hati dalam menggunakannya, bisa saja mendatangkan kerusakan yang mungkin akan kamu sesali.

Beberapa studi dilakukan untuk mempelajari dampak dari make up yang biasa kita gunakan sehari-hari, dan ternyata hasilnya sungguh mengejutkan sekali. Ternyata kandungan kimia pada make up mampu mempengaruhi kinerja hormon di tubuh kita, yang mana secara perlahan bisa berdampak buruk. Apalagi jika sampai make up yang kita gunakan mengandung merkuri, ini akan sangat merusak wajah dan berbahaya bagi kesehatan. Sudah seharusnya kita tau apa saja yang terkandung dalam make up yang kita gunakan dan apa bahayanya bagi kesehatan nantinya.

Kita harus memperhatikan produk kecantikan yang kita gunakan, dan sebaiknya kita menggunakan make up yang berbahan dasar alami serta organik agar terhindar dari dampak bahan kimia itu sendiri. Produk make up yang mengandung bahan kimia bisa dengan mudah terserap oleh pori-pori kulit kita dan tercampur dalam peredaran darah kita, yang tentu saja akan berbaya bagi kesehatan jika terlalu banyak mendapat asupan bahan kimia berbahaya. Berbeda dengan lipstik yang mana jika tertelan bisa diminimalisir kandungan berbahayanya oleh lambung. Menjaga kandungan make up yang kita gunakan akan sangat membantu mengurangi dampak yang bisa diakibatkan jika sampai terserap oleh kulit.

Baca juga artikel : Bahaya Memakai High Heels Terlalu Sering

Nah berikut ini kami akan berikan beberapa bahaya dalam penggunaan makeup:
  • Kerusakan Kulit
Tidak jarang wanita yang mengalami kerusakan kulit akibat penggunaan makeup yang berlebihan. Kerusakannya biasanya seperti kulit menghitam, memerah, atau gejala lain. Jika kamu melanjutkan penggunaan makeup, tentu ini akan berbahaya bagi kesehatan kulit kamu.
  • Merusak kesehatan wajah
Kandungan kimia pada make up dapat menyebabkan iritasi pada wajah, gatal, dan membuat pori-pori wajah tertutup secara sengaja. Pori-pori yang tertutup sama bahayanya dengan wajah yang kotor karena debu. Keseringan tertutupnya pori-pori pada wajah akan merangsang tumbuhnya jerawat pada wajah.
  • Iritasi
Produk make-up saat ini mengandung banyak bahan-bahan kimia, belum lagi penggunaan make-up seharian sudah pasti terpapar polusi dan debu. Bila wajah tak segera dibersihkan, hasilnya akan timbul rasa tidak nyaman seperti gatal-gatal, tumbuh jerawat hingga iritasi. Jumlah polutan lingkungan serta bahan kimia yang terkandung dalam make-up akan membawa pengaruh buruk untuk kesehatan kulit anda. Selain itu komponen tersebut akan menurunkan produksi kolagen dan elastin, yang bekerja memelihara kulit agar tetap awet muda. Keengganan membersihkan make-up sebelum tidur, akan membuat penurunan kualitas kulit dan penuaan semakin cepat terjadi.

  • Kulit menjadi Kusam

Apabila beberapa hari setelah menggunakan kosmetik ini kulit kamu menjadi kusam, berarti kosmetik yang digunakan tidak cocok pada kulit. Di mana bedak atau foundation yang digunakan akan mengakibatkan kulit terlihat lebih gelap seperti sedang sakit. Sedikit tips, kamu bisa menyimpan peralatan kosmetik yang berbentuk bubuk pada ruangan yang bersuhu dingin. Ingat, jangalah menyimpan peralatan kosmetik di tempat yang lembab dan panas.
  • Menyebabkan penuaan lebih cepat
Menggunakan make up sepanjang waktu menyebabkan dehidrasi kulit seperti kulit tidak bisa bernapas. Selain itu, seringnya memakai kosmetik akan membuat kulit dehidrasi sehingga pada akhirnya akan menyebabkan keriput dan tanda-tanda penuaan kulit lainnya.
  • Jerawat
Jerawat muncul pada kondisi wajah berminyak karena disebabkan oleh beberapa kandungan pada make-up. Biasanya menggunakan make-up bertekstur cair atau creamy (seperti foundation dan concealer) dapat menyebabkan jerawat. Kekurangan produk make-up dengan tekstur tersebut adalah sulit untuk dibersihkan di wajah meskipun sudah membersihkannya dengan sabun. Sisa make-up biasanya masih terperangkap di dalam kulit, sehingga timbul bakteri dan jerawat muncul. Untuk itu, melakukan facial wajah sebulan sekali sangat penting. Tidak lupa menggunakan masker wajah, minimal seminggu sekali untuk mengangkat kotoran wajah yang terisisa.
  • Memiliki resiko kanker yang lebih besar
Kandungan kimia pada make up yang terserap oleh kulit wajah bisa membuat racun-racun ini terdistribusi ke seluruh tubuh melalui darah. Zat kimia ini bisa merangsang tumbuhnya sel kanker dalam tubuh lebih cepat, tentu ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan jika terus berlanjut.
  • Mengakibatkan pusing serta peradangan pada hidung
Beberapa make up mengandung bahan kimia yang menghasilkan bau tertentu. Terdapat beberapa kasus bau dari bahan kimia tersebut tidak baik bagi kesehatan. Jika terhirup terdapat kemungkinan mengakibatkan pusing serta sakit kepala dan peradangan pada hidung. Hal ini diperburuk jika kita terlalu peka.
  • Kulit menjadi kering
Selain make up, beberapa produk kecantikan untuk kulit malah dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kasar. Kulit yang kering akan rentan kemasukan kotoran karena tidak memiliki perlindungan dari kulit sendiri.
  • Kulit jadi kebal
Kulit yang terlalu dini mendapatkan perawatan akan menjadi rawan serta menjadi kebal di masa yang akan datang. Mungkin, saat ini si pemakai tak merasakan efek apapun, namun di masa yang akan datang kulit akan menjadi kebal terhadap produk-produk kecantikan. Dengan begitu, kamu tidak akan mendapatkan khasiatnya.
  • Emosi Tidak Stabil
Merkuri yang dapat memberikan efek yang bermacam-macam dan cukup berbahaya ini mampu untuk membuat emosi kita menjadi tidak stabil, jadi berhati-hatilah.
  • Mengganggu sistem reproduksi
Penggunaan produk kosmetik secara berlebihan dapat merusak sel-sel reproduksi dalam tubuh kamu.
  • Berbahaya jika digunakan oleh anak-anak
Anak-anak yang mempunyai sistem tubuh yang lebih mudah menyerap nutrisi ini bisa sangat berbahaya jika sudah menggunakan make up. Menggunakan make up pada anak-anak akan sangat berbahaya karena wajah anak jauh lebih sensitif dan lebih rentan terkena iritasi dari make up itu sendiri.
  • Mata Gatal
Hati-hati dengan kosmetik yang telah kadaluwarsa, perhatikan batas waktu pemakaian. Jika tidak bersiaplah untuk merasakan gatal pada mata.
  • Kerusakan Memori
Bahaya lain dari kandungan logam adalah cacat fisik dan gangguan seumur hidup. Selain logam, kandungan merkuri juga dapat menyebabkan kerusakan memori.
  • Depresi
Menurut penelitian, orang yang sering menggunakan makeup lebih rentan terkena stres. Kandungan kimia dalam kosmetik ternyata dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh kamu.

  • Pori-Pori Wajah Membesar
Pori-pori wajah seseorang yang tidur dengan lapisan make-up cenderung akan 5 persen lebih besar dibandingkan mereka yang tidur dengan keadaan wajah yang bersih. Stefanie menjelaskan, penyumbatanlah yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Sumbatan tersebut akan menarik pori-pori wajah sehingga membuatnya membesar dan terlihat. Hal tersebut mengindikasikan bahwa wajah semakin menua. Kondisi seperti ini serupa dengan lansia yang berpori lebih besar. Faktor usia dapat menurunkan elastisitas kulit, sehingga struktur yang menjaga dan menopang pori tidak akan bekerja secara optimal.
  • Kulit Kemerahan
Seorang ahli dermatoligis London Cinic,  Dr. Stefanie Williams mengungkapkan tidak menghapus riasan make-p saat tidur akan menyebabkan kulit kemerahan. Kulit kemerahan adalah gejala dari kulit iritasi. Make-up akan memungkinkan bahan yang menyebabkan iritasi terkunci pada kulit. Hal tersebut dapat memperburuk reaksi alergi dan menurunkan kelembapan kulit.
  • Komedo
Hampir sama dengan jerawat, komedo timbul karena timbunan make-up dan debu. Bila tidak rajin mencuci wajah, komedo bisa mudah timbul dan kondisi terparah bisa menjadi jerawat.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar