Tips Membuat Desain Logo


Tips Membuat Desain Logo
Logo saat ini tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar saja. Perusahaan yang baru dimulai, event kampus, produk industri rumahan, bahkan blog pribadi sekalipun saat ini mulai menggunakan logo sebagai bagian dari identitas mereka.

Tidak dipungkiri lagi bahwa logo memang sesuatu yang sangat penting bagi suatu merek baik itu perusahaan, produk, website atau pun event, sebab dari sanalah mereka akan dikenal oleh masyarakat luas.

Logo ibarat wajah. Setiap orang bisa dengan mudah dikenali antara satu dengan yang lain hanya dengan melihat wajah. Begitu juga halnya dengan logo. Sebuah logo diciptakan sebagai identitas agar unik dan mudah dibedakan dengan pesaing. Semakin baik logo kamu, akan semakin baik pula identitas merekmu dimata masyarakat.

Logo adalah identitas merek, dan bahkan terkadang logo lebih dikenal dibandingkan dengan nama mereknya itu sendiri. Ketika ada event misalnya, pihak sponsor tidak perlu hadir sebagai bentuk dukungan terhadap event tersebut, namun cukup logonya saja, ketika berkirim surat, menyertakan logo di kop surat akan membuat orang merasa lebih percaya terhadap isi surat, dan banyak implementasi lain.

Baca juga artikel : Pengertian HAM Menurut Para Ahli
 

Tips Membuat Logo


  • Sederhana

Tips yang pertama adalah sebuah logo harus sederhana. Mengapa? Sebab sebuah desain logo yang sederhana akan sangat mudah mendapatkan pengakuan dari masyarakat dan memungkinkan logo itu akan menjadi fleksibel dan mudah diingat.

Tips Membuat Desain Logo
Kita ambil contoh logo Nike di atas. Logo ini diciptakan oleh Caroline Davidson pada tahun 1971 yang merupakan logo sempurna untuk bisnis pakaian olahraga dan itu adalah contoh yang sangat bagus dari sekian banyak logo yang ada. Logonya mengesankan, tanda ceklis didesain dengan sangat elegant. Hanya dengan satu warna saja logo ini menjadi sangat efektif memikat banyak orang.

Biasanya logo tidak perlu menuliskan nama merek atau caption. Namun kita tau bahwa itu adalah logo Nike saat kita melihatnya. Logo tersebut bisa digunakan pada pamflet dan papan tanda, dan bahkan logo tersebut tidak menggunakan nama Nike, namun kita tidak pernah bingung dengan identitas mereknya. Inilah yang disebut kesederhanaan.

Sebuah logo yang rumit sulit untuk diidentifikasi, bahkan sering kali gagal untuk menarik perhatian target pemirsanya. Logo hanya sebuah emblem, bukan sebuah manifesto, jadi tetaplah sederhana.

  • Keunikan

Tips yang kedua adalah unik. Bagaimana logo bisa muncul menjadi identitas merek ternama? Jawabannya adalah hanya dengan menjadi unik. Banyak orang meniru logo yang sudah ada, mencari inspirasi dari logo yang sudah ada akan membuat logo yang sebenarnya mirip dan kurang unik.

Tips Membuat Desain Logo

Kita ambil contoh logo Apple, ini adalah contoh sederhana untuk poin ini. Apel sebagai sebagai buah dapat digunakan untuk asosiasi merek seperti nutrisi, alamiah, sehat, merah sempurna dan bebas dari bahan kimia. Namun apa yang unik tentang hal ini. Hanya dengan menggigitnya, sekarang jadi benar-benar berbeda.

Hanya dengan sedikit perubahan tersebut, bisa mengubah apel dari simbol yang membosankan menjadi sesuatu hal yang benar-benar baru dan sekarang simbol buah yang mestinya lebih pantas untuk merek produk-produk buah alami, bernutrisi dan kesehatan tersebut telah menjadi representasi dari sebuah perusahaan teknologi ternama di dunia. Itulah keunikan yang biasanya hanya bisa muncul dari cara berfikir yang out of the box, butuh kreativitas dan sedikit inovasi.

  • Mudah Diingat

Setelah prinsip kesederhanaan hal selanjutnya yang harus kita perhatikan untuk membuat sebuah logo adalah harus mudah diingat. Sebuah desain logo yang efektif harus mudah diingat dan ini dicapai dengan memiliki logo yang sederhana namun tepat. Seperti logo nike yang tadi telah dibahas, mudah diingat oleh banyak orang meskipun baru pertama kali melihatnya. Berbeda dengan logo yang ramai dengan bentuk dan berbagai macam warna, orang tidak akan mudah langsung mengingat logo tersebut, harus berkali-kali melihatnya baru bisa mengingatnya.

  • Bermakna

Harus ada cerita dibalik setiap logo. Melihat logo sebagai sebuah pola garis belaka atau teks atau karya seni, tidak akan pernah membawa kamu untuk mengungkap makna terdalam dibaliknya. Idealnya, sebuah logo yang sempurna harus menceritakan dua kisah, satu yang jelas dan satu lagi yang tersembunyi.

Tips Membuat Desain LogoBiasanya klien minta logo yang tak terpikarkan dan keren. Ini tidak seperti superhero. Kamu perlu menunjukan bahwa logo klien bukan hanya sebuah karya seni yang dangkal melainkan memiliki beberapa pemikiran yang cukup dalam dan juga konsep yang rinci, klien akan benar-benar menyukainya bahkan jika itu hanya sesuatu yang sederhana.

Misalnya logo Toyota yang bukan hanya 3 oval yang berbeda yang membentuk huruf “T”. Seperti yang disebutkan oleh Toyota, masing-masing oval memiliki artinya sendiri. Oval yang tumpang tindih ditengah mewakili kepercayan dan keyakinan antara pelanggan dan perusahaan, sedangkan oval yang mengelilingi diluar adalah untuk ekspansi global Toyota. Ruang negatif yang melengkapi oval mengungkapkan jangkauan tak terbatas perusahaan dan secara keseluruhan logo, disatukan semuanya sebagai refleksi dari roda kemudi yang membuatnya sangat relevan untuk industri roda.

  • Sesuai Dengan Produk


Bagaimana desain logo harus sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan dan sesuai dengan produknya. Contoh misalnya produk burger, logo yang baik dan benar harus mempunyai relevansi terhadap produknya itu sendiri. Kalau produknya burger kita harus mendesain dengan sesuatu yang ada unsur/kaitannya dengan burger.

  • Dinamis

Entah itu hanya teks tulisan atau logo kustom yang profesional, kemampuan adaptasi dan fleksibilitas sangat membantu untuk kesuksesan Kamu. Dengan kata lain, harus dinamis dan tidak statis. Kekakuan dalam desain logo tidak akan mendapatkan tempat untuk inovasi bahkan peningkatan lainnya.

  • Serbaguna

Logo yang baik harus bisa serbaguna, fleksibilitasnya untuk digunakan pada kegiatan apapun akan membuat logo mudah populer. Jika sebuah logo terlihat luar biasa di billboard dan poster, namun terlihat jelek di mangkok atau cangkir kopi, tentu itu tidak akan membuat logo tersebut populer. Apalagi jika logo dibuat dengan skema warna tunggal, itu bukan representasi logo yang baik. Logo juga harus bisa terlihat sama baiknya ketika ditampilkan pada tempat yang abu-abu, hitam dan putih, atau pada warna berbeda dari warna aslinya. Misalnya saja logo Apple, bisa terlihat keren ketika ditaruh dimana saja.

  • Original

Membuat desain logo yang original sangatlah penting, Jika kamu membuat suatu karya yang bagus tetapi mirip dengan logo perusahaan lain pasti klien akan berfikir bahwa kamu adalah seorang plagiator dan mungkin klien tidak akan menerima hasil karya kamu. Jadi kamu harus pikirkan kembali jika kamu ingin mengembangkan konsep logo dari perusahaan lain.

  • Tidak menimbulkan arti lain ketika di utak-atik

Tips yang terakhir adalah tidak menimbulkan arti lain ketika di utak atik. Beberapa logo perusahaan ditarik dari peredaran karena masyarakat menemukan arti lain ketika dilihat dari sisi yang berbeda. Misalnya logo “Weight Watchers” yang ketika dilihat lebih jelas ternyata tanpa disengaja terselip kata-kata kotor pada logonya. Teliti ulang design logo kamu sebelum mempublishnya, bisa dengan cara meminta pendapat dari orang-orang disekitar kamu.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar