Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online


Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online
Saat ini bisnis di bidang elektronik komersial semakin lama semakin berkembang seiring dengan semakin canggihnya teknologi. Tidak hanya itu, bisnis yang biasa dikatakan bisnis online ini merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Artikel kali ini akan membahas tentang kelebihan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan jika Anda melakukan transaksi belanja melalui online.

Di zaman yang serba modern ini, banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk berada di depan komputer selama berjam-jam. Sehingga terkadang banyak orang memilih untuk melakukan belanja secara online, karena lebih mudah dan tidak membutuhkan waktu yang banyak.

Apa itu belanja online? Belanja online atau daring (dalam jaringan) adalah kegiatan pembelian barang dan jasa melalui media Internet. Melalui belanja lewat Internet seorang pembeli bisa melihat terlebih dahulu barang dan jasa yang hendak ia belanjakan melalui web yang dipromosikan oleh penjual. Kegiatan belanja daring ini merupakan bentuk komunikasi baru yang tidak memerlukan komunikasi tatap muka secara langsung, melainkan dapat dilakukan secara terpisah dari dan ke seluruh dunia melalui media notebook, komputer, ataupun handphone yang tersambung dengan layanan akses Internet. Contoh situs web toko online terbaik di Indonesia antara lain : OLX, Lazada, Bukalapak, Elevenia, Tokopedia, blibli, dll.

Dengan adanya toko Online atau yang sering di sebut dengan Ol Shop memudahkan kita untuk belanja barang yang kita inginkan. Tidak perlu keluar rumah barang yang kita inginkan bisa kita miliki. Ol Shop memang sangat berperan bagi kita yang tidak sempat mengunjungi toko karena sibuk sekali dengan kerjaan yang kita punyai. Meskipun Ol Shop begitu membantu kita ternyata mempunyai kelebihan dan kekurangan. Mungkin kelebihan Ol Shop telah kita ketahui dan kita nikmati bersama, sedangkan kekurangan Ol Shop dengan tidak sadar telah kita ketahui namun kita sendiri kurang memperhatikannya.

Baca juga artikel : Bahaya dan Tips Meredakan Makanan Pedas di Mulut

Kelebihan Belanja Online


  • Perbandingan Harga

Kelebihan belanja secara online yang pertama adalah kamu dapat dengan mudah membandingkan harga dari satu toko ke toko yang lain dengan produk yang sama. Hal ini merupakan inovasi canggih dari mesin pencari, sehingga memungkinkan kamu untuk dengan mudah memeriksa harga dan membandingkan dengan yang lain. Jadi, kamu dapat dengan mudah melakukan perbandingan harga dan kamu juga dapat bebas dalam memilih dan menentukan toko online yang menawarkan item yang paling terjangkau untuk kamu beli.

  • Lebih Menghemat Waktu

Kelebihan yang kedua adalah kamu dapat menghemat waktu ketika kamu memilih untuk berbelanja secara online. Misalnya saja, ketika kita ingin belanja dengan online, kita cukup membuka website  kemudian memilih barang yang akan kita beli. Sedangkan saat kita memilih belanja dengan offline misalnya di pasar atau di supermarket kita pasti menghabiskan banyak waktu mulai dari waktu yang terbuang untuk menuju ke pasar hingga waktu di jalanan yang macet

  • 24 jam tersedia

Kelebihan yang ketiga adalah toko belanja online buka sepanjang 24 jam. Berbeda halnya dengan toko-toko ritel konvensional yang jarag sekali kita temui buka dalam waktu 24 jam sehari. Ketersediaan toko online memberikan kamu kebebasan untuk berbelanja dengan  kecepatan kamu sendiri dan kenyamanan kamu.

  • Banyak Promo dan Diskon

Selanjutnya adalah terdapat banyak diskon dan promo. Mengingat saat ini jumlah toko online yang ada sangatlah banyak dan mereka saling bersaing untuk mendapatkan konsumen maka tak jarang mereka memberikan sejumlah promo menarik dan berbagai macam diskon. Contohnya saja saat hari belanja online nasional puluhan penjual online memberikan diskon dengan nilai yang bisa dikatakan cukup besar.

  • Variasi Barang

Sebagian besar toko hanya memiliki produk terbatas. Seperti contoh, mungkin ada beberapa produk yang hanya tersedia di toko tertentu. Belanja online memungkikan untuk menemukan banyak produk yang tidak ditemukan di toko.

Toko online menyediakan apa yang kita butuhkan. Semuanya hampir ada. Dari sekedar barang sederhana dan murah sampai barang yang berharga mahal. Semuanya ada, tinggal kita buka website yang menyediakan kebutuhan kita. Kalau kita mau beli alat elektronik tinggal buka aja website toko elektronik dan sebagainya. Yang lebih asyik lagi kita dapat dengan mudah membandingkan harga dari toko satu dengan toko lainnya dan Mudah Mendapatkan jenis atau model barang terbaru. Dan terkadang kita sulit mencari barang yang di inginkan di kota kita tetapi di toko online banyak yang menyediakan.

Kekurangan Belanja online


  • Kualitas barang tidak sesuai

Dalam website toko online yang di pajang adalah foto/gambar barang yang di jual. Kesamaan barang hasil foto/gambar dengan yang kita lihat di monitor tidak bisa 100% sama. Mungkin kesamaan dengan barang yang asli hanya 75-90% saja. Hal itu di pengaruhi dari efek pencahayaan dan monitor komputer pembeli.

  • Resiko Penipuan

Hati-hati kita terhadap toko online yang cuma menipu. Pastikan website tempat belanja online terpercaya. Resikonya: uang sudah ditransfer tapi barang tidak di kirim dan tidak pernah dikirim selamanya.

  • Ongkos kirim Mahal

Kekurangan yang terakhir adalah ongkos kirim yang mahal. Jika kamu belanja melalui online, barang yang kamu pesan, tidak langsung dapat kamu ambil. Pemilik toko masih memerlukan jasa pengiriman untuk mengantar barang agar sampai ke rumah kamu.

Tips Belanja Online

Berikut ada beberapa tips untuk menghindari resiko penipuan Online :

  • Cek alamat si penjual

Tips yang pertama adalah cek alamat si penjual. Penipu biasanya tidak mau mencantumkan alamat rumah/tempat usahanya, atau malah sengaja memberikan alamat tapi Palsu. Oleh karena itu, kamu harus cek alamat yang diberikannya melalui teman yang sekota dengan si penjual, atau bisa cek di Google apakah alamat tersebut benar-benar ada.


  • Cek nomor telepon/ponsel si penjual

Tips yang kedua adalah cek nomor telepon si penjual. Jika setelah kamu cek benar-benar ada, kamu harus telepon Telkom 108 menanyakan nomor Fixed Landline/ telepon rumah/kantor (bukan ponsel atau Flexi). Lalu cobalah menelepon ke nomor telepon di alamat tersebut, apakah si penjual benar-benar ada.


  • Jangan menggunakan sms untuk berkomunikasi

Biasanya, Penipu Online juga tidak mau mengangkat  telepon dan hanya mau menjawab melalui SMS karena khawatir dikenali suaranya melalui Voice Recognizer oleh Polisi.


  • Cek nomor si penjual di google

Penipu online juga mempunyai nomor ponsel yang bisa anda cek di Google. Ketik saja nomor ponselnya disertai dengan kata Penipu. Misal : "081234567890 Penipu", maka biasanya kamu bisa melihat beberapa kasus yang melibatkan dirinya.


  • Gunakan fasilitas Verified Member

Namun hati-hati juga karena penipu online suka gonta ganti nomor ponsel dan profile. Sehingga saat di cek di Google tidak kelihatan nomor ponselnya. Maka fasilitas seperti Verified Member bisa membantu. Verified member adalah member yang sudah terverifikasi dan sudah di cek alamatnya adalah asli. Verified member, apalagi yang sudah bergabung sejak lama dengan jumlah barang jualan yang banyak, biasanya lebih terjamin.


  • Waspada terhadap penjual yang masih baru

Tips yang selanjutnya adalah kamu harus waspada terhadap dengan penjual yang masih baru. Biasanya Penipu Online berganti-ganti Profile, jadi kamu harus lebih waspada terhadap para member-member penjual yang baru bergabung pada bulan yang sama saat kamu membeli.


  • Jangan memberi DP (Down Paymen) Besar

Tips selanjutnya adalah jangan pernah memberikan DP yang besar. Cukup berikan saja dalam jumlah yang kecil sehingga jika sampai hilang, tidak terlalu merugikan kamu. Kalau orang tersebut memaksa meminta DP (Down Paymen) besar dengan alasan ini itu, maka kamu harus menolaknya. Mengapa demikian? Karena penjual yang baik tidak terlalu mempermasalahkan jumlah DP (Down Paymen) asalkan kamu benar-benar serius membeli, namun mengutamakan pelunasan yang tepat waktu.


  • Gunakan bantuan Rekber (Rekening Bersama) atau Expedisi

Tips yang terakhir adalah gunakanlah bantuan rekening bersama atau expedisi. Jangan membayar lunas barang yang kamu beli dan sebaiknya kamu gunakan rekber (Rekening Bersama) yang dikelola pihak ketiga dengan bertanggung jawab.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar