Tips Memutihkan Gigi Kuning Secara Cepat dan Alami


Tips Memutihkan Gigi Kuning Secara Cepat dan Alami
Apakah gigi kamu berwarna kuning? Walaupun hal ini hanya sebatas warna, tetapi gigi yang terlihat kuning dapat membuat rasa percaya diri menjadi turun, apalagi ketika kamu sedang bergaul dan berbicara dengan orang lain.

Gigi yang putih dan berkilau akan membuat senyum dan penampilan kita lebih menarik. Berdasarkan penelitian dari American Dental Association (ADA) yang melibatkan beberapa responden, 87% diantara mereka menyatakan bahwa mereka merasa senang apabila melihat orang lain tersenyum terutama jika mereka memiliki gigi yang putih.

Baca juga artikel : Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Badan

Penyebab Gigi Kuning


  1. Malas menggosok dan membersihkan gigi
  2. Menggosok gigi dengan cara yang tidak benar alias salah.
  3. Sering mengonsumsi minuman seperti kopi dan teh herbal yang memicu gigi kuning.
  4. Bagi kamu para perokok, nikotin juga bisa mengakibatkan gigi kuning.
  5. Penggunaan obat tetes mata secara berlebihan.
  6. Seringnya mengonsumsi minuman berenergi dan suplemen.
  7. Pemakaian obat pemutih gigi yang tak cocok, dsb.

Jika gigi menguning, kamu berarti sering melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk seperti diatas. Oleh sebab itu, ketika sedang menerapkan cara alami memutihkan gigi kuning, usahakan meminimalisir kebiasaan buruk diatas sebisa mungkin.

Cara Memutihkan Gigi Kuning secara Alami

Berikut ini merupakan cara memutihkan gigi kamu sehingga kmau bisa lebih percaya diri saat tersenyum.

  • Menggunakan Stroberi

Yang pertama dengan menggunakan stroberi. Nah buah yang satu ini merupakan salah satu jenis buah-buahan yang memiliki rasa yang enak dan bisa berguna untuk membuat gigi menjadi terlihat lebih putih dan memudarkan warna kuning. Cara penggunaannya sangatlah mudah, yaitu

  1. Haluskan stroberi
  2. Gosok gosokkan stroberi yang telah dihaluskan tersebut ke gigi kamu
  3. Lakukakan hal ini secara rutin
  4. Stroberi memiliki efek whitening yang dapat menjadikan gigi kamu lebih putih.

Catatan : Setelah melakukan cara ini, kamu perlu menggosok gigi dengan bersih sehingga kandungan gula yang ada pada gigi dapat hilang.

  • Menggunakan arang kayu

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan arang kayu. Memang sedikit aneh kedengarannya jika memutihkan gigi dengan menggunakan bahan yang jelas-jelas berwarna hitam. Walaupun demikian jangan sepelekan arang kayu, karena ia memiliki kandungan yang dapat menghilangkan warna kuning di gigi.

Akan tetapi usahakan menggunakan arang kayu ini hanya 1-2 kali saja, mengingat sifatnya dapat mengikis email gigi, sehingga penggunaan yang berlebihan akan mengakibatkan rasa ngilu dan sakit gigi.

Berikut merupakan cara alami memutihkan gigi dengan arang:

  1. Siapkan arang kayu secukupnya saja.
  2. Haluskan arang tersebut sampai menjadi bubuk.
  3. Gunakan untuk menggosok gigi perlahan.
  4. Berkumurlah dengan air hangat dan lihat hasilnya.

Cartatan : Jangan menggunakan cara ini secara berlebihan.

  • Backing Soda

Cara memutihkan gigi selanjutnya adalah dengan menggunakan backing soda. Cara ini merupakan salah satu cara yang cukup mudah dilakukan. Bahan pengembang yang digunakan dalam pembuatan kue ini bisa juga digunakan untuk memutihkan gigi. Menggosok gigi dengan menggunakan backing soda mempunyai fungsi untuk membasmi noda pada gigi kuning. Cara pemakainnya dengan mengoleskan backing soda secara merata dan tipis saja dan diamkan selama 3-6 menit, kemudian menggosok gigi dengan pasta gigi kemudian terakhir bilas dengan menggunakan air yang bersih.

  • Siwak

Cara memutihkan yang selanjutnya adalah dengan siwak. Kita dapat merawat gigi dengan miswak atau siak dimana merupakan akar atau dahan pohon yang bisa digunakan untuk membersihkan gigi, mulut, dan gusi. Untuk menggunakan bahan ini kamu bisa menggunakan serabut siwak yang lembut yang berasal dari tanaman siwak itu sendiri. Serabut itulah yang kemudian digunakan untuk menggosok gigi. Cara memutihkan gigi secara alami dan permanen ini dapat dijadikan sebagai solusi gigi kuning kamu.

  • Garam

Cara lain memutihkan gigi kuning adalah dengan menggunakan garam. Garam selain penambah rasa makanan dan menjadi pemain sentral bumbu dapur ternyata juga berfungsi memutihkan keluhan gigi kuning.

Bagaimana caranya? Berikut cara menggunakan garam untuk memutihkan gigi.

  1. Siapkan garam dalam tempat kecil seperti piring kecil, mangkuk atau gelas.
  2. Masukkan sikat gigi ke dalam piring kecil atau gelas, mangkuk yang berisi garam.
  3. Basahi terlebih dulu sikat gigi yang akan digunakan sebelum dicelupkan ke dalam piring kecil.
  4. Sikatlah gigi kamu dengan sikat gigi yang sudah ada garamnya. Jadi, garam berfungsi sebagai pasta gigi.
  5. Lakukan hal ini secara teratur pagi dan sore hari.

Hati-hati menggunakan garam dapur sebagai pemutih gigi. Karena berfungsi menghilangkan flek kuning di gigi, tetapi juga hampir sama fungsinya dengan air remasan jeruk nipis. Bisa membuat gusi perih, dan garam juga bisa menyebabkan email gigi rusak. Jadi penggunaannya selain hati-hati, juga hatus efektif dalam segi waktu dan tidak tergesa-gesa.

  • Sikat Gigi 30 Menit Setelah makan

Ada banyak orang yang mempunyai kebiasaan dalam menyikat gigi langsung setelah makan. Namun, kamu bisa menunggu hingga 30 menit setelah makan, terutama jika kamu makan makanan manis atau asam. Ini dikarenakan menggosok gigi segera setelah makan terutama makanan yang manis atau asam bisa mengembalikan gula atau asa tersebut pada gigi.

  • Minyak kelapa

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Siapa yang menyangka bahwa minyak kelapa ternyata dapat digunakan untuk mencegah plak sekaligus menjadikan gigi kamu yang bermula kuning menjadi lebih putih dan bersih.

Minyak kelapa merupakan minyak nabati hasil ekstrak dari daging kelapa dan memiliki jenis lemak yang dibilang cukup unik dan kaya akan manfaat, karena keseluruhan dari lemak tersebut terbuat dari Medium Chain Triglycerides (MCTs).

  1. Siapkan satu sendok makan minyak kelapa
  2. Oleskan minyak kelapa ke gigi kamu secara merata dan diamkan selama 10-15 menit
  3. Ludahkan minyak kelapa tadi dan kumur mulut kamu dengan air bersih
  4. Terakhir sikatlah gigi kamu seperti biasa


  • Menggunakan Lemon

Cara memutihkan gigi kuning lainnya yaitu menggunakan lemon. Jeruk lemon mempunyai kandungan asam sitrat yang fungsinya bisa sebagai pemutih alami gigi kamu. Cara meraciknya juga cukup mudah, pertama siapkan sepotong lemon yang kemudian bisa kamu gunakan untuk menggosok gigi dengan sepotong lemon tersebut.

  • Kulit jeruk

Mulai sekarang jangan kamu buang kulit jeruk. Siapa yang menyangka, kulit jeruk memiliki khasiat yang besar untuk merawat gigi. Gunakan kulit jeruk yang masih segar untuk memutihkan gigi secara alami. Bahkan dengan penggunaan rutin, gusi kamu juga akan lebih sehat dan terbebas dari bakteri.
Cara memutihkan gigi secara alami dengan kulit jeruk:

  1. Sediakan kulit jeruk yang masih segar secukupnya.
  2. Kerok pada bagian putihnya sampai habis.
  3. Letakan di sikat gigi, lalu gunakan untuk menggosok gigi sampai bersih.
  4. Berkumurlah dengan menggunakan air hangat sampai bersih.


  • Kulit Pisang

Kulit pisang ternyata juga bisa untuk memutihkan gigi loh sahabat setia. Selain buahnya yang sangat bermanfaat bagi pencernaan dan tubuh kulitnya pun dapat untuk membersihkan noda dalam hal ini plak kuning yang terjadi pada gigi. Caranya cukup mudah, hanya dengan menggosokkan kulit pisang selama beberapa waktu sekitar 2-3 menit saja.

  • Biji Buah Pinang

Buah tidak hanya digunakan di bagian dagingnya saja, tetapi bijinya juga bisa. Bahkan masyarakat jaman dahulu sering menggunakan biji buah pinang untuk membersihkan gigi. Bagaimana cara membuata ramuan dari bahan yang satu ini? Yuk simak berikut ini.

  1. Haluskan biji buah pinang terlebih dahulu
  2. Gosokkan ke gigi menggunakan kain katun atau sabut pinang

Nah manfaat biji buah pinang ini tidak hanya untuk memutihkan gigi kamu tetapi juga menguatkan gigi..

  • Gunakan Obat Kumur

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan obat kumur. Nah obat kumur ini dapat membuat gigi kamu menjadi lebih putih dan bersih. Selain itu, obat kumur membuat nafas menjadi lebih segar. Namun, pilihlah obat kumur yang tidak berwarna karena obat kumur yang memikiki warna lama-kelamaan akan menjadikan warna gigi menjadi gelap.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar