Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Manusia


Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Manusia
Menurut Wikipedia, bawang putih (Allium sativum: bahasa Inggris: garlic) adalah nama tanaman genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan.

Bawang putih mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah dan sudah lama menjadi bahan makanan didaerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia Afrika dan Eropa.

Bawang putih adalah salah satu rempah-rempah yang berasal dari umbi-umbian yang selalu digunakan dalam setiap masakan Indonesia. Bawang putih sudah dikenal di seluruh dunia sebagai bumbu untuk memasak. Dalam dunia kesehatan, bawang putih juga dikenal dapat mencegah kanker. Namun, bawang putih memiliki aroma yang tidak enak sehingga banyak orang lebih memilih tidak menggunakan bawang putih sebagai obat herbal untuk kesehatan.

Tahukah kamu bahwa bawang putih memiliki banyak manfaat bagi manusia, tidak hanya dalam dunia kesehatan tetapi juga dalam dunia kecantikan. Walaupun aroma bawang putih tidaklah enak, namun memiliki kegunaan yang sangatlah penting bagi kesehatan manusia.

Bawang Putih merupakan bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia yang memiliki kandungan energi sebesar 95 kilokalori, protein 4,5 gram, karbohidrat 23,1 gram, lemak 0,2 gram, kalsium 42 miligram, fosfor 134 miligram, dan zat besi 1 miligram.  Selain itu di dalam Bawang Putih juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,22 miligram dan vitamin C 15 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Bawang Putih, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 88 %.

Baca juga artikel : Cara Membaca Ekspresi Wajah Seseorang

Manfaat Bawang Putih

Berikut ini merupakan beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan maupun kecantikan :

  • Sebagai anti kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang mematikan di dunia, dan mumbutuhkan perawatan yang sangat mahal untuk mengobati penyakit ini. Bawang putih bisa menjadi obat herbal anti kangker, karena di dalamnya terkandung zat bernama sulfida alil yang merupakan zat anti kangker. Tidak hanya itu, bawang putih juga mengandung anti oksidan yang dapat mencegah penyakit kanker. Kemudian, bawang putih memiliki kegunaan bagi perokok berat, yaitu untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan mencegah kanker. Cara mengolah bawang putih ini adalah dengan mengunyah bawah putih yang masih mentah.

  • Sebagai anti bakteri/anti oksidan

Bawang putih dapat melindungi tubuh manusia dari serangan virus, dan radikal bebas, hal ini karena zat anti bakteri / antiokasidan yang terkandung di dalamnya sehingga penyakit seperti jamur, kutil, ragi, dan cacing dalam tubuh dapat di sembuhkan dengan bawang putih. Jika kamu sedang mengalami infeksi pencernaan, kamu dapat menggunakan bawang putih sebagai obatnya. Caranya dengan memakan campuran cacahan bawang putih mentah di dalam salad.

  • Menyuburkan Rambut

Bawang putih dapat mengatasi masalah kerontokan rambut. Dengan kandungan Allicin yang tinggi, mirip senyawa belerang yang ditemukan pada bawang putih, yang dipercaya efektif untuk mengatasi masalah rambut rontok. Jika kamu mengalami kerontokan rambut, kamu dapat menggunakan bawang putih sebagai obat herbal untuk mengatasi masalah ini. Caranya hanya dengan menggosokkan irisan siung bawang putih pada kulit kepala lalu pijat-pijat, selain itu bisa juga Bisa juga dengan cara bawang putih ditambahkan minyak, lalu dipijatkan ke kepala.

  • Mengobati Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang paling diperhatikan oleh semua orang, bahkan di negara maju penyakit diabetes adalah penyakit yang paling ditakuti. Penyakit diabetes merupakan penyakit yang membuat penderitanya memiliki kadar gula dalam darah yang sangat tinggi, dan tidak terkendali. Sehingga penderita diabetes menjadi mudah terkena beberapa komplikasi serius, seperti penyakit jantung, gagal ginjal, gangguan hati, impotensi, hipertensi, stroke, pembuluh darah tersumbat, amputasi, dan lain-lain. Yang dimaksud amputasi disini adalah karena penderita diabetes sulit untuk sembuh dari luka sehingga luka tersebut akan membusuk dan menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Kandungan bawang putih sangat berkhasiat bagi penderita diabetes. Bawang putih memang bisa menurunkan kadar gula dalam darah penderita diabetes, tapi bawang putih bukanlah Penyembuh Alami Diabetes. Cara mengolah bawang putih ini, hanya dengan memakannya dalam keadaan mentah.

  • Membersihkan Jerawat

Jerawat adalah salah satu permasalahan kulit yang sangat dihindari setiap orang baik pria maupun wanita. Jerawat biasanya menimbulkan bekas dan noda hitam yang mengganggu penampilan wajah bagi setiap orang. Bawang putih memiliki kandungan sulfur yang cukup tinggi dan sering dimanfaatkan untuk menjadi salah satu bahan alami yang baik untuk kecantikan seperti menghilangkan jerawat. Tidak hanya itu, bawang putih juga mengandung antioksidan yang dapat membunuh bakteri yang mampu mengusir jerawat. Cara mengolah bawang putih untuk menghilangkan jerawat adalah dengan menggosokkan satu irisan bawang putih pada jerawat di wajah perlahan-lahan atau dapat juga dengan mengoleskan wajah dari hasil parutan bawang putih.

  • Mencegah dan Mengobati Flu

Flu adalah penyakit yang biasa datang saat musim hujan maupun saat musim yang tak menentu. Biasanya flu disertai dengan demam yang kemudian disusul adanya penyakit batuk. Bawang putih merupakan tanaman yang dapat dijadikan obat  herbal yang dapat mencegah maupun mengobati flu. Dengan kandungan antioksidan di dalamnya, menjadikan sistem imun tubuh manusia mendapatkan manfaat jika bawang putih secara konstan di masukkan dalam menu sehari-hari. Jadi jika flu menghampiri, cobalah menyeruput teh bawang putih. Yaitu dengan memasukkan irisan atau cincang halus bawang putih dalam air panas untuk beberapa menit kemudian saring. Setelah itu teh siap diminum. Teh ini juga dapat ditambahkan sedikit madu atau jahe untuk menambah rasa.

  • Mengusir nyamuk

Nyamuk adalah binatang yang paling mengganggu apalagi disaat sedang mengerjakan pekerjaan maupun saat tidur. Salah satu penelitian di India menemukan bahwa orang-orang yang menggosokkan ramuan bawang putih di lengan dan kaki mereka, tidak terganggu oleh binatang penghisap darah tersebut. Tidak hanya itu, sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa nyamuk sangat tidak menyukai bau bawang putih. Sehingga untuk dapat menghindari serangga ini, kita dapat menggunakan bawang putih. Caranya adalah dengan membuat larutan minyak bawang putih, minyak jeli dan lilin lebah atau dapat juga dengan cara tempakan sesiung bawang putih di tempat tertentu sebagai penangkal nyamuk.

  • Menghilangkan Komedo

Komedo adalah satu masalah yang sering mengganggu kecantikan wajah baik pria maupun wanita. Komedo yang dibiarkan terus menerus bisa menyebabkan masalah lain pada wajah seperti jerawat dan kulit menjadi kusam, jadi Karena itulah usahakan untuk tidak mengabaikan komedo.

Komedo biasa tumbuh di area wajah terutama pada bagian hidung, salah satu cara alami untuk menghilangkan komedo yaitu dengan bawang putih, cara perawatannya sangatlah sederhana, yaitu haluskan bawang putih dengan parut atau blender, kemudian oleskan pada bagian kulit yang ada komedonya, biarkan selama beberapa menit, setelah itu bilas dengan air bersih, lakukan secara rutin maka komedo di wajah pun akan hilang.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar