Manfaat Buah Pisang Bagi Bayi


Manfaat Buah Pisang Bagi Bayi
Bayi yang berusia 1,4, 5 dan 8 bulan masih memiliki sistem pencernaan yang belum sempurna. Apa maksud dari kata sempurna? Nah sempurna disini maksudnya adalah bayi tersebut belum dapat mengunyah ataupun memakan makanan yang berat.

Kita sebagai orang tua tentu menginginkan bayi selalu dalam kondisi sehat. rasa cemas, gelisah atau bahkan hingga tidak bisa tidur sering menghampiri orang tua saat buah hati kita sedang sakit. Apakah sebagai orang tua, kita menginginkan kondisi yang demikian? Oleh karena itu, jenis makanan yang baik untuk bayi adalah pisang.

Pisang adalah salah satu buah super yang sangat baik bagi kesehatan. Pisang rendah lemak, namun cukup kaya akan nutrisi penting terutama yang bermanfaat untuk memproduksi energi bagi tubuh. Inilah alasan kenapa para atlet banyak yang makan pisang sebelum berolahraga, karena buah ini menyediakan energi instan. Banyak manfaat pisang kesehatan, beberapa alasannya adalah tinggi nutrisi penting, seperti mengandung kalium tinggi, vitamin, mineral, dan rendah lemak.

Buah pisang sangat cocok sebagai makanan bayi yang baru belajar makan. Mengapa? Karena tekstur buah pisang yang sangat lembut cocok untuk kondisi mulut bayi yang masih lembut juga. Rasanya yang manis pun juga cocok untuk bayi sehingga tidak membuat bayi kaget saat memakannya. Kandungan glukosa alami yang terdapat pada buah pisang berfungsi sebagai sumber energi serta kandungan pectin adalah serat alami yang baik untuk pencernaan tubuh bayi.

Baca juga artikel : Perbedaan Syair dan Pantun

Kandungan Pisang

Berikut ini merupakan kandungan pisang per 100 gramnya, antara lain :

  1. (68%) air
  2. (25%) gula
  3. (2%) protein
  4. (1%), lemak dan minyak
  5. (1%) serat Selulosa
  6. Pati dan asam tanin
  7. Vitamin A (300 IU per seratus gram)
  8. Vitamin B dengan berbagai jenisnya; B1, B2, B 6, dan 12 (100 mg per seratus gram)
  9. Vitamin D, dan sedikit Vitamin Z
  10. Kalsium (100 mg per seratus gram)
  11. Fosfor, Besi, Sodium, Kalium (potassium), Magnesium, dan Seng


Apakah Bayi Dapat Memakan Pisang dan Kapankah Bayi Dapat Memakannya?

Ya, bayi dapat memakan pisang. Pisang merupakan buah yang ideal yang dapat diperkenalkan kepada bayi yang setidaknya berusia 6 bulan atau bayi-bayi yang siap untuk makan makanan padat atau semi-padat. Nutrisi yang ditemukan dalam pisang tidak hanya bermanfaat untuk orang dewasa, tetapi untuk balita dan anak-anak juga.

Kapan Waktu terbaik untuk memberi makan pisang untuk bayi?

Nah waktu terbaik untuk memberi makan pisang untuk buah hatimu adalah selama musim panas. Mengapa? Sebab buah yang satu ini dapat membantu dalam kontrol suhu si bayi selama musim panas, jadi ini adalah waktu yang ideal untuk makan pisang selama musim panas.

Manfaat Buah Pisang Bagi Bayi


  • Sangat Cocok sebagai Makanan Pertama Bayi

Ketika bayi telah memasuki usia 6 bulan, ini merupakan saat yang tepat untuk mengenalkan bayi pada makanan pertamanya. Sebaiknya jangan sembarangan saat mengenalkan bayi pada makanan pertamanya, selain karena pencernaan bayi masih sangat rentan mengenalkan makanan pertama yang salah pada bayi juga dapat membuat bayi menjadi susah makan nantinya. Beri bayi makanan yang sehat dan bergizi seperti buah. Buah merupakan makanan yang sangat baik di konsumsi oleh yang memiliki tekstur yang lembut dan manis sangat pas untuk lidah bayi, dan juga pisang aman untuk perut bayi karena mudah dicerna.

  • Buah yang tidak menyebabkan alergi

Dalam berbagai kasus, alergi makanan muncul dari asam amino seperti yang tertahankan dan dicerna bagi sebagian orang. Pisang di sisi lain, mengandung asam amino sederhana atau jinak, yang sebagian besar dicerna. Hal ini membuat pisang menjadi makanan ideal untuk bayi karena fitur yang mudah dicerna ini.

  • Mengatasi masalah sembelit

Sembelit biasanya juga umum terjadi pada balita dan bayi. Sangat susah bagi seorang Ibu jika bayinya mengalami kesulitan BAB karena mereka pasti akan rewel dan gelisah. Karena bayi hanya bisa berbaring dengan punggung, maka akan sulit bagi mereka untuk mendorong kotoran keluar dan dapat mengakibatkan sembelit. Memberikan pisang segar yang dihaluskan akan membantu mengatasi sembelit pada bayi, serta juga untuk mencegahnya. Pisang mengandung serat makanan yang cukup tinggi, dimana akan membantu usus mendorong kotoran tanpa kesulitan.

  • Bagus untuk gangguan infeksi saluran kemih

Bayi dan balita umumnya lebih rentan terhadap infeksi saluran kemih. Gejala ini mungkin termasuk demam, sering atau jarang pipis, pipis berbau, dll. Dalam keadaan seperti itu, selain harus segera konsultasi dokter anak, memberikan pisang yang dihaluskan juga bisa memberikan manfaat. Hal ini diyakini karena buah kuning ini juga berkhasiat dapat membersihkan saluran kemih dari racun yang menumpuk.

  • Kulit pisang untuk mengurangi peradangan kulit

Sebuah penggunaan yang tidak biasa dari kulit pisang adalah bahwa di dalamnya dapat menggosok gigitan serangga untuk bantuan. Sangat sering, kita dapat mengamati bayi dengan peradangan dari beberapa atau gigitan serangga lainnya. Dalam kasus tersebut, menggunakan kulit pisang segar dapat membantu. Hal ini juga berguna dalam menghilangkan serpihan kecil dari serangga, yang mendapatkan bersarang di kulit.

  • Makanan yang Kaya Energi

Pisang dianggap sebagai makanan yang baik bagi para olahragawan, ini bukanlah omong kosong sebab kandungan karbohidrat yang terdapat di dalam pisang matang memberikan energi instan. Bayi-bayi yang aktif dan mulai belajar jalan tentunya akan lebih cepat lelah dan juga membutuhkan lebih banyak energi. Dalam pisang matang terdapat kandungan glukosa, fruktosa, dan juga sukrosa yang merupakan gula alami, mampu mencukupi kebutuhan energi untuk bayi.

  • Meningkatkan kesehatan Tulang dan juga Penglihatan

Pisang merupakan makanan yang kaya kalium, kalium memiliki peranan untuk menetralkan natrium didalam tubuh yang berfungsi dalam pembentukan tulang. Selain itu kalsium yang hilang bersamaan saat buang air kecil akan digantikan dengan nutrisi yang terdapat di dalam pisang. Bayi yang secara teratur diberikan MPASI dari buah pisang akan memiliki penglihatan yang lebih baik, hal tersebut karena pisang pun juga memiiki kandungan Vitamin A yang sangat baik bagi mata, seperti melindungi retina dari segala jenis penyakit.

  • Manfaat buah pisang buat kesehatan lambung

Kesehatan lambung yang Merupakan sektor dari system pencernaan, lambung terkadang butuh pertolongan buat bakal mengolah makanan bersama baik. Kandungan terhadap buah pisang menunjang kerja berat lambung.

  • Menyediakan Nutrisi yang Lengkap

Dalam kebutuhan nutrisi harian bayi, terutama bayi yang telah mulai makan makanan padat. Kebutuhan nutrisi harian mencakup kalium, kalsium, magnesium fosfor, zat besi, asam folat, vitamin B12 dan tembaga dalam jumlah yang cukup akan membantu pembentukan sel darah merah, yang akan membantu dalam memproduksi hemoglobin dalam tubuh. Dan juga zat besi baik untuk bayi dan anak-anak akan mencegah terjadinya anemia. Kalium sangat penting untuk fungsi otot dan juga menjaga irama jantung.

Peringatan


  1. Pisang mentah tidak boleh diberikan kepada bayi dengan alasan apapun, karena masih sangat sulit untuk dicerna
  2. Pastikan jika buah ini sudah berwarna kuning dan lunak, atau sudah sangat matang
  3. Lebih baik untuk menghindarkan makan pisang untuk bayi Anda, jika ia sedang batuk atau demam
  4. Selain itu. sebaiknya Memberikan pisang untuk bayi pada saat cuaca sedang hangat atau siang hari
  5. Pisang hijau, pisang raja, pisang susu, dan pisang kepok adalah beberapa jenis pisang yang baik dan lezat, sehingga sangat cocok untuk diberikan kepada bayi.





Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar