Manfaat Buah Kelapa Hijau


Manfaat Buah Kelapa Hijau
Kamu pasti mengetahui buah kelapa. Nah kamu juga pasti pernah mengkonsumsinya bukan? Buah yang satu ini memang sudah sangat familiar kita kenal. Buah kelapa mempunyai nama latin Cocos Nucifera. Jenis tanaman ini termasuk ke dalam suku pinang – pinangan (arecaceae).

Tanaman buah kelapa sering terdapat di pesisir pantai, sedangkan buah kelapa saat ini sudah sangat mudah didapatkan dimana saja. Kelapa hijau Atau Kelapa muda memang salah satu buah yang paling di gemari oleh semua orang, terlebih lagi di Indonesia yang mempunyai iklim tropis.

Buah Kelapa banyak hidup dan menjadi buah yang dekat dengan  keseharian masyarakat. Tidak hanya daging kelapanya yang di jadikan sebagai bumbu masakan, juga air kelapa yang kerap di gemari oleh remaja, orang tua, dan semua orang. Tidak hanya menyegarkan tetapi juga air kelapa hijau memiliki kandungan gizi yang tinggi dan bagus untuk kesehatan. Diantaranya : Kalori (17 kal), Air (95,5 g), Protein (0,2 g), Lemak (0,1 g), Karbohidrat (3,8 g), Mineral (0,4 g), Kalsium (15 mg), Fosfor (8 mg), Zat besi (0,2 mg), Vitamin C (1 g).

Baca juga artikel : Cara Ampuh Menggemukkan Badan

Kandungan Buah Kelapa Hijau

Buah kelapa hijau memiliki banyak sekali kandungan dan manfaat yang baik untuk tubuh kita. Nah, buahnya saja yang bermanfaat bagi kita, airnya pun juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Untuk itu, sebelum kita membahas mengenai manfaat air buah kelapa hijau, kita harus tahu dulu apa kandungan gizi yang terdapat di dalam buah kelapa hijau. Apa saja kandungannya? Yuk simak berikut ini.
  1. Vitamin C
  2. Mineral besi
  3. Asam folat
  4. Potasium atau Kalium
  5. Fosfor
  6. Protein
  7. Lemak
  8. Gula

Manfaat Buah Kelapa Hijau

  • Mencegah dehidrasi
Manfaat yang pertama adalah dapat mencegah dehidrasi. Kesamaan air kelapa hijau dengan cairan tubuh kita, membuat air kelapa hijau ini dapat dengan mudah diserap oleh butuh sekaligus dengan cepat menggantikan cairan tubuh yang hilang. Air kelapa dapat mempertahankan tingkat cairan tubuh dan kandungan potasium yang membantu menjaga tekanan air dalam sel dan darah. Elektrolit dalam air kelapa hijau juga dibutuhkan untuk kontraksi otot yang tepat dan menghasilkan energi. Kandungan kalium dalam air kelapa juga dapat mencegah hipertensi.

  • Menurunkan Tekanan Darah
Manfaat yang kedua adalah dapat menurunkan tekanan darah, terutama pada ibu hamil. Biasanya ibu yang sedang mengandung memiliki daya tahan tubuh yang sensitif sehingga harus selalu memperhatikan kesehatannya. Hal utama yang paling sering dialami oleh ibu hamil adalah tekanan darah yang tidak stabil. Tetapi bagi kamu yang sedang mengandung jangan khawatir, karena hal ini dapat diatasi dengan kelapa hijau. Kandungan zat yang ada pada kelapa hijau sangat baik untuk mengatur tekanan darah sehingga lebih stabil sehingga bagi ibu hamil yang mengonsumsi kelapa hijau juga lebih kecil kemungkinanya untuk terkena darah tinggi.

  • Menyehatkan jantung
Manfaat yang ketiga adalah dapat menyehatkan jantung. Para ilmuwan telah membuktikan bahwa air kelapa hijau sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung kita karena air kelapa hijau beperan baik untuk meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh kamu, air kelapa muda hijau juga mampu mencegah terbentuknya plak-plak di dalam pembuluh darah yang mampu meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

  • Membantu menangkal Radikal Bebas
Manfaat selanjutnya adalah dapat membantu menangkal radikal bebas. Mengapa demikian? Air kelapa ternyata mengandung tinggi antioksidan yang dapat membantu tubuh kamu melawan efek buruk yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Usahakan kamu memilih air kelapa murni yang langsung dari buahnya untuk mendapatkan manfaat yang lebih, usahakan hindari beberapa produk olahan air kelapa yang mungkin sudah tercampur oleh bahan kimia yang dapat mengurangi manfaat air kelapa.

  • Menjaga sistem pencernaan
Selanjutnya salah satu manfaat kelapa hijau adalah dapat menjaga sistem pencernaan. Bagi kamu yang mengalami kesulitan dalam sistem pencernaan seperti susah buang air besar, maka kamu dapat mencoba air kelapa hijau sebagai obatnya. Kandungan air kelapa hijau yang dapat mengurai racun dalam tubuh dapat juga mengurai sampah atau kotoran yang terdapat dalam tubuh dan dikeluarkan melalui buang air besar.

  • Menstabilkan kadar kolesterol
Sudah kita ketahui bersama bahwa air kelapa kaya akan kandungan mineral dan salah satunya adalah kalium. Kalium diketahui dapat menjaga kadar kolesterol. Oleh karena itu tidak heran jika air kelapa disebut-sebut sebagai salah satu minuman pencegah kolesterol.

  • Menurunkan Berat Badan
Manfaat selanjutnya adalah dapat menurunkan berat badan. Jadi bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan atau diet, konsumsilah air kelapa hijau. Mengapa demikian? Air kelapa hijau dapat meningkatkan metabolisme tubuh kamu, sehingga dengan meningkatnya metabolisme tubuh maka akan lemak yang tersimpan dalam tubuh pun menjadi sedikit. Air kelapa hijau memiliki kandungan lemak, kadar gula, dan kalori yang sangat rendah.

Kebanyakan orang akan mengkonsumsi obat-obatan penurun berat badan yang beberapa memiliki efek samping berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Selain itu, harga obat-obatan itu tidaklah murah. Karena itu, daripada mengeluarkan biaya yang mahal untuk menurunkan berat badan, lebih baik mengkonsumsi air kelapa hijau ini secara teratur. Menggunakan air kelapa hijau sebagai obat penurun berat badan tidak menimbulkan efek samping.

  • Terhindar Dari Rasa Mual
Rasa mual pada Ibu hamil memang seringkali dialami. Biasanya ini dirasakan oleh Ibu hamil muda. Bagi beberapa orang, rasa mual di pagi hari atau morning sickness sangatlah menganggu aktifitas. Namun hal ini akan hilang sampai usia kandungan sudah menginjak 3 bulan. Untuk meminimalisir terjadinya mual ketika hamil, sebaiknya mengonsumsi kelapa hijau karena mengandung elektronlit yang dapat mengurangi mual dan tubuh akan terasa lebih segar ketika masa kehamilan.

  • Meningkatkan vitalitas pada pria
Kebanyakan pria saat ini mengkonsumsi rokok yang berlebihan. Kandungan nikotin pada rokok dapat menyebabkan vitalitas pada pria menurun. Ternyata mengkonsumsi air kelapa hijau secara rutin juga dapat mengurangi kandungan nikotin dalam tubuh yang menganggu tingkat kesuburan pada pria.

  • Mengatasi jerawat
Minum air kelapa hijau mampu menghilangkan jerawat dan bekas jerawat,  karena air kelapa hijau ini bermanfaat untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit terutama dari timbulnya jerawat.

  • Meningkatkan kesuburan
Kelapa hijau dapat dipakai untuk program kehamilan karena sangat bagus untuk sperma dan mampu mengeluarkan racun-racun di dalam reproduksi kita. Saat sedang menjalankan program hamil biasanya kelapa hijau diminum oleh istri setiap hari selama menstruasi, lalu dilanjutkan 2 hari sekali selama masa subur, dan dilanjutkan lagi 3 hari sekali setelah masa subur. Kelapa hijau tidak akan menyebabkan keguguran, karena fungsi kelapa hijau untuk mengeluarkan racun, bukan untuk menggugurkan kandungan kalau telah terjadi kehamilan.

Air kelapa hijau sangat bagus bila di konsumsi saat usia kehamilan menginjak 6 bulan sampai saat melahirkan, karena air kelapa hijau mampu membuat rahim seseorang menjadi bersih dan air ketuban menjadi jernih. Tetapi, ibu hamil tidak disarankan meminum air kelapa hijau terlalu berlebihan karena bersifat asam.

  • Membantu kerja sistem imun
Kandungan asam laurat yang terdapat di dalam air kelapa hijau, berperan untuk membunuh virus dan bakteri, sehingga membantu tubuh dalam menjaga sistem imun (kekebalan tubuh), seperti untuk membunuh cacing berbahaya dan candida di dalam tubuh.

Kandungan yang ada pada air kelapa bisa berperan sebagai anti-biotik, anti-jamur dan anti-bakteri untuk mencegah penyakit. Air kelapa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat, membantu untuk membersihkan tubuh dari bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih, penyakit gusi, dan beberapa masalah lainnya.

  • Mengatasi dan mencegah infeksi
Manfaat yang terakhir adalah dapat mengatasi dan mencegah infeksi. Tahukah kamu bahwa air kelapa juga bisa berperan sebagai “obat alami” yang berguna untuk menyembuhkan infeksi urin? Mungkin hanya sebagian dari kamu yang mengetahuinya. Di negara-negara Asia di mana kelapa ini sangat berlimpah, buah yang satu ini digunakan untuk mencegah infeksi saluran kemih.

Air kelapa dapat menjadi diuretik alami untuk menghancurkan bakteri dari saluran kemih. Adapun cara yang lebih efektif adalah dengan minum jus cranberry untuk mencegah bakteri E.coli. Bakteri E coli yang paling rentan menyebabkan infeksi saluran kemih, yang dapat melekat pada dinding saluran kemih.

Minum air kelapa dapat membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi ragi yang menyebabkan infeksi saluran kemih. Jika wanita mengalami masalah infeksi pada vagina, maka disarankan sering minum air kelapa. Buah dan air kelapa muda juga mampu untuk menyembuhkan infeksi urine.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar