Manfaat Buah Kelengkeng


Manfaat Buah Kelengkeng
Kamu tentu mengetahui buah yang satu ini, buah kelengkeng. Pernahkah kamu mengonsumsinya? Buah yang satu ini merupakan salah satu buah favorit masyarakat Indonesia.

Buah kelengkeng adalah salah satu buah tropis yang hidup sangat subur di Indonesia, terutama di dataran tinggi. Buah kelengkeng berasal dari daratan asia tenggara. Buah ini mempunyai ciri bergerombol, mempunyai kulit buah berwarna cokelat muda sampai kehitaman dengan permukaan agak berbintil-bintil dengan daging buah yang berair dan bening serta berasa manis sekali.

Walaupun buah kelengkeng memiliki ukuran kecil, tetapi khasiatnya sangat luar biasa untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Hal ini dikarenakan buah kelengkeng mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita seperti vitamin C, B12, thiamin, riboflavin, niacin, lipids, kalsium, magnesium, fosfor, potassium, sodium, zinc, proyein, karbohidrat, energy dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya yang terkandung di dalam buah kelengkeng.

Baca juga artikel : Terapi yang Efektif Untuk Mengobati Seseorang yang Mengalami Penyakit Jiwa

Kandungan Buah kelengkeng

Berikut ini merupakan kandungan Gizi buah Kelengkeng per 100 gram :

  1. kalori 60 kcal
  2. 15 grams karbohidrat
  3. 1.3 grams protein
  4. 1.1 gram serat
  5. 83 grams air
  6. Vitamin B1 (Thiamine) 0,031 mg
  7. Vitamin B2 (riboflavin) 0,14 mg
  8. Vitamin B3 (Niasin) 0,3 mg
  9. Vitamin C 84 mg
  10. Kalsium 1 mg
  11. Besi 0,13 mg
  12. Mangan 0,05 mg
  13. Magnesium 10 mg
  14. Fosfor 21 mg
  15. Kalium 266 mg
  16. Seng 0,05 mg


Manfaat Buah Kelengkeng


  • Sangat baik untuk mata

Manfaat yang pertama adalah sangat baik untuk kesehatan mata kita. Riboflavin merupakan jenis vitamin penting yang jadi bagian dari vitamin B kompleks. Seorang pria perlu 1,3 mg vitamin ini setiap harinya, sementara seorang wanita memerlukan 1,1 mg riboflavin per harinya. Menurut sebuah penelitian ilmiah yang diterbitkan di tahun 2005, kekurangan riboflavin ini dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan mata, terutama katarak.

Lengkeng mentah memiliki 0,14 miligram riboflavin dalam setiap 3,5 ons-nya, namun lengkeng kering mempunyai 0,5 miligram per 3,5 ons-nya. Makan 3,5 ons lengkeng yang kering mampu memenuhi 38% dari kebutuhan riboflavin harian untuk seorang pria & 45 persen untuk wanita.

  • Anti-depresan

Manfaat yang kedua adalah sebagai anti depresan bagi seseorang. Nah ternyata buah kelengkeng dapat memberikan efek menenangkan, meningkatkan fungsi syaraf, mengatasi iritasi dan mengurangi rasa lelah. Kelengkeng juga dapat mengobati insomnia dan  penyakit kelainan tidur lainnya.

  • Mengurangi stres dan kelelahan

Manfaat yang ketiga adalah dapat mengurangi stres dan kelelahan. Buah ini sangat baik juga untuk jantung karena membantu dalam mengurangi stres serta kelelahan. Bukan hanya itu. Lengkeng juga baik untuk organ limpa dan hati, serta dapat meremajakan sirkulasi darah & memberikan efek yang menenangkan pada sistem saraf tubuh. Buah ini juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

  • Mempercepat penyembuhan luka

Selanjutnya adalah dapat mempercepat penyembuhan luka. Kandungan polifenol ditambah dengan vitamin C pada buah kelengkeng membantu kamu yang memiliki luka dan menyembuhkannya dengan cepat, serta memberi khasiat memperpanjang usia sel sel yang ada dalam tubuh. Selain itu polifenol yang merupakan antioksidan yang mampu mencegah penyakit kanker.

  • Mencegah Demam dan Flu

Banyak sekali kegunaan Vitamin C untuk menusia, termasuk meningkatkan ketahanan dan juga melindungi tubuh dari demam dan flu.

  • Membuat awet muda

Buah lengkeng juga ternyata sangat bermanfaat untuk kulit kamu. Lengkeng mempunyai sifat anti-penuaan da telah terbukti mampu meningkatkan kesehatan kulit. Buah yang satu ini sangat bermanfaat untuk merawat kulit yang ada di area mata, serta bisa meminimalkan keriput dan mencerahkan warna kulit. Lengkeng juga tinggi akan kandungan vitamin C yang bisa membantu menyehatkan kulit serta membuat kulit kamu jadi lebih kenyal. Buah ini juga dapat membantu untuk menyehatkan gusi dan gigi kamum.

  • Sumber energi

Khasiat kelengkeng untuk tubuh juga bisa menjadi makanan yang memberikan energi tambahan. Tubuh yang sudah penuh dengan tenaga akan siap menghadapi segala macam aktifitas sehari-hari, sehingga tidak mudah lelah maupun letih.

  • Anti radang

Peradangan sering kali membuat tubuh kamu menjadi terasa sakit. Untuk mengatasinya, kamu bisa memakan buah kelengkeng. Buah ini bisa menjadi makanan untuk meredakan peradangan, sehingga dapat meringankan rasa sakitnya. Imbangilah konsumsi buah ini juga dengan memberikan obat luar, terutama pada bagian kulit yang meradang.

  • Memperkuat tulang

Sebuah studi ilmiah yang diterbitkan di tahun 2013 silam melaporkan bahwa seorang wanita menopause yang punya kadar tembaga rendah lebih mungkin untuk dapat mengembangkan osteoporosis seiring dengan bertambahnya usia mereka. Orang de-wasa perlu konsumsi sekitar 900 mikrogram tembaga tiap harinya & 3,5 ons lengkeng segar dapat memasok lebih dari 19 persen kebutuhan harian tembaga kamu.

  • Menjaga Suhu Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah kelengkeng cukup tinggi, yang bisa menjaga suhu tubuh agar tetap hangat pada kondisi udara dingin, dan juga mencegah kamu terkena penyakit flu, sangat baik untuk tubuh kamu.

  • Membuat usus lebih sehat

Manfaat kelengkeng dalam pencernaan selanjutnya yaitu membuat usus kamu menjadi lebih sehat. Usus yang sehat tentunya akan terhindar dari penyakit, kuman, maupun bakteri yang menimbulkan banyak penyakit.

  • Kesehatan kulit

Kelengkeng bagus untuk kulit karena mengandung material ­anti-aging. Utamanya, kelengkeng mencegah kerutan kulit di dekat mata, meminimalisir kerusakan dan pengelupasan kulit serta mencerahkan warna kulit.

  • Mengobati gigitan ular

Mengurut daerah yang tergigit oleh ular dengan memakai biji kelengkeng mampu menghisap racun & sekaligus menyembuhkan lukanya. Tentu saja ini harus dilakukan ahlinya.

Bahaya Buah Kelengkeng

Berikut ini merupakan bahaya dari buah kelengkeng jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

  • Meningkatkan kadar gula

Kandungan zat fruktosa yang cukup kuat pada kelengkeng dapat menyebabkan tubuh kesulitan dalam memproses pemecahan lemak dan Asam urat sehingga memicu tingginya kadar gula dalam darah. Kondisi sangat mudah terjadi pada seseorang yang memiliki riwayat diabetes walaupun tidak menutup kemungkinan bisa menyerang pada seseorang yang tidak memiliki keturunan diabetes, jika mengkonsumsi kelengkeng secara berlebihan.

  • Mengganggu hormon pria

Bahaya Buah kelengkeng dapat disebabkan karena tumbuhan kelengkeng rajin disemprot dengan pestisida jenis antiandrogenetif ketika belum dipanen buahnya , Maka ketika dipetik pestisida tersebut meninggalkan jejak pada permukaan kulitnya dan mampu menembus kedalam dagingnya. Jika pria membuka kulitnya dengan menggunakan mulut dan bukan jarinya ketika ingin makan buah kelengkeng maka dapat menyebabkan efek buruk pestisida masuk kedalam rongga mulut dan menyebabkan demaskulinisasi yaitu perubahan hormon yang menyebabkan seorang pria menjadi terlihat lebih feminin dan memperkecil bentuk serta fisik dari alat kelaminnya.

  • Mempercepat keguguran

Berhati hatilah pada bahaya buah kelengkeng ketika yang mengkonsumsinya adalah ibu hamil. Jangan mengkonsumsi terlalu banyak setiap hari Ibu hamil yang masih pada trimester kehamilan 3 bulan kebawah karena efek panas dan bahan kimia pestisida yang masuk pada buah kelengkeng ketika penyemprotan mampu mengiritasi dan meluruhkan janin yang terbentuk belum sempurna.

Tips Mudah Cara Menghindari Keluhan Kesehatan Akibat Buah Kelengkeng

Jadi sebaiknya usia muda ataupun dewasa mengkonsumsi buah kelengkeng tidak berlebihan . Buah kelengkeng memiliki kandungan zat kalium yang cukup tinggi yang jika berlebihan tidak baik bagi organ internal. Ketika makan kelengkeng Bisa diimbangi dengan makan buah lain seperti buah pear dan melon yang memiliki kadar kalium sangat rendah. Kondisi ini dapat menyebabkan tubuh terhindar dari keluhan kesehatan akibat mengkonsumsi kelengkeng.

Bukalah kulit buah kelengkeng dengan jari bukan dengan gigi atau mulut, Kondisi ini untuk menghindari pestisida yang kemungkinan ada yang melekat pada kulitnya agar tidak ikut masuk ke rongga mulut dan tertelan. Ada baiknya cucilah terlebih dahulu buah kelengkeng yang masih berkulit dengan air bersih yang tujuannya agar efek buruk pestisida yang melekat pada kulit buah kelengkeng dan telah terakumulasi dengan radikal bebas dapat dihindari.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar