Penyebab dan Cara Mengatasi Haid yang Tidak Lancar


Penyebab dan Cara Mengatasi Haid yang Tidak Lancar
Menstruasi atau haid adalah hal yang biasa dialami oleh wanita dewasa. Gangguan ini merupakan tamu bulanan yang biasa terjadi di kisaran tanggal 21 hingga 31 hari serta berlangsung selama 3 – 8 hari.

Dalam masa siklus menstruasi, perempuan biasa mengalami darah haidnya banyak, sedang atau bahkan sedikit. Akan tetapi ada sebagian perempuan yang kemungkinan pernah mengalami darah haid yang sedikit atau dalam waktu yang singkat. Kalau dalam istilah medis, hal ini dinamakan Hypomenorrhea.

Jika dilihat dari barometer waktu, menstruasi dikatakan tidak lancar atau tidak teratur apabila siklus terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari.

Selain menggunakan barometer waktu, ketidaknormalan haid juga dapat diukur dengan jumlah darah yang keluar. Pada umumnya darah menstruasi yang muncul berjumlah 20 – 60 ml per hari dapat dikatakan darah normal.

Baca juga artikel : Dampak Negatif Bullying

Faktor yang Mempengaruhi Haid Tidak Lancar

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi jumlah darah haid, berikut ini merupakan penyebab haid yang tidak lancar.

  • Alat konstrasepsi

Menggunakan alat kontrasepsi seperti IUD (spiral) atau pil KB memang bisa menyebabkan perubahan berupa flek diantara siklus menstruasi. IUD bisa menyebabkan darah yang keluar lebih banyak dari biasanya atau sakit perut pada saat menstruasi. Kemungkinan adanya sedikit darah yang keluar pada awal penggunaan pil KB juga mungkin terjadi dan akan berhenti setelah beberapa bulan pertama.

  • Faktor usia

Menstruasi sedikit normal terjadi pada kalangan yang baru saja mengalami pubertas, dan pada kalangan yang sebentar lagi menginjak usia menopause. Dua kalangan ini dapat mengalami hypomenorrhea karena pada usia tersebut waktu terjadinya proses ovulasi belum atau tidak teratur dan perkembangan lapisan endometrial (dinding dalam rahim) mengalami gangguan.

Gaya hidup. Stres, penurunan atau kenaikan berat badan yang drastis, serta olahraga berlebihan bisa membuat hormon tidak seimbang dan menyebabkan menstruasi kamu tidak seperti biasanya.

  • Sindrom ovarium polikistik

Sindrom ovarium polikistik adalah kumpulan gejala yang disebabkan oleh kista kecil di dalam indung telur. Keberadaan kista ini membuat hormon menjadi tidak seimbang, seperti testosteron yang meningkat melebihi batas normal yang mana seharusnya wanita hanya memiliki sedikit hormon testosteron. Ketidaknormalan juga terjadi kepada proses pelepasan sel telur. Ini menyebabkan kamu tidak mengalami menstruasi, atau mengalami menstruasi, atau mengalami menstruasi, tapi darah yang keluar hanya sedikit.

  • Gangguan Tiroid

Kelenjar tiroid berfungsi untuk menghasilkan hormon yang berguna untuk menjaga metabolisme tubuh. Kalau terjadi gangguan pada produksi hormon tiroid, bisa mempengaruhi siklus haid perempuan. Terutama kalau lagi mengidap hipertiroid, atau peningkatan kadar hormon tiroid dalam darah. Kondisi ini bisa membuat darah haid yang keluar lebih sedikit. Selain itu ada juga kondisi hipotiroid atau hormon tiroid dalam darah menurun. Hipotiroid bisa menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur.

  • Genetik

Jika kamu mengalami menstruasi sedikit, coba tanyakan kepada ibu atau saudara perempuan kamu apakah mereka juga mengalaminya. Karena kemungkinan hypomenorrhea disebabkan oleh faktor keturunan.

  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Kondisi ini terjadi ketika ovarium ditumbuhi oleh kista-kista dalam ukuran sangat kecil. Penderita PCOS dapat mengalami menstruasi sedikit karena proses ovulasi mengalami gangguan.

  • Asherman’s syndrome

Kondisi ini dapat membuat dinding bagian dalam rahim (endometrium) meradang, sehingga mengurangi volume rongga rahim. Selain menstruasi sedikit, gangguan ginekologis ini dapat ditandai pula dengan munculnya gejala kram dan nyeri perut.

Cara Efektif Melancarkan Haid

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk dapat memperlancar haid dengan aman, yaitu:

  • Banyak beristirahat

Peningkatan hormon kortisol pada saat stres dapat mempergaruhi kadar hormon estrogen dan progesteron tubuh yang dapat menyebabkan perubahan pada siklus haid sehingga haid menjadi tidak lancar. Dengan melakukan istirahat yang cukup maka hormon pada tubuh akan terjaga dan tetap berada dalam keseimbangan

  • Olahraga Teratur

Yang kedua adalah dengan melakukan olahraga ringan yang mudah dilakukan oleh kita. Membangun rutinitas berolahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, selain itu olahraga yang tepat dapat melancarkan haid yang tidak teratur. Banyak olahraga yang berguna untuk kelancaran menstruasi seperi yoga, jalan kaki dan joging.

  • Konsumsi makanan pelancar haid

Haid yang tidak lancar juga disebabkan oleh diet yang ketat oleh karena itu untuk memperlancar haid penting untuk dapat memenuhi asupan gizi, nutrisi dan vitamin yang cukup dibutuhkan oleh tubuh ditambah mengonsumsi bahan-bahan makanan di bawah ini :

Makanan Asam: makanan asam yang disarakan disini adalah asam jawa, baik berupa minuman atau permen, selaini itu asam jawa juga dikenal dapat membantu mengencerkan darah haid yang menggumpal sehingga menjadi lancar.

Buah-buahan: Jika menstruasi anda telat disarankan untuk memperbanyak mengonsumi buah – buahan segar. Sebagai contoh nanas dan pepaya yang bisa memiliki kandungan yang dapat merelaksasikan otot sehingga bisa membantu memperlancar pengeluaran darah haid.

Sayuran hijau: Sayuran hijau di dalamnya banyak terkandung nutrisi dan vitamin serta zat besi yang dapat membantu melancarkan siklus haid.

Kacang kacangan: Kacang – kacangan di dalamnya banyak terkandung lemak baik dan omega 3 yang juga dapat membantu melancarkan haid.

  • Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat akan membantu kamu mendapatkan kesehatan prima, tarmasuk juga dapat mengurangi masalah yang sedang kamu hadapi saat ini.

Untuk itu, hindari merokok, kurangi kafein, hindari alkohol dan yang lainnya yang dapat membuat hidup kamu tidak sehat.

  • Konsumsi jamu tradisional

Kunyit sejak zaman dahulu telah dikenal memiliki khasiat sebagai antiseptik dan antibakteri alami. Konsumsi kunyit saat haid juga dapat memperlancar haid. Jamu kunyit untuk memperlacar haid dapat dibuat dengan menggunakan 2 rimpang kunyit, setengah sendok ketumbar, setengah sedok bija pala dan setengah genggam daun srigading yang direbus dalam satu liter air hingga medidih, kemudian disaring. Jamu kunyit dianjurkan untuk dikonsumsi minimal satu kali sehari pada saat haid agar haid menjadi lancar

  • Pakaian yang nyaman

Pakaian yang nyaman akan membantu dalam melakukan aktivitas harian, terutama saat haid pilihlah pakaian dalam yang nyaman dengan ukuran yang sesuai dan terbuat dari bahan yang dapat dengan mudah menyerap keringat. Pakaian dalam yang akan membantu meringankan gejala nyeri pada saat haid tidak teratur.

Cara Alami Mengatasi Haid yang Tidak Teratur


  • Kunyit

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan kunyit. Berikut merupakan caranya, yaitu :

  1. Siapkan beberapa bahan yang akan diracik sebagai ramuan herbal, yaitu 2 kunyit, 2 biji cengkeh, 4 kapulaga, 3 lembar daun srigading, serta ketumbar, jinten hitam, dan juga pala secukupnya.
  2. Setelah semua bahan tersedia, cucilah semuanya dengan menggunakan air bersih.
  3. Tumbuk bersama sampai dengan halus.
  4. Jika tumbukan telah halus, seduhlah tumbukan tersebut dengan menggunakan air panas kurang lebih satu gelas.
  5. Saring campuran air dan tumbukan tersebut
  6. Minumlah ramuan herbal ini secara rutin beberapa hari sekitar 1 sampai dengan 2 kali dalam sehari.


  • Daun Dewa

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan daun dewa. Berikut ini merupakan cara membuat ramuannnya :

  1. Siapkan terlebih dahulu 15 gr daun dewa dan juga 5 gr bunga pacar air yang berwarna putih
  2. Cucilah kedua bahan menggunakan air bersih
  3. Rebus dengan air sebanyak 500 cc sampai mendidih dan berkurang serta menyisakan sebanyak 200 cc saja
  4. Saring ramuan dan minumlah secara rutin.


  • Calincing

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan calincing. Barikut ini merupakan cara membuatnya, yaitu :

  1. Siapkan 30 gr calincing segar yang 10 gr diantaranya adalah calincing kering
  2. Siapkan 20 gr jahe dan iris tipis
  3. Cucilah dengan bersih calincing dan jahe yang telah disiapkan
  4. Kemudian rebus semua bahan dengan air sebanyak 400 cc sampai dengan mendidih dan hanya menyisakan kurang lebih 200 cc air saja
  5. Saringlah kemudian minum secara teratur.



Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar