Bahaya Mengonsumsi Kopi Secara Berlebihan


Bahaya Mengonsumsi Kopi Secara Berlebihan
Apakah kamu termasuk pecinta kopi? Memang, kopi merupakan minuman yang kepopulerannya telah mendunia sejak zaman dahulu. Jadi, tidak aneh jika banyak orang mencintai minuman yang satu ini. Artikel kali ini kita akan membahas tentang bahaya minum kopi secara berlebihan.

Menurut para ahli kesehatan, kopi mengandung senyawa kafein berbentuk kristal yang memiliki rasa pahit dan bekerja menghasilkan psikotonik yang kuat dan diuretik ringan. Selain terkandung dalam kopi, kafein juga terkandung dalam teh.

Menurut hasil lima penelitian tentang konsumsi kopi dan resiko gagal jantung, yang diterbitkan antara 2001 dan 2011, Penelitian yang dipimpin oleh Dr Murray Mittleman di Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston melaporkan dalam jurnal Circulation Bahwa peminum kopi biasa memiliki resiko lebih rendah gagal jantung dibandingkan mereka yang tidak meminum kopi.

Diantara 140,220 peserta yang termasuk dalam analisa, mereka yang minum 4 - 5 kopi dengan versi eropa (setara dengan 2 cangkir kopi di Amerika) memiliki resiko gagal jantung 11% lebih rendah selama masa penelitian dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi kopi. Mereka yang mengkonsumsi kopi lebih sedikit memiliki resiko gagal jantung yang lebih besar yakni hanya 4%, demikian pula dengan mereka yang mengkonsumsi 9 - 10 cangkir per hari dimana resiko gagal jantung akan meningkat.

Baca juga artikel : Manfaat Mengonsumsi Yoghurt

Kandungan di dalam Kopi


  • Kafein

Kandungan pertama yang ada di dalam kopi tentu adalah Kafein. Kafein merupakan senyawa kimia alkeloid, namun kafein di akui aman dalam dosis tertentu, jika melebihi dosis yang telah ditentukan akan menyebabkan ketergantungan dan dalam waktu panjang bisa menyebabkan kanker dan gangguan tidur.

  • Ethyphenol

Kandungan yang kedua adalah ethyphenol. Ethyphenol adalah suatu zat dengan aroma khusus dari kopi, zat ini mirip dengan tar dan mengandung pheremone. Ethyphenol adalah salah satu zat yang terkandung dalam kopi yang masih asing didengar oleh masyarakat.

  • Quinic Acid

Selanjutnya adalah kandungan quinic acid. Zat ini merupakan penentu rasa asam pada kopi, kadar Quinic acid di dalam kopi jumlahnya berbeda-beda. Dalam ilmu kedokteran zat ini digunakan sebagai bahan obat flu.

  • Dicaffeoylquinic Acid

Dicaffeoylquinic acid adalah salah satu zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Walaupun kadar oksidan dalam biji kopi tidak sebanyak tanaman obat lainnya, namun minum kopi adalah suplayer anti oksidan yang paling banyak di konsumsi orang didunia

  • Acetylmethylcarbinol

Aetylmethylcarbinol adalah salah satu zat yang dikandung oleh kopi yang dapat membuat minuman satu ini menjadi terasa gurih dilidah, zat ini juga banyak di temukan di mentega.

  • Putrescin

Putrescin adalah zat yang dihasilkan oleh bakteri E. COLI. Bakteri ini adalah salah satu jenis yang bisa membuat sesuatu menjadi busuk, jadi putrescin adalah hasil dari pembusukan bakteri tersebut.

  • Trigonelline

Selanjutnya adalah trigonelline. Zat ini berfungsi melindungi gigi, walaupun meminum kopi menyabakan gigi menjadi hitam, namun para peminum kopi memiliki gigi yang kuat dan tidak mudah berlubang.

  • Niacin

Zat yang satu ini adalah senyawa yang kurang baik bagi tubuh, karena senyawa ini dapat menyerap vitamin-vitamin dalam tubuh, sedangkan vitamin sangat dibutuhkan tubuh untuk proses-proses yang ada di dalam tubuh, oleh karenanya meminum kopi hanya dianjurkan paling banyak 2-3 kali sehari.

Dampak Negatif Mengonsumsi Kopi Secara Berlebihan


  • Caffenism

Bahaya yang pertama adalah caffenism. Apa itu caffenism? Caffenism adalah sindrom yang akan dirasakan seseorang setelah mengonsumsi kopi, sindrom ini berupa sulit untuk tidur atau insomnia, gelisah, cemas, dll. Penyebab caffenism adalah kandungan kafein yang dikandung oleh kopi, sebab kafein dapat membuat kelenjar adrenalin terangsang sehingga membuat hormon stres menjadi terpicu.

  • Meningkatkan asam lambung

Bahaya yang kedua adalah asam lambung yang meningkat. Jika seseorang mengonsumsi kopi dengan dosis yang berlebihan, ia akan sering mengalami kegelisahan, tidak hanya itu, kadar keasaman kopi dapat meningkatkan asam lambung dalam tubuh kita.

  • Stress

Selanjutnya adalah stress. Tahukah kamu ternyata mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat menyebabkan stress? Ya, sebab kopi mengandung kafein yang dapat menyebabkan lepasnya hormon kortisol, epinefrin, dan norepinefrin yang merupakan hormon stress. Sehingga jika seseorang berlebihan mengonsumsi kopi, kemungkinan ia akan mengalami stress.

  • Kerusakan Pada Tulang

Setiap kali kamu mengkonsumsi sekitar 350 mg kafein, tubuhmu akan kehilangan jumlah kalsium sebanyak 5 mg. Maka dari itu, mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak akan berbahaya bagi kesehatan tulang. Mengapa? Karena hal ini akan menyebabkan pengeroposan pada tulang.

  • Detak Jantung Lebih cepat dari biasanya

Bahaya kopi selanjutnya adalah menyebabkan detak jantung kamu menjadi lebih cepat dari biasanya. Oleh karena itu, bagi kamu yang mengalami gejala serangan jantung sebaiknya menghindari atau tidak minum kopi berlebihan.

  • Endometriosis

Bahaya selanjutnya adalah endometriosis. Hasil penelitian dari Harvard School of Public Health mengemukakan bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi secara berlebihan dapat terjangkit sebuah kelainan yang menyerang sistem reproduksinya yang disebut endometriosis. Apa itu endometrosis? Endometriosis merupakan kelainan pada wanita yang menyebabkan ia merasakan sakit yang luar biasa ketika menstruasi.

  • Kelainan pada Payudara

Saat kopi terlalu banyak dikonsumsi payudara akan mengendur dan mengecil. Selain itu dibagian tertentu payudara bisa menjadi pada karena kelainan pada perubahan fibrokistik. Hal tersebut juga bisa menyebabkan beberapa tonjolan yang ada pada payudara yang menimbulkan rasa tidak nyaman dan sakit. Menurut penelitian di Georgetown University Departemen of Medicine, Terkadang bisa terasa sakit bahkan sakitnya bisa terus menerus.

  • Keguguran

Bagi ibu hamil sangat tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi kopi. Dalam hal ini mengkonsumsi 100 mg kafein per hari dapat menimbulkan keguguran. Ini dikarenakan, kafein pada kopi  dapat meningkatkan denyut jantung dan akan mempengaruhi janin yang mana dapat menyerang plasenta serta masuk ke dalam sirkulasi darah janin tersebut.

  • Meningkatkan Resiko Stroke

Minum kopi meningkatkan resiko terkena stroke. Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Neurology, Neurosurgry and Psychiatry tahun 2002 menjelaskan bahwa minum kopi lebih dari lima gelas perhari dapat meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah.

  • Jantung Koroner

Bahaya lain dari kopi bila di konsumsi terus menerus setiap hari adalah resiko terserang penyakit jantung koroner, bagi wanita akan dapat menurunkan tingkat kesuburan yang membuat susah hamil dan pengoroposan tulang saat masuk usia senja. Khusus penderita PJK di harapkan minum kopi jangan lebih dari 1 cangkir Setiap harinya.

  • Mengurangi Keindahan Gigi

Meminum kopi bisa menyebabkan gigi kuning, berkarang bahkan hitam. Wanita akan terlihat lebih cantik saat tersenyum dan dengan terlalu banyak mengkonsumsi kopi akan membuat wanita kurang percaya diri saat tersenyum.

  • Glaucoma

Salah satu bahaya kopi adalah dapat menyebabkan exfoliation glaucoma atau gangguan pada mata. Jae Hee Kang, asisten profesor kedokteran di Channing Division of Network Medicine at Brigham and Women’s Hospital in Boston mengemukakan bahwa minum kopi tiga cangkir sehari dapat meningkatkan gangguan pada glaucoma, khususnya mereka yang berasal dari keluarga dengan riwayat gangguan glaucoma.

  • Pemicu kanker

Bahaya yang terakhir adalah kanker. Kadangkala demi menangkis efek buruk kopi hitam, sebagian orang mencari solusi dengan beralih menggunakan kopi putih. Padahal kopi putih yang katanya sehat dan aman justru lebih berbahaya, karena dapat menyebabkaan kanker. Hal itu karena, warna putih dari kopi tersebut diperoleh dari gula dan minyak nabati yang di ekstraksi menggunakan bahan kimia yang tentu saja kurang baik bagi kesehatan.

Tips Minum Kopi Sehat

Sebenarnya, kopi memiliki banyak dampak positif bagi kesehatan apabila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Berikut merupakan tips agar kamu terhindar dampak negatif minum kopi dan mendapatkan dampak positifnya.

  1. Jangan campur kopi dengan pemanis buatan
  2. Gunakan gula sedikit agar jangan terlalu manis
  3. Usahakan perut diisi dulu, jangan dalam keadaan kosong.
  4. Jika ada asam lambung sebaiknya
  5. Cukup maksimal 2 gelas 1 hari.
  6. Tidak konsumsi di atas jam 7 malam

Jadi minum kopi secara berlebihan sangatlah berisiko dan berbahaya, terutama bagi kamu yang telah memiliki berbagai masalah kronis seperti darah tinggi.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar