Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan


Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan
Kamu pasti pernah mengonsumsi salak bukan? Buah salak adalah salah satu buah favorit masyarakat Indonesia. Ternyata buah yaang satu ini memiliki banyak nutrisi sehingga memiliki banyak manfaat bagi ksehatan manusia.

Dalam bahasa latin, salak disebut sallaka edulis, sedangkan di Amerika dan Eropa buah ini disebut snake fruit karena bentuk kulit yang menyerupai sisik ular. Menurut beberapa survei, salak yang tumbuh hanya di daerah tropis memang tidak setenar apel, jeruk, atau pisang karena masih banyak yang belum tahu manfaat yang terkandung pada buah salak untuk kesehatan tubuh.

Buah salak juga sama seperti buah bergizi lainnya. Buah ini mengandung banyak nutrisi yang mampu memberikan gizi yang cukup untuk tubuh. Kandungannya yaitu lemak jenuh, karbohidrat, serat, protein, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, kalsium, besi, kalium, fosfor, magnesium, tembaga, mangan, sistein, lisin, tirosin, dan masih banyak lagi. Dari kandungan inilah, buah yang satu ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan manusia.

Rasa salak yang eksotis, sedikit asam, sedikit manis dan sedikit sepat membuat orang sangat menyukainya. Di samping rasanya yang enak, buah salak ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan serat yang tinggi dalam buah salak dapat membantu tubuh dalam mengatasi dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Baca juga artikel : Cara Mengatasi Rasa Kantuk Saat Sedang Beraktivitas

Kandungan Gizi Salak

Seperti buah pada umumnya, salak juga mempunyai banyak sekali kandungan- kandungan gizi yang baik bagi tubuh manusia. Berikut ini merupakan data kandungan gizi atau nutrisi pada salak per 100 gramnya :

  1. Kandungan energi sebanyak 368 kkal
  2. Kandungan lemak sebanyak 0,4 gram
  3. Kandungan potein sebanyak 0,8 gram
  4. Kandungan karbohidrat sebanyak 90,3 gram
  5. Kandungan kalsium sebanyak 38 mg
  6. Kandungan zat besi sebanyak 3,9 mg
  7. Kandungan fosfor sebanyak 31 mg
  8. Kandungan vitamin A sebanyak 0 IU
  9. Kandungan vitamin C sebanyak 8,4 mg
  10. Kandungan vitamin B1 sebanyak 0 mg

Itulah berbagai macam kandungan nutrisi yang dimiliki oleh salak. Jumlah sajian tersebut diperoleh dari 100 gram buah salak dengan jumlah bagian buah yang dapat dikonsumsi adalah sebanyak 59%. Selain kandungan nutrisi yang disebutkan di atas, masih banyak lagi kandungan dari salak yang bisa kita dapatkan.

Manfaat Salak Bagi Kesehatan manusia


  • Obat diare

Manfaat salak yang pertama adalah dapat menjadi obat diarae. Manfaat salak yang satu ini untuk penyakit diare sudah terbukti. Buah ini mengandung senyawa yang bisa mengusir bakteri penyebab diare, sehingga gejala sakitnya dapat dihentikan. Usahakan untuk mengonsumsi buah ini dengan rutin saat kamu mengalami diare.

  • Dapat meningkatkan system kekebalan tubuh

Manfaat yang kedua adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Nah, jika kamu mengkonsumsi buah salak, Daya tahan tubuh kamu menjadi terjaga sehingga tubuh tidak akan mudah teserang penyakit. Mengapa? Sebab buah salak mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan dapat berperan sebagai antioksidan. Sehingga dapat melindungi tubuh kamu dari berbagai penyakit.

  • Menjaga kesehatan mata

Salah satu manfaat yang dimiliki oleh salak adalah untuk menjaga kesehatan mata kita. Salak mengandung beta karoten. Beta karoten ini seperti yang kita ketahui merupakan salah satu nutrisi yang sangat baik bagi mata kita. Nah karena adanya kandungan beta karoten tersebut maka salak ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata kita.

  • Mengurangi resiko terkena kanker

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kanker merupakan penyakit mematikan yang dapat menyerang manusia. Siapa saja mempunyai resiko terkena kanker ini. Selain itu, kanker ada banyak sekali jenisnya sehingga semakin mempermudah manusia untuk terserang kanker. Untuk dapat memperkecil resiko terkena kanker, kita bisa mengkonsumsi salak. Salah satu fungsi dari salak ialah dapt memperkecil kemungkinan manusia terserang penyakit kanker.

Mengapa demikian? Hal ini karena buah yang satu ini memiliki kandungan antioksidan alami yang tinggi. Antioksidan ini berperan sebagai pelindung untuk tubuh dari serangan radikal bebas yang dihasilkan dari lingkungan sekitar yang kurang sehat. Selain itu radikal bebas juga dapat diperoleh ketika kita terlalu banyak mengkonsumsi bahan kimia serta banyak mengkonsumsi pengawet yang ada pada makanan sehari- hari.

  • Meningkatkan kecerdasan otak

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa buah ini mampu meningkatkan kinerja otak dengan membawa kandungan pottasium dan pektin, yang dapat menutrisi beberapa syaraf serta mampu memperlancar dan mengendalikan peredaran darah menuju otak.

  • Mengatasi Anemia

Buah salak juga bermanfaat untuk mengatasi anemia, hal ini dikarenakan kandungan tiamin dan manfaat zat besi yang sangat baik untuk membantu kesehatan ibu hamil. Zat besi menjadi salah satu pemeran penting dalam memproduksi sel darah merah. Ibu hamil membutuhkan sel darah merah yang lebih tinggi karena digunakan untuk menyumbang oksigen lewat plasenta pada janin. Kekurangan oksigen akan sangat berbahaya pada nyawa janin dan ibu hamil.

  • Melancarkan pencernaan

Selain enak, buah salak juga mudah dicerna oleh pencernaan. Dengan begitu, buah ini dapat membantu pencernaan kamu agar lebih lancar dan sehat. Kamu tidak akan merasakan penyakit seperti kesulitan BAB.

  • Menjaga kesehatan Tulang

Buah salak juga mengandung kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, khusus untuk ibu hamil, salak bermanfaat untuk membentuk jaringan kerangka tulang pada janin. Selain itu, kalsium juga dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mempersiapkan tubuh dalam kelahiran. Manfaat salak untuk ibu hamil mengandung kalsium yang membantu menyumbang kecukupan kalsium harian. Selain itu, buah salak juga penting untuk membantu ibu hamil agar memiliki stamina yang sehat dan kuat.

  • Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah salak untuk diet tak lain dikarenakan kandungan serat yang terdapat pada buah salak. Salak memiliki kandungan serat yang tinggi pada bagian kulit tipis atau kulit arinya. Kulit tipis ini biasanya menempel di bagian daging buah salak ini.

Nah bagi kamu yang sedang menjalankan program diet, bisa rutin mengkonsumsi buah salak yang bisa menyebabkan terjadinya penurunan berat badan secara alami dengan mengkonsumsi buah salak bersama kulit arinya. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada salak juga efektif untuk membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Sehingga nafsu makan pun menjadi berkurang, Sehingga hal ini berdampak bisa membuat kamu tidak begitu tertarik untuk ngemil.

  • Dapat menjaga kesehatan kuku

Buah salak juga bermanfaat sebagai cemilan sehat, ini karena selain enak memang buah salak memiliki manfaat dan khasiat yang sangat baik untuk tubuh kita. Buah salak juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kuku dan kulit kita.

  • Menyehatkan kulit

Manfaat yang terakhir dari buah salak adalah menyehatkan kulit kita. Mengonsumsi buah salak ini secara rutin maka akan dapat meningkatkan kesehatan kulit kita dari dalam, sehingga kulit kita akan terlihat lebih segar dan juga awet muda.

Itulah beberapa manfaat dari buah salak yang dapat kita peroleh manfaatnya. Buah salak ini selain merupakan buah manis dan lezat, ternyata juga mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan kita.

Dampak Negatif Buah Salak

Selain memiliki manfaat bagi kesehatan, ternyata buah salak juga memiliki dampak negatif bagi tubuh kita jika dikonsumsi secara berlebihan. Apa saja dampaknya? Yuk simak berikut ini!

  • Dapat menyebabkan sembelit

Satu hal yang perlu ketahui tentang efek negatif bila mengkosumsi buah salak terlalu banyak dalam sehari bisa berdampak sembelit atau susah buang air besar. Normalnya mengkosumsi buah salak itu dalam 1 hari adalah sekitar 4 hingga 5 buah saja. Sebaiknya dalam mengkonsumsi buah salak dengan kulit arinya, cobalah untuk tidak menguliti buah salak sampai bersih, mengapa? Sebab kulit ari dari buah salak ini dipercaya dapat mengatasi kesulitan buang air besar.

  • Tidak baik untuk penderita maag

Bagi penderita maag dan radang usus kurangi mengkonsumsi buah salak, karena kandungan tannin dalam buah salak dapat memperparah kondisi usus yang luka karena buah salak sulit untuk dicerna.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar