Bahaya Suntik Silkon Bagi Kesehatan


Bahaya Suntik Silkon Bagi Silikon
Sudah diketahui oleh kita bahwa di dunia kesehatan dan kecantikan kata silikon tidaklah terdengar asing. Banyak korban yang jatuh akibat penggunaan silikon yang tidak sesuai aturan tetapi banyak juga yang belum jera menggunakan jasa silikon ini.

Arti dari silikon yang sebenarnya adalah polimer non organik yang bervariasi, dari cairan, gel, karet, hingga sejenis plastik keras. Mungkin kamu ingin terlihat cantik tetapi ternyata malah menjadi hancur karena harus menahan rasa sakit yang luar biasa pada daerah yang ingin kamu ubah.

Sekarang ini banyak sekali orang yang melakukan berbagai cara untuk tampil cantik dengan menggunakan cara instan yaitu suntik silikon. Silikon adalah polimer nonorganik yang bersifat variasi antara lain dari gel, karet, hingga sejenis plastik kertas. Selain itu silikon memiliki kriteria khusus yaitu tidak berbau, tidak berwarna, kendap air serta tidak dapat menghantarkan listrik. Perlu kamu ketahui, pertama kali silikon ditemukan digunakan untuk pembuatan lem, pelumas, kantup jantung buatan hingga diaplikasikan pada bagian tubuh lainnya seperti payudara, hidung, pipi, dagu, pantat dan bagian lainnya.

Suntik silikon merupakan cara instan yang kerap dilakukan orang demi mendapatkan kecantikan atau merubah bentuk tubuh secara instan. Biasanya suntik silikon dilakukan untuk memperpesar bagian tubuh tertentu, atau menonjolkan sesuatu seperti agar hidung mancung, dagu lancip dan lain sebagainya. Namun suntik silikon ini sangat tidak dianjurkan karena memiliki dampak mengerikan bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Baca juga artikel : Bahaya Memakan Gorengan Secara Sembarangan dan Berlebihan

Pengertian Silikon

Silikon adalah sejenis senyawa polimer non organik yang mempunyai karakteristik tidak berwarna, tidak berbau, kedap air, tidak rusak akibat bahan kimia atau proses oksidasi, tahan pada suhu tinggi dan tidak dapat menghantarkan listrik. Silikon tidak hanya dapat digunakan untuk kecantikan saja, tapi juga untuk manfaat kesehatan.

Jenis Silikon

Jenis silikon yang digunakan untuk layanan kecantikan dan kesehatan ada tiga, yaitu:

  • Silikon Padat

Bentuk silikon padat ini menyerupai karet, dapat digunakan untuk katup jantung buatan, pengganti persendian, testis buatan dan kateter. Untuk kecantikan silikon ini biasanya digunakan sebagai implan pada hidung, dagu dan pipi.

Efek samping yang ditimbulkan dari silikon padat ini adalah dapat menyebabkan gangguan pernapasan kronis, terutama dalam pembentukan kristal silika hingga dapat memperburuk kondisi organ paru-paru.

  • Silikon Gel

Campuran antara silikon padat dan cair, silikon ini memiliki tekstur yang dapat mengikuti bentuk wadah tempatnya disimpan karena tingkat perlekatan molekulnya sangat baik. Silikon gel disimpan dalam wadah yang padat berbentuk kantong silikon yang terdiri dari silicone sheet/lembar silikon. Biasanya digunakan untuk implan pada payudara dan betis.

Adapun efek samping penggunaannya adalah dapat menyebabkan peradangan yang terjadi pada bagian yang disuntik hingga dapat menyebabkan kerusakan pada otak dan organ paru-paru.

  • Silikon Cair

Silikon cair dalam medis digunakan dalam pengobatan retina mata yang akan diambil kembali dalam waktu setahun setelah operasi. Silikon cair untuk tujuan kecantikan sangat tidak disarankan, karena mempunyai resiko bahaya yang tinggi apalagi bila tidak dilakukan oleh ahli atau dokter yang kompeten.

Efek samping silikon cair ini, yaitu dapat mengundurkan bagian wajah seperti bibir, pipi, dagu, dan lain sebagainya.

Bahaya Suntik Silikon


  • Kerusakan Jaringan

Sifat cairnya memungkinkan silikon mengalir ke berbagai bagian tubuh dan menyebar, akhirnya silikon cair bisa menumpuk di jaringan tubuh dan mengakibatkan silikonoma, yaitu reaksi inflamasi kronik. Akibatnya timbul pembengkakan di berbagai bagian tubuh atau wajah yang terdapat kandungan silikon tersebut. Wajah yang halus dapat diperoleh melalui beberapa jenis perawatan yang lebih aman seperti prosedur chemical peeling dan mikrodermabrasi.

  • Merusak Bentuk Wajah Atau Tubuh

Karena adanya gaya gravitasi, sifat silikon yang cair akan sulit berkumpul di satu tempat umumnya di tempat yang lebih rendah dari semula sehingga sulit mempertahankan bentuk yang diinginkan, malah bisa mengubah bentuk anggota tubuh atau kulit tempatnya disuntikkan dan menimbulkan benjolan-benjolan. Dari yang tadinya untuk mengatasi keriput, bagian wajah dan tubuh lama kelamaan akan tampak kendor dan melorot karena berat dari silikon tersebut yang tertarik ke bawah. Misalnya mulut, hidung dan pipi akan tampak lebih tebal dan tidak proporsional. Bila kamu telah mengetahui penyebab keriput di usia muda, maka cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami dan cara mencegah penuaan dini pada wajah ada banyak, antara lain dengan menggunakan manfaat aqua skin whitening yang lebih aman.

  • Mengubah Warna Kulit

Suntikan silikon bisa mengubah warna kulit menjadi kemerahan karena peradangan yang terjadi di balik kulit, bahkan beresiko terjadi infeksi. Bila ingin kulit menjadi lebih kencang, putih dan mulus, perawatan alami dengan menggunakan manfaat timun untuk wajah, manfaat lidah buaya untuk kecantikan, dan manfaat tomat untuk wajah.

  • Kulit Melepuh

Hal ini bisa terjadi bila silikon cair yang digunakan dicampur dengan substansi atau bahan lain sehingga merusak jaringan kulit. Cobalah dulu perawatan alami dengan menggunakan manfaat daun kelor untuk kecantikan, manfaat  bengkoang untuk kulit dan mencari produk kosmetik yang aman yang mempunyai fungsi AHA untuk kulit.

  • Sakit Kepala

Suntik silikon juga bisa menimbulkan sakit kepala berkepanjangan yang sulit disembuhkan. Hal ini bisa terjadi karena reaksi alergi tubuh terhadap kandungan kimia silikon cair. Pemakaian materi kosmetik yang tidak cocok bisa menjadi salah satu penyebab alergi kulit wajah.

  • Kerusakan Paru-Paru Atau Otak

Suntikan silikon bisa menimbulkan penyakit yang disebut ‘Sindrom Emboli Silikon’ yaitu terbentuknya gumpalan di paru – paru yang disebabkan oleh pelarut lemak yang digunakan dalam silikon cair. Gumpalan ini bisa memasuki aliran darah. Hal ini bisa menimbulkan kerusakan paru -paru, otak, bahkan resiko kematian.

Tips Melakukan Suntik Silikon

Jika kamu menginginkan suntik silikon, akan lebih baik jika kamu memilih rumah sakit atau klinik kecantikan yang telah terpercaya. Dalam artian, rumah sakit atau klinik kecantikan yang bersangkutan telah beroperasi lebih dari 5 tahun.

Tidak hanya itu saja, pastikan pula bahwa dokter yang melakukan suntik silikon juga diakui keberadaanya. Simak kriteria dokter yang bisa kamu pilih.

  • Pastikan bahwa dokter yang bersangkutan telah memiliki izin praktik, memiliki sertifikasi, atau diakui oleh dewan kedokteran
  • Ketahui seberapa banyak pasien yang telah ia tangani
  • Pastikan bahwa dokter yang bersangkutan telah direkomendasi oleh keluarga atau teman kamu yang pernah menjadi pasiennya
  • Ketahui pula riwayat pekerjaanya, apakah pernah melakukan kegagalan atau tidak

Untuk melakukan suntik silikon itu tidak murah, untuk di rumah sakit kurang lebih sekitar 6 – 11 juta. Kalau di klinik kecantikan kurang lebih sekitar 3 – 4 juta rupiah. Nah jadi, jika kamu ditawarkan suntik silikon di bawah harga pasaran tersebut, berhati-hatilah bukan tidak mungkin kamu akan menjadi sasaran empuk orang yang hanya mencari keuntungan semata tanpa memikirkan akibatnya.
Ketika kamu memutuskan untuk memperindah hidung, pipi, dagu, bokong, dan payudara kamu dengan suntik silikon, akan sangat disarankan jika kamu mempertimbangkan resiko yang mungkin akan kamu dapatkan.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar