Makanan dan Minuman yang Diperbolehkan dan Dilarang Saat Haid


Makanan dan Minuman yang Diperbolehkan dan Dilarang Saat Haid
Ketika datang haid banyak wanita yang mengalamai ganngguan seperti rasa nyeri yang berlebihan, sakit kepala bahkan kram pada perut.

Secara alamiah gejala tersebut wajar saja terjadi oleh wanita. namun tentunya kita juga bisa mencegah timbulnya rasa nyeri, mual, dan sakit kepala yang timbul ketika datang bulan datang, contohnya dengan pola hidup yang sehat.

Menstruasi ini merupakan permasalahan yang sangat menyiksa sekali dan banyak dialami oleh sebagian besar wanita Indonesia. Perut kram saat haid, rasa mual, dan juga kecenderungan emosi yang tidak stabil dan juga disertai sakit kepala adalah gejala menstruasi yang biasa dialami.

Selama menstruasi biasanya para wanita akan merasakan lelah hingga malas untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh para wanita saat menstruasi adalah nyeri dan juga kram pada perut. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya yaitu mengonsumsi makanan yang sehat saat menstruasi. Tak hanya menyehatkan tubuh, makanan sehat juga dapat mengatasi mood wanita yang turun akibat menstruasi serta menghilangkan stres. Maka dari itu, mulailah untuk mengonsumsi makanan yang tepat dan juga sehat. Hal ini dilakukan agar tubuh tetap sehat, fresh dan tidak mudah lelah saat periode haid tiba. Lalu, apa saja makanan yang baik dikonsumsi selama menstruasi? Berikut ulasannya.

Baca juga artikel : Penyebab Depresi Pada Seseorang dan cara Menanganinya

Makanan yang Dilarang Saat Menstruasi 

  • Kafein
Hindari segala jenis minuman berkafein. Bila kamu mengonsumsinya, pembuluh darah kamu akan menyempit dan tubuh kamu akan mengalami dehidrasi. Hal itu dapat mengakibatkan kamu mengalami sakit kepala dan merasa lebih gugup.

  • Makanan yang digoreng
Makanan memiliki beberapa jenis dan berbeda kandungannya, akan tetapi semua makanan akan sama kadar lemaknya dan minyaknya jika sudah digoreng, Jika kamu mengonsumsi makanan yang digoreng maka kadar estrogen yang ada di dalam tubuh ini mengalami peningkatan. Sehingga saat haid itu sebaiknya kamu menghindari makanan yang digoreng seperti Onion ring, Kentang goreng, Ayam goreng, dan semua jenis makanan yang digoreng. Jika kamu sudah benar-benar menghindari, maka kondisi rahim anda akan lebih stabil dan dapat meminimalisir resiko kram dan nyeri. Akan tetapi, kamu masih boleh mengonsumsi makanan yang digoreng asalkan menggunakan minyak hewan ataupun minyak sayur.

  • Makanan olahan
Pada saat kamu sedang mengalami menstruasi itu harus menghindari makanan kaleng atau makanan olahan, karena memiliki kandungan sodium yang cukup tinggi. Mengonsumsi sodium yang berlebihan itu dapat memperngaruhi penyimpanan air yang ada didalam tubuh dan membuat tubuh jadi membengkak. Cara yang baik itu mengindari makanan olahan seperti keju, kornet, kecap dan MSG. Dan ingat juga hindari makanan kaleng yang mengandung lebih dari 200 mg sodium.

  • Jangan makan terlalu banyak garam
Jika makanan yang terlalu banyak penggunaan garamnya efeknya dapat membuat perut kembung. Sebaiknya tiap hari kita perlu mengonsumsi garam sekitar 2.300 mg atau setara sekitar 1 Sendok teh garam. Biasanya makanan yang banyak kandungan garamnya banyak terdapat pada junk food. oleh karena itu ketika haid sebaiknya kamu hindari dulu makanan junk food.

Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Menstruasi

  • Makanan yang Mengandung Zat Besi

Makanan sehat yang baik dikonsumsi selama menstruasi yang pertama adalah makanan yang mengandung zat besi. Seperti yang kamu ketahui, saat menstruasi tubuh akan kehilangan zat besi di dalam darahnya. Maka dari itu, seorang wanita yang sedang menstruasi sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Karena kurangnya zat besi di dalam tubuh dapat membuat tubuh mengalami kelelahan dan juga menurunkan kinerja tubuh. Sumber makanan yang kaya akan zat besi adalah kacang merah, sereal, kacang kedelai, kacang poling, kismis, bayam dan juga tahu.

  • Buah-buahan
Saat menstruasi makanan yang sebaiknya kamu konsumsi adalah buah-buahan. Hal ini karena buah mengandung gula alami yang akan membantu tubuh untuk memenuhi kebutuhan gula yang tinggi selama menstruasi. Buah terbaik yang dapat kamu konsumsi adalah semangka. Selain menyegarkan, buah semangka juga bermanfaat untuk mengurangi kram pada perut serta dapat memperlancar aliran darah. Tak hanya semangka, kamu juga dapat mengonsumsi pisang untuk meningkatkan suasana hati yang tidak menentu selama menstruasi.

  • Cokelat
Selanjutnya adalah cokelat. Sebaiknya kamu mengonsumsi cokelat yang mengandung biji kokoa sebesar 60% setiap harinya. Ini dikarenakan cokelat tersebut dapat membantu kamu untuk mengurangi rasa nyeri yang menyerang kamu. Tak hanya itu, kandungan antioksidan pada cokelat juga dapat membantu kamu untuk mengembalikan mood kamu menjadi lebih baik.

  • Daging Tanpa Lemak
Seperti yang Anda ketahui, seorang wanita yang menstruasi pasti akan mudah lelah dan juga letih. Untuk menyiasatinya, Anda dapat mengonsumsi daging tanpa lemak. Daging tanpa lemak berguna untuk meningkatkan energi selama haid dan juga mengatur aliran menstruasi agar tetap lancar.
Selain itu, daging tanpa lemak juga kaya akan zat besi yang sangat diperlukan bagi tubuh selama haid.

  • Kentang, pisang, dan oatmeal
Kentang, pisang dan outmeal adalah sumber dari vitamin B6 yang dapat membantu metabolisme protein dan sel darah merah, juga dapat mengurasi depresi. Konsumsilah vitamin B6 sebanyak 100 mg/ hari. Selain itu pastikan kamu mendapat vitamin C dan zinc yang cukup, karena zat gizi tersebut merupakan pendukung kesehatan sel telur wanita dan sistem reproduksi.

Sedikit tips untuk perjalanan kuliner kamu, makanlah dalam porsi kecil dan lebih sering, agar tidak menyebabkan perasaan tidak nyaman pada perut, dengan begitu kamu masih bisa mencicipi masakan kuliner yang lain. Kurangilah makanan yang mengandung garam karena dapat menyebabkan perut kembung dan dapat menghambat kamu saat bepergian. Kurangi juga mengonsumsi kafein, gula dan alkohol, karena dapat menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh.

  • Air putih
Dehidrasi merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh wanita saat haid. Sebab, selama periode haid berlangsung, seorang wanita akan kehilangan banyak cairan tubuh. Oleh karenanya perbanyaklah minum air putih.

  • Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak kalsium
Ketika sedang haid biasanya perut akan sering mengalami kram. Rasa kram dirasakan pada area perut bawah yang membuat kita tidak nyaman bahkan di level yang parah bisa menghambat kegiatan. Karenanya untuk mencegah hal tersebut terjadi, kamu harus mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium. Di dalam kalsium terdapat zat yang berguna untuk tonus otot sehingga bisa mencegah perut kram terjadi. Makanan dan minuman seperti susu, keju, sampai dengan sayur brokoli memiliki kandungan kalsium yang tinggi.

  • Alpukat, kuning telur dan hati
Jus alpukat adalah minuman tepat yang bisa kamu pilih saat berkuliner, karena selain rasanya yang enak, alpukat banyak mengandung Vitamin E yang dapat mengatasi beberapa gejala pre menstruasi dan juga memberi manfaat pada sistem sirkulasi. Selain alpukat, kita bisa mendapatkan Vitamin E dari mengonsumsi kuning telur, hati, dan juga dari minuman sehat alami yang mengandung antioksidan. Pastikan Anda mengonsumsi Vitamin E sebanyak 8 mg/ hari.

Nah, itulah beberapa makanan yang baik dikonsumsi selama menstruasi. Konsumsilah makanan sehat selama menstruasi agar tubuh tetap sehat, tidak mudah lelah dan juga tidak merasakan berbagai macam keluhan saat haid seperti nyeri pada perut.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar