Cara Ampuh Menggemukkan Badan


Cara Ampuh Menggemukkan Badan
Apakah kamu memiliki berat badan yang sangat ringan? Memiliki berat badan yang ringan tak selamanya menyenangkan. Kondisi semacam ini akan menjadi persoalan jika penyebabnya adalah kekurangan nutrisi ataupun mengidap penyakit tertentu. Oleh sebab itu, ketahuilah penyebab badan kurus dulu agar nantinya tidak ada hal-hal yang membahayakan kesehatan kedepannya.

Jika untuk mendapatkan berat badan ideal biasanya ada cara diet cepat, tentu saja ada juga cara menggemukan badan dalam 1 minggu. Mendapatkan bentuk tubuh yang proporsional adalah keinginan semua orang, bagi yang kelebihan berat badan biasanya akan melakukan diet, begitu pula sebaliknya. Menaikkan berat badan bukanlah sesuatu yang sulit jika kamu mengetahui hal-hal yang harus dilakukan untuk mencapainya dan juga apa saja yang menyebabkan berat badan kamu sulit naik, yang mungkin bisa dicarikan solusinya.

Cara menggemukan badan secara alami sebenarnya jauh lebih aman ketimbang harus mengonsumsi berbagai jenis obat-obatan penggemuk badan. Namun karena faktor kepraktisan dan juga masalah waktu, biasanya banyak orang yang lebih memilih mengonsumsi obat-obatan penggemuk badan. Hal ini jelas tidak dilarang, namun yang dikhawatirkan adalah ketika seseorang sudah berlebihan mengonsumsi obat-obatan tersebut. Yang terjadi justru bisa membahayakan kesehatan orang yang bersangkutan. Nah, hal seperti ini tentu tidak akan dialami apabila kamu menggunakan cara yang alami dan tidak memaksakan kehendak. Pasalnya memang ada beberapa faktor yang bisa membuat seseorang menjadi lebih sulit untuk gemuk ketimbang kebanyakan orang lainnya. So, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang apa saja penyebab orang sulit gemuk dan bagaimana tips menggemukkan badan secara alami.

Baca juga artikel ; Penyebab, Ciri dan Cara Mencegah Panu

Faktor Penyebab Susah Menjadi Gemuk

  • Faktor Keturunan
Faktor yang pertama adalah faktor keturunan. Nah, coba kamu lihat orang tua atau saudara kamu, apakah ada yang gemuk? Jika tidak ada, mungkin itu penyebabnya. Tapi hal ini bukan berarti kamu tidak bisa gemuk suatu saat nanti.

  • Gangguan Metabolisme Tubuh
faktor yang kedua adalah gangguan metabolisme tubuh. Orang yg berbadan kurus memiliki kerja metabolisme yang terlalu cepat, jadi seberapa banyak dia makan akan cepat dibakar oleh tubuh menjadi energi. Jika ada gangguan pada metabolisme tubuh, sebaiknya kamu segera konsultasi dengan dokter untuk mengobatinya.

  • Tidak Pernah Detoks (mengeluarkan racun dari dalam tubuh)
Salah satu hal pokok kenapa berat badan tidak kunjung naik adalah karena adanya kotoran di dalam usus kita, karena makanan yang kita makan setiap hari apalagi jika makanan yang kita makan adalah makanan cepat saji, makanan instan atau yang diolah tidak dengan sepengetahuan kita, maka makanan tersebut dapat menimbulkan kerak / kotoran di dalam usus sehingga penyerapan zat gizi, nutrisi dan vitamin dari makanan yang kita makan tidak dapat terserap sempurna oleh usus halus. Sudah menjadi rumus mutlak apabila nutrisi makanan yang kita makan tidak bisa meresap dengan sempurna maka pertumbuhan tubuh kita pun akan terganggu, jadi walaupun makan banyak pun tidak dapat gemuk. Hal ini dapat di atasi jika kamu melakukan detoksifikasi idealnya 1 bulan sekali.

Tips Menggemukkan Badan

  • Periksakan terlebih dahulu kesehatan kamu
Cara menggemukan badan terbaik adalah mengetahui terlebih dahulu penyebab badan kamu kurus. Maka dari itu, sebelum memulai program peningkatan berat badan sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter atau ahlinya.

Beberapa kondisi mungkin bisa mengakibatkan berat badan kamu berada di bawah normal. Adapun kondisi tersebut antara lain:

  1. Hipertiroidisme atau kelenjar tiroid yang terlalu aktif.
  2. Adanya penyakit coeliac yang membuat tubuh kamu tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan.
  3. Gangguan makan seperti anoreksia nervosa.

Note: orang-orang yang menderita penyakit diatas sangat memerlukan pengobatan dari dokter. Bahkan bila perlu mereka memerlukan psikiater khusus agar bisa sembuh total.

  • Konsumsi Air Putih
Cara menggemukkan badan yang kedua adalah perbanyaklah konsumsi air putih. Mengapa air putih? Jawabannya, air putih berfungsi sebagai fasilitator, mediator, dan transisi untuk nutrisi-nutrisi yang beredar di tubuh manusia. Dengan air putih, darah menjadi lancar dalam mengedarkan sari-sari makanan yang diperlukan tubuh manusia. Jika kamu mengonsumsi banyak air putih, maka nutrisi-nutrisi tadi akan lebih cepat terserap oleh tubuh dan hasilnya tubuh kamu akan menjadi cepat gemuk. Cara ini cukup mudah dilakukan di rumah, takaran air yang diperlukan manusia dalam sehari harus seimbang dengan tenaga yang ia keluarkan.

  • Makan yang Banyak
Hal yang paling penting yang dapat kamu lakukan untuk bisa menambah berat badan adalah makan lebih banyak kalori dari kebutuhan tubuh. Surplus kalori sangat diperlukan. Mengapa? Karena tanpa itu, kamu tidak akan bisa gemuk. Ketika tubuh telah menggunakan kalori untuk berkatifitas dan menjalankan fungsi normalnya, maka energi yang pertama kali digunakan bersumber dari makanan, apabila jumlahnya mencukupi atau bahkan melebihi kebutuhan, maka sisa energi akan disimpan dalam tubuh seperti pada hati, otot, dan tertimbun dalam jaringan lemak. Itulah mengapa orang yang banyak makan akan gemuk. Memang tak mudah menghitung berapa kebutuhan kalori dan menghitung kandungan kalori untuk setiap makanan, setiap jenis makanan akan memiliki jumlah kalori yang beragam, sumber kalori utama berasal dari makanan tinggi karbohirat, protein dan lemak. Hal ini juga bisa disiasati dengan menambah porsi makan dari yang biasanya kamu makan.

  • Mengatur Waktu Tidur
Cara menggemukan badan selanjutnya adalah dengan mengatur waktu tidur kamu setiap harinya. Terlalu sering begadang atau tidur terlalu larut malam ternyata juga bisa menghambat penambahan berat badan. Jika bukan melakukan hal yang benar-benar penting, hindari tidur terlalu larut malam, atau bisa juga lakukan kegiatan tersebut kesokan harinya. Cobalah untuk mengatur jadwal keseharian secara lebih baik sehingga ada waktu untuk tidur lebih awal. Jika kamu memiliki gangguan tidur, tidak bisa cepat tidur atau bahkan menjurus ke insomnia, hendaknya segera di atasi karena hal tersebut sangat menguras energi

  • Membiasakan diri selalu berolahraga
Olahraga dianggap sebagai aktivitas fisik yang cukup ideal untuk menurunkan berat badan. Padahal, olahraga rutin sebetulnya bisa juga kita gunakan untuk menaikan berat badan dengan cepat. Olahraga dapat meningkatkan nafsu makan, sehingga tubuh akan mendapatkan asupan kalori yang lebih banyak.

Aerobik, jogging, yoga, berenang, sepeda statis, dan angkat beban merupakan contoh olahraga penambah berat badan yang bisa kamu lakukan. Selain membakar lemak, olahraga tersebut juga bisa meningkatkan massa otot.

Note: jangan lupa konsumsi makanan sumber protein setelah olahraga agar mendapatkan hasil maksimal.

  • Perbanyak Konsumsi Karbohidrat
Cara menambah berat badan dengan cara ini sangat dianjurkan untuk kamu yang punya berat badan di bawah ideal. Konsumsi karbohidrat yang lebih banyak akan membuat tubuh kamu mendapat banyak kalori. Akibatnya, tubuhmu pun mendapat banyak asupan kalori yang berdampak pada pertambahan berat badan.

Sumber karbohidrat pun terbilang banyak, mulai dari nasi, kentang, singkong, ubi jalar, gandum, sampai tepung pun bisa kamu jadikan sebagai sumber karbohidrat terbaik.

  • Mengonsumsi jus atau smoothies
Tips yang terakhir yaitu cobalah mengonsumsi jus atau smoothies dengan rutin. Smoothies merupakan minuman berbahan dasar buah yang dicampur dengan susu atau yoghurt dan bahan-bahan lain kemudian diblender halus, hampir mirip dengan jus yang sering kita buat itu.

Baik jus ataupun smoothies, mereka sangat cocok untuk menambah berat badan. Sebab, tubuh akan lebih mudah menyerap nutrisi makanan apabila sudah dihaluskan.

Agar program peningkatan berat badan ini berhasil, kamu harus mengurangi konsumsi minuman rendah nutrisi. Adapun minuman rendah gizi antara lain kopi, soda, alkohol, dan minuman ringan lainnya.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar