Manfaat Mengonsumsi Yoghurt


Manfaat Mengonsumsi Yoghurt
Kamu pasti pernah mengonsumsi yogurt. Selain rasanya yang enak, yogurt juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan kita.

Yoghurt atau yogurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk susu kacang kedelai.  Bakteri yang digunakan dalam pembuatan yoghurt yaitu Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus bulgaricus.

Yoghurt bisa kita dapatkan dengan mudah di toko-toko makanan dan minuman, di tempat-tempat perbelanjaan atau kita juga bisa membuat sendiri di rumah. Banyak yang menjadikan yoghurt sebagai menu diet yang sangat digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Yoghurt memiliki rasa asam yang khas, karena yoghurt merupakan fermentasi gula susu (laktosa) menjadi asam laktat, yang membuatnya mengental dan kenyal. Saat ini banyak varian yoghurt dengan tambahan buah-buahan, sehingga tidak hanya manfaat yoghurt yang diperoleh namun manfaat buah-buahan sebagai pelengkapnya juga didapatkan.

Baca juga artikel : Kandungan dan Manfaat yang Terdapat Pada Buah Delima

Nilai Gizi Yoghurt

Adanya bakteri yang mampu menguraikan protein susu menjadi bagian-bagian yang lebih sederhana dan mudah dicerna mengakibatkan yoghurt memiliki nilai gizi yang relatif lebih baik dibanding susu segarnya. Nilai gizi yang terkandung dalam yoghurt untuk setiap 100 gram, diantaranya:

  1. Kandungan zat gizi Energi  : 52 kkal
  2. Kandungan zat gizi Protein: 3,3 g
  3. Kandungan zat gizi Lemak : 2,5 g
  4. Kandungan zat gizi Karbohidrat : 4,0 g
  5. Kandungan zat gizi Kalsium : 120 mg
  6. Kandungan zat gizi Fosfor : 90 mg
  7. Kandungan zat gizi Zat Besi : 0,1 mg
  8. Kandungan zat gizi Vitamin A : 73 SI
  9. Kandungan zat gizi Vitamin B1 : 0,04 mg

Karena kandungan zat gizinya yang cukup lengkap, yoghurt dapat dikategorikan sebagai salah satu makanan multifungsional (multifunctional food), yaitu makanan yang berfungsi untuk mengatasi berbagai penyakit dan meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh. Berikut beberapa manfaat mengonsumsi yoghurt bagi kesehatan.

Cara Sederhana Pembuatan Yoghurt

Selain dibuat dari susu segar, yoghurt juga dapat dibuat dari susu skim (susu tanpa lemak) yang dilarutkan dalam air dengan perbandingan tertentu, bergantung pada kekentalan produk yang diinginkan. Selain dari susu hewani, akhir-akhir ini yoghurt juga dibuat dari campuran susu skim dengan susu nabati (susu kacang-kacangan), misalnya yoghurt yang dibuat dari susu kedelai sangat populer dengan sebutan soyghurt, yoghurt yang dibuat dari santan kelapa disebut miyoghurt.

Prinsip pembuatan yoghurt adalah fermentasi susu menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Kedua macam bakteri tersebut akan menguraikan laktosa (gula susu) menjadi asam laktat dan menimbulkan berbagai komponen aroma dan cita rasa. Asam laktat inilah yang menyebabkan yoghurt berasa asam.

Proses fermentasi tersebut menyebabkan kadar laktosa dalam yoghurt berkurang sehingga aman dikonsumsi oleh mereka yang telah lanjut usia atau yang alergi terhadap susu. Proses pembuatan yoghurt pada dasarnya dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu

  1. Persiapan susu
  2. Pemanasan susu
  3. Pendinginan
  4. Inokulasi susu dengan starter bakteri
  5. Inkubasi (sampai diperoleh tingkat flavor dan kemasan yang diinginkan)
  6. Pendinginan
  7. Pengemasan
  8. Penyimpanan.

Alat-alat yang digunakan untuk membuat yoghurt juga harus terjaga kebersihannya. Pencemaran mikrob dari mulut atau peralatan akan mengurangi cita rasa dan mutu simpan yoghurt. Pencegahan pencemaran oleh mikrob, sanitasi, dan hygiene yang baik merupakan kunci keberhasilan pembuatan yoghurt.

Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan

Banyaknya kandungan yang dimiliki oleh yoghurt, membuat makanan yang satu ini memiliki begitu banyak manfaat yoghurt untuk kesehatan. Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari yoghurt.

  • Melembapkan kulit

Kelebihan pertama yogurt adalah melalui kandungan kultur hidup bersama asid laktik di mana ia mampu melembut, melembap dan membuang sel kulit mati. Sapukan yogurt ke seluruh kulit tangan serta kaki dan biarkan ia selama 20 menit sebelum dicuci dengan air suam. Lebihan yogurt tadi boleh disimpan di dalam peti sejuk untuk disapu pada wajah sebagai pupur.

  • Hapuskan lingkaran gelap bawah mata

Salah satu manfaat yoghurt adalah dapat menghapuskan lingkaran gelap di bawah mata kamu. Bagaimana cara membuat ramuannya? Kamu cukup menyapukan sedikit yogurt di kawasan sekitar bawah mata selama 15 menit sebelum mencucinya. Di samping itu, campuran yogurt bersama serbuk kunyit, jus limau dan madu boleh disapu kepada bagian kulit yang menjadi gelap akibat matahari selama 40 minit sebelum dibasuh.

  • Mengurangi risiko infeksi jamur

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi yoghurt dapat mengurangi dan kejadian infeksi akibat jamur dalam vagina.

  • Meningkatkan kesehatan usus

Kultur aktif yoghurt membantu meringankan kondisi pencernaan tertentu seperti intoleransi laktosa, konstipasi, diare, kanker usus besar dan penyakit usus.

  • Makanan berprotein tinggi

Manfaat selanjutnya adalah kandungan yoghurt yang memiliki protein yang tinggi. Yogurt dapat menjadi sumber protein yang sangat baik. Yogurt Yunani dibuat lebih tebal dan memiliki 20 gram protein per porsi. Sedangkan  yoghurt tradisional sedikitnya memiliki 5 gram protein. Jika mungkin kamu membutuhkan protein, cari merek yang menyediakan sekitar 8 sampai 10 gram protein per porsi.

  • Atasi masalah penuaan

Yoghurt juga dapat berfungsi untuk mengatasi masalah penuaan. Salah satu kelebihan yogurt adalah dapat menghilangkan masalah kedutan pada wajah kamu sehingga wajahmu dapat terlihat lebih muda dari usia sebenarnya.

Cara membuat ramuannya cukup mudah, caranya adalah dengan mencampurkan yogurt bersama minyak zaitun dan biarkan diaplikasikan di wajah kamu. Kemudian tunggulah selama 30 menit. Lakukan tiga kali seminggu dan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Mencegah Darah Tinggi

Selain itu, manfaat yoghurt adalah mencegah darah tinggi. Menurut penelitian, setiap hari sekitar 70 persen dari kita, mengkonsumsi lebih dari dua kali jumlah garam yang disarankan. Hal yang dilakukan dari waktu ke waktu dan dapat berdampak buruk bagi kesehatan yaitu dapat menyebabkan munculnya penyakit hipertensi dan ginjal. Nah dengan kamu mengonsumsi yoghurt, hal ini akan dapat membantu tubuh kamu untuk membuang kelebihan sodium, sebab yoghurt mengandung kalium.

  • Menyehatkan Gigi

Manfaat selanjutnya adalah dapat menyehatkan gigi. Yoghurt memang mengandung gula, tetapi kandungan ini tidak membuat gigi kamu menjadi berlubang. Mengapa demikian? Yoghurt ternyata mengandung asam laktat yang dapat berfungsi  untuk memberikan perlindungan pada gusi kamu. Orang-orang yang makan setidaknya mengonsumsi dua ons yoghurt per hari, memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit periodontal yang parah daripada orang-orang yang tidak melakukannya.

  • Mengandung bakteri baik

Yoghurt memiliki kultur aktif dan hidup. Ini berarti ia memiliki probiotik, yang hidup di saluran pencernaan kamu. Probiotik ini menghilangkan semua mikroorganisme berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada usus atau organ sistem pencernaan lain. Probiotik juga membantu fungsi kerja sistem pencernaan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  • Menyembuhkan Kulit Terbakar

Manfaat yang terakhir dari yoghurt adalah dapat menyembuhkan kulit kamu yang terbakar. Yoghurt ternyata mengandung seng yang dapat membantu meringankan kulit dan sensasi gatal-gatal dari pembakaran.

Bagaimana cara membuat ramuannya? Hal ini cukup mudah, kamu hanya tinggal mencampur yoghurt dengan menambahkan beberapa minyak esensial seperti minyak zaitun. Gunakan ini pada permukaan kulit yang terbakar dan biarkan selama 15 menit.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar