Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan


Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan
Kamu pasti pernah mengnsumsi buah rambutan bukan? Ya, buah rambutan adalah salah satu buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang manis dan enak.

Dibalik rasanya yang begitu nikmat di lidah, rambutan ternyata menyimpan banyak manfaat bagi tubuh kita. Apa saja manfaatnya? Yuk simak artikel berikut ini!

Tahukah kamu buah rambutan sebenarnya tidak semua memiliki warna merah? Ada buah rambutan yang memiliki perpaduan wanra merah dengan kuning. Terlepas dari warna yang dimiliki buah rambutan, buah tropis ini termasuk buah musiman. Buah rambutan memiliki perpaduan rasa antara rasa manis, rasa asam, dan rasa kecut.

Untuk buah rambutan berkualitas tinggi maka hanya akan memberikan rasa manis. Buah rambutan memang lebih nikmat dikonsumsi secara langsung tanpa harus diolah menjadi jus buah, campuran dalam kue, dan olahan lainnya. Daging buah yang sedikit memang akan lebih nikmat dengan dikonsumsi langsung. Buah rambutan adalah buah yang tidak kalah popular dengan buah-buahan tropis yang lain.

Manfaat buah rambutan berasal dari sejumlah nutrisi penting di dalamnya. Buah yang punya nama latin Niphelium Lappaceum ini dilengkapi dengan vitamin A, C, protein, karbohidrat, dan serat. Mineral yang terkandung dalam buah rambutan seperti kalsium, niacin, zat besi, potassium, fosfor, magnesium, dan zinc.

Baca juga artikel : Bahaya Tidur Terlalu Berlebihan

Apa Saja Manfaat Buah Rambutan?

  • Menjaga kesehatan rambut
Manfaat yang pertama buah rambutan adalah dapat menjaga kesehatan rambut. Buah rambutan ini ternyata banyak dipercaya dapat berkhasiat dalam menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, sehingga sangat bermanfaat dalam mencegah masalah rambut seperti rambut rontok, rambut bercabang, rambut berminyak, rambut kering, ketombe dan masih banyak lagi manfaat untuk kesehatan rambut lainnya.

Berikut ini merupakan caranya yaitu :
  1. Siapkan beberapa buah rambutan yang telah matang, lalu ambil dagingnya saja
  2. Haluskan dengan menggunakan blender dan tambahkan sedikit air
  3. Oleskan keseluruh rambut kamu sambil di pijat-pijat secara lembut agar sari buah rambutan dapat meresap kedalam kulit kepala
  4. Diamkan selama 30 menit dan bersihkan dengan keramas menggunakan sampo yang biasa kamu pakai sehari-hari
  5. Lakukan perawatan ini secara rutin seminggu sekali, rasakan hasilnya setelah 3-4 kali pemakaian.

  • Buah rambutan menjaga kesehatan ginjal
Salah satu kandungan di dalam buah rambutan yang dapat menyehatkan ginjal adalah kadar airnya yang cukup tinggi. Di dalam 1 kg rambutan, minimal terdapat 1,5-2 gelas air (setelah diserap oleh tubuh). Selain itu, buah rambutan adalah buah yang memiliki fungsi detoksifikasi. Detoksifikasi buah rambutan akan menyasar organ ginjal, dikarenakan metabolisme kandungan air di dalam tubuh sudah pasti akan berujung pada organ vital tersebut. Proses detoksifikasi buah rambutan juga dibantu oleh kandungan fosfornya yang cukup tinggi.

  • Menyembuhkan Penyakit Hipertensi
Mengalami penyakit hipertensi memang berbahaya. Ketika lingkungan memicu penyakit hipertensi untuk kambuh maka akan membahayakan jantung. Agar penyakit hipertensi dapat diredam maka konsumsilah buah rambutan. Manfaat buah rambutan mampu meredakan penyakit hipertensi yang kamu derita. Sehingga menjadi obat alami yang tidak berhubungan dengan konsumsi obat-obatan dengan dosis yang tinggi.

  • Mengobati sariawan mulut dan bibir pecah-pecah
Manfaat selanjutnya adalah dapat mengobati sariawan di mulut kamu dan bibir pecah-pecah. Penyakit akibat kekurangan vitamin C seperti sariawan, dapat diobati secara alami dengan mengkonsumsi buah rambutan dalam porsi cukup. Demikian pula, buah ini efektif untuk mengatasi sakit tenggorokan.

  • Menurunkan berat badan
Buah rambutan memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, selain itu buah rambutan juga mengandung karbohidrat dan serat yang sangat bermanfaat dalam membantu menurunkan berat badan secara alami. Mengkonsumsi buah rambutan dapat memberikan efek mengenyangkan lebih lama, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi bagi yang menjalankan program diet.

Caranya sangatlah udah, yaitu konsumsi buah rambutan 200 gram setiap hari pada pagi hari sebelum makan siang. Lakukan hal ini secara rutin ya.

  • Mengatasi Gangguan Saat Hamil
Untuk kamu yang sedang hamil dan kerap mengalami gangguan seperti rasa pusing dan juga ingin muntah, buah rambutan dapat meredakan gangguan tersebut. Bukan hal yang wajar jika saat kamu hamil sering mengalami pusing dan muntah. Buah rambutan akan mengembalikan sistem daya tahan tubuh agar selama hamil, kondisi kesehatan kamu tetap terjaga. Ibu hamil juga tidak lepas akan bahaya anemia yang ada. Kamu akan mengalami bahaya jika anemia yang terjadi tidak kunjung diobati. Dianjurkan selama hamil untuk tidak ragu mengkonsumsi buah rambutan yang dapat meredakan penyakit anemia yang menyerang.

  • Menguatkan imunitas tubuh
Zat tembaga dalam buah rambutan berperan dalam pembentukan sel-sel darah putih. Dalam tubuh kita, sel-sel ini berguna untuk melawan virus, bakteri, dan kuman merugikan kesehatan tubuh. Daya tahan tubuh akan meningkat dengan asupan vitamin C dari buah ini, dimana vitamin ini bertindak sebagai antioksidan alami.

  • Buah rambutan pencegah kanker
Buah rambutan tidak saja dapat menyembuhkan penyakit ringan, melainkan juga ampuh dalam menyembuhkan penyakit berat seperti kanker. Kandungan Niacin dan Zinc di dalam buah rambutan dapat mengikat lebih banyak oksigen di dalam darah. Oksigen ini sangat dibutuhkan dalam penyembuhan sel-sel dan jaringan yang diserang oleh kanker. Dalam hal daya tahan tubuh, kandungan vitamin C alami yang dimiliki buah rambutan dapat mempertahankan jaringan yang belum terserang kanker agar tetap normal dan sehat.

  • Antioksidan Alami
Rambutan adalah salah satu dari sederet buah yang menjadi sumber anti oksidan alami, baik dari vitamin C maupun kandungan lainnya. Nah, rambutan ini sendiri memiliki banyak kandungan anti oksidan berupa flavonoid. Hal ini didukung dengan sebuah penelitian dari Chiang Mai University yang menunjukkan hasil yang serupa. Anti oksidan berupa flavonoid ini berperan sebagai anti inflamasi atau anti peradangan, mengurangi tingkat kolesterol jahat, serta sebagai penangkal kanker. Selain itu, ada juga kandungan senyawa asam galia pada kulit rambutan yang juga berperan sebagai anti oksidan alami sehingga mampu menangkal radikal bebas dan melindungi tubuh kamu dari kerusakan oksidatif. Manfaat buah rambutan lainnya karena yaitu Vitamin C pada rambutan yang berperan sebagai anti oksidan yang mampu mencegah kerusakan pada sel dan membantu tubuh kamu dalam penyerapan zat besi.

  • Buah rambutan menyembuhkan kencing manis
Sejalan dengan kapasitasnya dalam membersihkan ginjal, buah rambutan sekaligus dapat mencegah dan mengobati penyakit kencing manis. Kencing manis berawal dari gangguan yang terjadi di dalam kandung kemih dalam menyaring darah yang dipadati gula. Dalam hal ini, buah rambutan dapat membersihkan cairan limbah dari campuran darah pada dinding organ ginjal sebelum dikumpulkan di kandung kemih. Untuk pengobatan kencing manis ini, yang digunakan adalah biji buah rambutan. Beberapa biji buah rambutan ditumbuk halus, lalu diseduh seperti meminum teh.

  • Daun rambutan adalah obat untuk rambut yang beruban
Bagi anak muda yang sudah beruban, sebaiknya mempraktikkan pengobatan ala daun rambutan ini. Sediakan beberapa helai daun rambutan, lalu tumbuk hingga halus. Setelah itu aduk dengan air hangat secukupnya. Kemudian balurkan ke seluruh kulit kepala, Biarkan selama 20-30 menit. Lakukan hal ini secara teratur 1x2 hari selama beberapa minggu. Banyak orang telah mencoba metode ini dan berhasil menghitamkan kembali rambut yang telah beruban.

  • Sumber Mineral dan Zat Penting
Tahukah kamu bahwa walaupun rambutan memiliki ukuran yang kecil, namun menyimpan sangat banyak kandungan mineral, vitamin serta zat yang penting sehingga manfaat buah rambutan sangat baik untuk tubuh. Buah rambutan merupakan salah satu sumber zat besi, sehingga dapat efektif dalam mengatasi masalah anemia atau kekurangan sel darah merah kamu. Selain itu, zat besi yang ada pada rambutan juga dapat mendistribusikan oksigen lebih baik lagi ke seluruh tubuh, sehingga kamu tidak mudah lelah dan terhindar dari sakit kepala. Kandungan lain pada rambutan adalah fosfor yang dapat membersihkan ginjal kamu dari sampah atau racun yang menumpuk, sehingga organ ginjal kamu bisa menjadi lebih sehat. Buah rambutan juga memiliki kandungan mineral lain seperti kalsium, natrium zinc, magnesium, niasin, serta vitamin A dan protein seperti yang ditemukan pada susu kedelai. Kemudian, rambutan juga mengandung karbohidrat yang dapat mendongkrak energi kamu setelah lelah beraktivitas seharian.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar