Macam-Macam Gaya Berenang


Macam-Macam Gaya Berenang
Renang merupakan sebuah olahraga melombakan kecepatan atlet dalam berenang. Dalam perlombaan ini banyak kategori dan gaya renang yang diperlombakan, ada gaya dada, gaya bebas, gaya punggung dan gaya kupu - kupu.

Berenang adalah gerakan sewaktu bergerak di dalam air. Manusia sendiri sudah dapat berenang sejak zaman prasejarah, bukti tertua mengenai berenang adalah lukisan-lukisan tentang perenang dari Zaman Batu telah ditemukan di “gua perenang” yang berdekatan dengan Wadi Sora di Gilf Kebir, Mesir barat daya.

Pemenang dalam lomba ini adalah atlet yang mampu menuntaskan jarak lintasan dengan waktu yang paling cepat. Organisasi yang menaungi Renang tingkat Internasional adalah FINA (Federation Internationale de Natation). Sedangkan yang tingkat Nasional adalah PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia).

Berenang secara alami tidak membutuhkan perlengkapan atau pakaian khusus. Manusia dapat berenang tanpa perlengkapan apapun dalam kondisi apapun. Yang terpenting lakukan pemanasan dan persiapan sebelum berenang karena terdapat berbagai risiko saat manusia berada di air, baik sengaja maupun tidak sengaja. Kecelakaan di air seperti kram dapat menyebabkan cedera hingga kematian akibat tenggelam. Oleh karena itu, sebelum memasuki air, perenang harus mencari tahu kedalaman kolam renang, sungai, atau laut yang ingin direnangi.

Baca juga artikel : Manfaat Buah Kelapa

Macam-Macam Gaya Renang

  1. Gaya Dada
  2. Gaya Bebas
  3. Gaya Kupu Kupu
  4. Gaya Punggung
  5. Gaya Anjing
  6. Gaya Samping

Penjelasan

  • Gaya Renang Bebas
Macam-Macam Gaya Berenang
Gaya renang yang pertama adalah gaya bebas. Gaya bebas adalah gaya yang tidak terikat dengan tehnik-teknik dasar spesifik. Gaya bebas dikerjakan dengan beragam macam gerakan didalam berenang yang dapat bikin perenang bisa melaju didalam air. hingga gerakan didalam gaya bebas dapat di pakai oleh sebagian orang, baik yang telah terlatih ataupun beberapa pemula.

Gaya bebas yaitu gaya berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah tangan dengan bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sesaat ke-2 belah kaki dengan bergantian dicambukkan naik turun ke atas serta ke bawah. pada saat berenang gaya bebas, posisi muka menghadap ke permukaan air. pernapasan dikerjakan waktu lengan digerakkan ke luar dari air, waktu tubuh jadi miring serta kepala berpaling ke samping. pada saat mengambil napas, perenang dapat memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan. dibanding gaya berenang yang lain, gaya bebas adalah gaya berenang yang dapat bikin tubuh melaju lebih cepat di air.

  • Gaya Renang Katak
Macam-Macam Gaya Berenang
Gaya katak adalah gaya yang sangat mudah untuk dilakukan, dalam gaya ini kedua kaki ditekukkan. Lalu, tangan dirapatkan ke dada saat kaki membuka tangan tutup begitupun sebaliknya. Gaya ini memang sulit jika belum terbiasa dilakukan. Gaya tersebut, dengan sela-sela perjalanan mengambil nafas dan mengatur agar bisa terkontrol dengan baik. Pada saat mengatur nafas, kepala sedikit diangkat dan menengok kemudian masuk ke air kembali menengok, hal itu dilakukan hingga selesai sampai tujuan. Pengaturan nafas ini memang sangat penting, supaya kamu tidak mengalami kelelahan dalam berenang. Untuk bagian kaki dan tangannya, perenang melakukan gerakan layaknya katak dengan menekuk dan meluruskan kembali tangan dan kaki.

  • Gaya Renang Kupu-Kupu
Macam-Macam Gaya Berenang
Renang Gaya Kupu Kupu adalah teknik renang yang didapat dari pengembangan gaya dada, pada teknik dasar renang gaya kupu kupu yang harus dimiliki adalah kekuatan lengan. Karena gaya kupu kupu mempunyai pusat kekuatan pada lengan, untuk gerakannya dapat seperti lumba lumba yang masuk kedalam air kemudian keluar saat tangan didorong kebawah. Sedangkan kaki lurus rapat ikut bergerak sesuai alur gerakan badan.

Gaya renang kupu kupu ini juga disebut dengan gaya lumba lumba, untuk kecepatannya memang lebih cepat daripada gaya bebas. Namun untuk melakukannya harus dengan tenaga yang lebih ekstra besar. Untuk melihat lebih jelas bagaimana cara melakukan gaya renang kupu kupu, berikut ini ada gambar tutorialnya.

  • Gaya Renang Punggung
Macam-Macam Gaya Berenang
Saat melakukan renang gaya punggung, atlet atau perenang berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Sedangkan, untuk posisi wajah berada di atas air oleh karena itu perenang dapat dengan mudah mengambil napas. Tetapi, pada gaya ini perenang hanya dapat melihat atas dan tidak dapat melihat ke depan. Saat dalam perlombaan, perenang memperkirakan dinding tepi kolam renang dengan cara menghitung jumlah gerakan yang dilakukan. Dalam renang gaya punggung, gerakan kaki dan lengan sama dengan gaya bebas, tetapi dengan posisi tubuh telentang di permukaan air.

  • Gaya Renang Anjing
Gaya Renang Anjing adalah teknik berenang yang memiliki gerakan seperti Anjing berenang di Air, posisi kepala berada diatas air sedangkan kaki dan tangan melakukan gerakan seperti anjing melakukan renang. Oleh karena itu gaya ini disebut gaya Anjing.

  • Gaya Renang Samping
Gaya renang samping adalah teknik gaya renang yang menggunakan sisi samping bagian tubuh. Gaya ini tidak diperlombahkan dalam kompetisi resmi renang, sehingga jarang orang yang mengetahui gaya ini, namun jika kita melatih gaya ini maka dapat menambah skill atau kemampuan kita untuk variasi berenang.

Macam-Macam Gaya Renang yang Dilombakan

Macam-macam gaya renang yang dilombakan berdasarkan nomor perlombaa menurut jarak tempuh, jenis kelamin dan ke empat macam gaya renang seperti di atas. Berikut keterangannya:

  • Nomor renang putri putra dan yang lombakan dalam Olimpiade :
Gaya bebas: 50 m, 100 m, 200 m, 400 m, 800 m (putri), 1500 m (putra)
Gaya kupu-kupu: 100 m, 200 m
Gaya punggung: 100 m, 200 m
Gaya dada: 100 m, 200 m
Gaya ganti perorangan: 200 m, 400 m
Gaya ganti estafet: 4 x 100 m
Gaya bebas estafet: 4 x 100 m, 4 x 200 m
Marathon 10 km

  • Federasi Renang Internasional mengakui rekor dunia putra/putri untuk nomor-nomor renang :
Gaya bebas: 50 m, 100 m, 200 m, 400 m, 800 m, 1500 m
Gaya punggung: 50 m, 100 m, 200 m
Gaya dada: 50 m, 100 m, 200 m
Gaya kupu-kupu: 50 m, 100 m, 200 m
Gaya ganti perorangan: 100 m (hanya lintasan pendek), 200 m, 400 m
Gaya ganti estafet: 4×100 m
Gaya bebas estafet: 4×100 m, 4×200 m

Manfaat Berenang

Dibawah ini merupakan manfaat dari berenang diantaranya :
  • Membentuk Otot
Waktu berenang, kita menggerakkan nyaris total otot-otot pada tubuh, dimulai dari kepala, leher, bagian gerak atas, dada, perut, punggung, pinggang, bagian gerak bawah, serta telapak kaki. waktu bergerak didalam air, tubuh mengeluarkan daya semakin besar dikarenakan mesti ‘melawan’ massa air yang dapat menguatkan serta melenturkan otot-otot tubuh.

  • Menambah Kekuatan Manfaat Jantung Serta Paru-paru
Gerakan mendorong serta menendang air dengan bagian tubuh terlebih tangan serta kaki, bisa meningkatkan aliran darah ke jantung, pembuluh darah, serta paru-paru. berarti, berenang bisa dikategorikan sebagai latihan aerobik dalam air.

  • Menambah Tinggi Badan
Berenang dengan baik serta benar dapat bikin tubuh tumbuh lebih tinggi ( untuk yang tetap dalam perkembangan pastinya ).

  • Melatih Pernafasan
Amat disarankan untuk orang yg terkena penyakit asma untuk berenang dikarenakan sistem crdiovaskular serta pernafasan bisa jadi kuat. penapasan kita jadi lebih sehat, lancar, serta dapat pernafasan jadi lebih panjang.

  • Membakar Kalori Semakin Banyak
Waktu berenang, tubuh dapat merasa lebih berat bergerak didalam air. otomatis daya yang diperlukan lalu jadi lebih tinggi, hingga bisa dengan efisien membakar lebih kurang 24% kalori tubuh.

  • Self Safety
Dengan berenang kita tak perlu cemas jika satu waktu alami perihal yang tidak di idamkan terutama yang terkait dengan air (Jatuh ke laut dan lain-lain).

  • Menghilangkan Stres.
Dengan psikologis, berenang juga bisa bikin hati serta pikiran lebih relaks. gerakan berenang yang dikerjakan dengan enjoy serta perlahan, dapat menambah hormon endorfin dalam otak. situasi hati lantas sejuk, pikiran lebih adem, badan lalu bebas gerah.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar