Tips Menghapal Pelajaran Dengan Cepat dan Mudah


Tips Menghapal Pelajaran Dengan Cepat dan Mudah
Kesulitan dalam menghafal sering dialami oleh siswa siswi sekolah. Hal ini disebabkan oleh banyaknya materi pelajaran yang harus dihafalkan. Memang, daya ingat setiap orang berbeda-beda. Ada yang lamban, namun ada pula yang cepat dalam menghafal.

Menghafal memang termasuk aktivitas yang cukup sulit, namun sebenarnya hambatan terbesar dalam menghafal adalah karena kita sering menganggap menghafal itu sulit dan takut hafalan tersebut akan lupa. Hal yang mudah sekalipun akan terasa susah bila kita selalu menganggap itu sebagai sebuah kesulitan. Padahal hanya dengan kemauan yang kuat dan tekad sekeras baja saja, hambatan sebesar apapun akan bisa dihadapi dan impian setinggi langit dapat dicapai.

Dalam belajar hal yang paling sulit itu menghafal atau mengingat seperti pada kebanyakan mata pelajaran Geografi, Sosiologi, Pkn, Sejarah adalah model-model mata pelajaran yang sangat rentan dengan hafalan. Selain itu pada mata pelajaran eksak seperti IPA, Matematika, Kimia, Biolgi juga tidak luput dari proses penghafalan materi yang menunjang prestasi siswa. Berbeda dengan pelajaran olahraga, kesenian, keterampilan dan tehnik itu lebih mengutamakan kerajinan dan keterampilan kita.

Baca juga artikel ; Penyebab dan Cara Mengobati Usus Buntu

Cara Menghafal Cepat dan Tidak Mudah Lupa


  • Carilah Waktu yang Tepat

Tips cara menghafal cepat yang pertama adalah dengan mengetahui waktu yang tepat dimana kekuatan otak kamu bisa keluar 100%. Setiap orang memiliki waktu yang berbeda-beda, ada yang mudah menghafal saat tengah malam, ada yang pada pagi hari, sore hari, atau sebelum tidur. Nah kamu harus menemukan yang mana yang paling cocok untukmu.

Selain itu, buat diri dan otak kamu segar supaya lebih mudah berkonsentrasi, lebih bersemangat, dan lebih kuat hafalan. Salah satu caranya adalah dengan mandi.

  • Carilah tempat yang pas

Tips yang kedua adalah dengan mencari tempat yang tepat. Lingkungan sangat mempengaruhi hidup seseorang. Bila ingin pandai, berbaurlah dengan orang-orang pandai, supaya ikut belajar dan menjadi pandai juga. Namun, pengaruh lingkungan tidak melulu seperti itu. Kalau memang seseorang terlahir pandai, meski ia berada di lingkungan yang tidak pandai, tetap tak akan mengurangi kepandaiannya.
Meski begitu, tempat di mana seseorang itu berbaur sangatlah mempengaruhi hidupnya. Maka jika ingin dapat menghafal dengan baik, setidaknya carilah tempat yang nyaman dan jauh dari gangguan.

  • Carilah cara agar berkonsentrasi dalam menghafal.

Musuh utama dalam menghafal adalah buyarnya konsentrasi, padahal konsentrasi adalah hal yang sangat dibutuhkan dalam menghafal. Ketika kita sedang menghafal, sering sekali pikiran kita melayang entah kemana mengkhayalkan hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan hafalan tersebut, sehingga waktu habis terbuang sia-sia bukan untuk menghafal. Jadi, jangan harap apa yang dihafal akan masuk ke otak kalau kamu tidak berkonsentrasi, karena memori tersebut hanya bersifat sensori yang bertahan di ingatan selama beberapa detik saja, lalu tidak akan bisa diingat kembali.

Salah satu strategi untuk meningkatkan daya konsentrasi adalah dengan cara berdoa. Dengan berdoa jiwa kita akan tenang, sehingga mudah untuk berkonsentrasi. Dalam kondisi pikiran yang fresh seperti ini, membangun konsentrasi bukanlah hal yang sulit.

  • Menghafal apa yang kita suka dan ingin dihafal

Ini yang kita bahas di awal tadi. Jika kita ingin menghafal sesuatu yang benar-benar kita inginkan dan kita menyukainya, tentu akan lebih mudah jika dibandingkan menghafal sesuatu yang sebenarnya kita tidak suka dan hanya karena keterpaksaan. Misalnya disuruh guru atau dosen, atau lain sebagainya.

Contohnya begini, jika kamu menyukai lagu favoritmu, kamu pasti hafal kan liriknya, atau jika kamu punya tim favorit sepakbola kamu pasti hafal kan nama-nama pemain di tim tersebut dan hal lainnya tentang tim tersebut.

  • Dalami dan Pahami hal yang akan dihafal

Suatu waktu mendapat tugas untuk menghafal istilah berbahasa Inggris, sementara kamu sudah mahir berbahasa Inggris, tentu tidak sulit untuk menghafal istilah itu bukan? Maka lebih baik jika kita memahami apa dan mengerti apa yang kita hafal. Malahan menghafal dengan metode ini lebih cepat daripada tanpa memahami makna hafalan itu, terlebih pada rumus-rumus. Jika kita telah mengetahui dasar penurunan rumus tersebut, maka rumus itu bukan lagi sekedar hafalan tapi telah menjadi ingatan yang sempurna di dalam otak.

Hal ini terjadi karena ketika akan memasukkan data, konsentrasi otak kita terbagi antara menghafal dan memahamkan hal yang asing di dalam otak. Bila hal yang dihafal ternyata telah dipahami dengan baik, sudah tentu ketika kita menghafal otak tidak perlu lagi memahamkan istilah yang asing itu. Sehingga akan lebih dimengerti oleh otak dan hafalan akan mudah diserap.

  • Catat kembali apa yang kamu hafal

Cara menghafal cepat dan tidak mudah lupa adalah dengan mencatat kembali semua informasi yang sudah melekat di otakmu untuk di ikat lebih kuat lagi. Atau kamu juga bisa memanfaatkan smartphonemu untuk merekam apa saja yang sudah kamu hafal dan apa saja yang kamu lewatkan. Cara ini adalah cara paling mudah untuk mengevaluasi semua hafalanmu. Selain itu, dengan mengucapkannya kembali akan memaksa otak bekerja lebih keras untuk mengingat.

  • Tulis terlebih dahulu sebelum memulai menghafal

Teknik ini juga banyak diterapkan oleh mereka yang lebih mudah mengingat pada saat mereka melihat gambar.

Caranya, terlebih dahulu kamu harus menulis semua yang akan kamu hafal. Kemudian, setelah kamu merasa akrab dengan apa yang akan kamu hafalkan tersebut, kamu bisa membantunya dengan membacanya kembali. Setelah itu barulah mulai dihafal.

  • Terapkan langkah pengulangan

Untuk setiap baris teks, bisa kamu ulangi beberapa kali hingga kamu benar-benar menghafalnya sebelum berpindah ke teks yang lain.

Cara ini biasanya dapat membantu mencegah agar ingatan tidak memudar dalam waktu singkat. Karena semakin banyak kita mengulang, maka hafalan akan semakin kuat.

  • Mengajarkan kepada seseorang atau kepada diri kamu Sendiri

Jika kamu ingin menghafal dengan cepat dan tidak mudah lupa, teknik mengajarkan apa yang sudah kamu hafal kepada seseorang atau langsung mempraktekkannya kepada dirimu sendiri misalnya dengan berbicara sendiri di depan kaca atau dengan memperagakan seolah-olah kamu sedang mengajar akan membantumu untuk mengingat lebih kuat dan membuat otakmu tidak mudah lupa.

  • Manfaatkan rekaman

Cara selanjutnya adalah memanfaatkan rekaman. Kamu bisa merekam semua yang akan kamu hafal kemudian dengarkan rekaman tersebut sesering mungkin. Cara ini sangat efektif bagi mereka yang terbiasa belajar dengan cara mendengar.

  • Jangan terburu-buru karena ingin cepat hafal

Cara hafal pelajaran agar masuk ke otak juga dipengaruhi oleh tingkat kesabaran dalam menghafal. Hafalkanlah materi sedikit demi sedikit, tahap demi tahap, dan tidak perlu terburu-buru untuk menghafal materi selanjutnya. Sebaiknya kamu mematangkan sedikit demi sedikit materi hafalan, supaya konsisten. Jika materi yang dihafalkan terlihat banyak, maka akan timbul rasa malas.

  • Istirahat Yang Cukup

Cara yang terakhir adalah istirahat yang cukup. Tahukah kamu satu hal yang sering membuat siswa gagal dalam ujian adalah karena mereka baru menghafal pelajaran di malam satu hari sebelum ujian berlangsung (sistem kebut semalam). Memaksakan diri bukanlah hal yang baik, justru hal ini akan membuat hal negatif lainnya.

Oleh sebab itu, istirahat yang cukup adalah hal yang sangat dibutuhkan untuk menghafal. Sejenius apapun seseorang, ia pasti membutuhkan istirahat yang cukup agar bisa kembali menghasilkan ide - ide brilian dan sekuat apapun seorang atlet ia tetap butuh istirahat agar menang dalam pertandingan. Demikian pula dengan menghafal, sebenarnya juga menguras energi yang banyak.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar