Tips Membersihkan Wajah Secara Alami dan Sehat


Tips Membersihkan Wajah Secara Alami dan Sehat
Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang menjadi perhatian utama seseorang. Maka tak usah heran jika sebagian besar orang menginginkan memiliki wajah bersih dan putih. Sehingga banyak cara perawatan wajah yang dilakukan untuk mewujudkannya.

Setiap orang pasti ingin mempunyai wajah yang sehat dan bersih, sehingga tidak sedikit pula biaya yang dikeluarkan untuk melakukan perawatan wajah. Mulai dari perawatan ke salon, klinik bahkan sampai ke dokter kecantikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Banyak cara yang dapat dilakukan agar kamu bisa mendapatkan wajah yang putih, bersih dan cerah. Misalnya saja kamu melakukan perawatan secara tradisional dan dilengkapi dengan produk-produk kecantikan untuk menyempurnakan penampilanmu.

Tetapi tidak juga selalu dengan melakukan perawatan, kamu juga bisa merawat wajah kamu menggunakan bahan-bahan yang alami, walaupun hasil yang akan kamu dapatkan akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Menggunakan bahan alami bukan hanya baik bagi kesehatan, hasil yang didapatkan pun akan lebih lama dibandingkan kamu melakukan perawatan ke klinik kecantikan.

Baca juga artikel : Makanan dan Minuman yang Diperbolehkan dan Dilarang Saat Haid

Tips Membersihkan Wajah Secara Alami


  • Jeruk Nipis

Tips yang pertama adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Seperti yang kita ketahui bahwa jeruk nipis mengandung banyak vitamin C. Nah vitamin ini memiliki khasiat yang mampu membuat pori-pori kulit kamu menjadi lebih tertutup dan membuat kulikamu tampak halus dan bersih bersinar. Bagaimana cara membat ramuannya? Simak berikut ini.

  1. Belahlah jeruk nipis menjadi dua bagian
  2. Peras jeruk tersebut
  3. Oleskan di wajah kamu dan biarkan mengering
  4. Bilas dengan air hangat kemudian bilas kembali dengan air dingin


  • Lidah Buaya

Tips yang kedua adalah dengan menggunakan lidah buaya. Tanaman ini ternyata mengandung aloesin. Apa khasiat adanya zat ini? Khasiatnya adalah dapat menghambat pembentukan melanin yang dapat menyebabkan kulit kamu menjadi gelap. Inilah salah satu alasan mengapa lidah buaya banyak sekali ditemukan pada produk-produk kecantikan.

Berikut ini adalah cara membuat ramuan yang terbuat dari lidah buaya :

  1. Kupaslah kulit lidah buaya kemudian pisahkan gelnya
  2. Oleskan gel lidah buaya di kulit wajah kamu
  3. Diamkan selama kurang lebih 15 menit
  4. Bilaslah dengan air hangat kemudian keringkan
  5. Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan selama dua kali sehari selama sebulan daan lihatlah hasilnya


  • Konsumsi Air Putih

Tips selanjutnya adalah mengonsumsi air putih. Dengan kamu mengonsumsi air putih yang banyak, kamu sudah merawat kulit kamu dari dalam menjadi lebih mudah dan efektif. Dalam satu hari, minimal kamu harus mengonsumsi minimal satu liter air.

Air menjadi unsur penting yang harus dipenuhi oleh tubuh. Mengonsumsi air putih setiap hari akan membuat kulit kamu menjadi tampak lebih segar, lembab, bersih dan kenyal. Mengonsumsi air putih adalah hal yang paling sederhana yang dapat kamu lakukan untuk merawat kulit kamu.

  • Alpukat

Tips yang keempat adalah dengan menggunakan alpukat. Buah yang satu ini ternyata memiliki kelebihan untuk merawat kulit wajah. Alpukat adalah salah satu buah yang sangat mudah ditemui di pasar dan supermarket. Bagaimana cara membuat ramuannya?
1. Pilihlah alpukat yang bagus
2. Ambil dagingnya kemudian haluskan
3. Tambahkan madu
4. Ratakan pada wajah kamu dan tunggu sampai beberapa menit
5. Bersihkan dengan air

  • Apel

Tips selanjutnya adalah dengan menggunakan buah apel. Buah apel adalah salah satu buah yang sangat baik di wajah. Mengapa? Buah yang satu ini dapat membuat membuat wajah kamu tampak lebih bersih dan segar. Caranya sangat mudah, yaitu dengan cukup dengan memblender buah apel kemudian oleskan ke wajah kamu. Lalu basuhlah dengan air dan lakukan hal ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Madu dan telur

Madu dikenal sebagai sumber nutrisi lengkap yang cukup baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Tersedia mulai dari vitamin, mineral, antioksidan, dan masih banyak lagi. Kandungan nutrisi semacam inilah yang bisa membantu mempercepat proses regerenasi dan mengangkat sel kulit mati.
Sementara itu untuk telur, ia mengandung protein dan mineral terbaik yang dapat mengencangkan kulit, merangsang pembentukan kolagen, dan tentunya meningkatkan regenerasi sel baru. Gunakan keduanya agar kamu mendapatkan kulit mulus.

  1. Kocok putih telur seperlunya saja, usahakan dari telur ayam kampung.
  2. Campurkan dengan madu alami sekiranya 1-2 sdm.
  3. Oleskan merata keseluruh bagian wajah yang sudah dibersihkan dengan air hangat.
  4. Tunggu sejenak kurang lebih 30 menit sampai terasa kaku dan meresap.
  5. Bilas dengan memakai air dingin hingga benar-benar bersih.


  • Bengkoang

Tips selanjutnya adalah dengan menggunakan bengkoang. Jenis buah yang satu ini ternyata mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat untuk membantu wajah kamu menjadi lebih cerah. Tidak hanya itu, bengkoang juga dapat menghilangkan noda hitam pada wajah kamu.
Caranya sangatlah mudah, yaitu :

  1. Pilihlah bengkoang yang bagus
  2. Parut bengkoang kemudian peras, lalu ambil sarinya
  3. Kemudian diamkan air perasan bengkoang dalam sebuah wadah bening selama kurang lebih 30 menit sampai sudah terlihat endapan sari bengkoang yang berwarna putih
  4. Gunakan endapan sari tersebut sebagai masker hingga mengering
  5. Lalu cucilah hingga bersih dengan menggunakan air


  • Susu

Tips yang selanjutnya adalah dengan menggunakan susu. Kandungan dari susu dapat membuat kulit wajah kamu menjadi lebih segar dan cerah. Caranya sangat mudah, yaitu :

  1. Siapkan susu kreamer atau susu kental secukupnya
  2. Usapkan beberapa tetes susu pada wajah kamu sampai merata dengan menggunakan kain halus
  3. Diamkan selama 20 menit
  4. Bilaslah dengan menggunakan air bersih
  5. Lakukan secara teratur sebelum tidur dan secara rutin


  • Scrub Kopi

Tahukah kamu dengan scrub? Itu loh perawatan kulit yang menggunakan butiran-butiran kecil untuk mengangkat sel kulit mati. Scrub banyak ditemukan di salon-salon kecantikan, tapi kamu tak perlu membuang banyak biaya untuk melakukan perawatan itu. Sebab membuat scrub sendiri sebenarnya cukup mudah kok, berikut caranya.

Cara menghaluskan wajah secara alami dengan scrub:

  1. Siapkan kopi 2 sdm, gula pasir 2 sdm, dan 1-2 sdm minyak zaitun.
  2. Campur ketiga bahan tadi tapi usahakan jangan terlalu encer.
  3. Pastikan wajah dalam keadaan bersih, kemudian gosokan scrub tadi keseluruh bagian kulit wajah.
  4. Lakukan hingga 10-15 detik dengan gosokan memutar.
  5. Setelah dirasa cukup, bilas menggunakan air hangat sampai bersih.


  • Tomat

Tomat merupakan buah yang mengandung vitamin E dan lycopen tinggi. Nutrisi tersebut cukup bermanfaat untuk membantu merawat kulit, mengangkat komedo, mencegah radikal bebas, dan tentunya membuat kulit halus. Gunakan secara rutin minimal 3x seminggu agar hasilnya maksimal.
Cara menghaluskan wajah secara alami dengan tomat:

  1. Sediakan tomat yang masih segar 1 saja.
  2. Belah menjadi dua bagian, lalu taburi dengan bubuk kopi.
  3. Gosokan belahan tadi ke area wajah secara merata.
  4. Lakukan terus selama kurang lebih 15-20 detik.
  5. Jika dirasa sudah cukup, kamu bisa membilas memakai air hangat.
  6. Selain itu kamu juga bisa membuat masker tomat supaya hasilnya semakin mantap


  • Pepaya

Pepaya diperkaya dengan kandungan serat terlarut. Selain bermanfaat bagi pencernaan, kandungan tersebut juga cukup efektif untuk menghaluskan wajah dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati. Gunakan secara rutin setiap hari minimal 1x supaya kulit mulus bebas komedo, jerawat, dan flek hitam.
Cara menghaluskan wajah secara alami dengan pepaya:

  1. Haluskan satu cangkir daging buah pepaya matang.
  2. Tambahkan sedikit madu atau minyak zaitun sampai membentuk pasta.
  3. Oleskan merata keseluruh bagian wajah, pijat sebentar agar meresap.
  4. Diamkan sejenak selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas air dingin.
  5. Bagi kamu yang tertarik dengan bahan ini silahkan baca cara membuat masker pepaya ampuh.



Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar