Cara Cepat dan Alami Menghilangkan Komedo


Cara Cepat dan Alami Menghilangkan Komedo
Komedo merupakan penyumbatan pada pori-pori kulit sehingga muncul tonjolan kecil berwarna putih yang disebut whitehead dan yang berwarna hitam dikenal sebagai blackhead, pada sekitar kulit atau wajah kamu.

Terkadang komedo juga berwarna kekuningan. Biasanya sasaran utama munculnya komedo yaitu pada wajah, area hidung dan sekitar mata. Komedo dapat berkembang menjadi jerawat, yang dikenal sebagai papul atau pustule. Komedo secara umum biasanya muncul dan berkembang pada saat dan setelah masa pubertas, ketika kadar hormon menghasilkan sebum yang berlebih.

Baca juga artikel : Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan

Penyebab Komedo Muncul

Pada saat remaja produksi hormon akan mengalami peningkatan, khususnya untuk hormon testosteron pada remaja pria. Meningkatnya hormon inilah yang merangsang produksi minyak menjadi aktif dan berlebihan.

Selanjutnya akar rambut dan pori-pori mengalami penyumbatan akibat minyak berlebih itu. Ketika terinfeksi, maka bakteri akan menyebabkan komedo dan jenis jerawat lain. Adapun faktor yang meningkatkan resiko komedo antara lain:

  1. Meningkatnya bakteri propionibacterium acnes pada kulit
  2. Adanya iritasi pada folikel rambut yang menyebabkan sel kulit mati tak bisa rontok secara teratur.
  3. Mengalami perubahan hormon yang mengakibatkan munculnya minyak berlebih, terutama ketika memasuki usia remaja dan menstruasi.
  4. Mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti steroid, lithium, dan pil KB.

Penyebab komedo tak hanya sampai disitu saja. Pola hidup yang kurang sehat seperti merokok, konsumsi alkohol, makan gorengan, begadang, dan lainnya juga memicu munculnya komedo di wajah. Oleh sebab itu, usahakan hindarilah kebiasaan buruk semacam itu ya mulai dari sekarang.

Jenis – Jenis Komedo


  • Komedo Hitam

Komedo hitam atau dengan istilah lain yaitu blackheads, Sangat mengganggu sekali penampilan wajah anda karena akan timbul bintik bintik berwarna hitam yang begitu jelas. Komedo hitam ini mengalami oksidasi sehingga timbul dari dalam permukaan kulit yang tersentuh sinar matahari dan udara oleh karena lama kelamaan akan menghitam.

  • Komedo Putih

Yang kedua ini adalah komedo putih atau dengan istilah lain yaitu whiteheads, Komedo jenis ini tidak mengalami oksidasi seperti komedo hitam sehingga komedo putih pada wajah seperti tidak nampak namun ketika kita memencet atau menekannya maka akan terlihat.

Tips Alami Menghilangkan Komedo Di Wajah


  • Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi yang dimiliki jeruk nipis teruji klinis mampu menghilangkan komedo dari dalam sekaligus dari luar kulit. Karena itu beberapa kosmetik menggunakan bahan baku jeruk nipis untuk mendapatkan manfaat yang baik bagi kulit terutama kulit berminyak yang sering bermasalah dengan komedo. Lakukan perawatan kulit kamu yang berkomedo menggunakan jeruk nipis dengan memotong buahnya menjadi dua dan peras airnya. Perasan jeruk nipis ini gunakan sebagai masker yang dioleskan pada kulit wajah terutama pada daerah yang berkomedo.

Setiap kali kamu menerapkan atau mengoleskan air perasan jeruk nipis ke kulit wajah kamu, lakukan pijatan lembut pada daerah yang berkomedo. Tujuan pijatan ini adalah untuk memudahkan komedo terangkat dari pori-pori kulit. Diamkan 10-15 menit atau tunggu hingga kering jeruk nipis yang kamu oleskan pada wajah. Lakukan bilasan dengan air hangat pada wajah kamu. Komedo akan terangkat dan luruh bersama air saat kamu membilas wajah kamu. Kulit wajah kamu akan terasa lebih halus dan tanpa komedo.

  • Putih Telur

Putih telur mengandung nutrisi yang dapat menghilangkan komedo dan mengencangkan pori serta mencegah timbulnya kembali komedo.

  1. Pecahkan sebutir telur dan pisahkan kuning dan putihnya
  2. Kocok putih telur sampai mengembang
  3. Oleskan putih telur pada wajah atau hanya pada area yang berkomedo saja
  4. Diamkan selama 10-15 menit atau sampai mengering
  5. Bersihkan wajah dengan air hangat


  • Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya yang mengandung hormon giberelin dan auksin yang mampu mencegah peradangan pada kulit wajah.

Cara Pembuatan :

  1. Pisahkan gel dari kulit lidah buaya dan letakan pada wadah kecil.
  2. Setelah itu oleskan gel pada wajah dan diamkan selama 10 hingga 15 menit.
  3. Setelah itu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.
  4. Lakukan secara rutin hingga komedo hilang, dengan lidah buaya juga dapat anda gunakan sebagai salah satu cara memutihkan wajah anda.


  • Pasta Gigi

Cara yang kselanjutnya adalah dengan pasta gigii, selain untuk membersihkan gigi pasta gigi juga dapat menghilangkan komedo.

Cara Pembuatan :

  1. Oleskan pasta gigi pada bagian yang berkomedo
  2. Diamkan selama sepuluh menit lalu bilas dengan air hangat.
  3. Lakukan secara rutin 2 sampai 3 kali seminggu hingga komedo hilang.


  • Kulit Jeruk

Cara yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kulit jeruk, kulit jeruk mengandung vitamin C juga asam alpha hidroxi dapat membersihkan pori-pori wajah dan mengangkat sel kulit mati.
Cara Pembuatan :

  1. Kupas kulit jeruk lalu keringkan dibawah sinar matahari hingga kering.
  2. Setelah kering haluskan kulit jeruk hingga membentuk bubuk lalu campurkan dengan air hingga membentuk pasta.
  3. Setelah jadi bahannya, oleskan pada kulit dan diamkan selama lima menit.
  4. Kemudian bilas dengan air biasa dan keringkan.


  • Baking Soda

Baking soda selain untuk bahan dapur, bisa juga digunakan sebagai obat alami untuk komedo serta jerawat. Baking soda berfungsi membersihkan kulit dari kotoran dan kuman yang hinggap di wajah.
Caranya :

  1. Campur dua sendok teh baking soda dengan air matang untuk membuat pasta.
  2. Oleskan pasta tersebut pada daerah kulit yang terdapat komedo disertai pijatan yang lembut.
  3. Biarkan kering selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat.
  4. Lakukan hal ini 1-2 kali seminggu.


  • Kacang Kedelai

Selain digunakan sebagai bahan dasar dalam membuat tempe, kacang kedelai juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo, caranya sangat mudah yakni dengan menjadikan kedelai tersebut sebagai jus, lalu usapkan pada wajah, diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih.

  • Uap Air Panas

Uap panas dapat membuka pori – pori kulit dan mengeluarkan komedo yang tersumbat dalam wajah. Cara ini adalah cara yang paling mudah untuk menghilangkan komedo dari wajah.

  1. Didihkan atau panaskan air kemudian tuang air panas ke dalam wadah .
  2. Posisikan wajah anda tepat diatas wadah air panas dan sapukan uap kearah wajah.
  3. Uapi wajah selama kurang lebih 3 – 5 menit sambil memijat area wajah yang berkomedo.
  4. Jika komedo sudah keluar bersihkan wajah dengan handuk


  • Oatmeal dan Yogurt

Oatmeal dan yogurt adalah salah satu kombinasi yang tepat untuk menghilangkan komedo. Oatmeal mampu mengikis sel kulit mati, menutrisi sekaligus mencerahkan kulit wajah. Sementara yogurt dapat menyerap minyak berlebih dan melembutkan kulit.

  1. Buatlah pasta dari 2 sendok oatmeal yang dicampur dengan 3 sendok yogurt tawar
  2. Oleskan pasta tersebut merata pada wajah
  3. Diamkan masker selama beberapa menit
  4. Bilas dengan air hangat


  • Tomat

Bahan alami lain yang bermanfaat untuk menghilangkan komedo adalah tomat. Selain mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kesegaran kulit, tomat juga mengandung vitamin E yang mampu mengangkat kulit mati dan menutup pori-pori kulit sehingga produksi minyak dapat ditekan dan pertumbuhan komedo dapat dicegah.


  1. Gunakan tomat sebagai masker wajah dengan menghaluskannya dan dicampurkan dengan minyak zaitun.
  2. Oleskan masker tomat pada wajah terutama daerah yang berkomedo, hingga masker mengering.
  3. Lakukan bilasan untuk merasakan hasil perawatan cara menghilangkan komedo secara alami, cepat, dan ampuh menggunakan tomat.


  • Pepaya

Buah pepaya mengandung enzim papain yang dapat mengangkat sel kulit mati serta enzim proteolitik yang mampu menghilangkan komedo.

Kamu dapat menghilangkan komedo dengan menggunakan masker pepaya yang dapat dibuat sendiri di rumah dengan langkah – langkah berikut ini :

  1. Potong daging buah pepaya
  2. Haluskan daging buah pepaya sampai menyerupai bubur
  3. Oleskan pada wajah sebagai masker terutama pada bagian yang berkomedo
  4. Diamkan selama 10-15 menit
  5. Lakukan perawatan ini secara rutin 2-3 kali seminggu



Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar