Manfaat Mengonsumsi Seafood Sesuai dengan jenis-Jenisnya


Manfaat Mengonsumsi Seafood Sesuai dengan jenis-Jenisnya
Pernahkah kamu mengonsumsi seafood? Seafood adalah salah satu jenis makanan yang banyak digemari oleh masyarakat indonesia dari berbagai kalangan. Jenis makanan yang satu ini memiliki manfaat yang baik bagi tubuh kita. Nah, apa saja manfaatnya? Berikut ini jawabannya.

Seafood adalah bahan makanan yang berasal dari laut. Seafood memang salah satu makanan yang banyak digemari karena rasanya yang enak. Namun disisi lain, makanan ini banyak mengadung kolestrol yang sangat tinggi, sehingga tidak semua orang dapat menikmati makanan laut ini. Sehingga Banyak orang berpikir dua kali untuk mengkonsumsi makanan ini.

Makanan laut saat ini sudah sangat mudah untuk diperoleh, mulai dari pasar tradisional hingga pasar modern sudah menyediakan makanan laut ini. mulai dari makanan laut segar yang masih hidup, makanan laut yang frozen, atau makanan laut yang sudah jadi dan juga siap diolah, seperti nugget dan sebagainya.

Baca juga artikel : Bahaya Mengonsumsi Kopi Secara Berlebihan

Manfaat Makanan Laut


  • Kepiting

Jenis makanan laut yang pertama adalah kepiting. Kepiting atau yang disebut krustasea ternyata mengandung protein yang tinggi dan Omega-3. Tidak hanya itu, kepiting juga memiliki elemen selenium dan kromium serta kalsium, tembaga dan tingkat yang sangat baik dari seng. Omega-3 yang tinggi merupakan hal yang terbaik dari kepiting. Asam lemak ini memiliki sifat anti-inflamasi sehingga mungkin akan baik bagi mereka dengan kondisi seperti arthritis, juga mengurangi tekanan darah. Sedangkan selenium merupakan antioksidan dan mineral yang kuat.

  • Ikan sarden

Jenis makanan yang kedua adalah ikan sarden. Jenis ikan ini termasuk dalam bahan makanan yang mengandung banyak nutrisi. Didalamnya terdapat kandungan omega 3 yang bisa membantu untuk mengatur dan menurunkan kolesterol dalam darah dan memperbaiki kesehatan darah. Sarden juga makanan yang baik bagi otak, omega 3 akan memperbaiki fungsi otak dan memori. Semua tubuh ikan ini dapat kita makan, sehingga akan memberikan kalsium, zat besi, dan vitamin D yang bagus untuk kesehatan tulang. Sarden juga mengandung ko-enzym Q10 (CoQ10) yang membantu memperbaiki peradaran darah dan energy fisik.

  • Gurita

Selanjutnya adalah gurita. Bagian yang paling sering dimakan dari jenis makanan yang satu ini adalah bagian lengannya, dan kadang-kadang daerah kepalanya. Gurita kecil yang dimakan utuh mengandung banyak vitamin B, potasium dan selenium. Gurita juga memiliki taurin dan zat besi yang tinggi. Taurin adalah asam amino yang dibuat dalam tubuh dan membantu mengurangi kolesterol dari pembuluh darah. Hal ini dapat membantu pencegahan penyakit jantung, meskipun belum ada penelitian konklusif untuk mendukung hal ini.

Sekitar satu dari 20 dari kita mungkin menderita anemia defisiensi besi dan daging gurita merupakan sumber zat besi yang baik. Gurita besar akan lebih sulit untuk di makan jika tidak disiapkan dengan baik.

  • Kerang

Selanjutnya adalah kerang. Kerang dan makanan hasil laut lain seperti udang adalah makanan yang harus dibersihkan dengan baik dan dimasak agar aman untuk dimakan. Kerang merupakan sumber protein dan asam lemak omega 3, dimana ini akan digunakan untuk perkembangan bayi, terutama otak, saraf dan mata.

Kerang termasuk mengandung lemak jenuh yang rendah. Wanita hamil bisa mengkonsumsi udang atau kepiting untuk menu makanan sehat. Namun Udang atau kepiting harus dimasak dengan baik, seperti ditumis agar minyak ikan tidak hilang ketika dimasak. Meskipun bergizi tinggi dan baik bagi janin, namun sebaiknya harus berhati-hati saat mengolah kerang, karena kerang  bisa mengandung beberapa polutan lingkungan – PCB (polychlorinated biphenyls), dioxin, pestisida dan kontaminan lainnya. Untuk itu batasi konsumsi kerang, cukup hanya dua porsi saja dalam seminggu.

  • Rumput laut

Selanjutnya adalah rumput laut. Salah satu jenis makanan ini merupakan salah satu tanaman laut yang mengandung vitamin C, seng, dan yodium. Kandungan protein yang terdapat pada rumput laut ini juga sangat tinggi. Rumput laut juga mengandung serat yang tinggi sehingga dapat mengakibatkan rasa kenyang yang lebih lama dan hal ini sangat baik bagi pencernaan terutama bagi kamu yang sedang diet.

  • Tiram

Jenis makanan yang terakhir adalah tiram. Jenis makanan yang satu ini mengandung banyak asam amino tirosin, yang juga dibuat di dalam tubuh. Asam amino tirosin sangat baik untuk membantu meningkatkan mood dan mengatur kadar stres. Kualitas afrodisiak didokumentasikan dengan baik untuk memiliki lebih banyak seng daripada kebanyakan makanan lainnya.

Tiram merupakan sumber manfaat vitamin A, C dan B12 yang baik dan penting untuk energi. Tiram juga memiliki kadar kalsium yang baik dan besar untuk membangun tulang. Berhati-hati saat memilih jenis makanan laut, karena ada potensi terkena infeksi. Jika memilih tiram segar, pertimbangkan tingkat merkuri yang tinggi di dalamnya.

Tips Mengonsumsi Seafood

Makan seafood memang baik untuk kesehatan, tetapi juga memiliki dampak yang negatif jika kamu sembarangan dan berlebihan dalam mengonsumsinya. Sehingga kita juga harus bijak  dalam memilihnya karena seafood juga ada yang berbahaya bagi kesehatan karena mengandung logam berat. Berikut ini merupakan tips untuk kamu yang ingin mengonsumsi seafood.

  1. Konsumsi dengan berimbang antara ikan, daging, sayuran dan bahan hidangan lain.
  2. Ikan laut, terkadang juga mengandung racun akibat pencemaran laut. Logam berat dan pestisida terkadang ada didalam daging ikan laut, sehingga jenis makanan ini tidak direkomendasikan untuk diberikan kepada anak kecil atau ibu hamil.
  3. Gunakan bantuan termometer untuk jika memasak satu ekor ikan utuh untuk memastikan seluruh ikan matang sampai ke bagian dalam +/- 100°C
  4. Jika bersantap didalam resto, mintalah informasi lengkap akan kondisi dari ikan yang hendak dipesan.
  5. Bahan seafood beku tentu saja bukan pengganti seafood segar, hanya saja hal ini akan tercermin dari harga yang harus dibayar.
  6. Jika kamu ragu akan kondisi dari kerang segar, tanyakan asal atau lokasi dari tempat asal kerang. kamu harus memiliki informasi kondisi laut dan pencemarannya dari suatu lokasi untuk kebaikan kamu sendiri.
  7. Ikan adalah sumber protein tinggi, vitamin dan mineral dengan kandungan lemak rendah, ideal untuk mereka yang diet. Hindari terlalu banyak menggunakan minyak sewaktu memasaknya, memanggang atau mengukus adalah cara memasak yang baik.
  8. Beberapa jenis hidangan seperti sashimi ala Jepang menggunakan ikan mentah. Perhatikan kualitas bahan yang digunakan dengan indera penciuman dan penglihatan.
  9. Jenis kerang hijau berfungsi sebagai ‘filter’ pada air laut, sehingga isi dari kerang adalah kumpulan kandungan banyak zat yang ada.
  10. Hindari bersantap kerang yang berasal dari laut dengan tingkat polusi tinggi atau dekat dengan daerah industri ataupun padat lingkungan.
  11. Makan ikan sekali dalam seminggu, khususnya ikan laut yang mengandung nutrisi Omega-3 dan asam amino karena baik untuk kesehatan.



Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar