Cara Mengatasi Rasa Kantuk Saat Sedang Beraktivitas


Cara Mengatasi Rasa Kantuk Saat Sedang Beraktivitas
Kamu pasti sering merasa mengantuk saat melakukan rutinitas sehari-hari, misalnya saja seperti bekerja, belajar dan berkendara.

Rasa kantuk yang menjadi-jadi saat bekerja atau belajar yang sering kali tidak tertahankan dan sangat mengganggu. Rasa kantuk yang menyergap kadangkala membuat rasa malas dalam bekerja maupun belajar.

Kantuk yang menyerang juga mengakibatkan kinerja tidak optimal, daya serap belajar menurun drastis, tidak bisa konsentrasi penuh ketika bekerja dan belajar serta amat berbahaya dan menjadi penyebab kecelakaan dan malapetaka bila menimpa orang yang bekerja di area umum seperti sopir, petugas keamanan dan pengantar pos.

Mengantuk adalah penyakit yang menular, kamu tentu pernah mengenal statement ini bukan? Sebenernya pernyataan itu tidak sepenuhnya salah tapi juga tidak sepenuhnya benar. Mengantuk itu bukanlah suatu penyakit, melainkan respon tubuh karena penurunan oksigen di otak.

Mengantuk disebut menular jika ada salah satu rekan atau teman kita yang juga mengantuk sehingga kita pun menjadi terbawa mengantuk. Hal ini bisa jadi dikarenakan sugesti dari diri sendiri. Lalu apa saja penyebab rasa kantuk itu? Yuk simak berikut ini!

Baca juga artikel : Penyebab dan Cara Mengatasi Haid yang Tidak Lancar

Penyebab Rasa Ngantuk


  • Kurang Olahraga

Penyebab yang pertama adalah jarang olahraga. Jika kamu mudah mengantuk, hal ini bisa jadi disebabkan karena kamu kurang berolahraga. Menurut dr. Michael Triangto SpKO, spesialis kedokteran olahraga dari Slim and Health Sport Therapy, mudah mengantuk atau tubuh seperti kurang berenergi bisa disebabkan karena kurang berolahraga.

”Olahraga yang tepat intensitasnya adalah yang dilakukan hingga mencapai zona latihan (training zone) diri orang tersebut, dan dilakukan secara teratur. Jika tidak optimal, mungkin tubuh akan tetap loyo. Atau sebaliknya, dia makin mudah mengantuk karena tubuh terlalu lelah akibat olahraga berlebihan,” kata dr. Michael. Dari statement ini dapat kita simpulkan bahwa kamu harus rajin berolahraga secara rutin agar tubuh tetap optimal dalam beraktifitas.

  • Gejala Anemia

Penyebab yang kedua adalah bisa jadi hal ini disebabkan karena kamu mengalami gejala anemia. Anemia aadalah kekurangan sel darah merah dalam tubuh seseorang sehingga tubuh menjadi mudah lelah  dan letih. Jika tubuh kita kekurangan sel darah merah, suplai oksigen ke seluruh tubuh oleh sel darah merah terganggu. Padahal, oksigen adalah salah satu unsur penting untuk menghasilkan energi. Jadi, coba lakukan pemeriksaan darah.

  • Gejala Prediabetes

Penyebab yang ketiga adalah bisa jadi kamu terkena gejala prediabetes, hal ini diungkapkan oleh dr. Dante Saksono Herbuwono, SpPD Endokrin dari Divisi Metabolik Endokrin RSCM. Setelah makan, tubuh mengalami hiperinsulinemia (berlebihannya insulin), sehingga kadar gula darah turun drastis. Untuk itu, amatilah gejala prediabetes, seperti mudah haus dan sering ingin buang air kecil. Jika dibiarkan, prediabetes bisa menjadi diabetes. Namun, untuk memastikannya, kamu harus jalani dulu pemeriksaan darah ke dokter.

Tips Menghilangkan Rasa Kantuk


  • Bercanda

Tips yang pertama adalah cobalah untuk bercanda dengan teman atau rekan kerja. Entah kamu bekerja di kantor atau di rumah, bila mengantuk dan pekerjaan masih cukup banyak, maka jangan ragu untuk meluangkan waktu hanya untuk bersenda gurau dengan teman sekerja atau anggota keluarga di rumah. Ini bukan hanya teori bahwa tertawa mampu menjadikan tubuh jauh lebih segar.

Tertawa adalah salah satu cara yang baik untuk membuat tubuh bergerak dan mengusir rasa ngantuk secara efektif. Mengobrol dan bergurau dengan teman baik akan membuat kamu kembali bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa rasa ngantuk.

  • Minum Segelas Air Putih

Tips yang kedua adalah minumlah segelas air putih. Hal ini bisa jadi karena tubuhmu mengalami dehidrasi. Nah dehidrasi ini dapat menyebabkan kelelahan. sehingga pastikan kamu meminum banyak air dan makan makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti buah dan sayuran. Hal ini dapat membuat kamu menjadi segar kembali karena cairan dalam tubuh kamu kembali normal. Usahakan untuk minum air putih murni 8 gelas perhari.

  • Minum Kopi atau Teh

Tips yang ketiga adalah minum kopi atau teh. Teh ataupun kopi terbukti dapat menghilangkan kantuk karena mengandu zat kafein yang dapat menstimulus otak kamu agar kembali segar. Tapi ingat, jangan terlalu banyak meminum kopi karena terlalu banyak minum kopi dapat berimplikasi ke berbagai macam penyakit lainnya, terutama lambung.

  • Jalan-jalan ke luar

Tips selanjutnya adalah melakukan jalan-jalan. Bekerja di dalam ruangan dengan cahaya lampu, monitor komputer, dan air conditioner (AC) bisa membuat kamu cepat merasa ngantuk. Untuk itu, kamu bisa berjalan-jalan keluar ruangan dan melihat pemandangan baru di luar ruangan. Hal tersebut akan membuat badan kamu menjadi lebih segar.

  • Sarapan pagi

Sarapan mungkin dianggap sepele, sehingga banyak yang mengabaikannya, baik itu dengan alasan diet, sibuk, ataupun lainnya. Pada dasarnya tubuh memerlukan energi, jika tak terpenuhi maka tubuh tidak akan bisa melakukan metabolisme secara optimal. Disinilah yang memicu munculnya rasa ngantuk.
Oleh sebab itu, mulai sekarang luangkanlah waktu untuk sarapan pagi. Konsumsilah makanan-makanan yang mengandung banyak energi, seperti susu, roti, telur, daging, dan sebagainya. Jangan lupa masukan pula buah dan sayur ke meja makan kamu, agar sistem pencernaan berjalan dengan lancar.

  • Memakan cemilan saat bekerja

Ngemil sambil kerja atau belajar juga bisa menjadi cara menghilangkan ngantuk. Pilihlah cemilan sesuai dengan selera kamu sendiri, namun usahakan menghindari cemilan yang rasanya manis ya.
Misalnya saja cemilan dengan rasa pedas. Rasa pedas ini adalah pilihan yang bagus untuk menghilangkan rasa ngantuk karena akan membantu mata kamu menjadi lebih melek.

  • Menonton Video Lucu

Tips selanjtnya adalah dengan menonton video-video yang lucu. Hal ini baik untuk mengembalikan kesegaran dan semangat dalam bekerja. Menonton video lucu adalah ide yang sangat cemerlang di mana kamu bisa menemukannya dengan sangat mudah di Internet. Tentunya, hal ini akan lebih baik kalau kamu melakukannya pada jam istirahat dan bukannya di tengah-tengah jam kerja. Tertawalah karena video lucu juga mampu menambah semangat juga.

  • Tarik Nafas

Menurut penelitian, ketika anda menguap berarti kadar oksigen dalam otak anda sedang berkurang. Karena meguap juga merupakan salah satu ciri anda sedang mengantuk. Untuk mengatasinya, coballah tarik nafas dalam-dalam tahan sekitar 5 detik kemudian hembuskan selama 5 detik, lakukan ini beberapa kali sampai membuat anda merasa segar kembali.

  • Mendinginkan Kepala

Selain itu, tips selanjutnya adalah kamu juga dapat meminum air dingin (ES) yang ditambahkan lemon tanpa memakai gula sedikitpun. Coba kamu bayangkan, minuman lemon yang dingin, jika kamu meminumnya rasa kantuk yang kamu rasakan pasti menjadi hilang. Kemudian kamu juga bisa mencipratkan sedikit airnya ke wajah kamu. Cara lainnya, cobalah letakan potongan es di pergelangan tangan, dahi atau dipundak kamu.

  • Mendengarkan musik

Biasanya banyak tempat kerja yang menyediakan loudspeaker besar agar musik dan lagu yang diputar didengar karyawannya. Ini membantu mengaktifan otak dan mengusir rasa kantuk.

  • Bikin ruang kerja lebih terang

Lingkungan dengan pencahayaan redup memang memicu kelelahan. Sebuah studi telah menunjukkan bahwa cahaya terang dapat mengurangi rasa kantuk dan meningkatkan kewaspadaan.

  • Cobalah ganti posisi duduk

Jika masih merasa ngantuk, mungkin mengganti posisi duduk saat belajar dan bekerja bisa menjadi solusi. Duduklah dengan tegak kemudian silangkan kaki, atau bisa coba berdiri sebentar kemudian duduk kembali. Sebelum melakukannya pergilah ke toilet untuk cuci muka agar wajah kamu menjadi fresh dan mata menjadi melek.

  • Tingkatkan adrenalin

Kegiatan yang monoton dapat membuat otak menjadi kurang maksimal dalam mengolah perintah, sehingga mengakibatkan rasa bosan yang berujung pada munculnya rasa ngantuk.

Oleh sebab itu, pacu adrenalin kamu dengan melakukan kegiatan-kegiatan menantang. Misalnya seperti nonton film horor 5 menit, mengisi TTS (teka-teki silang), bermain tebak kata, dan masih banyak lagi.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar