Penyebab dan Cara mengatasi Bau Mulut


Penyebab dan Cara mengatasi Bau Mulut
Semua orang pasti tidak ingin memiliki bau mulut. Mengapa? Sebab bau mulut yang keluar tentunya akan sangat mengganggu tidak hanya diri sendiri tapi juga orang lain. Bau mulut memang tidak seharusnya dipertahankan akan tetapi harus segera dihilangkan.

Bau mulut adalah masalah kesehatan yang sulit diketahui oleh diri sendiri. Kebanyakan orang mengira untuk mengecek bau mulut, dengan meniup atau menghembuskan napas ke tangan kemudian dicium akan ketahuan napas kita bau atau tidak. Sebetulnya cara tersebut kurang efektif dan bahkan tidak bekerja. Cara yang dibenarkan untuk mengetahui bau mulut sejati adalah menjilat telapak tangan, tunggu air liur kering dan cium telapak tangan kamu. Apabila tercium bau berarti kamu benar-benar mengalami masalah bau mulut.

Bau mulut tidak sedap atau halitosis dapat disebabkan oleh beragam hal. Meski beragam, studi menunjukkan bahwa 80 persen bau mulut disebabkan oleh adanya masalah pada kesehatan gigi dan mulut seperti gigi berlubang, atau masalah gusi. Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut menjadi hal yang penting.

Baca juga artikel : Tips Membuat Desain Logo

PENYEBAB BAU MULUT

Lalu apa penyebab bau mulut? sebelum berbicara cara menghilangkan bau mulut, ada baiknya kita kenali beberapa sebab yang dapat menjadikan mulut seseorang itu bau yaitu antara lain :

  1. Kurang bisa menjaga kebersihan mulut. Pastikan untuk sikat gigi minimal dua kali dalam sehari, pagi serta malam menjelang kamu tidur.
  2. Makan makanan pemicu bau mulut seperti jengkol atau petai. Makan tersebut memang enak rasanya, namun tentu saja menimbulkan bau mulut tidak sedap.
  3. Kebiasaan merokok juga bisa membuat nafas orang yang merokok menjadi tidak sedap. Begitu banyak bahaya merokok, selain itu akan menyebabkan mulut kamu bau tembakau dan terasa kecut setiap saat.
  4. Sakit sariawan. Munculnya sariawan juga bisa menyebabkan bau mulut tidak sedap. Segera obati sariawan anda.
  5. Kadar Asam Lambung Tinggi
  6. Lupa akan sarapan pagi. Kebiasaan tidak makan pagi bisa menimbulkan bau mulut tidak sedap. Seharusnya pastikan sikat gigi sesudah makan pagi.
  7. Xerostomia (mulut kering karena gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di rongga mulut)
  8. Gangguan saluran pencernaan seperti infeksi oleh bakteri H.pylori dan penyakit refluk gastro-esofageal.
  9. Sinusitis yang menghasilkan post nasal drip (aliran cairan kental dari rongga sinus ke tenggorokan)
  10. Diabetes.
  11. Gangguan hati.
  12. Infeksi saluran pernapasan seperti bronkitis kronis.
  13. Adanya gangguan pada gigi seperti gigi berlubang. Bakteri pada gigi yang berlubang juga menimbulkan bau mulut tidak sedap.

Cara Mengatasi Bau Mulut yang Efektif

Bau mulut merupakan sesuatu yang dapat dicegah dan diatasi. Dengan mengetahui cara dan strategi yang benar, kamu dapat menghilangkan aroma yang tidak sedap tersebut untuk keluar dari mulut kamu. Inilah beberapa cara mengatasi dan mencegah bau mulut:

  • Miliki Kebiasaan Membersihkan Mulut yang Baik

Cara yang pertama untuk mengatasi bau mulut yang efektif adalah dengan membiasakan diri membersihkan mulut dengan baik. Bagaimana caranya? Nah yang pertama sikatlah gigi kamu pada pagi hari setelah sarapan pagi dan malam hari setelah selesai makan. Hal ini akan lebih baik lagi jika kamu dapat menyikat gigi setiap habis makan dan pastikan tidak ada makanan yang terselip di dalam mulut kamu. Selanjutnya gantilah sikat gigi kamu setiap 3-4 bulan sekali dan jangan lupa untuk menggosok lidah kamu dengan lembut, hal ini untuk membuat mulut kamu semakin bersih.

  • Gunakan obat kumur anti-bakteri

Cara yang kedua adalah gunakan obat kumur anti-bakteri. Mengapa? Karena obat kumur anti-bakteri sangat berguna untuk membunuh bakteri yang ada dalam mulut kamu dan menghilangkan plak/karang gigi. Cara menghilangkan bau mulut dengan berkumur ini cukup efektif jika kamu melakukannya setiap bangun tidur. Hal ini dikarenakan saat tidur banyak sekali bakteri yang berkembangbiak dan menyebabkan munculnya bau yang tidak sedap.

  • Berhenti merokok

Cara yang ketiga adalah berhentilah kebiasaan merokok. Memang tidak dipungkiri untuk 100% berhenti dari kebiasaan merokok sangatlah sulit. Akan tetapi jika kamu tidak ingin dijauhi orang-orang sekitar karena bau napas kamu, lebih baik motivasi diri untuk mengurangi kebiasaan merokok hingga nanti dapat berhenti total. Jika kamu butuh sedikit bantuan, belilah nikotin tempel yang dijual di apotik. Hal tersebut akan membantu mengurangi keinginan merokok.

  • Perbanyak minum air putih

Cara yang keempat adalah perbanyaklah minum air putih. Mengapa demikian? Air putih akan membuat mulut kamu terjaga dari dehidrasi (kekurangan cairan). Nah bau mulut bisa jadi disebabkan karena berkurangnya air liur di dalam mulut. Oleh karena itu, dalam sehari usahakan agar mulut tidak kering, caranya adalah dengan memperbanyak minum air putih. Jika yang satu ini dirasa tidak berhasil, sebaiknya kamu konsultasikan ke dokter gigi seputar problem yang sedang kamu alami.

  • Kunjungi Dokter Gigi

Cara yang kelima adalah mengunjungi dokter gigi. Melakukan check up kepada dokter gigi dengan frekuensi minimal 2 kali per tahun dapat menjadi salah satu cara dalam mengatasi bau mulut yang kamu alami. Karena bau mulut bisa jadi disebabkan oleh penyakit gigi dan mulut seperti gigi bolong. Sulitnya, terkadang bahkan kita pun tidak menyadari adanya bolong pada gigi kita.

  • Gunakan bahan alami

Selanjutnya adalah jika kamu menginginkan cara yang alami dalam mengatasi bau mulut, kamu bisa menggunakan bahan-bahan dibawah ini. Siapa yang tidak ingin mengatasi bau mulut dengan cara alami yang tidak memiliki efek samping? Tentu semua orang mau. Jika kamu termasuk salah satu dari mereka, berikut ini beberapa pilihan bahan alami penghilang bau mulut.

Ketumbar
Rempah ini dapat digunakan untuk mengurangi bau napas tidak sedap. Caranya dengan merebus ketumbar, kemudian airnya disaring dan diminum ketika dingin.

Jeruk nipis dan madu
Ramuan herbal ini bisa juga diminum untuk mengobati batuk. Caranya dengan mencampurkan kedua bahan pada gelas kecil, aduk rata dan minum.

Daun sirih dan lengkuas
Kedua bahan dapur ini sangat mudah didapatkan, kamu bisa membeli di tukang sayur terdekat. Cara mengatasi bau mulut dengan bahan alami ini diawali dengan merebus daun sirih dan lengkuas, kemudian gunakan untuk berkumur.

Kayu manis
Selain khasiatnya yang dipercaya oleh masyarakat sebagai obat penyakit, kayu manis ternyata juga berguna untuk meringankan bau mulut. Caranya dengan menyeduh kayu manis di dalam teh hangat, kemudian minum sehari 2 kali.

Kencur
Cara penggunaannya, yaitu diawali dengan merebus 10 gram potongan kencur, pinang, tanaman adas, dan 15 gram daun sirih temu ros bersama setengah liter air. Ketika mendidih, saring airnya dan minum ketika menjelang tidur malam. Lakukan rutin 2 - 3 kali dalam seminggu.

Cara Mencegah Bau Mulut

Dari sekian banyak cara untuk menghilangkan bau mulut, mungkin ada beberapa yang termasuk ke dalam cara pencegahan aroma napas tidak sedap. Tetapi pada bagian terakhir ini akan diberikan lebih banyak mengenai tips mengenai cara mencegah bau mulut.


  1. Selalu sediakan permen mint di dalam tas atau kantong kamu. Alasannya karena permen mint akan memberikan napas segar pada mulut kamu, walaupun hanya sesaat.
  2. Beri asupan yogurt. Berdasarkan penelitian, yogurt plain (tanpa gula) mampu mengurangi jumlah bakteri yang menumpuk di dalam mulut. Susu hasil fermentasi ini juga dapat mengurangi plak pada gigi.
  3. Makanlah keju rendah karbohidrat namun tinggi kalsium. Keju jenis ini dapat meningkatkan produksi air liur sehingga dapat meredakan bau mulut.



Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar