Manfaat Facial Untuk Kulit Wajah Kamu


Manfaat Facial Untuk Kulit Wajah Kamu
Apakah kamu pernah melakukan facial? Nah tentu jika kamu mendengar kata ini, fikiran kamu langsung tertuju pada salon kecantikan, kulit putih, kulit bersih dan kulit cantik. Memang benar, sejatinya facial adalah suatu kegiatan yang biasanya dilakukan di salon dan bertujuan untuk membersihkan dan mempercantik kulit wajah.

Salah satu kegiatan paling populer yang dilakukan perempuan di salon adalah facial. Perawatan ini diyakini akan membuat kulit menjadi bersih, bebas dari lemak-lemak dan komedo. Namun sebaliknya, banyak perempuan lain yang enggan melakukannya, karena rasa sakit yang ditimbulkan selama proses facial. Belum lagi muka menjadi bengkak-bengkak sesudahnya, bila kulit wajah tergolong sensitif.

Facial wajah merupakan salah satu perawatan wajah yang dilakukan banyak orang agar wajahnya selalu terjaga kebersihan, kecantikan, dan juga kesehatannya. Namun, tidak semua orang melakukan perawatan facial. Mereka yang peduli dengan kesehatan dan kecantikan wajah tentu melakukan perawatan facial secara teratur dan tidak berlebihan.

Baca juga artikel : Manfaat Creambath

Macam-macam facial wajah

  • Facial aromaterapi
Yang pertama adalah facial aromaterapi. Jenis facial yang satu ini terbuat dari campuran beberapa bahan herbal diantaranya yaitu minyak essensial, teh hijau asli, minyak lavender, dan masih banyak lagi. Nah, bahan-bahan tersebut berfungsi untuk mencerahkan kulit wajah kamu agar terhindar dari radiasi negatif seperti debu dan asap kotor, Sehingga kulit wajah kamu akan tampak lebih segar dan cerah.
  • Facial dasar
Jenis facial yang kedua adalah facial dasar. Proses dari facial dasar ini dilakukan oleh beauty therapist, yaitu melakukan pembersihan (deep cleansing), penguapan (streaming), ekstra komedo, penggunaan masker, dan diakhiri menggunakan pelembab. Nah jika kamu melakukan facial dasar ini, wajah kamu akan lebih terawat dan akan terlihat lebih bersih dari biasanya.
  • Anti aging facial
Jenis facial yang terakhir adalah facial anti aging. Apa fungsi dari facial ini? Sesuai dengan namanya, facial jenis ini berfungsi untuk menjaga wajah kamu dari kerutan dan penuaan dini. Facial ini sangat cocok bagi kamu yang sudah berusia 25 tahun keatas. Adapun produk-produk yang biasa digunakan adalah alpha atau beta-hydroxy acids serta vitamin C. Jika kamu melakukan facial yang satu ini, wajah kamu akan terlihat lebih segar dan akan terasa lebih elastis dibanding sebelumnya.

Manfaat Facial

  • Menghilangkan komedo
Manfaat yang pertama adalah facial dapat menghilangkan komedo di wajah kamu. Pemijatan-pemijatan yang dilakukan ketika facial akan membantu mengeluarkan komedo-komedo yang bersarang di kulit wajah kamu. Melakukan facial secara teratur, sudah dapat di bayangkan wajah kita akan terbebas dari noda komedo.
  • Relaksasi
Relaksasi adalah tujuan utama dari facial. Dengan facial, otot-otot wajah kamu yang tegang bisa direlaksasikan. Facial juga bisa menyejukkan kulit kamu saat cuaca panas seperti belakangan ini. Untuk lebih memanjakan diri anda, kini tak hanya facial klasik saja yang ditawarkan untuk perawatan. Kamu bisa memilih jenis facial lain, seperti facial oksigen maupun facial emas. Facial jenis ini juga memiliki fungsi yang berbeda dan dengan harga yang berbeda pula. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan kulit anda dan biaya yang kamu miliki.
  • Massege
Selain membersihkan, biasanya diselingi dengan pijatan-pijatan relaksasi yang bertujuan untuk melancarkan sirkulasi darah serta melancarkan aliran kelenjar getah bening. Selain itu, otot-otot anda akan terasa lebih kencang dan wajah pun tampak lebih muda. Aromanya akan membuat anda santai dan rileks. Beban pikiran anda akan dengan perlahan menghilang.
  • Membuat kulit tampak lebih putih
Bahan-bahan facial yang digunakan selain membersihkan kulit juga akan dapat membuat kulit tempat lebih putih. Contohnya facial yang menggunakan manfaat bengkoang, yang secara alami berkhasiat untuk mencerahkan kulit.
  • Menghilangkan keriput
Selanjutnya manfaat dari melakukan facial adalah dapat menghilangkan keriput. Hal ini bisa terjadi jika kamu melakukan facial dengan teratur. Pemijatan yang dilakukan ketika facial akan  mengencangkan kulit-kulit kendur atau yang mulai keriput. Pemijatan kulit dengan manfaat minyak almond juga mampu mencegah timbulnya keriput.
  • Memberi oksigen pada kulit
Kulit yang kekurangan oksigen akan membuat wajah kamu menjadi kusam. Tetapi kamu jangan khawatir, pemijatan saat kamu melakukan facial akan melancarkan oksigen pada pembuluh darah. Dengan demikian kulit wajah kamu akan mendapatkan pasokan oksigen yang lancar.
  • Mengontrol kadar minyak
Manfaat selanjutnya adalah dapat mengontrol kadar minyak di wajah kamu. Facial yang kamu lakukan dalam waktu yang teratur, akan mengkontrol kadar minyak pada wajah dari waktu ke waktu. Sehingga wajah kamu terlihat lebih segar dan cerah.
  • Kulit wajah menjadi lebih muda
Selanjutnya adalah kulit wajah kamu akan terlihat lebih muda. Jelas jika kamu melakukan facial, hal ini akan membuat kulit wajah kamu menjadi lebih muda, karena pijatan facial akan menekan syaraf-syaraf yang membuat kulit keriput.
  • Mencegah timbulnya kanker kulit
Manfaat yang terakhir adalah dapat mencegah timbulnya kanker kulit. Kanker pada kulit biasanya disebabkan oleh radikan bebas, namun dengan membersihkan wajah melalui facial secara teratur. Kulit wajah kamu akan senantiasa terhindar dari kotoran-kotoran radiasi.

Dampak negatif akibat facial wajah

Melakukan facial wajah ternyata memiliki dampak negatif bagi wajah kamu. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh terlalu seringnya kamu dalam melakukan facial atau karena kamu melakukan facial di sembarang tempat. Nah dibawah ini merupakan beberapa dampak negatif dari facial :
  • Dapat merusak sel-sel kulit wajah
Efek samping dari facial yang pertama adalah dapat merusak sel-sel kulit wajah. Rusaknya sel kulit pada wajah dapat ditandai dengan pori-pori wajah semakin membesar. Jika tidak segera ditangani, pori-pori wajah yang membesar tentunya dapat menyebabkan masalah yang lain seperti jerawat, komedo dan kulit berminyak. Hal ini dikarenakan pori wajah yang membesar dapat memudahkan segala macam kotoran masuk ke dalam wajah Anda.
  • Hindari menggunakan make up setelah facial
Efek samping selanjutnya adalah hindarilah penggunaan make up setelah melakukan facial. Mengapa demikian? Sebab, beberapa jenis kulit wajah akan memberikan reaksi buruk, seperti berubah warna dan berjerawat ketika make up bercampur dengan krim facial. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menghindari make up setelah melakukan perawatan wajah yang satu ini. Nah tetapi jika kamu harus kembali bekerja atau segala kegiatan yang mengharuskan kamu memakai make up, kamu bisa berkonsultasi dengan spesialis dokter kulit.
  • Menyebabkan jaringan parut permanen
Efek samping facial wajah selanjutnya adalah dapat menyebabkan jaringan parut permanen, Jika kamu ingin melakukan facial, sebaiknya lakukanlah di klinik atupun tempat perawatan yang memiliki pegawai yang berpengalaman, karena melakukan facial yang tidak sesuai dengan prosedur dapat menyebabkan jaringan parut permanen pada wajah. Hal ini bertujuan dan berguna agar kamu tidak menyesal setelah melakukan facial.
  • Iritasi
Iritasi juga merupakan efek samping dari facial wajah yang sering ditemui. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif sebaiknya pikir dua kali jika ingin melakukan facial. Sebab, krim dan obat yang digunakan untuk facial biasanya mengandung bahan kimia dengan konsentrasi tinggi. Produk tersebut tentu saja bisa membahayakan kulit sensitif kamu. Umumnya gejala yang biasa dialami pemilik kulit sensitif adalah gatal dan iritasi.
  • Ruam dan Kemerahan
Ruam dan kemerahan  merupakan efek lanjutan dari iritasi kulit. Bahan kimia yang digunakan selama facial mungkin terlalu kuat dan tidak sesuai dengan jenis kulit kamu. Sehingga muka kamu akan kemerahan dan bahkan dapat menyebebkan pembengkakan dan peradangan pada kulit.
  • Kulit Kering
Dampak negatif yang terakhir jika kamu melakukan facial adalah kulit menjadi kering. Memang, jika kulit wajah kamu berminyak sangat disarankan melakukan facial, hal ini dikarenakan facial dapat berguna untuk mengurangi minyak di wajah kamu. Namun jika terlalu sering dan mengabaikan jadwal facial, hal ini justru dapat menghilangkan kelembaban alami pada kulit. Jika tidak segera dihentikan maka hal ini dapat menganggu keseimbangan pH kulit, akibatnya kulit kamu akan menjadi kusam dan kering tak sehat.



Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar